Manfaat Petai untuk Ginjal Ternyata Berasal dari Kandungannya


Manfaat petai untuk ginjal ternyata benar adanya. Manfaat pete untuk ginjal berasal dari berbagai kandungan menarik di dalamnya, seperti...

(0)
08 Feb 2020|Aditya Prasanda
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Manfaat petai untuk ginjal berasal dari kandungan antioksidanManfaat petai untuk ginjal ternyata tidak bisa disepelekan
Ada begitu banyak makanan yang dapat dimanfaatkan untuk kesehatan ginjal. Salah satunya petai atau Parkia speciosa. Siapa sangka, lalapan dan pelengkap masakan yang disukai masyarakat Indonesia ini memiliki segudang manfaat untuk ginjal. Apa saja manfaat petai untuk ginjal?

Klaim manfaat petai untuk ginjal dilihat dari kacamata medis

Manfaat petai untuk ginjal bisa dilihat dari kandungan di dalamnya
Manfaat petai untuk ginjal berasal dari kandungan di dalamnya.
Anda bisa merasakan manfaat petai untuk ginjal dengan mengetahui berbagai kandungannya berikut ini.Pete mengandung antioksidan, beta-sitosterol dan stigmasterol, siklik polisufida, hexathionine, serta triathiolane di dalamnya.Mencermati kandungan pete yang tampak menjanjikan tersebut, tak heran bila ada berbagai manfaat pete untuk ginjal yang tidak diduga. Namun, perlu diingat bahwa manfaat petai untuk ginjal ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut guna membuktikan keefektifannya untuk kesehatan ginjal. Berikut adalah manfaat petai untuk ginjal selengkapnya:

1. Mengandung antioksidan

Salah satu manfaat petai untuk ginjal adalah mengandung antioksidanSebuah hasil penelitian menyatakan bahwa petai merupakan tanaman dengan kandungan antioksidan yang tinggi, terutama quercetin dan fenolic. Kedua kandungan antioksidan ini diyakini memiliki sifat antihipertensi, analgesik, antimikroba, dan antiradang sehingga diklaim dapat mengatasi gangguan ginjal akibat infeksi. Selain itu, manfaat pete untuk ginjal juga berasal dari kandungan antioksidan flavonoid dan asam tiazolidin-4-karboksilat. Kandungan antioksidan tersebut yang berfungsi membantu melawan radikal bebas sehingga mampu melemahkan fungsi ginjal dan beberapa penyakit kronis, seperti diabetes dan kanker.Akan tetapi, manfaat petai untuk ginjal ini satu ini masih membuktikan studi lebih lanjut guna membuktikan efektivitasnya. 

2. Mengandung beta-sitosterol dan stigmasterol

Manfaat pete untuk ginjal berikutnya adalah adanya kandungan beta-sitosterol dan stigmasterol. Kedua kandungan tersebut berfungsi menurunkan kadar gula darahGula darah yang tidak terkontrol dengan baik dapat menyebabkan terjadinya gangguan fungsi ginjal.

3. Mengandung siklik polisulfida, hexathionine, dan trithiolane

Manfaat pete untuk ginjal dapat mengurangi risiko infeksi ginjal yang sebagian besar disebabkan oleh bakteri.Ekstrak biji petai mengandung siklik polisulfida, hexathionine, dan trithiolane yang memiliki kemampuan antibakteri. Sebuah hasil studi sementara menyebutkan bahwa ekstrak biji petai paling efektif melawan golongan bakteri Gram-negatif.

Masih ada manfaat pete untuk kesehatan

Selain mengandung berbagai kandungan senyawa yang bermanfaat untuk ginjal, manfaat petai untuk kesehatan lainnya juga melimpah. Adapun berbagai manfaat pete untuk kesehatan lainnya adalah sebagai berikut.

1. Memberikan efek menenangkan

Salah satu manfaat petai untuk kesehatan adalah memberi efek menenangkan. Sebuah hasil penelitian menyebutkan bahwa individu yang tengah mengalami stres, merasa lebih baik setelah mengonsumsi petai.Manfaat pete satu ini berasal dari kandungan triptofan, yakni sejenis protein yang diubah tubuh menjadi serotonin, dapat membuat Anda merasa rileks. 
Manfaat petai untuk kesehatan dapat menenangkan
Makan petai bisa membuat suasana hati lebih senang
Manfaat petai juga dipercaya mampu meningkatkan suasana hati dan membuat perasaan lebih nyaman.Selain itu, kadar vitamin B yang begitu tinggi dalam petai dapat membuat sistem saraf pusat menjadi rileks.Tak heran, wanita yang mengalami premenstrual syndrome (PMS) disarankan untuk mengonsumsi petai. Sebab, kandungan vitamin B6 di dalamnya dapat mengontrol gula darah serta memengaruhi suasana hati menjadi lebih baik.

2. Mengatasi anemia

Manfaat petai untuk kesehatan juga berasal dari kandungan zat besi. Kandungan zat besi dapat meningkatkan jumlah hemoglobin dalam darah yang sangat dibutuhkan penderita anemia.

3. Mengurangi risiko stroke dan jantung

Manfaat petai untuk ginjal dapat mengurangi risiko jantung dan stroke
Manfaat petai untuk menurunkan tekanan darah tinggi
Mengurangi risiko stroke dan jantung juga menjadi manfaat pete untuk kesehatan. Hal ini karena manfaat pete tinggi akan kalium yang mampu menurunkan tekanan darah. Mengonsumsinya secara rutin dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke dapat terjadi.

4. Mengatasi mual

Manfaat petai untuk kesehatan karena efek antasida alami di dalam tubuh. Kandungan ini berguna untuk memberikan efek lega dan mengatasi mual. Kondisi mual juga bisa mereda dengan mengonsumsi petai karena kemampuannya dalam meningkatkan kadar glukosa darah.

5. Menyehatkan mata

Manfaat pete untuk kesehatan yang tak disangka-sangka adalah menyehatkan mata. Kandungan vitamin A yang cukup tinggi dalam petai, yaitu sekitar 200 IU per 100 mg, membuat jenis kacang-kacangan ini sangat baik untuk menyehatkan kornea mata.

Cara mengolah petai untuk makanan sehari-hari

Ada beragam resep masakan Tanah Air yang menggunakan petai sebagai bahan bakunya. Sebut saja sambal goreng petai, petai tumis udang, nasi goreng petai, sambel goreng hati dengan petai, maupun sambal petai balado. Anda bisa mendapatkan resep-resepnya dengan mudah melalui internet.Jika Anda merasa tidak punya banyak waktu untuk memasaknya, petai bisa dikonsumsi dengan mentah sebagai santapan lalapan. 

Jangan makan pete terlalu berlebihan

Meski ada manfaat petai untuk ginjal, waspadai baunya yang tidak sedap
Makan pete secara berlebihan bisa bikin bau mulut
Meski manfaat petai untuk ginjal dan kesehatan begitu banyak, mengonsumsi biji-bijian berbentuk pipih dan panjang ini secara berlebihan dapat berbahaya bagi kesehatan.Tak hanya aroma yang ditimbulkan setelah mengonsumsinya dapat membuat sebagian orang merasa tidak nyaman, efek samping pete yang dimakan secara berlebihan dapat menimbulkan gejala asam urat kambuhSelain itu, menurut sebuah hasil studi, kandungan asam jengkolat pada petai dapat menyebabkan ureter tersumbat. Ureter adalah suatu saluran yang membawa urin dari organ ginjal menuju kandung kemih. Jika dikonsumsi dalam porsi yang wajar, manfaat petai untuk ginjal mungkin bisa Anda dapatkan. Namun, konsumsi pete secara berlebihan, terutama pada orang-orang dengan kondisi kesehatan tertentu mungkin dapat mengganggu kesehatan.Masih ada pertanyaan soal manfaat pete untuk ginjal? Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQCaranya, download sekarang di App Store dan Google Play.
penyakit ginjalmakanan sehatgangguan ginjal
National Kindney Foundation.
https://www.kidney.org/atoz/content/sixstepshealthprimer
Diakses pada 7 Februari 2020
Health Benefit Times.
https://www.healthbenefitstimes.com/petai/
Diakses pada 7 Februari 2020
NCBI.
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3730359/
Diakses pada 7 Februari 2020
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3998865/
Diakses pada Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait