Manfaat Percaya Diri dalam Kehidupan yang Bisa Anda Peroleh

(0)
23 Mar 2021|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Manfaat percaya diri dalam kehidupan dapat membuat Anda tidak takut menghadapi tantanganPercaya diri membuat seseorang merasa lebih positif dalam menghadapi tantangan
Apakah Anda termasuk orang yang percaya diri? Percaya diri adalah sikap atau keyakinan terhadap kemampuan diri sendiri untuk menjalani berbagai tantangan dalam hidup dan meraih kesuksesan. Selain itu, ada pula sejumlah manfaat percaya diri dalam kehidupan kita.Pada umumnya, orang yang percaya diri selalu berani mengambil risiko. Ia juga tidak merasa terhambat dengan kekurangan yang dimilikinya. Sikap ini tentu saja dapat berpengaruh positif terhadap kehidupan. Lantas, apa saja manfaat sikap percaya diri?

Manfaat percaya diri dalam kehidupan

Tidak ada salahnya mencoba bersikap percaya diri untuk membuat hidup Anda menjadi lebih positif. Beberapa manfaat percaya diri dalam kehidupan yang bisa Anda nikmati, di antaranya:
  • Tidak takut menghadapi tantangan

tidak takut menghadapi tantangan
Orang percaya diri cenderung tidak takut menghadapi tantangan
Salah satu manfaat sikap percaya diri adalah membuat Anda tidak takut menghadapi tantangan yang ada di depan mata. Sebab, Anda merasa mampu melewatinya sehingga pikiran menjadi lebih fokus dan positif. Orang yang percaya diri juga mampu menenangkan dirinya dengan baik. Ketika pikiran kalang kabut, tidak sedikit orang yang cenderung melakukan kesalahan. Namun, sikap percaya diri bermanfaat dalam mengurangi risiko terjadinya kesalahan.
  • Mengembangkan kemampuan diri

Manfaat percaya diri dalam kehidupan juga berpengaruh terhadap kemampuan diri Anda. Dengan percaya diri, Anda akan berani melangkah dan mengembangkan kemampuan diri yang sebelumnya mungkin tidak Anda miliki.Rasa percaya diri juga akan membuat Anda lebih bersemangat dalam melakukan atau mengejar suatu hal.
  • Memaksimalkan kekuatan dan menerima kekurangan

menerima kekurangan
Menerima kekurangan dapat dilakukan oleh orang percaya diri
Dengan percaya diri, Anda dapat memaksimalkan kelebihan dan menerima kekurangan yang dimiliki. Anda tidak akan menjadikan kekurangan yang ada sebagai kelemahan. Justru Anda akan menggunakan kelebihan yang dimiliki secara maksimal untuk menggapai tujuan. Hal ini bisa membuat Anda terlihat “bersinar” dan menarik perhatian banyak orang.
  • Merasa lebih mudah dalam menghadapi tantangan

Manfaat sikap percaya diri lainnya adalah membuat Anda merasa lebih mudah dalam menghadapi tantangan atau menggapai tujuan. Sikap percaya diri akan menumbuhkan optimisme bahwa Anda mampu melewati tantangan-tantangan dengan kemampuan yang Anda miliki. Selain itu, Anda pun dapat menghadapi berbagai kesulitan dengan tenang.
  • Lebih tahan banting

percaya diri tidak takut gagal
Percaya diri membuat seseorang lebih tahan banting
Lebih tahan banting dalam mengatasi masalah atau menghadapi kegagalan merupakan salah satu manfaat sikap percaya diri. Ingatlah bahwa percaya diri bukan berarti tidak akan gagal. Namun, dengan percaya diri, Anda tidak merasa terhalang oleh tantangan dan tak akan menyalahkan diri sendiri secara berlarut-larut jika tidak sesuai dengan yang direncanakan.
  • Mendapat kesan positif

Dalam porsi yang pas, percaya diri bisa membuat orang lain menilai Anda sebagai sosok yang tangguh dan tepercaya untuk menghadapi tantangan. Manfaat sikap percaya diri yang Anda miliki juga dapat membuat orang lain merasa nyaman saat berdiskusi dengan Anda. Tak jarang, orang yang percaya diri mampu menjalin banyak koneksi.

Rasa percaya diri harus dalam kadar yang pas

Manfaat percaya diri dalam kehidupan dapat Anda peroleh jika kadarnya dalam porsi yang pas. Jika terlalu sedikit, Anda akan merasa kurang percaya diri. Sedangkan, rasa percaya diri yang terlalu berlebihan dapat membuat Anda dianggap sombong, arogan, bahkan narsis.Kurang atau tidak percaya diri dapat menyebabkan Anda tidak berani mengambil risiko dan kehilangan peluang untuk mengembangkan diri. Oleh sebab itu, bagi Anda yang kurang percaya diri, Anda bisa mempelajari cara-cara meningkatkan percaya diri atau berkonsultasi dengan psikolog jika Anda kesulitan melakukannya. Sementara itu, sikap terlalu percaya diri bisa menjadi bumerang bagi Anda. Hal ini juga dapat membuat Anda merasa sangat malu apabila menerima kegagalan. Ketika orang lain menegur Anda sebagai pribadi yang terlalu percaya diri, terimalah teguran tersebut dan jadikan sebagai pertimbangan untuk mengoreksi diri sehingga Anda bisa menjadi lebih baik lagi.Jika Anda ingin bertanya lebih lanjut seputar masalah kesehatan, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
kesehatan mental
Psychology Today. https://www.psychologytoday.com/us/blog/shyness-is-nice/201809/why-self-confidence-is-more-important-you-think
Diakses pada 09 Maret 2021
Psychology Today. https://www.psychologytoday.com/intl/basics/confidence
Diakses pada 09 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait