8 Manfaat Pemanasan untuk Sesi Olahraga yang Lebih Maksimal

(0)
08 Jul 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Manfaat pemanasan sebelum olahraga ternyata berdampak baik untuk kesehatan.Manfaat pemanasan sebelum olahraga bisa meningkatkan fleksibilitas tubuh.
Manfaat pemanasan tentunya sangat dibutuhkan untuk sesi olahraga yang lebih maksimal. Sebab, tubuh manusia dapat diibaratkan sebagai kendaraan, yang harus "dipanaskan" sebelum digunakan.Manfaat pemanasan tidak hanya sekadar mencegah cedera saat berolahraga. Masih ada banyak manfaat pemanasan yang akan membuat sesi olahraga menjadi lebih optimal.

Manfaat pemanasan untuk sesi olahraga yang maksimal

Tahukah Anda bahwa pemanasan mampu membuat otot lebih lentur, kuat, dan sehat? Ya, di saat berolahraga, otot menjadi “bahan bakar” yang membantu tubuh beraktivitas fisik. Itulah sebabnya otot perlu menjalani sesi pemanasan dulu sebelum berolahraga.Perlu dicatat, tanpa pemanasan, otot akan tegang saat berolahraga, sehingga risiko cedera semakin besar. Kenalilah berbagai manfaat pemanasan untuk sesi olahraga yang lebih maksimal ini.

1. Meningkatkan fleksibilitas

Pemanasan
Manfaat pemanasan bisa meningkatkan fleksibilitas
Manfaat pemanasan yang pertama dan juga utama adalah meningkatkan fleksibilitas. Di saat fleksibilitas tubuh meningkat, gerakan olahraga pun akan terasa lebih mudah dilakukan.Ditambah lagi, tubuh tidak hanya membutuhkan fleksibilitas di saat berolahraga, tapi juga untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

2. Meningkatkan jangkauan gerak sendi

Manfaat pemanasan yang tak boleh diremehkan selanjutnya adalah meningkatkan jangkauan gerak sendi. Bagaimana tubuh bisa berolahraga secara optimal, jika persendian tubuh tak mampu bergerak sesuka hati?Menurut sebuah studi, semakin sering pemanasan, semakin “terasah” juga persendian Anda untuk bergerak lebih bebas saat berolahraga.

3. Meningkatkan performa saat berolahraga

Bukan tanpa alasan pemanasan dipercaya bisa membuat sesi olahraga jadi lebih maksimal. Sebab, menurut sebuah riset, melakukan pemanasan bisa membuat otot “tidak kaget” dan siap dalam melakukan berbagai macam gerakan olahraga.Itulah mengapa pemanasan dapat meningkatkan performa Anda saat sedang berolahraga.

4. Meningkatkan aliran darah ke otot

Saat datang ke gym untuk mengangkat peralatan olahraga yang berat, kemungkinan besarnya Anda akan mendengar instruktur kebugaran mengatakan, “Jangan lupa pemanasan!”.Tidak heran, manfaat pemanasan ternyata bisa meningkatkan aliran darah ke otot, sehingga mengurangi rasa nyeri yang dirasa setelah melakukan olahraga.Selain itu, meningkatnya aliran darah ke otot juga bisa mempercepat proses penyembuhan otot, sehingga Anda tidak perlu menunggu waktu lama sampai akhirnya bisa berolahraga lagi.

5. Memperbaiki postur tubuh

Tidak melakukan pemanasan ternyata dapat menyebabkan ketidakseimbangan otot dan postur tubuh yang buruk.Bahkan, sebuah riset berhasil membuktikan bahwa pemanasan sebelum olahraga bermanfaat untuk membantu mengembalikan postur tubuh yang baik, serta mengurangi rasa nyeri otot yang biasanya dirasakan setelah berolahraga.

6. Mencegah sakit pinggang

Otot yang tegang bisa meningkatkan risiko sakit pinggang setelah olahraga. Untungnya, pemanasan dapat mencegahnya.Saat otot tegang, jangkauan sendi akan terbatas. Ketika dipaksakan bergerak, maka rasa nyeri pun datang. Maka dari itu, untuk mencegah sakit pinggang saat berolahraga, lakukanlah pemanasan secara rutin!

7. Mencegah stres

Jangan salah, manfaat pemanasan tidak hanya dirasakan kesehatan fisik saja, tapi juga kesehatan mental. Sebab saat pikiran mengalami stres, ada kemungkinan otot juga akan tegang. Hal ini terjadi karena otot bisa merespons stres yang dialami oleh pikiran.Maka dari itu, melakukan gerakan pemanasan dipercaya bisa “menenangkan” otot, sehingga stres dapat diatasi.

8. Mencegah sakit kepala

Ternyata, pemanasan juga bisa mencegah sakit kepala. Sebab, berbagai bagian tubuh akan mengalami ketegangan saat sakit kepala melanda. Dengan melakukan pemanasan, berbagai bagian tubuh menjadi lebih rileks.

Peringatan sebelum melakukan pemanasan

Pemanasan
Manfaat pemanasan sangat dibutuhkan sebelum olahraga
Berbagai manfaat pemanasan di atas memang sangat dibutuhkan tubuh sebelum berolahraga. Sayangnya, tidak semua orang dianjurkan untuk melakukan pemanasan. Kelompok individu dengan kondisi berikut ini sebaiknya tidak melakukan pemanasan.
  • Cedera akut

Saat mengalami cedera akut, ternyata tubuh tidak boleh asal diregangkan saat pemanasan. Berkonsultasilah dulu pada dokter untuk mencari tahu gerakan pemanasan yang boleh dilakukan.
  • Cedera yang menimbulkan rasa nyeri

Jika Anda sedang mengalami cedera yang membuat berbagai bagian tubuh nyeri, ada baiknya berkonsultasi dulu pada dokter atau instruktur kebugaran, untuk mengetahui gerakan pemanasan yang boleh dilakukan.
  • Keterbatasan fisik

Sebagian orang memiliki keterbatasan fisik, yang membuat mereka tak bisa bergerak sesuka hati. Berkonsultasi pada dokter bisa membantu Anda untuk mencari tahu gerakan pemanasan yang boleh dilakukan agar fleksibilitas tubuh tetap terjaga.Jangan karena “tergiur” dengan manfaat pemanasan di atas, Anda jadi tidak memikirkan kondisi tubuh sebelum melakukannya. Tetap berkonsultasi pada dokter jika Anda memang memiliki keterbatasan fisik atau sedang mengalami cedera.

Catatan dari SehatQ:

Itulah tadi berbagai manfaat pemanasan yang bisa mengoptimalkan sesi olahraga Anda. Kini, tidak ada alasan bagi Anda untuk tidak melakukan pemanasan sebelum berkeringat di gym ataupun di lapangan. Dengan manfaat pemanasan ini, sesi olahraga bisa jadi lebih maksimal, dan kesehatan tubuh tetap terjaga!
olahragatips olahragahidup sehat
Health Harvard. https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/the-importance-of-stretching
Diakses pada 24 Juni 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/benefits-of-stretching#benefits
Diakses pada 24 Juni 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait