logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Kesehatan Mental

8 Manfaat Memelihara Kucing yang Bagus untuk Kesehatan Mental

open-summary

Manfaat melihara kucing dapat membuat seseorang lebih bahagia sekaligus menurunkan stres. Kehadiran kucing bantu menurunkan risiko penyakit jantung.


close-summary

20 Okt 2020

| Azelia Trifiana

Ditinjau oleh dr. Anandika Pawitri

Manfaat memelihara kucing

Memelihara kucing baik bagi kesehatan mental

Table of Content

  • Manfaat memelihara kucing untuk kesehatan
  • Catatan dari SehatQ

Bagi pecinta kucing, hari-harinya tentu terasa hampa jika tak ditemani hewan menggemaskan nan manja ini. Tak hanya itu saja, rupanya manfaat pelihara kucing dapat membuat seseorang lebih bahagia dan sehat. Bukan sekadar asumsi, hal ini terbukti lewat berbagai penelitian.

Advertisement

Meski demikian, tetap perlu ada batasan interaksi antara pemilik dengan hewan kesayangan mereka. Contohnya tidur bersama kucing yang justru lebih banyak mendatangkan risiko ketimbang manfaat.

Manfaat memelihara kucing untuk kesehatan

Beberapa manfaat pelihara kucing yang sudah terbukti secara ilmiah adalah:

1. Bantu jaga kondisi psikologis lebih baik

Penelitian di Australia pada tahun 2015 lalu menunjukkan hasil bahwa pemilik kucing bantu dalam kesehatan mental. Mereka yang memelihara kucing memiliki kondisi psikologis lebih baik ketimbang yang tidak memiliki hewan peliharaan. Dalam kuisioner, partisipan mengaku merasa lebih bahagia, percaya diri, tidak tegang, dan kualitas tidur lebih baik.

Tak hanya itu, partisipan juga mengaku memiliki rentang fokus lebih baik. Hal ini juga berlaku pada anak-anak berusia 11-15 tahun yang merasa lebih berenergi dan tidak kesepian jika memiliki hewan peliharaan. Anak-anak ini juga lebih bisa menikmati waktunya sendiri baik saat di rumah maupun sekolah.

2. Mengurangi stres

manfaat memelihara kucing menurunkan stres
Stres akan bisa berkurang dengan kehadiran kucing

Keberadaan kucing di sekitar juga dapat mengurangi mood buruk pemiliknya. Dalam penelitian pada tahun 2003, pemilik kucing lebih jarang merasakan emosi negatif.

Sebenarnya, hal ini tak hanya berlaku pada pemilik hewan peliharaan saja. Orang yang menonton video tingkah lucu kucing di internet merasa lebih jarang mengalami emosi negatif seperti sedih, cemas, atau tersinggung. Justru sebaliknya, mereka lebih sering merasa bahagia, puas, dan optimistis.

3. Membantu melewati masa sulit

Setiap orang bisa menghadapi masa sulit karena hidup tak selamanya mulus-mulus saja. Dalam penelitian yang melibatkan 120 pasangan menikah dan memelihara kucing, terlihat bahwa keberadaan hewan menggemaskan ini membantu mereka menghadapi tantangan.

Dalam penelitian ini, tantangan yang diberikan mulai dari menghitung perkalian hingga merendam tangan di air es. Terbukti, pemilik hewan peliharaan tampak lebih tenang dan lebih jarang melakukan kesalahan. Detak jantung serta tekanan darah mereka pun lebih stabil. Utamanya, ketika kucing berada di sekitar mereka.

4. Memberikan ketenangan

Keuntungan memelihara kucing adalah memberikan dukungan emosional karena pemiliknya. Tanpa disadari, saat sedang mengalami mood swing, pemilik kucing akan mencari hewan kesayangan mereka agar bisa merasa lebih nyaman.

Hewan ini pun menunjukkan kesetiaan yang membuat rasa khawatir dan cemas menjadi tidak terlalu signifikan. Bahkan ketika melihat hewan kesayangan ini tidur saja, sudah bisa mendatangkan perasaan nyaman dan tenang.

5. Menguatkan hubungan dengan orang lain

Hubungan harmonis pemilik kucing dengan hewan peliharaannya rupanya juga berpengaruh terhadap hubungannya dengan sesama manusia. Contohnya, penelitian menemukan fakta bahwa pemilik hewan lebih mudah bergaul secara sosial, percaya kepada orang lain, dan suka berinteraksi.

Ketika seseorang menjadi lebih baik karena memiliki hewan peliharaan, ia akan lebih piawai menunjukkan kebaikan serta kedermawanan kepada orang lain. Karakteristik hewan peliharaan seperti kucing yang loyal dan menerima pemiliknya apa adanya membuat seseorang merasa dicintai dan berharga.

6. Baik untuk kesehatan fisik

Manfaat memelihara kucing di rumah
Memelihara kucing bantu menyehatkan jantung

Memelihara kucing memang berpotensi menyebarkan penyakit. Di sisi lain, studi dengan lebih dari 4.400 partisipan menunjukkan bahwa manfaat memelihara kucing untuk kesehatan juga sangat banyak. Pemilik kucing lebih rendah risiko mengalami serangan jantung dibandingkan dengan yang tidak memilikinya.

Dalam penelitian lain dari University of Pennsylvania, survei dilakukan terhadap pemilik kucing selama 10 bulan. Pada rentang waktu satu bulan pertama, keluhan kesehatan seperti sakit kepala, nyeri punggung, hingga demam menjadi jauh berkurang.

Baca juga: Manfaat Memiliki Hewan Peliharaan untuk Anak

7. Menghilangkan rasa kesepian

Anda yang masih tinggal sendirian tampaknya perlu mulai memelihara kucing di rumah. Hewan lucu yang satu ini akan menemani dan menghilangkan rasa kesepian. Mereka akan senantiasa ada di dekat Anda saat berada di rumah.

Terlebih lagi, kucing bisa jadi teman Anda saat harus tinggal di rumah selama pandemi. Anda bisa bermain bersama atau bercerita tentang apa pun kepada kucing. Cara ini bisa bantu Anda keluar dari bayang-bayang depresi yang mengintai.

8. Membantu untuk hidup bersih

Hidup bersama hewan peliharaan akan memaksa Anda untuk menjaga kebersihan. Pasalnya, hewan butuh tempat yang nyaman untuk tinggal. Anda pun akan harus rutin memandikan serta membersihkan kotorannya.

Manfaat kucing bagi manusi adalah mereka tidak akan membiarkan rumah Anda terlihat kotor. Hal itu akan membuat kucing atau hewan peliharaan lainnya mudah sakit.

Baca juga: Manfaat Memelihara Ikan Tak Hanya Tenangkan PIkiran

Catatan dari SehatQ

Sebagian besar penelitian terkait manfaat pelihara kucing di atas bersifat hubungan timbal-balik. Tidak diketahui pasti apakah hewan berbulu ini memang benar-benar membawa manfaat atau pada dasarnya pemiliknya adalah orang yang mudah bahagia. Ketika seseorang bahagia, imunitas tubuh akan bekerja lebih baik dan keluhan fisik yang berasal dari masalah psikologis bisa saja teratasi.

Masih perlu lebih banyak lagi penelitian seputar manfaat kucing, karena sebagian besar riset tentang hewan peliharaan fokus pada anjing. Sebagian alasannya karena anjing juga lebih mudah dilatih sebagai pendamping terapi.

Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang manfaat memiliki hewan peliharaan terhadap kesehatan mental dan fisik, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.

Advertisement

menjaga kesehatanhidup sehatpola hidup sehat

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved