Manfaat Pelihara Kucing Ternyata Bisa Bikin Bahagia

(0)
04 Nov 2020|Azelia Trifiana
Manfaat memelihara kucing baik bagi kesehatan mentalMemelihara kucing baik bagi kesehatan mental
Bagi pecinta kucing, hari-harinya tentu terasa hampa jika tak ditemani hewan menggemaskan nan manja ini. Tak hanya itu saja, rupanya manfaat pelihara kucing dapat membuat seseorang lebih bahagia dan sehat. Bukan sekadar asumsi, hal ini terbukti lewat berbagai penelitian.Meski demikian, tetap perlu ada batasan interaksi antara pemilik dengan hewan kesayangan mereka. Contohnya tidur bersama kucing yang justru lebih banyak mendatangkan risiko ketimbang manfaat.

Manfaat memelihara kucing untuk kesehatan

Beberapa manfaat pelihara kucing yang sudah terbukti secara ilmiah adalah:

1. Kondisi psikologis lebih baik

Penelitian di Australia pada tahun 2015 lalu menunjukkan hasil bahwa pemilik kucing memiliki kondisi psikologis lebih baik ketimbang yang tidak memiliki hewan peliharaan. Dalam kuisioner, partisipan mengaku merasa lebih bahagia, percaya diri, tidak tegang, dan kualitas tidur lebih baik.Tak hanya itu, partisipan juga mengaku memiliki rentang fokus lebih baik. Hal ini juga berlaku pada anak-anak berusia 11-15 tahun yang merasa lebih berenergi dan tidak kesepian jika memiliki hewan peliharaan. Anak-anak ini juga lebih bisa menikmati waktunya sendiri baik saat di rumah maupun sekolah.

2. Mengurangi stres

wanita tersenyum
Keberadaan kucing di sekitar juga dapat mengurangi mood buruk pemiliknya. Dalam penelitian pada tahun 2003, pemilik kucing lebih jarang merasakan emosi negatif.Sebenarnya, hal ini tak hanya berlaku pada pemilik hewan peliharaan saja. Bahkan orang yang menonton video tingkah lucu kucing di internet merasa lebih jarang mengalami emosi negatif seperti sedih, cemas, atau tersinggung. Justru sebaliknya, mereka lebih sering merasa bahagia, puas, dan optimistis.

3. Membantu melewati masa sulit

Setiap orang bisa menghadapi masa sulit karena hidup tak selamanya mulus-mulus saja. Dalam penelitian yang melibatkan 120 pasangan menikah dan memelihara kucing, terlihat bahwa keberadaan hewan menggemaskan ini membantu mereka menghadapi tantangan.Dalam penelitian ini, tantangan yang diberikan mulai dari menghitung perkalian hingga merendam tangan di air es. Terbukti, pemilik hewan peliharaan tampak lebih tenang dan lebih jarang melakukan kesalahan. Detak jantung serta tekanan darah mereka pun lebih stabil. Utamanya, ketika kucing berada di sekitar mereka.

4. Memberikan ketenangan

Keberadaan kucing di sekitar memberikan dukungan emosional karena pemiliknya. Tanpa disadari, saat sedang mengalami mood swing, pemilik kucing akan mencari hewan kesayangan mereka agar bisa merasa lebih nyaman.Hewan ini pun menunjukkan kesetiaan yang membuat rasa khawatir dan cemas menjadi tidak terlalu signifikan. Bahkan ketika melihat hewan kesayangan ini tidur saja, sudah bisa mendatangkan perasaan nyaman dan tenang.

5. Baik untuk hubungan dengan orang lain

Hubungan harmonis pemilik kucing dengan hewan peliharaannya rupanya juga berpengaruh terhadap hubungannya dengan sesama manusia. Contohnya, penelitian menemukan fakta bahwa pemilik hewan lebih mudah bergaul secara sosial, percaya kepada orang lain, dan suka berinteraksi.Ketika seseorang menjadi lebih baik karena memiliki hewan peliharaan, ia akan lebih piawai menunjukkan kebaikan serta kedermawanan kepada orang lain. Karakteristik hewan peliharaan seperti kucing yang loyal dan menerima pemiliknya apa adanya membuat seseorang merasa dicintai dan berharga.

6. Baik untuk kesehatan fisik

tiga kucing dalam keranjang
Terlepas dari berbagai penyakit yang mungkin ditularkan dari kucing, studi dengan lebih dari 4.400 partisipan menunjukkan bahwa pemilik kucing lebih rendah risiko mengalami serangan jantung dibandingkan dengan yang tidak memilikinya.Dalam penelitian lain dari University of Pennsylvania, survei dilakukan terhadap pemilik kucing selama 10 bulan. Pada rentang waktu satu bulan pertama, keluhan kesehatan seperti sakit kepala, nyeri punggung, hingga demam menjadi jauh berkurang.

Sebagian besar penelitian terkait manfaat pelihara kucing di atas bersifat hubungan timbal-balik. Tidak diketahui pasti apakah hewan berbulu ini memang benar-benar membawa manfaat atau pada dasarnya pemiliknya adalah orang yang mudah bahagia. Ketika seseorang bahagia, imunitas tubuh akan bekerja lebih baik dan keluhan fisik yang berasal dari masalah psikologis bisa saja teratasi.Masih perlu lebih banyak lagi penelitian seputar manfaat kucing, karena sebagian besar riset tentang hewan peliharaan fokus pada anjing. Sebagian alasannya karena anjing juga lebih mudah dilatih sebagai pendamping terapi.Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang manfaat memiliki hewan peliharaan terhadap kesehatan mental dan fisik, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
menjaga kesehatanhidup sehatpola hidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/health/benefits-of-being-cat-lover
Diakses pada 17 Oktober 2020
Research Gate. https://www.researchgate.net/profile/Gerulf_Rieger/publication/50911102_Spouses_and_cats_and_their_effects_on_human_mood/links/00b7d5326dc2cf12c8000000/Spouses-and-cats-and-their-effects-on-human-mood.pdf
Diakses pada 17 Oktober 2020
Taylor & Francis Online. https://www.tandfonline.com/doi/abs/10.2752/089279399787000237
Diakses pada 17 Oktober 2020
Journal of the Royal Society of Medicine. https://journals.sagepub.com/doi/pdf/10.1177/014107689108401208
Diakses pada 17 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait