Manfaat Pakcoy, Tidak Kalah dari Sayuran Hijau Lainnya

Manfaat pakcoy tidak hanya mencegah kanker tapi juga menyehatkan jantung.
Manfaat pakcoy yang beragam membuatnya baik untuk kesehatan.

Pakcoy atau sawi sendok, sebenarnya sayuran hijau yang sudah tidak asing lagi di lidah orang Indonesia. Sayangnya, tidak banyak yang tahu kalau manfaat pakcoy untuk kesehatan sangatlah banyak, seperti mencegah kanker dan penyakit jantung.

Mari telusuri berbagai manfaat pakcoy yang baik untuk kesehatan ini.

Manfaat pakcoy yang beragam

Para peneliti percaya, pakcoy sudah dikonsumsi oleh masyarakat Tiongkok kuno sejak ribuan tahun lalu. Sayuran hijau ini juga memiliki banyak nutrisi baik dan rendah kalori.

Manfaat pakcoy sangatlah beragam, bahkan bisa dirasakan hampir semua bagian tubuh manusia. Apa saja manfaat pakcoy itu?

1. Mencegah kanker

Sama seperti kebanyakan sayuran lainnya, pakcoy juga berpotensi mencegah kanker. Sebab, pakcoy mengandung folat yang bisa mencegah pembentukan sel kanker akibat mutasi DNA.

Pakcoy juga mengandung vitamin C, vitamin E, dan beta karoten, yang merupakan antioksidan sehingga bisa mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas.

Uniknya, pakcoy mengandung selenium, yang bisa membersihkan tubuh dari komponen penyebab kanker. Selain itu, selenium juga bisa mencegah peradangan dan munculnya tumor.

2. Menjaga kesehatan tulang

Pakcoy mengandung berbagai macam nutrisi dan zat mineral yang baik untuk kesehatan tulang. Mulai dari zat besi, fosfor, kalsium, magnesium, zinc, dan vitamin K!

Misalnya, fosfor dan kalsium, yang sangat penting untuk memperkuat struktur tulang. Kemudian ada vitamin K yang menjaga kestabilan kalsium di dalam tulang.

3. Menjaga tekanan darah

Manfaat pakcoy selanjutnya adalah menjaga tekanan darah. Tidak heran, pakcoy mengandung kalium, kalsium, dan magnesium yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi secara alami.

Menurut sebuah laporan dalam American Journal of Clinical Nutrition, mengonsumsi kalium hingga 4.700 miligram per hari, bisa menurunkan tekanan darah tinggi yang disebabkan oleh asupan natrium yang tinggi.

4. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan kalori dan kolesterol pakcoy sangatlah rendah. Selain itu, pakcoy juga mengandung folat, kalium, vitamin C, dan vitamin B-6. Semua kandungannya inilah yang membuat manfaat pakcoy bisa menjaga kesehatan jantung.

Sebuah riset membuktikan bahwa vitamin B-6 dan folat bisa mencegah munculnya homosistein. Kelebihan homosistein berisiko menyebabkan kerusakan pembuluh darah, yang meningkatkan risiko penyakit jantung.

5. Mencegah peradangan dalam tubuh

Kandungan kolin yang dimiliki pakcoy bisa mencegah munculnya peradangan dalam tubuh. Tidak hanya itu, kolin juga bisa membantu Anda tidur lebih nyenyak, menjaga pergerakkan otot, hingga meningkatkan kemampuan belajar dan mengingat.

6. Meningkatkan kemampuan sistem imun tubuh

Pakcoy
Manfaat pakcoy bisa tingkatkan imun tubuh

Manfaat pakcoy untuk sistem imun tubuh tidak boleh diremehkan. Bayangkan saja, kandungan selenium yang dimiliki pakcoy, bisa meningkatkan kemampuan sistem imun tubuh dalam melawan infeksi.

7. Menjaga kesehatan kulit

Tanpa kolagen, berbagai masalah kulit akan datang. Untungnya, kandungan vitamin C yang dimiliki pakcoy, bisa mendukung kolagen untuk bekerja lebih baik dalam menjaga kesehatan kulit.

Sebab, vitamin C memiliki komponen antioksidan yang bisa menjaga kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari, polusi, dan asap.

Vitamin C juga membuat kolagen lebih efektif, sehingga kemampuannya dalam mencegah kulit keriput pun meningkat.

8. Mencegah penyakit diabetes tipe 2

Beberapa riset menyatakan bahwa Sayuran cruciferous seperti pakcoy bisa mencegah penyakit diabetes tipe 2. Namun, penelitian lebih lanjut masih dibutuhkan untuk membuktikan manfaat pakcoy yang satu ini.

Manfaat pakcoy bertasal dari kandungan nutrisi ini

Pakcoy
Manfaat pakcoy datang dari kandungan nutrisinya

Berbagai macam manfaat pakcoy di atas, tentunya didukung oleh kandungan nutrisinya. Sekitar satu cangkir (70 gram) pakcoy, mengandung:

  • Karbohidrat: 1,5 gram
  • Lemak: 0,1 gram
  • Protein: 1,1 gram
  • Serat: 0,7 gram
  • Kalori: 9,1

Selain itu, ketahui juga kadar vitamin dan zat mineral pakcoy melalui kandungan nutrisinya. Sekitar 170 g pakcoy, memiliki kadar vitamin dan zat mineral seperti berikut:

  • Vitamin C: 44,2 gram
  • Vitamin E: 0,2 miligram
  • Vitamin K: 57,8 mikrogram
  • Vitamin B6: 0,3 miligram
  • Folat: 69,7 mikrogram
  • Kolin: 20,6 miligram
  • Kalsium: 158 miligram
  • Zat besi: 1,8 miligram
  • Magnesium: 18,7 miligram
  • Fosfor: 49,3 miligram
  • Kalium: 631 miligram
  • Natrium: 57,8 miligram
  • Zinc: 0,3 miligram
  • Selenium: 0,7 mikrogram

Itulah berbagai macam manfaat pakcoy beserta kandungan nutrisi lengkapnya. Bagi Anda yang ingin mengonsumsi sayuran hijau dan lebih bervariasi, masukkan pakjoy ke dalam menu berikutnya.

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/280948
Diakses pada 2 April 2020

Very Well Fit. https://www.verywellfit.com/carb-information-for-bok-choy-2241765
Diakses pada 2 April 2020

Nutrition Data. https://nutritiondata.self.com/facts/vegetables-and-vegetable-products/2378/2
Diakses pada 2 April 2020

Artikel Terkait