Manfaat Orgasme, Benarkah Bikin Kulit Jadi Glowing?


Manfaat orgasme bukan hanya membuat mood lebih baik, tapi juga mencegah munculnya jerawat akibat stres.

(0)
28 Jan 2021|Azelia Trifiana
Bukan hanya enak, manfaat orgasme juga membuat kulit terlihat glowingBukan hanya enak, manfaat orgasme juga membuat kulit terlihat glowing
Tak hanya membuat suasana hati membaik dan memenuhi tubuh dengan oksitosin saja, manfaat orgasme ternyata juga sangat baik untuk kesehatan kulit. Korelasinya adalah ketika seseorang merasakan “big O”, tubuhnya akan terasa rileks.Ini penting karena saat mengalami stres, kulit yang biasanya akan terdampak paling awal. Lihat bagaimana jerawat bermunculan tanpa diundang ketika sedang stres? Itu contoh paling mudahnya.

Manfaat orgasme untuk kesehatan kulit

ciuman
Seks dapat mencegah timbulnya jerawat
Bukan hanya orgasme dengan pasangan setelah menuntaskan seks enak, manfaat ini juga bisa diperoleh setelah melakukan masturbasi.Bahkan dalam survei Planned Parenthood tahun 2000 lalu, tercatat 39% dari lebih dari 2.600 perempuan asal Amerika Serikat merasa lebih rileks setelah masturbasi. Apakah rileks hanya ada di pikiran? Tentu tidak. Ternyata, hal ini juga berdampak pada kulit dengan cara-cara seperti:

1. Tidur nyenyak, regenerasi maksimal

Ada alasan mengapa orang yang baru melakukan hubungan seksual dan mencapai orgasme tertidur lebih lelap. Artinya, tidur cukup selama 7-8 jam sangat bisa tercapai. Ini dapat menjaga kulit dari kemungkinan munculnya jerawat. Lihat saja bagaimana kurang tidur bisa menjadi pintu gerbang hadirnya jerawat, bukan?Tak hanya itu, pukul 10 malam hingga 2 dini hari adalah waktu paling optimal tubuh melakukan regenerasi sel kulit. Begitu pula dengan sistem imun dan penyembuhan peradangan, juga terjadi saat seseorang sedang terlelap

2. Estrogen meningkat, cegah penuaan

Ada banyak manfaat hormon estrogen bagi tubuh, termasuk mencegah penuaan kulit lewat beberapa cara, seperti:
  • Mencegah menurunnya kolagen

Kolagen sangat diperlukan untuk menjaga kulit awet muda. Tak hanya itu, kolagen pula yang berperan mencegah munculnya keriput.
  • Menjaga kelembapan kulit

Estrogen juga berperan dalam menjaga kelembapan kulit. Hasilnya, kulit akan terasa kenyal dan sehat. Tambahkan overnight mask untuk memaksimalkan perawatan kulit wajah ketika tidur semalaman. Hasilnya, kulit wajah akan terjaga kelembapannya sekaligus terhindar dari tanda-tanda penuaan dini.

3. Mencerahkan wajah

Coba berkaca setelah mencapai orgasme. Ada wajah kelelahan yang tampak puas, bahagia, dan juga berbinar-binar. Ya, wajah tampak glowing ini terjadi karena sirkulasi darah meningkat ketika merasakan orgasme. Artinya, lebih banyak pula sel darah pembawa oksigen yang terbawa ke wajah.Tak hanya itu, sirkulasi darah yang semakin lancar ini juga berarti lebih banyak air yang ditransfer ke organ terbesar manusia yaitu kulit. Ketika kulit terhidrasi dengan baik, hasilnya tentu tampak glowing.Lihat bagaimana pipi tampak merona? Itu terjadi karena pembuluh darah melebar sehingga oksigen merangsang produksi kolagen. Lagi-lagi, ini kabar baik karena kolagen dapat mencegah kemunculan keriput.

4. Jauh dari stres

Bukan sekadar mitos, ada bukti ilmiah bahwa orgasme dan melakukan seks secara berkala bisa membuat seseorang merasa bahagia. Orang tidak akan merasa mudah mengantuk, bebas stres, sekaligus sering tersenyum. Bekerja bagai keajaiban, mood yang baik ini membuat orang akan melihat Anda tampak lebih muda.Bukan cuma klaim sepihak karena ada studi pada tahun 2016 yang membenarkan korelasi ini. Ketika tersenyum, mereka tampak lebih muda. Ingat bahwa ketika merasa stres, kulit akan menjadi hal pertama yang terdampak. Begitu pula sebaliknya.

5. Cegah jerawat

Mencapai klimaks artinya tubuh menghasilkan love hormone atau oksitosin. Hormon yang satu ini membantu menurunkan kadar kortisol (hormon stres) serta membuat tubuh dan pikiran rileks. Inilah jawaban mengapa setelah orgasme, seseorang akan merasa jauh lebih baikAdanya hormon oksitosin ini juga mencegah terjadinya peradangan. Artinya, jerawat hingga wajah membengkak pun bisa dicegah. Di saat yang sama, kortisol yang rendah juga meningkatkan produksi kolagen yang baik untuk kulit.Tak perlu krim mahal, tak perlu komitmen, bahkan bisa dicapai dengan cara menyenangkan. Itulah orgasme yang ternyata bermanfaat sangat baik untuk kesehatan kulit.Lebih jauh lagi, sebenarnya yang terasa jauh lebih baik dan glowing bukan hanya kulit dan tubuh saja, tapi juga mental. Merasa senang dan jauh dari stres adalah resep menjaga kesehatan mental.

Catatan dari SehatQ

Jika ada cara cuma-cuma untuk mendapatkan manfaat untuk kesehatan kulit, orgasme adalah jawabannya. Tidak ada pasangan? Permainan solo pun juga seru untuk dicoba.Apabila ada pasangan, tentu pastikan melakukan safe sex sesuai kebutuhan masing-masing.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar manfaat orgasme untuk kesehatan, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
hubungan sekshubungan seksualkesehatan kulit
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/orgasm-benefits
Diakses pada 18 Januari 2021
Sage Journals. https://journals.sagepub.com/doi/abs/10.1177/0146167216684124
Diakses pada 18 Januari 2021
PLOS One. https://journals.plos.org/plosone/article?id=10.1371/journal.pone.0152093
Diakses pada 18 Januari 2021
Planned Parenthood. https://www.plannedparenthood.org/uploads/filer_public/a0/ee/a0eed54c-ffda-4f82-b53d-4fb2b4666eee/benefits_sex_07_07.pdf
Diakses pada 18 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait