Manfaat Omega 3, Lemak Tak Jenuh yang Serba Bisa

Tubuh tak bisa memproduksi omega 3, maka dari itu konsumsilah makanan yang mengandung omega 3.
Salah satu manfaat omega 3 adalah mencegah penyakit jantung seperti stroke.

Manfaat omega 3 bagi kesehatan sudah pasti dibutuhkan oleh semua orang. Sayangnya, tubuh tidak bisa memproduksi lemak tak jenuh ini. Untungnya, alam semesta telah menyediakan beragam makanan yang mengandung omega 3. Demi kesehatan Anda dan keluarga, mari kenali segudang manfaat omega 3 berikut ini!

Manfaat omega 3 yang tidak ada duanya

Wajar rasanya kalau menyebut manfaat omega 3 tidak ada duanya. Sebab, hampir semua organ tubuh tak luput dari manfaat omega 3. Kebanyakan manfaat omega 3 pun sudah didukung oleh penelitian dan studi.

Omega 3 memiliki beragam jenis, yaitu:

  • Asam alfa-linoleat (ALA), yang dapat ditemukan pada minyak nabati
  • Asam eicosapentaenoic (EPA), yang bisa didapatkan dari minyak ikan seperti salmon sampai sarden
  • Asam docosahexaenoic (DHA), yang juga bisa didapatkan dari minyak ikan

Ketiga jenis omega 3 di atas memiliki kemampuan dan manfaatnya masing-masing. Maka dari itu, kenali beragam manfaat omega 3, di bawah ini.

1. Melawan depresi

Tidak sedikit riset yang membuktikan, orang-orang yang sering mengonsumsi omega 3, terhindar dari depresi. Selain itu, manfaat omega 3 yang satu ini bisa meredakan gejala depresi seperti kesedihan sampai kelesuan. Manfaat omega 3 tersebut dapat Anda rasakan dengan mengonsumsi omega 3 EPA.

2. Meningkatkan kesehatan mata

Jenis omega 3 DHA sangat dibutuhkan oleh mata, terutama bagian retina. Ketika mata tidak mendapatkan asupan omega 3 DHA, maka penyakit mata bisa timbul.

Penelitian membuktikan, mengonsumsi omega 3 DHA dapat menurunkan risiko degenerasi makula (penyakit yang bisa menyebabkan kebutaan).

3. Mencerdaskan otak janin

Mengonsumsi omega 3 selama kehamilan dipercaya mampu meningkatkan kecerdasan otak anak, dan kemampuan bersosialisasi, menurunkan risiko keterlambatan perkembangan, hingga menghindarkan potensi gangguan spektrum autisme sampai lumpuh otak (cerebral palsy).

4. Menurunkan risiko penyakit jantung

Suplemen omega 3
Suplemen omega 3

Puluhan tahun lalu, peneliti menemukan bahwa masyarakat yang suka mengonsumsi ikan, cenderung tidak mengalami penyakit jantung. Semenjak itu, manfaat omega 3 dikenal dalam menurunkan risiko penyakit seperti stroke atau serangan jantung.

Manfaat omega 3 juga bisa menurunkan trigliserida, tekanan darah tinggi, mencegah plak menimbun di pembuluh darah, dan mampu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

Meski begitu, dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan manfaat omega 3 dalam menurunkan risiko stroke atau serangan jantung.

5. Meredakan gejala attention deficit hyperactivity disorder (ADHD)

Attention deficit hyperactivity disorder (ADHD) adalah gangguan perilaku yang ditandai dengan kondisi hiperaktif atau impulsif. Beberapa riset memperlihatkan, anak-anak pengidap ADHD ternyata kekurangan omega 3.

Tidak hanya itu, mengonsumsi omega 3 juga bisa meredakan gejala ADHD. Baru-baru ini, ada riset yang menegaskan bahwa suplemen minyak ikan bisa digunakan untuk meredakan kondisi ADHD.

6. Mengurangi peradangan

Berdasarkan jurnal ilmiah yang diterbitkan British Journal of Clinical Pharmacology, omega 3, DHA dan EPA bisa mengurangi peradangan dalam tubuh. Namun, penelitian ini dilakukan pada hewan uji, bukan manusia. Itulah mengapa, manfaat omega 3 yang satu ini masih perlu diteliti lebih jauh.

7. Mencegah obesitas

Dalam The Journal of Nutritional Biochemistry, omega 3 dapat mengurangi risiko kenaikan berat badan berlebih, sehingga obesitas dapat dihindari. Namun, klaim yang menyatakan bahwa manfaat omega 3 bisa menurunkan berat badan, masih perlu diteliti lebih lanjut.

8. Mencegah penyakit autoimun

Penyakit autoimun menyebabkan sistem imun tubuh menyerang sel sehat. Banyak penyakit autoimun seperti diabetes tipe 1 hingga multiple sclerosis yang bisa muncul.

Penelitian memperlihatkan, mengonsumsi omega 3 sejak dini bisa mencegah datangnya penyakit-penyakit autoimun, seperti lupus, rheumatoid arthritis, hingga psoriasis.

9. Meredakan gangguan mental

Penelitian membuktikan, kurangnya omega 3 sering ditemukan pada orang dengan gangguan kejiwaan.
Riset menjelaskan, manfaat omega 3 bisa meredakan gejala perubahan suasana hati dan kekambuhan pada penderita skizofrenia dan bipolar.

10. Mencegah kanker

Percayakah Anda, kalau manfaat omega 3 dapat mencegah beberapa jenis kanker? Penelitian sudah memperlihatkan bahwa orang-orang yang mengonsumsi omega 3 mengalami penurusan risiko terserang kanker usus besar sebanyak 55%, lho.

Selain itu, omega 3 juga disebut bisa menurunkan risiko kanker prostat pada pria dan kanker payudara pada wanita.

11. Mengurangi perlemakan hati

Penyakit hati berlemak non-alkohol (NAFLD) bisa menyebabkan gangguan hati yang parah. Sebuah penelitian membuktikan kalau manfaat omega 3 dapat secara efektif mengurangi perlemakan hati dan peradangan pada tubuh penderita NAFLD.

12. Meningkatkan kesehatan sendi dan tulang

Osteoporosis dan arthritis adalah dua penyakit yang berdampak pada sistem kerangka tubuh. Beberapa riset membuktikan, manfaat omega 3 bisa meningkatkan kekuatan tulang dengan menambah kadar kalsium di dalamnya. Omega 3 juga dapat meredakan nyeri sendi.

13. Meningkatkan kualitas tidur

Mendapatkan kualitas tidur yang baik adalah dasar untuk menjaga kesehatan secara optimal. Rendahnya kadar omega 3 ternyata bisa menyebabkan gangguan tidur pada anak kecil dan orang dewasa.
Untungnya, mengonsumsi omega 3 terbukti meningkatkan durasi dan kualitas tidur.

Makanan yang mengandung banyak omega 3

Salmon
Salmon adalah makanan yang mengandung omega 3 tinggi

Tubuh memang tak bisa memproduksi omega 3. Namun tenang saja karena alam sudah menyediakan banyak makanan lezat yang mengandung omega 3. Beberapa makanan dengan kandungan omega 3 yang bisa Anda coba adalah:

  • Ikan makarel: 0,59 gram gram DHA dan 0,43 EPA
  • Ikan salmon: 1,24 g DHA dan 0,59 g EPA
  • Ikan sarden: 0,74 g DHA dan 0,45 g EPA
  • Biji chia: 5,055 g ALA
  • Biji rami: 2,605 g ALA
  • Edamame: 0,28 g ALA
  • Kacang merah: 0,10 g ALA

Omega 3 sangatlah dibutuhkan untuk mencapai kesehatan optimal. Mengonsumsi makanan yang mengandung omega 3 seperti ikan sebanyak dua kali seminggu, sangat disarankan.

Jika Anda tidak suka memakan ikan, tersedia banyak suplemen omega 3 di apotek yang bisa dicoba. Namun ingat, berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui cara mengonsumsi omega 3 yang baik dosis tepatnya.

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/17-health-benefits-of-omega-3#section18
Diakses pada 24 Februari 2020

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/323144#outlook
Diakses pada 24 Februari 2020

Artikel Terkait