Ketahui Manfaat Olahraga Malam Agar Anda Tidak Mager Lagi


Manfaat olahraga malam ternyata membuat tidur lebih nyenyak. Tak hanya itu. Anda pun dapat merasakan peningkatan stamina maupun stres yang berkurang, dengan berolahraga di malam hari.

(0)
14 Jan 2021|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Manfaat olahraga malam ternyata tak kalah dari berolahraga di pagi hariManfaat olahraga malam antara lain meredakan stres
Tidak bisa bangun pagi atau justru punya kesibukan yang padat saat matahari baru terbit bukanlah halangan bagi Anda untuk berolahraga. Anda tetap bisa meregangkan otot pada sore atau bahkan malam hari karena manfaat olahraga malam juga tidak kalah dengan olahraga di pagi hari.Anda mungkin sudah familiar dengan nasehat mengenai pentingnya berolahraga secara rutin. Olahraga bukan hanya harus dilakukan oleh orang-orang yang sedang diet atau ingin menurunkan berat badan, tapi juga yang ingin sehat, terhindar dari penyakit jantung, diabetes, maupun senantiasa mendambakan kebahagiaan.Kebanyakan orang lebih senang berolahraga di pagi hari karena kondisi tubuh yang masih segar, begitu pula dengan udara pagi yang cenderung masih bebas polusi. Namun, olahraga di malam hari juga ternyata memiliki efek yang sama baiknya bagi tubuh.

Manfaat olahraga malam dapat membuat tidur lebih nyenyak?

Salah satu anggapan yang populer sekaligus mengundang kontroversi adalah olahraga di malam hari dapat mengganggu kualitas tidur Anda. Namun, tidak sedikit juga yang berpendapat bahwa manfaat olahraga malam justru dapat membuat Anda tidur lebih nyenyak.Mana yang benar?Dahulu, para ahli memang tidak merekomendasikan olahraga malam sebagai bagian dari menjaga higienitas sebelum tidur. Namun, penelitian yang dipublikasikan di Sports Medicine menyebut bahwa olahraga malam boleh-boleh saja dilakukan dan tidak akan mengganggu kualitas tidur.Syaratnya, Anda tidak berolahraga dengan intensitas tinggi setidaknya satu jam sebelum tidur. Kesimpulan ini diambil setelah dilakukan kajian mendalam terhadap 23 riset yang meneliti tentang hubungan olahraga malam dengan kualitas tidur seseorang.
Berolahraga malam tidak merusak kualitas tidur
Menurut hasil riset tersebut, orang-orang yang berolahraga malam tetap bisa tidur seperti orang yang tidak melakukan latihan di malam hari. Bahkan, orang yang berolahraga malam satu jam sebelum tidur mengaku bisa beristirahat dengan lebih nyaman semakin nyenyak, serta bangun dalam kondisi lebih segar.Sebaliknya, orang-orang yang berolahraga berat (seperti melakukan high interval intensive training atau HIIT) kurang dari satu jam sebelum tidur tidak bisa merasakan manfaat olahraga malam tersebut. Justru, mereka mengaku lebih susah tertidur dan terlelap dalam kondisi tidak berkualitas.Hasil temuan ini mirip dengan kesimpulan dari penelitian berskala kecil yang dilakukan di Australia. Riset tersebut menyatakan bahwa orang yang melakukan olahraga HIIT selama 30 menit di malam hari tetap bisa tidur nyenyak seperti biasa.Yang penting, pastikan Anda tetap menjaga higienitas setelah berolahraga malam dengan mandi air hangat sekitar 1 jam sebelum tidur. Matikan juga gawai dan lampu kamar agar tubuh Anda merasa lebih rileks dan cepat terlelap.

Manfaat olahraga malam lainnya

Redakan stres dengan melakukan olahraga di malam hari
Selain meningkatkan kualitas tidur, manfaat olahraga malam yang juga dapat Anda rasakan adalah:

1. Meningkatkan stamina

Sebuah riset membuktikan berolahraga di malam hari dapat meningkatkan penyerapan oksigen di dalam tubuh. Penelitian lain juga menyatakan olahraga malam saat tubuh sudah ‘panas’ karena beraktivitas seharian dapat meningkatkan fleksibilitas dan kekuatan otot.

2. Menghilangkan stres

Berolahraga dapat meembantu tubuh melepas hormon endorfin yang dapat memperbaiki mood sekaligus mencegah stres di kemudian hari.

3. Meningkatkan penyerapan nutrisi

Suatu penelitian menyatakan orang yang minum susu berprotein tinggi setelah olahraga malam dan sebelum tidur memiliki konsentrasi asam amino di dalam tubuh lebih tinggi dibanding mereka yang tidak mengonsumsinya. Ini membuktikan bahwa protein lebih maksimal diserap oleh tubuh saat Anda tidur dan tentunya setelah berolahraga.Jika Anda melakukan olaharaga malam di luar rumah, misalnya di taman kota atau pusat kebugaran (gym), pastikan Anda memperhatikan faktor keamanan dan keselamatan. Pilih tempat dengan penerangan yang cukup, selalu perhatikan protokol kesehatan, dan bila perlu minta kerabat atau teman untuk mendampingi.

Catatan dari SehatQ

Olahraga pada pagi, siang, sore, ataupun malam hari sama-sama memberikan dampak yang baik bagi kesehatan tubuh. Kuncinya, Anda melakukan olahraga itu secara rutin dan diiringi dengan perubahan pola hidup menjadi lebih sehat, seperti bergerak aktif dan makan makanan bernutrisi.Untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang tips berolahraga demi hidup yang selalu sehat, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
olahragatips olahraganutrisipola hidup sehat
Medline Plus. https://medlineplus.gov/benefitsofexercise.html
Diakses pada 31 Desember 2020
Harvard Health. https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/does-exercising-at-night-affect-sleep
Diakses pada 31 Desember 2020
WebMD. https://www.webmd.com/sleep-disorders/news/20190225/evening-exercise-wont-wreck-your-sleep
Diakses pada 31 Desember 2020
Very Well Fit. https://www.verywellfit.com/dos-and-donts-for-the-midnight-exerciser-1229781
Diakses pada 31 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait