Manfaat Olahraga Dayung dalam Ruangan, Seluruh Otot Terstimulasi

(0)
01 Sep 2020|Azelia Trifiana
Olahraga dayung dalam ruangan menyehatkan untuk tubuhOlahraga dayung memiliki manfaat yang baik untuk tubuh
Ketika berolahraga di gym, ada satu jenis peralatan yang menirukan gerakan olahraga dayung di air, disebut rowing machine. Ketika berlatih menggunakan alat ini, seluruh otot tubuh ikut terlatih. Manfaatnya mulai dari membakar kalori, meningkatkan stamina, hingga membentuk otot.Ada banyak sebutan lain untuk olahraga dayung dalam ruangan ini, seperti flywheel rower. Menggunakan alat ini adalah cara efektif untuk membakar banyak kalori dibandingkan dengan jenis olahraga kardio lainnya.

Manfaat olahraga dayung dalam ruangan

Sebenarnya, olahraga dayung dalam ruangan termasuk olahraga low-impact sehingga bisa disesuaikan dengan kemampuan setiap orang. Dibandingkan dengan olahraga kardio lain, olahraga dayung ini melibatkan banyak otot dalam tubuh. Mulai dari tubuh bagian atas, bawah, dan tentu saja core.Lantas, apa saja manfaat olahraga dayung ini?

1. Membakar kalori

orang berdiri di atas timbangan
Berat badan terjaga
Untuk bisa mencapai berat badan ideal, seseorang harus mengalami defisit kalori. Artinya, jumlah kalori yang dibakar lebih banyak ketimbang yang dikonsumsi. Melakukan olahraga dayung dalam ruangan bisa membantu membakar kalori. Tentunya, harus disertai dengan mengontrol betul apa yang dikonsumsi.Secara umum, jumlah kalori yang terbakar saat melakukan olahraga dayung bergantung pada banyak faktor. Mulai dari berat badan, intensitas, hingga durasi berolahraga. Semakin intens, tentu jumlah kalori yang dibakar semakin banyak.

2. Menghilangkan lemak

Perempuan dibantu instruktur sedang olahraga angkat beban
Padukan dengan olahraga angkat beban untuk hasil maksimal
Jenis olahraga dayung dalam ruangan dapat membantu mobilisasi lemak dalam tubuh sehingga terkonversi maksimal menjadi energi. Menurut penelitian, berolahraga intensitas sedang seperti rowing selama 150 menit sepekan bisa membantu menghilangkan lemak.Selain olahraga dayung, sertakan pula olahraga angkat beban untuk mendapatkan hasil maksimal. Tentunya, disertai pula dengan mengonsumsi lebih banyak sayur dan protein.

3. Alternatif olahraga luar ruangan

Memang jika dibandingkan dengan berlari, olahraga dayung dalam ruangan ini membakar lebih sedikit kalori. Lari merupakan jenis olahraga dengan benturan yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan rowing. Oleh karena itu, rowing dapat menjadi alternatif bagi mereka yang mengalami cedera olahraga. Rowing juga dapat menjadi alternatif bila cuaca kurang mendukung untuk berlari.

4. Stimulasi otot seluruh tubuh

Olahraga dayung ini dapat memberikan stimulus kepada otot di seluruh tubuh, manfaat yang bisa diperoleh dari full body workout. Kumpulan otot mulai dari bagian atas, core, hingga bawah akan ikut bekerja ketika mengoperasikan alat olahraga ini.Jika dibandingkan dengan olahraga lain seperti bersepeda atau berlari yang lebih banyak memberi stimulus pada otot tubuh bagian bawah, olahraga dayung jelas lebih unggul. Sebanyak 60% kekuatan otot diperoleh dari kaki, sementara 40% sisanya dari tubuh bagian atas.

5. Membangun kekuatan otot

Beberapa orang yang rutin melakukan olahraga dayung dalam ruangan mengklaim otot mereka menjadi lebih kuat. Tentunya, jika dipadukan dengan olahraga angkat beban atau resistance training dengan repetisi sesuai kemampuan masing-masing.Semakin banyak repetisi, akan semakin maksimal pula kekuatan otot yang terbentuk. Jadi, Anda bisa memadukan olahraga dayung dalam ruangan dengan pilihan olahraga angkat beban lainnya.

6. Potensi menyehatkan jantung

Menurut penelitian, olahraga kardio seperti rowing bisa menyehatkan jantung. Orang yang secara teratur berolahraga dayung akan memiliki tekanan darah rendah, kolesterol terjaga, hingga berat badan yang sehat. Tentunya, kondisi ini akan menjaga seseorang dari risiko menderita stroke, serangan jantung, diabetes, dan obesitas.

Cara melakukan olahraga dayung dalam ruangan

Olahraga dayung idealnya dilakukan 5 kali dalam sehari dengan durasi selama 30 menit. Namun jika digabung dengan olahraga intensitas sedang lainnya, target idealnya adalah 150 menit per minggu.Cara melakukan rowing yang tepat adalah:
  • Duduk di kursi dan amankan kedua kaki dengan tali yang tersedia
  • Nyalakan electronic tracker, beberapa jenis alat rowing akan menyala dengan sendirinya ketika mulai didayung
  • Pegang “dayung” dan mulai posisi “catch” dengan kedua tangan lurus dan tubuh condong ke depan
  • Transisi ke posisi “drive” dengan mendorong kedua kaki dan mengayunkan tubuh kembali ke posisi vertikal
  • Beralih ke posisi “finish” dengan menarik kedua tangan, pastikan pundak dalam kondisi rileks
  • Memasuki fase “recovery” dengan kembali ke posisi awal
  • Perlahan kedua tangan bergerak ke depan diikuti tubuh, juga tekuk kedua kaki
  • Ulangi sesuai kemampuan
Bagi yang baru mencoba olahraga dayung dalam ruangan, perlu waktu untuk mahir menguasai gerakannya. Namun secara berkala, seseorang yang sudah terbiasa akan menguasai betul tekniknya. Semakin presisi teknik, kian maksimal pula otot yang digunakan.
olahragatips olahragapola hidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/rowing-for-weight-loss#1
Diakses pada 13 Agustus 2020
Women’s Health Mag. https://www.womenshealthmag.com/uk/fitness/fat-loss/a28630699/rowing-machine-benefits/
https://www.shape.com/fitness/cardio/rowing-machine-benefits
Shape. https://www.shape.com/fitness/cardio/rowing-machine-benefits
https://www.shape.com/fitness/cardio/rowing-machine-benefits
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait