Mengenal Permainan Bowling, Olahraga Menyenangkan yang Kaya Manfaat


Bukan sekadar permainan, bowling nyatanya merupakan olahraga yang juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Jika dilakukan secara rutin, bukan hanya kesehatan fisik, seperti menjaga berat badan ideal, olahraga ini juga dapat membantu menjaga kesehatan mental.

0,0
manfaat bowling dapat menghilangkan stresOlahraga bowling dapat membantu menjaga kebugaran tubuh
Olahraga bowling merupakan jenis olahraga rekreasi yang dilakukan dengan menggelindingkan bola khusus untuk menjatuhkan beberapa gada atau pin yang tertata rapi. Bowling, disebut juga boling dalam bahasa Indonesia, merupakan bentuk olahraga berupa permainan yang dapat dimainkan oleh segala usia dan memiliki manfaat bagi kesehatan.

Manfaat olahraga bowling bagi kesehatan

Mirip dengan manfaat olahraga lainnya, tidak hanya sebagai gaya hidup, bowling juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Samir Becic, seorang personal trainer, dalam buku berjudul ReSYNC Your Life: 28 Days to a Stronger, Learner, Smarter, Happier You memaparkan manfaat olahraga bowling sebagai berikut. 

1. Mengencangkan dan menguatkan otot

Cara bermain bowling yang dilakukan dengan berjalan sambil membawa beban berupa bola dapat melatih otot tubuh bagian atas. Selain itu, mengayunkan tangan dan melempar bola bowling juga menjadi latihan peregangan dan kelenturan yang baik untuk tendon, ligamen, otot, dan sendi lengan. 

2. Mengurangi risiko penyakit

Meskipun terlihat seperti bermain, bowling termasuk olahraga yang memiliki gerakan konstan yang berguna bagi kesehatan. Dengan banyak bergerak, tubuh Anda akan memiliki metabolisme yang baik sehingga dapat melancarkan peredaran darah, meningkatkan sirkulasi oksigen, dan menurunkan kadar kolesterol. Jika dilakukan secara rutin, manfaat olahraga bowling tentu dapat mengurangi risiko berbagai penyakit degeneratif, seperti penyakit jantung, stroke, hingga diabetes. 

3. Menurunkan berat badan 

Gerakan yang konstan saat bermain bowling, seperti berjalan bolak-balik serta mengangkat dan mengayun bola bowling yang berat dapat membantu membakar lemak tubuh. Olahraga ini juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh sehingga berpengaruh pada penurunan berat badan. Diimbangi dengan asupan nutrisi yang baik, bermain bowling dapat menjadi salah satu olahraga yang menurunkan berat badan

4. Meningkatkan koordinasi tangan dan mata 

Cara bermain bowling yang mengharuskan pemain melempar bola mengenai pin membutuhkan koordinasi tangan dan mata. Hal ini tidak mudah mengingat bola bowling cukup berat. Gerakan ini membuat Anda lebih fokus, melatih konsentrasi hingga strategi taktis untuk mengenai pin bowling. 

5. Menghilangkan stres

Bermain bowling juga dapat meningkatkan produksi hormon kebahagiaan di otak. Itu sebabnya, olahraga permainan ini dapat mengatasi stres dan menurunkan risiko kesehatan mental. Selain itu, olahraga bowling juga memungkinkan Anda untuk bersosialisasi dengan pemain lain sehingga dapat menjadi sarana penghilang stres dari rutinitas harian. 

6. Meningkatkan kehidupan sosial

Anda membutuhkan tempat khusus ketika bermain bowling. Dengan begitu memungkinkan Anda untuk bertemu sesama pemain bowling atau anggota komunitas bowling yang Anda ikuti.Hal ini tentu dapat meningkatkan kehidupan sosial yang berdampak positif bagi kesehatan mental termasuk meningkatkan rasa bahagia, bahkan mengurangi stres dan depresi. 

Jenis dan cara bermain bowling yang benar dan aman 

Mungkin Anda familier dengan arena bowling yang berada di pusat perbelanjaan. Siapa sangka olahraga bowling memiliki jenis-jenisnya sendiri berdasarkan arena dan cara bermain sebagai berikut. 

1. Pin bowling 

Pin bowling merupakan jenis permainan bowling yang dilakukan di dalam ruangan. Jenis ini memiliki jalur tempat bola bergelinding menuju pin yang terbuat dari kayu alami atau sintetis. Olahraga bowling jenis pin ini merupakan yang paling umum dan sering Anda lihat di dalam pusat perbelanjaan. Tujuan pin bowling adalah menjatuhkan gada atau pin yang tersusun rapi untuk mencetak skor. Pin bowling dibagi lagi menjadi ten-pin bowling, nine-pin bowling, five-pin bowling, duckpin bowling, dan candlepin bowling. Pembagian jenis ini dilakukan berdasarkan penggunaan bola bowling, bentuk pin, formasi, pin, dan sistem skor.

2. Target bowling 

Target bowling merupakan jenis permainan bowling yang dilakukan di luar ruangan. Berbeda dengan pin bowling, permukaan jalur bola pada target bowling terbuat dari rumput alami, pasir, dan kerikil. Bukan menggelindingkan bola, target bowling justru melemparkan bola khusus sedekat mungkin dengan target. Target bowling juga memiliki jenis di antaranya bowls, bocce, carpet bowls, petanque, dan boules. Untuk menghindari cedera selama bermain bowling, Anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini:
  • Sebelum bermain bowling konsultasikan pada dokter terkait kondisi kesehatan Anda
  • Lakukan gerakan pemanasan dan peregangan sebelum bermain guna meningkatkan jangkauan gerak sendi, meningkatkan elastisitas tendon dan ligamen, serta mencegah ketegangan otot
  • Lakukan pendinginan setelah bermain untuk mencegah kekakuan dan komplikasi kardiovaskuler
  • Pahami teknik olahraga bowling yang benar untuk menghindari cedera, Anda bisa mempelajarinya dari pelatih atau teman satu komunitas Anda
  • Gunakan sepatu khusus bowling
  • Jika Anda akan bermain bowling di luar ruangan, hindari cuaca ekstrem dan gunakan tabir surya
  • Perhatikan asupan cairan Anda sebelum, selama, dan sesudah olahraga bowling untuk mencegah dehidrasi

Catatan dari SehatQ

Bowling adalah olahraga yang tepat untuk Anda dan keluarga. Selain dapat dinikmati oleh segala usia, olahraga bowling juga memiliki cara bermain yang cukup mudah untuk dilakukan. Dengan begitu, Anda dan keluarga dapat berolahraga sambil terkesan sedang bermain. Sebelum memilih olahraga yang satu ini, ada baiknya Anda mengenali kondisi kesehatan Anda dan memahami cara bermain bowling yang benar agar terhindar dari cedera. Anda bisa berkonsultasi menggunakan fitur chat dokter melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ untuk mendapat rekomendasi olahraga selain bowling yang sehat dan menyenangkan, serta sesuai dengan kondisi kesehatan Anda. Download aplikasinya di App Store dan Google Play sekarang!
olahragatips olahragahidup sehat
Health Fitness Revolution. https://www.healthfitnessrevolution.com/top-10-health-benefits-bowling/
Diakses pada 28 Juni 2021
Universitas Bina Nusantara. http://library.binus.ac.id/eColls/eThesisdoc/Bab2/2013-2-01358-DI%20Bab2001.pdf
Diakses pada 28 Juni 2021
HCP Live. https://www.hcplive.com/view/physician-fitness-bowlings-hidden-exercise
Diakses pada 28 Juni 2021
Betterhealth Channel. https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/HealthyLiving/lawn-bowls-health-benefits
Diakses pada 28 Juni 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait