Manfaat Nasi Jagung, Pangan Alternatif yang Kian Populer

Ada banyak manfaat nasi jagung bagi kesehatan
Hidangan nasi jagung dengan terong balado

Nasi jagung pernah dianggap sebagai makanan kelas dua yang hanya dikonsumsi golongan menengah ke bawah. Namun kini, semakin banyak masyarakat yang menyadari manfaat nasi jagung bagi kesehatan sehingga sumber karbohidrat ini juga kian banyak peminatnya.

Meski namanya nasi jagung, bukan berarti hidangan ini merupakan campuran antara beras dengan jagung. Yang dimaksud dengan nasi jagung adalah jagung tua yang telah dipipil terlebih dahulu, kemudian dikeringkan, ditumbuk, direndam, dan dikukus atau diseduh dengan air panas.

Mayoritas orang masih menjadikan nasi jagung sebagai pangan alternatif selain nasi dari beras. Namun, beberapa daerah seperti di Temanggung, Jawa Timur, masyarakatnya sudah menjadikan nasi jagung ini sebagai makanan pokok.

Kandungan nutrisi pada nasi jagung

Jagung sering dianggap sebagai pangan alternatif yang baik bagi penderita diabetes melitus. Pasalnya, kandungan karbohidrat pada jagung tidak sebanyak yang terdapat pada nasi dari beras sehingga tidak berisiko menaikkan kadar gula darah dalam tubuh.

Selain kadar karbohidratnya lebih ramah terhadap tubuh manusia, jagung juga mengandung protein nabati yang membuat manfaat nasi jagung bagi kesehatan tidak boleh diremehkan.

Jagung juga kaya akan komponen pangan fungsional, seperti serat pangan, asam lemak esensial, isoflavon, antosianin, betakaroten (provitamin A), komposisi asam amino esensial, dan lain-lain. Jagung juga mengandung mineral penting bagi tubuh, seperti kalsium, magnesium, kalium, natrium, hingga zat besi.

Jagung merupakan sumber makanan yang rendah kalori, yakni hanya 90 kalori per porsinya. Selain itu, makanan ini juga kaya akan vitamin C dan fitonutrisi lain yang dipengaruhi oleh jenis jagung yang Anda gunakan untuk diolah menjadi nasi jagung.

Manfaat nasi jagung untuk kesehatan

Selain dapat mencegah munculnya diabetes melitus, nasi jagung juga dipercaya dapat menurunkan risiko kanker dan penyakit jantung. Selain itu, manfaat nasi jagung lain yang bisa Anda rasakan adalah:

  • Melindungi saluran cerna

Kandungan serat pada nasi jagung bisa bertindak sebagai makanan untuk bakteri baik yang ada di sepanjang saluran cerna. Manfaat nasi jagung yang berhubungan dengan aktivitas ini adalah menyehatkan usus besar hingga Anda terhindar dari penyakit usus, termasuk kanker usus.

Selain itu, makan nasi jagung juga akan membuat Anda kenyang lebih lama. Hal ini membuat nasi jagung cocok dikonsumsi oleh orang yang sedang diet.

  • Menangkal pengaruh radikal bebas

Manfaat nasi jagung ini didapat dari kandungan vitamin C yang bertindak sebagai antioksidan. Vitamin C inilah yang akan menurunkan risiko Anda terkena kanker dan penyakit jantung.

Pada jagung berwarna kuning yang sering diolah menjadi nasi jagung, ia juga mengandung karotenoid lutein dan zeaxanthin. Zat-zat ini terbukti memiliki kemampuan untuk menangkal radikal bebas yang memengaruhi kesehatan mata, termasuk mengurangi risiko Anda terkena katarak.

Meskipun demikian, manfaat nasi jagung di atas belum pernah teruji secara medis sehingga konsumsi nasi jagung sebaiknya dilakukan untuk menunjang hidup sehat semata. Bila Anda memiliki masalah kesehatan di atas, sebaiknya utamakan untuk berkonsultasi dengan tenaga kesehatan yang kompeten.

Cara membuat nasi jagung

Dagi segi rasa, nasi jagung sebetulnya tidak berbeda jauh dengan nasi yang terbuat dari beras. Hanya saja, pengolahan nasi jagung yang lebih rumit membuat hidangan ini kurang populer dibanding pilihan lainnya.

Langkah-langkah membuat nasi jagung adalah:

  • Jagung dipipil (diambil bijinya satu per satu)
  • Pipilan jagung dikeringkan dengan cara dijemur di bawah sinar matahari langsung atau diasap
  • Jagung yang sudah kering kemudian diambil dan ditumbuk
  • Hasil tumbukan itu kemudian direndam dalam air selama 3 hari
  • Bila hasil rendaman kurang halus, Anda bisa menumbuknya kembali hingga teksturnya sesuai dengan yang Anda inginkan
  • Jagung kemudian diseduh dengan air jangat, lalu dikukus hingga matang.

Bagi Anda yang tidak memiliki waktu untuk melakukan langkah-langkah di atas, nasi jagung kini juga sudah banyak dijual dalam bentuk instan. Nasi jagung instan pun biasanya sudah ditambah dengan bahan lain untuk meningkatkan rasa maupun kandungan gizinya.

Pemkab Sukabumi. https://sukabumikab.go.id/portal/artikel/1295/10-makanan-pokok-pengganti-nasi.html
Diakses pada 11 Maret 2020

Jurnal Unnes. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/fsce/article/view/2302/2122
Diakses pada 11 Maret 2020

Litbang Pertanian. http://pangan.litbang.pertanian.go.id/files/04-suarni.pdf
Diakses pada 11 Maret 2020

WebMD. https://www.webmd.com/food-recipes/corn-health-benefits
Diakses pada 11 Maret 2020

Artikel Terkait