Tidak Bikin Keguguran, Ini 7 Manfaat Nanas Madu bagi Kesehatan

(0)
14 Nov 2019|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Ada banyak manfaat nanas madu bagi kesehatanNanas madu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan
Anda mungkin pernah mendengar bahwa ibu hamil dilarang makan buah nanas, termasuk nanas madu, agar tidak keguguran atau bayi lahir sebelum bulannya. Padahal, klaim ini cuma mitos. Bahkan, terdapat banyak manfaat nanas madu bagi kesehatan, termasuk bagi ibu hamil itu sendiri.Nanas madu merupakan buah tropis yang terkenal akan kandungan enzim bromelain, terutama pada inti nanas yang cenderung tidak bisa dimakan karena keras. Bromelain juga banyak dijual di pasaran dalam bentuk suplemen yang memang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil.Meski demikian, enzim bromelain sangat sedikit ditemukan pada daging buah nanas madu yang biasa kita makan. Sebaliknya, daging buah nanas madu ini memiliki manfaat yang sayang lewatkan oleh ibu hamil jika dikonsumsi dalam porsi yang wajar.

Kandungan nutrisi dalam nanas madu

Berbeda dengan nanas pada umumnya, nanas madu memiliki rasa yang lebih manis dan buah yang lebih kecil. Namun, kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya mirip dengan nanas biasa, yakni rendah kalori dan sangat kaya akan vitamin C serta mineral seperti mangan.Selain itu, nanas madu juga mengandung serat, karbohidrat, vitamin A dan K, fosfor, zinc, serta kalsium. Dalam jumlah yang lebih sedikit, dalam sebuah nanas madu juga mengandung lemak, protein, dan beragam jenis zat antioksidan.

Manfaat nanas madu bagi kesehatan

Berdasarkan kandungan nutrisi di atas, berikut manfaat nanas madu bagi kesehatan Anda:
  • Menyehatkan pertumbuhan janin

Berkebalikan dengan anggapan bahwa nanas bisa menyebabkan keguguran atau bayi lahir prematur, salah satu manfaat nanas madu justru dapat menyehatkan pertumbuhan janin. Ini dikarenakan nanas merupakan sumber buah yang sangat kaya vitamin C, bahkan makan 165 gram (sepotong) nanas saja sudah cukup memenuhi kebutuhan harian Anda akan vitamin C.Selain itu, nanas madu juga mengandung folat, zat besi, magnesium, mangan, tembaga, dan vitamin B6. Semua nutrisi itu sangat baik untuk mendukung pertumbuhan janin maupun kesehatan ibu hamil secara keseluruhan.
  • Meningkatkan kesuburan

Bukan hanya bagi ibu hamil, nanas muda juga dapat dimakan oleh Anda yang sedang menjalani program hamil agar kesuburan meningkat.Selain vitamin C, nanas muda juga mengandung zat antioksidan seperti beta-karoten, serta berbagai vitamin dan mineral seperti copper, zinc, dan folat yang terbukti meningkatkan kesuburan pria dan wanita.
  • Mencegah asma

Orang yang mengonsumsi makanan dengan kandungan beta-karoten seperti nanas madu memiliki risiko lebih rendah untuk terserang asma. Penelitian lain juga mengungkap bahwa manfaat nanas madu yang satu ini juga bisa didapat dari bromelain.
  • Mencegah kanker

Kandungan vitamin C dan antioksidan pada nanas madu dapat memerangi radikal bebas yang kerap dihubungkan dengan penyakit kanker. Beta-karoten, misalnya, dapat menurunkan risiko Anda terkena kanker usus besar dan kanker prostat, meski studi lebih lanjut diperlukan untuk memperkuat klaim ini.
  • Melancarkan sistem pencernaan

Nanas madu mengandung serat dan air yang dapat mencegah konstipasi. Kandungan bromelain pada inti nanas juga dapat menghancurkan protein sehingga kerap digunakan untuk melunakkan daging ketika dimasak.
  • Menstabilkan gula darah

Penderita diabetes tipe 1 yang rutin mengonsumsi makanan kaya serat, cenderung memiliki level gula darah yang lebih rendah. Sementara, penderita diabetes tipe 2 yang melakukan kebiasaan yang sama memiliki level gula darah, lipid, dan insulin yang lebih stabil.
  • Menyehatkan kulit

Manfaat nanas madu yang terakhir ini datang dari kandungan vitamin C dan antioksidan lainnya. Nanas madu bisa memperbaiki kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari dan polusi.Nanas madu juga dapat membantu kulit dalam pembentukan kolagen. Kulit Anda pun akan bebas keriput dan terhindari dari masalah kulit pada umumnya.

Peringatan saat mengonsumsi nanas

Manfaat nanas muda bagi kesehatan memang banyak, termasuk untuk ibu hamil. Namun, buah ini tetap bisa menimbulkan efek samping yang membuat Anda tidak nyaman, misalnya yang paling sering terjadi adalah lidah gatal karena pengaruh kandungan bromelain dalam nanas muda.Bagi Anda yang memiliki alergi buah, serbuk sari, atau lateks disarankan tidak mengonsumsi nanas madu. Beberapa reaksi alergi yang mungkin timbul adalah gatal, muncul bintik kemerahan, sakit perut, muntah, diare, kesulitan bernapas, bahkan syok (pada alergi yang parah).
buah dan sayurannanas
Healthline. https://www.healthline.com/health/pregnancy/pineapple
Diakses pada 14 November 2019
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/benefits-of-pineapple
Diakses pada 14 November 2019
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/276903.php
Diakses pada 14 November 2019
WebMD. https://www.webmd.com/food-recipes/benefits-pineapple
Diakses pada 14 November 2019
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait