10 Manfaat Musik untuk Tumbuh Kembang dan Kesehatan Anak

(0)
08 Mar 2021|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Manfaat musik terhadap tumbuh kembang Si Kecil tidak boleh diremehkan.Mempertajam daya ingat dan konsentrasi merupakan segelintir manfaat musik yang dapat dirasakan anak.
Pernahkah Anda menyetel musik untuk membantu anak tidur di malam hari? Ternyata, manfaat musik untuk anak tidak sebatas itu saja. Berbagai studi bahkan telah membuktikan kalau musik bisa membantu tumbuh kembang Si Kecil. Ingin tahu lebih jauh seputar berbagai manfaat musik untuk anak? Berikut adalah penjelasan yang bisa Anda simak.

Manfaat musik untuk tumbuh kembang dan kesehatan anak

Mulai dari merangsang kemampuan belajar, mempertajam daya ingat, hingga membantu perawatan gangguan mental, mari berkenalan dengan berbagai manfaat musik untuk tumbuh kembang dan kesehatan anak.

1. Merangsang kemampuan belajar

Para dokter di Universitas Johns Hopkins mengungkapkan, musik dapat merangsang otak dan membuat seseorang mau belajar lebih. Musik juga telah terbukti secara ilmiah dapat menyalakan berbagai area di dalam otak.Selain itu, sebuah riset mengungkapkan bahwa para peserta mengaku lebih termotivasi untuk belajar ketika mereka dijanjikan untuk mendengarkan sebuah lagu.Meski demikian, mendengarkan musik secara berlebihan tidak disarankan, terutama dalam bentuk lagu yang memiliki lirik. Sebab, studi lain menyatakan bahwa mendengarkan musik dengan lirik terkadang dapat berdampak buruk pada proses belajar siswa dengan kapasitas memori kerja yang lebih rendah.

2. Mempertajam daya ingat

Manfaat musik lainnya yang bisa Anda dapatkan adalah mempertajam daya ingat. Di dalam sebuah studi, para peserta diminta untuk membaca buku dan mengingat beberapa kata.Hasilnya, partisipan yang membaca sambil mendengarkan musik klasik mampu melampaui mereka yang membaca sambil mendengarkan white noise atau tidak mendengarkan musik sama sekali.

3. Membantu menangani gangguan mental

Musik dipercaya bisa membantu mengatasi gangguan mental. Para peneliti mengungkapkan, mendengarkan musik dapat merangsang produksi beberapa hormon dan zat kimia saraf yang berperan penting terhadap fungsi otak serta kesehatan mental, seperti:
  • Hormon dopamin, yakni zat kimia yang membuat seseorang merasa bahagia
  • Hormon stres seperti kortisol
  • Hormon serotonin yang berdampak pada sistem imun
  • Hormon oksitosin, yakni zat kimia yang menumbuhkan kemampuan untuk bisa terkoneksi dengan orang lain.
Meski terlihat menjanjikan, dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan manfaat musik secara konkret dalam mengatasi berbagai jenis gangguan mental.

4. Mengurangi rasa sakit

Siapa sangka, musik ternyata juga bermanfaat dalam mengurangi rasa sakit yang dirasakan anak. Dilansir dari Medical News Today, para peneliti di Universitas Brunel, Inggris, membuktikan bahwa musik berpotensi bisa mengurangi rasa sakit dan gangguan cemas pada pasien yang baru saja menjalani operasi.Manfaat musik ini bahkan dipercaya bisa semakin kuat jika sang pasien memilih lagu favoritnya sendiri untuk didengarkan.

5. Meningkatkan kemampuan bahasa

Manfaat musik ternyata mampu meningkatkan kemampuan bahasa anak
Tingkatkan kemampuan bahasa anak dengan manfaat musik!
Salah satu manfaat musik yang tidak kalah penting adalah meningkatkan kemampuan berbahasa anak. Anak-anak yang sering berpartisipasi dalam kelas musik terbukti secara ilmiah mengalami peningkatkan perkembangan bicara dan memudahkan mereka untuk belajar membaca.Tidak hanya itu, musik juga bisa membantu mengembangkan bagian kiri otak, membantu pengenalan suara, mengajarkan ritme dan rima, hingga mengingat informasi.

6. Membantu anak belajar matematika

Ingin Si Kecil mahir dalam pelajaran matematika? Cobalah perkenalkan ia dengan musik. Dengan mendengarkan ketukan di dalam musik, anak bisa belajar tentang pecahan dasar, pengenalan pola, dan cara memecahkan masalah. Lebih dari itu, anak-anak yang gemar belajar musik pun mampu meningkatkan kecerdasan spasialnya.

7. Meningkatkan konsentrasi anak

Selain meningkatkan daya ingat anak, belajar musik juga dipercaya bisa mempertajam konsentrasi anak, bahkan saat pikirannya sedang dipenuhi dengan berbagai macam hal.Hal ini terjadi karena mempelajari musik membutuhkan konsentrasi yang tinggi, yang pada akhirnya membuat anak-anak terbiasa untuk berkonsentrasi.

8. Meningkatkan koordinasi tubuh anak

Layaknya berolahraga, belajar bermain musik juga bisa membantu anak untuk mengembangkan kemampuan motoriknya.Sebab, bermain musik akan membuat Si Kecil menggunakan banyak anggota tubuhnya, mulai dari mulut, jari, telinga, mata, serta otot besar dan kecilnya. Semua organ tubuh ini bergerak dalam satu waktu bersamaan! Hal ini dipercaya dapat membantu koordinasi antara tubuh dan pikiran anak.

9. Mengasah kemampuan sosial anak

Manfaat musik dapat meningkatkan kemampuan sosial anak
Asah kemampuan sosial Si Kecil dengan manfaat musik
Bermain musik bersama teman-teman di sekolahnya akan mengasah kemampuan sosial dan emosional anak. Mereka akan belajar bersama sebagai sebuah tim dan mengembangkan sifat empati terhadap satu sama lain.Bermain musik bersama teman bahkan dipercaya dapat membantu anak lebih mengerti dan peduli terhadap perasaan orang lain.

10. Menjadi wadah untuk menuangkan ekspresi anak

Manfaat musik yang terakhir adalah menjadi wadah bagi anak untuk menuangkan ekspresi mereka. Dengan musik, anak dapat mengekspresikan dirinya secara bebas, menunjukkan kreativitas, mendapatkan inspirasi, dan meraih ketenangan.Bantu anak meraih berbagai manfaat musik di atas dengan mendengarkan, mempelajari, dan menikmati musik bersama mereka. Jika Anda khawatir dengan kesehatan anak, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga!
tips parentingmusikgaya parenting
Healthline. https://www.healthline.com/health/benefits-of-music#cognitive-benefits
Diakses pada 21 Februari 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/302903#Reducing-pain-and-anxiety
Diakses pada 21 Februari 2021
Learning Potential. https://www.learningpotential.gov.au/articles/musical-benefits
Diakses pada 21 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait