Semakin Cepat Musik yang Anda Dengarkan, Semakin Efektif Olahraga Anda

Ada manfaat musik bertempo tinggi terhadap efektivitas olahraga Anda
Seorang wanita tengah berlari di treadmill sambil mendengarkan musik

Saat melakukan latihan fisik di pusat kebugaran, seringkali kita disuguhkan musik-musik bertempo tinggi yang umumnya mengganggu di telinga. Selain karena lagunya memang kurang enak didengar, kadang beberapa pusat kebugaran juga memutarkan remix lagu-lagu populer yang gak nyambung dengan lagu aslinya, entah itu dalam nada, beat­, ataupun vokal tambahan dari remix-nya.

Akan tetapi, ini semua bukan karena selera musik mereka yang buruk (walaupun memang ada yang demikian), namun karena musik-musik bertempo cepat tersebut membawa pengaruh positif bagi latihan fisik yang dijalani pendengarnya. Percayakah Anda?

Manfaat musik bertempo tinggi dalam latihan fisik

Sebuah penelitian yang dipublikasikan baru-baru ini dalam jurnal Frontiers in Psychology, mengungkapkan bahwa musik bertempo tinggi, yaitu sekitar 170 BPM, dapat mengurangi efek negatif yang dirasakan tubuh (seperti letih atau pegal) sekaligus meningkatkan manfaat kardiovaskuler (jantung dan pembuluh darah) dari latihan tersebut.

Studi yang melibatkan 19 wanita ini membandingkan dua sesi latihan yang berbeda, yaitu latihan ketahanan fisik dengan berjalan sekitar 6,5 km per jam di treadmill selama 10 menit dan latihan intensitas tinggi pada mesin leg press. Setiap sesi latihan akan diulang sebanyak empat kali dan diiringi oleh empat kondisi musik dengan tempo yang berbeda pula.

Hasilnya, partisipan yang mendengarkan musik bertempo tinggi sambil berolahraga menghasilkan detak jantung tertinggi dan paling sedikit merasakan efek negatif yang ditimbulkan oleh latihan tersebut, dibandingkan dengan mereka yang tidak mendengarkan musik sama sekali.

Menurut Luca Ardigo, profesor dari University of Verona sekaligus salah satu penulis studi ini, latihan fisik dengan musik bertempo tinggi diibaratkan seperti lebih sedikit usaha, namun manfaat terhadap kebugaran fisik yang dirasakan lebih besar.

Selain mengurangi efek negatif pada tubuh saat latihan fisik, seperti nyeri otot atau kelelahan, para peneliti juga menemukan beberapa manfaat musik bertempo tinggi lainnya, yaitu merangsang dan meningkatkan suasana hati sebelum latihan fisik, serta meningkatkan upaya, performa, dan ketahanan saat melakukan latihan fisik.

Manfaat ini lebih terasa dalam latihan ketahanan (endurance), seperi jalan cepat, berlari, bersepeda, atau berenang. Saking besarnya pengaruh musik bertempo tinggi ini, para peneliti berani mengklaim bahwa musik jenis ini dapat dianggap sebagai 'obat peningkat performa' yang legal.

BPM adalah kunci playlist Anda

Meski terbukti bermanfaat, tidak semua musik bertempo tinggi di pusat kebugaran enak didengar. Sebagai alternatifnya, Anda dapat membuat playlist sendiri di aplikasi musik berlangganan untuk ikut merasakan manfaatnya.

Kunci dari playlist ini adalah pemilihan lagu. Anda harus memilih lagu di atas 170 BPM untuk meraih manfaat yang maksimal dari latihan fisik seperti yang dijelaskan pada penelitian di atas. Bagi yang belum tahu, BPM adalah singkatan dari beats per minute, yang merupakan sebuah terminologi untuk mengukur tempo atau kecepatan dari sebuah musik.

Untuk mengukur BPM lagu-lagu favorit Anda, situsweb seperti songbpm atau beatsperminuteonline bisa membantu Anda tanpa perlu menghitung secara manual. Bagi yang tidak mau ribet, playlist yang dikurasi khusus untuk musik ber-BPM tinggi dari Spotify bisa menjadi pilihan tepat untuk Anda.

Masih kesulitan menentukan pilihan lagu? Tenang, Anda bisa mendengarkan lagu-lagu dengan 170 BPM di bawah ini sebagai referensi untuk menambah performa latihan fisik Anda.

  • Lose Yourself- Eminem
  • The Pretender - Foo Fighters
  • Empire State of Mind- Jay Z
  • When Your Heart Stops Beating - +44
  • I Write Sins Not Tragedies - Panic! At the Disco
  • Take on Me - a-ha
  • Good Life - Kanye West
  • Killing in The Name - Rage Against the Machine
  • Loser - Beck
  • Livin' On the Edge - Aerosmith
  • When the Sun Goes Down - Arctic Monkeys
  • Free Fallin' - Tom Petty
  • Karma - Alicia Keys
  • Ignorace - Paramore
  • Bleeding Out - Imagine Dragons

Bagaimana? Terlihat menyenangkan, bukan? Sebaiknya Anda mulai berolahraga sebelum terlambat karena ini semua demi kesehatan Anda sendiri sekaligus membuat tubuh menjadi lebih bugar. Mulailah olahraga secara perlahan-lahan, tak perlu terburu-buru sehingga Anda bisa menikmatinya.

CNN. https://us.cnn.com/2020/02/02/health/workout-music-exercise-tunes-wellness/index.html
Diakses pada 12 Februari 2019

Frontier in Psychology. https://www.frontiersin.org/articles/10.3389/fpsyg.2020.00074/full
Diakses pada 12 Februari 2019

Jog.fm. https://jog.fm/popular-workout-songs.170?bpm=170&page=2
Diakses pada 12 Februari 2019

Artikel Terkait