Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut Rontok, Ampuhkah?


Manfaat minyak zaitun untuk rambut rontok sudah dikenal sejak berabad silam. Meski belum terbukti secara ilmiah, namun minyak ini mengandung protein, antioksidan, dan juga lemak sehat yang baik untuk tubuh. Di sisi lain, uji laboratorium menunjukkan bahwa pengaplikasiannya dapat merangsang pertumbuhan rambut;.

(0)
03 Dec 2020|Azelia Trifiana
Minyak zaitun dipercaya bermanfaat untuk kesehatan rambutMinyak zaitun sejak dulu dipercaya bermanfaat untuk kesehatan rambut
Manfaat minyak zaitun untuk rambut rontok sudah dikenal sejak berabad silam. Meski belum terbukti secara ilmiah, namun minyak ini mengandung protein, antioksidan, dan juga lemak sehat yang baik untuk tubuh. Di sisi lain, uji laboratorium menunjukkan bahwa pengaplikasiannya dapat merangsang pertumbuhan rambut;.Kandungan lemak berupa asam oleat dalam minyak zaitun bersifat antioksidan. Artinya, khasiat ini bisa saja mencegah kerontokan rambut. Selama tidak ada reaksi alergi, tak ada salahnya menambahkan minyak zaitun sebagai bagian dari perawatan rambut.

Manfaat minyak zaitun untuk rambut

minyak zaitun
Sejak dulu minyak zaitun bermanfaat untuk kesehatan rambut
Ekstrak minyak zaitun diperoleh dari pohon Olea europaea. Kandungan utama di dalamnya adalah asam oleat. Pengaplikasian minyak dengan tekstur kental ini untuk rambut tak lepas dari kandungan lemak sehat di dalamnya.Lebih jauh lagi, minyak zaitun untuk rambut juga mengandung zat antibakteri yang berpotensi menjaga kesehatan kulit kepala. Manfaatnya dalam mengurangi dan mencegah rambut bercabang pun telah diyakini sejak dulu.Jadi, meski belum ada bukti atau penelitian ilmiah khusus tentang hal ini, khasiat pelindung dan nutrisi di dalamnya bisa saja membuat rambut terasa lebih sehat.

Cara merawat rambut dengan minyak zaitun

Popularitas manfaat minyak zaitun juga membuatnya dijadikan bahan baku produk perawatan rambut seperti sampo dan kondisioner. Selain membeli produk yang dijual di pasaran, bisa juga melakukan perawatan dengan cara:

1. Masker minyak zaitun

Untuk membuat masker rambut dari minyak zaitun, siapkan 1/8 hingga ¼ minyak dalam cangkir. Sebaiknya jangan terlalu banyak karena teksturnya yang kental membuatnya tidak terlalu cepat menyerap. Jika terlanjur memberikan terlalu banyak, akan sulit menguranginya kecuali dengan keramas.Langkah pertama, letakkan minyak zaitun di telapak tangan dan gosokkan perlahan agar terasa hangat. Kemudian, perlahan pijat area kulit kepala dan juga bagian ujung rambut jika bercabang.Kemudian, tutupi rambut dengan shower cap setidaknya selama 15 menit. Setelah itu, bilas dengan sampo hingga bersih. Hindari menggunakan air panas karena dapat merusak rambut. Jika satu kali keramas dirasa belum benar-benar bersih, ulangi hingga tuntas.

2. Campuran minyak zaitun dan telur

Cara berikutnya diyakini bisa mempercepat pertumbuhan rambut, yaitu mencampur minyak zaitun dan telur. Kuning telur terbukti secara ilmiah dapat merangsang pertumbuhan rambut karena komponen di dalamnya yang diberi nama “hair growth peptide” lewat konsumsi oral.Memadukan kuning telur dan minyak zaitun dengan khasiat yang sama bisa saja membuat hasilnya semakin maksimal. Sama seperti penggunaan masker rambut dari minyak zaitun, ramuan ini bisa digunakan beberapa kali dalam seminggu.

Siapa yang cocok dengan minyak zaitun?

rambut tebal
Minyak zaitun cocok untuk Anda yang berambut tebal
Berbeda jenis rambut, tentu akan lain khasiatnya saat menggunakan minyak zaitun. Tiap orang juga dapat merasakan manfaat yang berbeda. Ada jenis rambut yang lebih mudah berminyak, ada pula yang tidak.Jenis rambut yang idealnya cocok dirawat dengan minyak zaitun adalah:
  • Rambut tebal

Pemilik rambut tebal dan kering bisa jadi cocok menggunakan perawatan dengan minyak zaitun. Rambut bisa menjadi lebih lembut dan kuat. Tak hanya itu, minyak zaitun dengan teksturnya yang kental bisa membuat rambut lebih mudah diatur.
  • Rambut yang sudah melalui proses

Jenis rambut yang sudah kerap melalui proses perawatan seperti bleaching atau perming bisa jadi lebih lembut berkat minyak zaitun. Namun, jangan langsung mengaplikasikannya setelah perawatan. Tunggu sekitar 3 hari. Bila perlu, tes terlebih dahulu apabila akan diaplikasikan di rambut yang baru diwarnai.
  • Rambut bercabang

Mengaplikasikan minyak zaitun setidaknya 5 cm dari ujung rambut bercabang dapat membantu membuatnya lebih lembut. Saat melakukan perawatan ini, jaga agar minyak tidak menodai pakaian. Perawatan ini bisa dilakukan beberapa kali dalam seminggu.Ketika melakukan perawatan dengan minyak zaitun, pastikan tidak ada efek samping yang muncul. Jika cocok dan dilakukan secara berkala, perawatan ini dapat memperkuat folikel rambut.

Tak ada salahnya mencoba perawatan ini karena harganya terjangkau dan tidak rentan menimbulkan reaksi alergi. Penasaran ingin mencoba produk lain untuk mencegah kerontokan? Anda bisa konsultasi langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di .  
rambut rontokkulit dan kecantikankesehatan rambut
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/olive-oil-for-hair-growth
Diakses pada 19 November 2020
Journals PLOS. https://journals.plos.org/plosone/article?id=10.1371/journal.pone.0129578
Diakses pada 19 November 2020
PubMed. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/29583066/
Diakses pada 19 November 2020
Dermatology Practical & Conceptual. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5315033/
Diakses pada 19 November 2020
Cosmopolitan. https://www.cosmopolitan.com/style-beauty/beauty/a33391868/olive-oil-for-hair/
Diakses pada 19 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
0

Artikel Terkait