Manfaat Minyak Zaitun untuk Pria: Babat Impotensi hingga Diabetes

(0)
01 Sep 2020|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Manfaat minyak zaitun untuk pria yaitu cegah impotensi dan tingkatkan hormon seksManfaat minyak zaitun untuk pria salah satunya adalah untuk mengurangi risiko lemah syahwat
Manfaat minyak zaitun untuk pria ternyata selama ini ada. Hanya saja, belum banyak yang mengetahuinya. Minyak yang sering dianggap lebih sehat daripada minyak masak lainnya ini, dipercaya bisa mengatasi kondisi yang berhubungan dengan keperkasaan di ranjang.Selain itu, dengan rutin mengonsumsi minyak zaitun, risiko Anda mengalami berbagai penyakit yang kerap menyerang pria seperti diabetes dan penyakit jantung, bisa berkurang. Agar tidak semakin penasaran, simak penjelasan lebih lanjutnya berikut ini.

Manfaat minyak zaitun untuk pria

Manfaat minyak zaitun untuk pria berikut bisa jadi alasan pentingnya memasukkan bahan ini ke dalam menu harian.
Minyak zaitun bisa atasi impotensi
Minyak zaitun bisa bantu kurangi risiko impotensi

1. Mengurangi risiko terjadinya impotensi

Menurut penelitian, mengadaptasi diet mediterania, yang kaya akan kandungan minyak zaitun, sayur, buah, kacang-kacangan, dan ikan, membuat risiko pria terkena impotensi bisa berkurang.Tidak hanya itu, pola makan sehat ini juga akan mengurangi tingkat keparahan impotensi atau lemah syahwat yang sudah terlanjur terjadi.

2. Meningkatkan kadar hormon seks pria

Salah satu jenis minyak zaitun, extra virgin olive oil atau yang sering disebut dengan singkatannya yaitu EVOO, dinilai bisa meningkatkan fungsi reproduksi pria.Mengonsumsi minyak ini secara teratur akan menambah produksi hormon testosteron, yang merupakan hormon seks pria dan meningkatkan hormon lutein, yang merangsang sel-sel di testis untuk memproduksi hormon testosteron.

3. Menurunkan tekanan darah

Menjalani diet mediterania yang banyak mengonsumsi minyak zaitun, juga akan membantu melindungi tubuh dari kenaikan tekanan darah berlebih (hipertensi). Manfaat ini akan semakin terasa jika Anda juga rutin berolahraga.

4. Mengurangi risiko diabetes tipe 2

Minyak zaitun dinilai baik untuk mengurangi risiko diabetes tipe 2 karena bahan makanan ini dapat mengembalikan fungsi hormon insulin. Hormon ini berperan besar dalam metabolisme gula di tubuh.Dengan kembali normalnya kerja insulin, maka tubuh jadi lebih bisa mengatur kadar gula agar tidak menumpuk di darah.
Manfaat minyak zaitun untuk pria adalah cegah penyakit jantung
Manfaat minyak zaitun untuk pria adalah mencegah penyakit jantung

5. Mencegah penyakit jantung

Kemampuan minyak zaitun dalam menurunkan tekanan darah sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung. Selain itu, minyak ini juga bisa menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat dalam darah, yang juga menjadi salah satu faktor risiko penyakit jantung.

6. Melindungi tubuh dari stroke

Minyak zaitun adalah sumber lemak tak jenuh tunggal yang dinilai dapat menurunkan risiko stroke. Berbeda dari lemak jenuh yang berbahaya, lemak tak jenuh adalah jenis lemak sehat yang dapat memberikan berbagai manfaat bagi tubuh.

7. Membantu menjaga berat badan

Untuk Anda yang sedang berusaha menurunkan berat badan atau mencapai berat badan ideal, mengganti minyak goreng dan mentega yang biasa digunakan untuk masak, menjadi minyak zaitun, dapat memberikan manfaat bagi kesehatan.Sebab, minyak zaitun mengandung lemak sehat dan jumlah kalorinya jauh lebih sedikit jika dibandingkan minyak goreng maupun mentega.

8. Sebagai obat pikun alami

Seiring bertambahnya usia, maka kemampuan berpikir dan cara kerja otak manusia bisa menurun. Kondisi ini dinamakan sebagai penyakit Alzheimer, yang disebabkan oleh penumpukan plak beta amiloid di sel-sel otak.Mengonsumsi minyak zaitun secara rutin, dipercaya bisa menghilangkan plak tersebut. Meski begitu, masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut soal manfaat yang ini.
Minyak zaitun bisa redakan nyeri sendi
Minyak zaitun bisa bantu redakan nyeri sendi pada pria

9. Meredakan nyeri sendi

Manfaat minyak zaitun untuk pria selanjutnya adalah meredakan nyeri dan pembengkakan di sendi yang terjadi akibat rematik atau rheumatoid arthritis.Efek menyembuhkan dari minyak ini akan semakin maksimal apabila Anda juga rutin mengonsumsi minyak ikan.

10. Mencegah masalah lambung

Minyak zaitun juga dinilai bisa membantu menghambat pertumbuhan bakteri, terutama bakteri H. pylori yang tinggal di lambung, dan berisiko memicu tukak lambung hingga kanker.

11. Mengurangi risiko depresi

Pada penelitian yang dilakukan menggunakan hewan uji, konsumsi extra virgin olive oil dinilai dapat melindungi sistem saraf dan berpotensi untuk mengatasi depresi dan gangguan kecemasan.

12. Menyehatkan hati

Molekul yang ada di dalam minyak zaitun, dianggap bisa memperbaiki kerusakan hati. Manfaat ini datang dari kandungan asam oleat dan fenolik.Kedua komponen ini dapat mencegah peradangan, stres oksidatif, resistensi insulin, dan perubahan-perubahan lain yang dapat memicu kerusakan hati.

13. Menjaga kesehatan saluran pencernaan

Kandungan fenol yang ada di minyak zaitun bisa meningkatkan daya tahan saluran pencernaan dengan mengubah susunan mikroba yang ada di dalamnya.Manfaat minyak zaitun ini berguna untuk pria yang punya riwayat mengalami Inflammatory Bowel Disease (IBD), seperti penyakit crohn dan colitis.

Catatan dari SehatQ

Setelah melihat begitu banyaknya manfaat minyak zaitun untuk pria, Anda tentu sudah tidak ragu lagi untuk memasukkannya ke dalam menu harian. Namun ingatlah, bahwa konsumsi minyak sehat ini juga perlu selalu disertai dengan berolahraga secara teratur.
makanan sehatdisfungsi ereksiimpotensiherbal
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/11-proven-benefits-of-olive-oil
Diakses pada 12 Agustus 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/266258
Diakses pada 12 Agustus 2020
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3725699/
Diakses pada 12 Agustus 2020
Organic Facts. https://www.organicfacts.net/health-benefits/oils/health-benefits-of-olive-oil.html
Diakses pada 12 Agustus 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/323759
Diakses pada 12 Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait