Ini Manfaat Minyak Zaitun untuk Ibu Hamil dan Bayi dalam Kandungan


Manfaat minyak zaitun untuk ibu hamil dan juga bayinya tak boleh diremehkan. Tidak hanya membantu perkembangan janin, minyak zaitun juga dipercaya ampuh hilangkan stretch mark!

(0)
20 Aug 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Manfaat minyak zaitun untuk ibu hamil dan bayi di kandungannya sangat beragam.Jangan remehkan manfaat minyak zaitun untuk ibu hamil!
Manfaat minyak zaitun untuk ibu hamil dan juga bayinya, tak kalah penting dari buah ataupun sayuran. Pasalnya, minyak zaitun memiliki tinggi nutrisi ibu hamil dan dipercaya ampuh dalam menyingkirkan stretch mark dan mendukung perkembangan janin di dalam rahim.Namun sebelum menggunakan minyak zaitun, bumil disarankan untuk memahami dulu penjelasan ilmiahnya. Hal ini dilakukan untuk menghindari efek samping merugikan kesehatan para calon ibu dan bayi yang dikandungnya.

Manfaat minyak zaitun untuk ibu hamil dan bayinya

Makanan yang dikonsumsi selama fase kehamilan akan berdampak pada kesehatan bayi yang ada di dalam kandungan. Oleh karena itu, bumil wajib memilih makanan sehat.Selain buah dan sayuran, minyak zaitun pun bermanfaat bagi kesehatan ibu selama menjalani masa kehamilan. Apa saja khasiat minyak zaitun untuk ibu hamil?

1. Menghilangkan stretch mark

Saat tubuh janin membesar, otot panggul dan perut bumil akan meregang untuk memberikan ruang yang lebih nyaman untuk Si Kecil. Hal ini dapat menyebabkan timbulnya stretch mark.Jangan khawatir atau malu, sebab stretch mark adalah perubahan pada tubuh ibu hamil  yang normal terjadi. Untuk menyamarkan guratan tersebut, Anda bisa menggunakan minyak zaitun untuk stretch mark saat hamil.Cara menghilangkan stretch mark saat hamil dengan minyak zaitun cukup mudah, yaitu dengan mengoleskan minyak zaitun ke bagian perut secara rutin.  Namun sayangnya, manfaat minyak zaitun untuk ibu hamil dalam menghilangkan stretch mark belum didukung oleh penelitian yang cukup. Berdasarkan sebuah riset, mengoleskan minyak zaitun ke perut sebanyak dua kali dalam sehari, ternyata tidak mampu mencegah datangnya stretch mark.

2. Mencegah infeksi

Minyak zaitun mengandung vitamin A. Itulah sebabnya, minyak ini dipercaya dapat memperkuat sistem imun tubuh dan mencegah infeksi saat kehamilan. Ditambah lagi, vitamin A juga bisa membantu perkembangan mata janin.Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A selama fase kehamilan, dapat menjaga kesehatan bumil dan janin di dalam rahimnya. Selain minyak zaitun, cobalah berbagai sumber alami vitamin A lainnya seperti wortel, bayam, brokoli, dan juga mangga.

3. Mendukung perkembangan bayi

Minyak zaitun
Manfaat minyak zaitun untuk ibu hamil
Tahukah Anda bahwa minyak zaitun dapat mendukung perkembangan bayi? Ini karena kandungan asam lemak omega-3 yang dikandungnya.Berbagai penelitian telah membuktikan kehebatan asam lemak omega-3 untuk ibu hamil dan pertumbuhan janin di dalam kandungan mulai dari mendukung perkembangan otak dan mata bayi, menjaga jantung lebih sehat selama berada di dalam kandungan hingga menjaga berat dan tinggi badan bayi ketika dilahirkan.

4. Meningkatkan fungsi psikomotorik janin

Para ahli telah mengamati manfaat minyak zaitun untuk ibu hamil terhadap perkembangan psikomotorik (refleks bayi terhadap apapun yang ada di sekelilingnya) janin. Bumil yang lebih sering mengonsumsi minyak zaitun selama kehamilan terbukti melahirkan bayi dengan refleks psikomotorik yang lebih baik.

5. Mengandung vitamin E

Manfaat minum minyak zaitun untuk ibu hamil lainnya adalah menjadi sumber nutrisi vitamin E. Vitamin E memberikan berbagai manfaat bagi janin di dalam rahim.Ia membantu Si Kecil bersiap-siap untuk hidup di lingkungan yang diselimuti oksigen (bumi). Ditambah lagi, vitamin E juga bisa membantu bayi prematur agar ginjal dan pankreasnya berfungsi secara normal.Selain vitamin E, olive oil juga mengandung tinggi vitamin K yang bermanfaat sebagai antioksidan. Kandungan ini dapat melindungi tubuh dari radikal bebas, hingga menjaga ibu hamil dari berbagai masalah kehamilan.Minyak zaitun mengandung sekitar 13% dari kebutuhan harian vitamin E Anda. Kadar ini sudah cukup untuk membantu perkembangan bayi di dalam rahim.

6. Mengatasi puting yang kering

Perubahan hormon yang terjadi saat fase kehamilan akan membuat payudara terasa penuh. Hal ini mengakibatkan peregangan kulit di sekitar areola dan puting, sehingga kulit pun akhirnya kering. Tidak hanya itu, kulit pecah-pecah pada puting juga bisa muncul.Untungnya, mengoleskan minyak zaitun ke area puting dapat menjaga kelembapannya. Bye-bye puting kering dan pecah-pecah!Baca juga: Manfaat Pijat Payudara dengan Minyak Zaitun

7. Menyehatkan kulit bayi

Minyak zaitun
Manfaat minyak zaitun untuk bayi
Manfaat minyak zaitun untuk ibu hamil tidak hanya dirasakan selama fase kehamilan, tapi juga saat bayi sudah dilahirkan.Ya, minyak zaitun dapat digunakan saat Anda memijat bayi untuk melancarkan sistem pencernaan dan membantunya tidur pulas. Minyak zaitun pun dipercaya membuat kulit bayi tetap lembut dan kenyal.Namun ingat, jangan coba-coba memijat bayi sebelum Anda tahu caranya. Berkonsultasilah pada dokter kandungan untuk mengetahui tahapan memijat bayi yang tepat. Selain itu, tanyalah pada dokter mengenai keamanan penggunaan minyak zaitun untuk bayi.

8. Membersihkan kepala bayi

Bayi yang baru lahir biasanya akan mengalami ruam dan bersisik pada kulit kepalanya. Kondisi ini disebut dengan cradle cap. Untuk mengatasinya, oleskan saja minyak zaitun ke kepala bayi dan tunggu beberapa menit.Setelah kerak dari ruam di kulit kepala melunak, bersihkan dengan sisir atau sikat dengan bulu yang lembut dan bersihkanlah dengan handuk kering.

9. Membersihkan mekonium pada pakaian

Mekonium adalah zat seperti tar yang diproduksi oleh sistem pencernaan bayi selama berada di dalam rahim. Jika bayi mengeluarkan mekonium dan mengenai pakaian, maka kotorannya akan sulit dibersihkan.Namun jangan khawatir, sebab minyak zaitun dipercaya dapat membersihkan kotoran mekonium pada pakaian bayi.

10. Mengontrol tekanan darah

Khasiat minyak zaitun untuk ibu hamil lainnya adalah membantu menjaga dan mengontrol tekanan darah. Lemak tak jenuh pada minyak zaitun dapat menstabilkan tekanan darah dan menurunkan tekanan darah tinggi, hingga mencegah penyakit jantung.

11. Meredakan kram kaki

Ibu hamil kerap mengalami kram kaki, karena berat badannya yang cenderung mengalami kenaikan. Untuk meredam kram, Anda bisa menggunakan minyak zaitun sebagai minyak gosok yang dioleskan pada kaki untuk memijatnya lembut.

12. Mengurangi rasa sakit saat hamil

Saat hamil, Anda juga kerap merasakan sakit punggung, sakit leher, hingga rasa pegal-pegal. Untuk mengurangi rasa nyeri tersebut, Anda bisa menggunakan minyak zaitun. Pasalnya, minyak ini memiliki sifat anti radang yang baik untuk membantu meredakan rasa nyeri. 

13. Menutrisi rambut

Saat hamil, masalah kesehatan rambut seperti rambut rontok, lepek, hingga memiliki banyak kutu rambut wajar dialami ibu hamil. Untuk mengatasi hal ini, bumil bisa menggunakan minyak zaitun untuk dioleskan pada rambut dan kulit kepala.Untuk menghilangkan kutu rambut, Anda bisa mencampurkan 15-20 tetes minyak esensial dan 4 sendok makan minyak zaitun. Oles merata pada kulit kepala dan bungkus menggunakan shower cap. Biarkan campuran selama seharian kemudian cuci rambut dengan shampo sampe bersih. Baca juga: Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut yang Sehat dan Berkilau

14. Melembapkan bibir

Ibu hamil juga sering mengalami bibir pecah-pecah. Untuk mengatasinya, oleskan sedikit minyak zaitun ke area bibir yang pecah-pecah dan sensitif. Anda bisa mencampurkan minyak zaitun dengan sedikit gula atau jus lemon untuk mengoleskannya pada bibir yang pecah-pecah. 

15. Mengatasi masalah kulit wajah

Saat hamil, Anda juga harus berhati-hati dalam penggunaan produk kosmetik. Nah, untuk mengatasi masalah wajah seperti kulit kering dan jerawat, minyak zaitun bisa menjadi salah satu alternatif perawatan kulit alami yang bisa dipilih.Minyak zaitun dapat menjadi pembersih yang baik karena membersihkan kotoran hingga ke pori-pori wajah untuk mencegah jerawat. Minyak ini juga membantu menghilangkan bekas jerawat dan melembapkan wajah.

Catatan dari SehatQ:

Apapun yang dikonsumsi berlebihan, akan menimbulkan kerugian. Sama halnya dengan minyak zaitun untuk ibu hamil. Jika Anda benar-benar ingin merasakan manfaatnya, konsumsilah minyak zaitun dengan dosis yang tepat.Perlu diingat juga, sebelum mencoba berbagai manfaat minyak zaitun untuk ibu hamil dan bayi, jangan lupa untuk selalu berkonsultasi pada dokter kandungan, ya. Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya efek samping yang bisa merugikan kesehatan Anda maupun Si Kecil.Jika ingin berkonsultasi langsung dengan dokter terkait manfaat minyak zaitun untuk ibu hamil, Anda bisa chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.
Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.
makanan sehatnutrisi ibu hamilkehamilanibu hamil
Parenting First Cry. https://parenting.firstcry.com/articles/olive-oil-during-pregnancy/
Diakses pada 6 Agustus 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/essential-oils-for-stretch-marks#oils-that-might-work
Diakses pada 6 Agustus 2020
Mom Junction. https://www.momjunction.com/articles/safe-eat-olive-oil-pregnancy_0094237/
Diakses pada 6 Agustus 2020
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6470929/
Diakses pada 6 Agustus 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324493#sweet-red-pepper
Diakses pada 6 Agustus 2020
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3046737/
Diakses pada 6 Agustus 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/extra-virgin-olive-oil
Diakses pada 6 Agustus 2020
Healthy Women. https://www.healthywomen.org/content/blog-entry/pregnancy-parenting-5-surprising-uses-olive-oil
Diakses pada 6 Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait