Manfaat Minyak Zaitun untuk Bibir dan Cara Pemakaiannya

(0)
Manfaat minyak zaitun untuk bibir termasuk melembapkan bibir hingga atasi bibir pecah-pecahManfaat minyak zaitun untuk bibir yang utama adalah melembapkan bibir
Sudahkah Anda mencoba manfaat minyak zaitun untuk bibir? Minyak zaitun memang sering kali digunakan sebagai alternatif minyak memasak yang lebih sehat. Meski demikian, kepopuleran minyak ini sebagai perawatan kecantikan rumahan yang murah meriah tidak boleh dipandang sebelah mata. Tak terkecuali untuk perawatan kecantikan bibir. 

Kandungan nutrisi minyak zaitun

Minyak zaitun adalah jenis minyak esensial yang dihasilkan dari proses ekstraksi buah pohon zaitun, yakni populasi tanaman yang mayoritas berada di daratan Mediterania dan Timur Tengah. Proses ekstraksi dilakukan menggunakan teknik centrifugation atau alat peras khusus.Hasilnya, didapat berbagai jenis minyak zaitun yang mungkin sudah Anda kenal, seperti virgin olive oil, extra virgin olive oil (EVOO), light olive oil, dan minyak zaitun asli. Meski hadir dalam berbagai jenis, pada dasarnya manfaat minyak zaitun sama saja berkat vitamin dan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Beberapa kandungan minyak zaitun, meliputi antioksidan, lemak tak jenuh, serta berbagai vitamin seperti vitamin A, D, E, dan K. Kandungan minyak zaitun inilah yang memberikan berbagai manfaat, termasuk untuk kecantikan bibir. Namun, jika Anda ingin merasakan manfaat minyak zaitun untuk bibir, sebaiknya gunakan extra virgin olive oilExtra virgin olive oil cenderung melewati proses ekstraksi yang lebih sedikit dan kandungan antioksidannya lebih banyak dibandingkan jenis minyak zaitun lainnya. 

Manfaat minyak zaitun untuk bibir

Tak hanya untuk kesehatan, manfaat minyak zaitun untuk bibir ternyata juga melimpah. Bagi Anda yang memiliki sejumlah masalah pada bibir atau sekadar ingin merawat kesehatan dan kecantikan bagian tubuh paling seksi ini, cobalah menerapkan manfaat minyak zaitun untuk bibir berikut. 

1. Melembapkan bibir

Manfaat minyak zaitun untuk bibir adalah melembapkannya
Mengoleskan minyak zaitun ke bibir dapat melembapkannya
Salah satu manfaat minyak zaitun untuk bibir adalah melembapkan bibir. Tekstur minyak zaitun yang ringan ini dapat membuat bibir Anda terasa lembap, terutama apabila digunakan secara rutin. Tak hanya itu, kandungan vitamin E dalam minyak zaitun juga dipercaya dapat menjaga kelembapan bibir. Anda dapat mengoleskan sedikit tetesan minyak zaitun dengan lembut. Diamkan selama beberapa jam atau semalaman bila dilakukan pada malam hari. Anda juga dapat membuat pelembap alami dari campuran minyak zaitun dan jenis minyak esensial lainnya, seperti minyak kelapa. Cara ini bertujuan untuk menghidrasi dan menutrisi kulit bibir agar lembut dan lembap berkat kandungan asam lemak tak jenuh di dalamnya. Anda bisa melakukannya secara teratur guna mendapatkan tampilan bibir yang lembap. 

2. Mengatasi bibir kering dan pecah-pecah

Manfaat minyak zaitun untuk bibir adalah mengatasi bibir kering dan pecah-pecah
Selain lip balm, Anda bisa mengatasi bibir kering dan pecah-pecah dengan minyak zaitun
Anda punya masalah dengan bibir kering dan pecah-pecah? Manfaat minyak zaitun untuk bibir satu ini sebaiknya jangan Anda lewatkan begitu saja. Manfaat minyak zaitun untuk bibir kering dan pecah-pecah lagi-lagi berkat kandungan vitamin E dan antioksidan yang terkandung di dalamnya. Fungsi vitamin E berperan dalam menutrisi kulit bibir sehingga kembali lembap. Anda dapat mengoleskan minyak zaitun untuk bibir layaknya mengaplikasikan lip balm atau petroleum jellyAnda bisa pula membuat scrub bibir yang terbuat dari campuran minyak zaitun dan bahan alami lainnya, seperti gula pasir. Berikut adalah cara membuatnya. 
  • Campurkan 1 sendok teh gula pasir, beberapa tetes minyak zaitun, dan ½ sendok teh madu ke dalam sebuah mangkuk kecil. Aduk secara merata.
  • Oleskan campuran tersebut pada seluruh permukaan bibir seraya memijatnya perlahan searah jarum jam. 
  • Diamkan selama beberapa menit sebelum membilasnya dengan air suam-suam kuku. 
Scrub bibir dari minyak zaitun dan gula pasir berfungsi mengeksfoliasi dan mencegah bibir kering dengan mengangkat sel-sel kulit mati sehingga permukaan kulit bibir jadi lembap dan halus kembali. 

3. Mengatasi bibir hitam

Manfaat minyak zaitun untuk bibir bisa mengatasi bibir hitam
Kebiasaan merokok bisa menyebabkan bibir menghitam
Kebiasaan sehari-hari dapat membuat tampilan bibir menghitam atau berwarna gelap. Umumnya, bibir berwarna gelap dapat disebabkan oleh paparan sinar matahari secara berlebihan, dehidrasi, alergi penggunaan lipstik, terlalu banyak konsumsi kafein, kebiasaan membasahi bibir dan merokok. Jika Anda termasuk salah satu orang yang tidak percaya diri dengan tampilan bibir hitam, cobalah manfaat minyak zaitun untuk bibir hitam berikut ini. Anda dapat mengoleskan minyak zaitun ke seluruh permukaan bibir dengan mudah setiap malam hari sebelum tidur. Anda bisa menggunakan scrub bibir yang terbuat dari campuran ½ sendok teh gula pasir dan beberapa tetes extra virgin olive oil. Aduk sampai merata, lalu oleskan secara lembut ke seluruh permukaan bibir. Lakukan scrub bibir untuk mengatasi bibir hitam seminggu sekali secara rutin guna mendapatkan manfaat minyak zaitun untuk bibir yang merah merona. 

Adakah efek samping penggunaan minyak zaitun untuk bibir? 

Meski manfaat minyak zaitun untuk bibir diyakini dapat melembapkan, penggunaannya mungkin belum tentu bekerja sebaik produk pelembap bibir yang diformulasikan khusus untuk melembapkan bibir dalam jangka panjang. Selain itu, mengingat teksturnya yang berminyak, penggunaan minyak zaitun untuk bibir juga rentan menyebabkan iritasi atau jerawat di area kulit sekitar bibir. Hal ini terutama dialami oleh Anda yang memiliki kulit berminyak. Maka dari itu, alangkah baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis kulit guna mengetahui apakah Anda dapat menggunakan minyak zaitun untuk bibir atau tidak. 

Tips menggunakan minyak zaitun untuk bibir yang aman

Penting diketahui bahwa keefektifan manfaat minyak zaitun untuk bibir masih membutuhkan penelitian lebih lanjut. Bagi Anda yang ingin mencoba sejumlah khasiat minyak zaitun untuk bibir di atas, tak ada salahnya untuk menerapkannya di rumah. Sama seperti penggunaan bahan alami pada umumnya, jika merasa ragu-ragu, Anda bisa mengecek apakah permukaan kulit bibir Anda mengalami alergi terhadap minyak zaitun atau tidak terlebih dahulu. Caranya, cukup oleskan minyak zaitun ke punggung tangan dan menunggu reaksinya selama beberapa saat. Kalau tidak ada reaksi apa-apa pada kulit yang diolesi minyak zaitun, ini berarti Anda tergolong aman untuk menggunakannya. Akan tetapi, jika ada reaksi alergi, seperti kemerahan, gatal, dan perih, sesaat setelah menggunakan minyak zaitun untuk bibir, sebaiknya hindari penggunaannya dan bilas hingga bersih menggunakan air. Untuk lebih amannya, Anda tetap perlu berhati-hati sebelum menggunakan produk bahan alami apapun, termasuk minyak zaitun. Tak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit sebelum menggunakan minyak zaitun untuk bibir. Dokter dapat membantu Anda dalam menentukan apakah Anda cocok menggunakan minyak zaitun untuk bibir atau tidak. Dengan demikian, manfaat minyak zaitun untuk bibir bisa Anda dapatkan dengan aman dan optimal. 
kulit dan kecantikanhiperpigmentasi bibirbibir kering
Healthline. https://www.healthline.com/health/dark-lips#remedies
Diakses pada 7 Agustus 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/266258#tips
Diakses pada 7 Agustus 2020
Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/diet-nutrition/diet/olive-oil-nutrition-benefits-beauty-uses-top-sellers-more/
Diakses pada 7 Agustus 2020
Stylecraze. https://www.stylecraze.com/articles/simple-homemade-tips-to-get-rid-of-chapped-lips/
Diakses pada 7 Agustus 2020
Stylecraze. https://www.stylecraze.com/articles/amazing-benefits-of-olive-oil-that-you-never-knew/#MoisturizesSkin
Diakses pada 7 Agustus 2020
How Stuff Works. https://health.howstuffworks.com/skin-care/lip-care/tips/olive-oil-good-for-lips.htm
Diakses pada 7 Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait