11 Manfaat Minyak Sereh yang Baik untuk Kesehatan

Minyak sereh, si wangi yang memiliki banyak manfaat kesehatan.
Selain wangi, minyak sereh ternyata dipercaya memiliki manfaat kesehatan.

Minyak sereh tidak hanya memiliki aroma yang menyegarkan, tapi juga segudang manfaat kesehatan. Buktinya, para ahli medis sudah menggunakannya untuk mengobati masalah pencernaan dan meredakan tekanan darah tinggi.

Setelah diselidiki lebih lanjut, ternyata manfaat kesehatan minyak sereh sangatlah beragam. Di berbagai negara di dunia, minyak sereh juga digunakan untuk mengobati stres, gangguan kecemasan, dan depresi.
Kenalilah berbagai manfaat kesehatan minyak sereh yang patut dicoba ini.

Minyak sereh dan berbagai manfaatnya

Minyak sereh memiliki berbagai macam manfaat, tak hanya menyedapkan makananMinyak sereh sendiri diekstrak dari tumbuhan sereh, sehingga memiliki aroma sitrus yang menyegarkan. Ini dia sederet manfaatnya yang layak Anda coba.

1. Mampu melawan bakteri

Minyak sereh ternyata bisa digunakan untuk mengobati luka dan mencegah infeksi. Sebuah penelitian membuktikan, minyak sereh sangat ampuh dalam melawan bakteri yang kebal terhadap obat, termasuk:

  • Infeksi kulit
  • Radang paru-paru (pneumonia)
  • Infeksi darah
  • Infeksi usus

Riset lainnya menunjukkan, minyak sereh bisa membunuh bakteri Acinetobacter baumannii, yang seringkali menyebabkan pneumonia dan infeksi darah.

2. Mampu membunuh jamur

Minyak sereh juga terbukti ampuh dalam membunuh jamur yang menyebabkan athlete’s foot, kurap, hingga infeksi jamur di selangkangan.

Para peneliti dalam sebuah studi percaya, setidaknya obat jamur harus memiliki ekstrak minyak sereh sebanyak 2,5% untuk bisa membuahkan hasil yang maksimal dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit akibat infeksi jamur tersebut.

3. Mencegah peradangan

Peradangan sangatlah berbahaya, bahkan bisa menimbulkan penyakit yang mengancam nyawa. Sebuah riset menyatakan, minyak sereh yang mengandung citral ternyata bisa mencegah peradangan.

Dalam penelitian pada hewan uji tersebut, minyak sereh yang diminumkan dapat mencegah peradangan pada penyakit edema kaki. Bahkan, minyak sereh yang dioles juga mampu mencegah peradangan pada edema telinga yang diderita oleh tikus.

Namun, karena manfaat minyak sereh ini baru dirasakan pada hewan uji, sebaiknya Anda tidak mencobanya sebelum berkonsultasi pada dokter.

4. Memiliki kandungan antioksidan

Antioksidan dapat mencengah datangnya kerusakan sel akibat radikal bebas di dalam tubuh. Banyak sumber alami antioksidan yang bisa Anda coba, salah satunya minyak sereh.

Dalam sebuah riset, minyak sereh ternyata terbukti ampuh dalam melawan radikal bebas di dalam tubuh, karena memiliki kandungan antioksidan.

5. Mencegah tukak lambung

Minyak sereh
Minyak sereh

Minyak sereh juga dipercaya sebagia obat herbal untuk mencegah tukak lambung. Dalam sebuah penelitian pada hewan uji, minyak sereh berhasil membuktikan kemampuannya dalam mencegah tukak lambung, yang bisa menyebabkan sakit perut.

Namun, penelitian pada manusia masih perlu dilakukan untuk membuktikan manfaat minyak sereh yang satu ini.

6. Mencegah mual

Minyak sereh juga bisa mencegah mual, karena aromanya yang sangat menenangkan itu. Tidak heran banyak teh herbal yang memiliki kandungan sereh di dalamnya.

7. Mencegah diare

Diare tidak hanya menyebabkan masalah pada sistem pencernaan. Dehidrasi juga bisa muncul akibat diare.
Sayangnya, obat diare yang bisa dibeli bebas tanpa resep, biasanya memiliki efek samping seperti sembelit.

Itulah sebabnya banyak orang yang beralih ke pengobatan alami seperti minyak sereh. Apalagi, sebuah penelitian pada hewan uji membuktikan, minyak sereh mampu mencegah diare.

Namun, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk membuktikan kebenaran manfaat minyak sereh ini.

8. Menurunkan tekanan darah tinggi

Minyak sereh adalah bahan alami populer yang sering digunakan untuk memijat, apalagi aromanya bisa membuat rileks.

Ternyata, efek minyak sereh yang digunakan untuk memijat ini dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Dalam sebuah riset, para peneliti melihat perbedaan tekanan darah dan denyut nadi dari responden yang merasakan pemijatan menggunakan minyak sereh. Penelitian ini dilakukan selama satu kali dalam seminggu, selama tiga minggu.

Hasilnya, minyak sereh terbukti bisa menurunkan tekanan darah diastolik. Para peneliti percaya, minyak sereh punya efek yang menenangkan sistem saraf.

9. Meredakan sakit kepala

Minyak sereh
Minyak sereh

Menurut sebuah penelitian dari Australia, aroma minyak sereh mampu mencegah sakit kepala. Sebab, komponen eugenol dalam minyak sereh dianggap memiliki kemampuan yang sama seperti aspirin.

Eugenol yang dikandung minyak sereh dipercaya bisa mencegah trombosit menggumpal. Tidak hanya itu, eugenol juga bisa membantu tubuh untuk melepaskan hormon kebahagiaan, serotonin.

10. Meredakan stres dan gangguan cemas

Banyak riset yang telah membuktikan kemampuan minyak sereh dalam mencegah stres dan gangguan cemas, apalagi jika digunakan sebagai aroma terapi saat melakukan sesi pijat. Dalam sebuah studi, minyak sereh yang digunakan sebagai aroma terapi mampu menurunkan tekanan darah diastolik, sehingga dapat meredakan stres dan gangguan kecemasan.

11. Meredakan nyeri sendi

Rheumatoid arthritis mampu menyebabkan nyeri sendi yang mengganggu. Namun tenang saja, para peneliti membuktikan bahwa minyak sereh dapat meredakan nyeri sendi akibat rheumatoid arthritis, terutama saat dioleskan ke area yang terdampak.

Dalam riset tersebut, nyeri sendi akibat rheumatoid arthritis terbukti dapat berkurang hingga 50-80%.

Minyak sereh dalam pengobatan, apakah ada efek sampingnya?

Perlu diingat, minyak sereh tidak dapat digunakan sebagai pengobatan utama dari berbagai kondisi medis. Berkonsultasi dengan dokter dan meminta pengobatan medis tetap diperlukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Selain itu, efek samping dari penggunaan minyak sereh masih belum diteliti lebih lanjut. Itulah mengapa Anda harus berhati-hati dalam menggunakannya.

Selain menimbulkan reaksi alergi dan iritasi, minyak sereh juga bisa menimbulkan efek samping seperti:

  • Pusing
  • Mengantuk
  • Meningkatnya nafsu makan
  • Sering buang air kecil

Perlu diingat, minyak atsiri seperti minyak sereh yang dijual di pasaran tidak boleh diminum, karena bisa menimbulkan efek samping yang berbahaya.

Para penderita penyakit hati, asma, diabetes, hingga gula darah rendah wajib berkonsultasi pada dokter sebelum menggunakan minyak sereh. Begitu pula dengan ibu hamil dan menyusui, maupun penderita kanker yang sedang menjalani kemoterapi.

Catatan dari SehatQ:

Berbagai penelitian memang sudah membuktikan kebenaran manfaat minyak sereh dalam mengatasi berbagai penyakit. Namun, bukan berarti Anda boleh menggunakan minyak sereh begitu saja. Konsultasikan dulu pada dokter mengenai dosis dan penggunaan minyak sereh yang tepat, agar tidak menimbulkan efek samping.

Healthline. https://www.healthline.com/health/lemongrass-essential-oil#What-is-it?
Diakses pada 25 Mei 2020

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/325209#benefits
Diakses pada 25 Mei 2020

Artikel Terkait