Manfaat Minyak Lavender untuk Kulit dan Rambut Serta Cara Aman Menggunakannya


Minyak lavender menjadi salah satu minyak esensial yang digemari banyak orang. Terbuat dari tanaman atau bunga lavender, nyatanya manfaat minyak lavender untuk kecantikan kulit dan rambut sangat melimpah.

(0)
01 Dec 2019|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
manfaat minyak lavender untuk kulit dan rambut sangat beragamMinyak lavender merupakan salah satu jenis minyak esensial yang kerap digunakan oleh orang banyak
Minyak lavender mungkin jadi salah satu minyak esensial yang digemari oleh banyak orang. Minyak lavender terbuat dari tanaman atau bunga lavender. Ternyata, manfaat minyak lavender baik untuk kesehatan kulit dan rambut. Apa saja manfaat minyak lavender untuk kesehatan kulit dan rambut? Simak jawabannya dalam artikel berikut ini.

Manfaat minyak lavender untuk wajah

Berikut adalah aneka manfaat minyak lavender untuk kecantikan kulit.

1. Mengobati jerawat

Manfaat minyak lavender adalah mengobati jerawat
Minyak lavender dipercaya membunuh bakteri penyebab jerawat
Salah satu manfaat minyak lavender untuk wajah adalah mengobati jerawat. Minyak lavender dapat membunuh bakteri penyebab jerawat, memulihkan jerawat, serta mencegah pembentukannya di kemudian hari. Minyak lavender bekerja dengan membersihkan pori-pori tersumbat dan mengurangi peradangan yang disebabkan oleh jerawat.Cara menggunakan minyak lavender untuk jerawat adalah melarutkannya dengan minyak kelapa atau minyak pembawa (carrier oil) lainnya. Kemudian, oleskan pada wajah yang sudah dibersihkan. 

2. Mencerahkan kulit

Manfaat minyak lavender untuk wajah adalah mencerahkan kulit. Minyak lavender mampu mencerahkan warna kulit yang tidak merata, termasuk bintik-bintik hitam. Tak hanya itu, larutan minyak lavender dan minyak kelapa ini juga dapat mengurangi noda dan kemerahan pada kulit, serta mengatasi hiperpigmentasi pada kulit.

3. Menyamarkan kerutan

Menyamarkan kerutan juga jadi manfaat minyak lavender
Minyak lavender mampu menyamarkan kemunculan kerutan di wajah
Menyamarkan kerutan juga jadi manfaat minyak lavender untuk wajah. Minyak lavender kaya akan antioksidan yang dapat melindungi kulit dari paparan radikal bebas penyebab munculnya kerutan.Anda bisa mengoleskan larutan minyak lavender dan minyak kelapa pada area kulit yang terdapat keriput atau garis halus di wajah. Larutan ini juga dapat digunakan 1-2 kali sehari sebagai pelembap. 

4. Meredakan peradangan pada kulit

Manfaat minyak lavender ternyata bisa digunakan untuk memulihkan peradangan pada kulit. Hal ini berkat kandungan beta-caryophyllene pada minyak lavender yang bertindak sebagai zat antiradang alami.Jika Anda mengalami kulit meradang atau kulit terbakar sinar matahari (sunburn), larutkan beberapa tetes minyak lavender dengan 1-2 sendok teh minyak kelapa. Kemudian, oleskan larutan ini 3 kali dalam sehari. 

5. Meringankan gejala penyakit kulit

Manfaat minyak lavender bisa meringankan gejala penyakit kulit
Kulit kemerahan akibat gejala penyakit kulit bisa diatasi dengan minyak lavender
Manfaat minyak lavender dapat mengurangi peradangan yang disebabkan oleh gejala penyakit kulit, seperti eksim dan psoriasisMinyak lavender mampu mengurangi peradangan serta gejala penyakit kulit lain, seperti kulit kering, gatal, mengelupas, kemerahan, dan iritasi. Untuk menggunakan minyak lavender sebagai cara mengatasi eksim dan psoriasis, campurkan 2 tetes minyak lavender, 2 tetes tea tree oil, dan 2 sendok makan minyak kelapa. Gunakan larutan ini secara rutin untuk meredakan gejala. 

6. Memulihkan luka

Jika Anda mengalami luka bakar atau luka sayat, penggunaan minyak lavender bisa mempercepat proses penyembuhan. Sebuah studi yang dimuat dalam BMC Complementary Medicine and Therapies membuktikan bahwa minyak lavender mampu memulihkan jaringan kulit yang terluka. Anda bisa mencampurkan 3-4 tetes minyak lavender dan beberapa tetes minyak kelapa atau tamanu oil. Aduk merata, lalu oleskan pada area kulit yang terdapat luka menggunakan kapas.Apabila luka sudah berangsur sembuh, Anda juga dapat mengoleskan minyak lavender untuk menyamarkan bekas luka. 

7. Mengatasi gigitan serangga

Anda mungkin sudah tahu kalau manfaat minyak lavender dapat mengatasi gigitan serangga. Caranya pun tidak sulit. Anda cukup menambahkan beberapa tetes minyak lavender dengan minyak kelapa. Aduk sampai merata, lalu oleskan larutan ini 2 kali sehari pada area kulit yang digigit serangga. 

8. Melindungi kulit dari gigitan nyamuk dan serangga

Jika Anda pengguna produk losion antinyamuk, mungkin sudah familiar dengan manfaat minyak lavender satu ini. Ya, penggunaan minyak lavender mampu melindungi kulit dari gigitan nyamuk dan serangga. Untuk mendapatkan khasiat ini, Anda bisa mencampurkan beberapa tetes minyak lavender dengan sedikit air ke dalam botol semprot. Kemudian, Anda bisa menyemprotkannya pada area kulit yang dituju sewaktu-waktu. 

Manfaat minyak lavender untuk rambut

Selain untuk kecantikan dan kesehatan kulit, manfaat minyak lavender untuk rambut adalah sebagai berikut. 

1. Merangsang pertumbuhan rambut

Rambut jadi tebal berkat manfaat minyak lavender
Minyak lavender disebut bisa membuat rambut lebih tebal
Salah satu manfaat minyak lavender untuk rambut disebut-sebut dapat merangsang pertumbuhan rambut. Untuk mencobanya, Anda bisa mengoleskan larutan minyak lavender dan minyak kelapa pada area kulit kepala seraya melakukan pijatan dengan lembut.Sebuah studi yang dimuat dalam Toxicological Research menunjukkan bahwa minyak lavender dapat merangsang pertumbuhan rambut serta membuatnya tampak lebih tebal.Akan tetapi, studi yang tersedia baru dilakukan pada uji coba hewan sehingga masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui keefektifannya pada manusia. 

2. Sebagai antimikroba

Manfaat lavender oil untuk rambut berasal dari zat antimikroba di dalamnya. Kandungan inilah yang dipercaya dapat mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur. Jika dioleskan pada kulit kepala, minyak lavender diyakini mampu mencegah masalah rambut dan kulit kepala, termasuk kulit kepala gatal, ketombe, hingga infeksi. 

3. Membasmi kutu rambut

Manfaat minyak lavender dipercaya bisa membasmi kutu
Kutu rambut bisa dibasmi dengan minyak lavender
Sebuah studi yang dimuat dalam BMC Dermatology menyebutkan manfaat lavender oil dalam membasmi kutu rambutNamun, studi tersebut melakukan percobaan minyak lavender dengan minyak esensial lainnya, yakni tea tree oilWalaupun studi lanjutan masih diperlukan, potensi manfaat minyak lavender ini tetap menjanjikan.Penting untuk diingat bahwa manfaat minyak lavender ini tidak dapat menggantikan penanganan utama kutu rambut yang dialami.

Cara menggunakan minyak lavender yang aman

Cara menggunakan minyak lavender yang aman cukup beragam. Pada kulit, misalnya, Anda bisa mengoleskan minyak lavender sesuai area kulit yang ingin ditangani. Anda bisa melarutkan minyak lavender dengan minyak pelarut, seperti minyak kelapa atau minyak zaitun. Selain itu, Anda juga bisa mencampurkannya pada lotion pelembap yang ingin digunakan. Kemudian, gunakan kapas untuk mengoleskan campuran lotion dan minyak lavender pada area kulit yang bermasalah. Untuk kulit kering dan tanda penuaan, Anda bisa mengoleskan minyak lavender secara langsung menggunakan jari tangan yang sudah bersih. 
Cara memperoleh manfaat minyak lavender beragam
Gunakan minyak lavender yang dicampur dengan minyak pelarut
Cara menggunakan minyak lavender yang aman pada rambut juga perlu dilarutkan terlebih dahulu dengan minyak pembawa, seperti minyak kelapa atau minyak jojoba. Oleskan pada kulit kepala sesaat sebelum mandi, lalu diamkan selama 5-10 menit. Anda juga bisa menggunakannya sebagai masker rambut yang dibungkus menggunakan handuk dan didiamkan semalaman untuk mendapatkan manfaat yang maksimal. Di samping itu, Anda dapat menambahkan beberapa tetes minyak lavender ke dalam produk perawatan rambut, seperti sampo, kondisioner, serum rambut, atau lainnya. Anda tidak disarankan menggunakan minyak lavender terlalu banyak dan berlebihan. Terlalu banyak mengoleskan minyak esensial justru dapat mengiritasi kulit.Beberapa orang mungkin memiliki reaksi alergi terhadap jenis minyak ini. Jika muncul efek samping, seperti alergi dan ruam, hentikan penggunaan minyak lavender dengan segera, lalu temui dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Masih punya pertanyaan seputar manfaat minyak lavender? Coba tanyakan dengan dokter lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Caranya, download sekarang di App Store dan Google Play.
kesehatan kulitkesehatan kulit kepalaessential oilminyak atsirikulit dan kecantikan
Healthline. https://www.healthline.com/health/lavender-oil-for-hair
Diakses pada 29 November 2019
Healthline. https://www.healthline.com/health/lavender-oil-for-skin
Diakses pada 29 November 2019
BMC Complementary Medicine and Therapies. https://bmccomplementmedtherapies.biomedcentral.com/articles/10.1186/s12906-016-1128-7
Diakses pada 16 Maret 2021
BMC Dermatology. https://bmcdermatol.biomedcentral.com/articles/10.1186/1471-5945-11-14
Diakses pada 16 Maret 2021
Medline Plus. https://medlineplus.gov/ency/article/002711.htm
Diakses pada 16 Maret 2021
Toxicological Research. http://www.toxicolres.org/journal/view.html?doi=10.5487/TR.2016.32.2.103
Diakses pada 16 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait