Mengenal Berbagai Manfaat Minyak Lavender untuk Kulit dan Rambut

(3)
01 Dec 2019|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Minyak lavender dapat menenangkan pikiranMinyak lavender tak hanya bermanfaat untuk tenangkan pikiran, namun juga untuk kulit dan rambut
Dari sekian banyak minyak atsiri atau minyak esensial, minyak lavender mungkin salah satu minyak yang terkenal dan difavoritkan banyak orang. Apakah Anda juga salah satu pecinta minyak lavender?
Minyak lavender memiliki segudang manfaat. Selain digunakan untuk menenangkan pikiran, minyak lavender ternyata juga berkhasiat untuk kulit dan rambut. Manfaat minyak lavender tersebut, mulai dari mengatasi jerawat hingga membantu pertumbuhan rambut.

Manfaat minyak lavender untuk kulit dan rambut

Berikut ini aneka manfaat minyak lavender, terkhusus untuk kulit dan rambut:

1. Mengatasi jerawat

Minyal lavender dapat membunuh bakteri, sehingga mampu mencegah dan memulihkan kondisi breakout jerawat. Minyak lavender mampu melancarkan pori-pori dan mengurangi peradangan, saat Anda mengaplikasikannya ke kulit.Caranya tak sukar. Larutkan minyak lavender dengan minyak kelapa dan oleskan ke area wajah yang berjerawat setelah membersihkan muka.

2. Merangsang pertumbuhan rambut

Studi pada hewan telah menemukan bahwa minyak lavender merangsang pertumbuhan rambut serta membuatnya menjadi lebih tebal. Penelitian terhadap manusia diperlukan untuk mengonfirmasi manfaat minyak lavender ini.Untuk mencobanya, Anda juga tinggal mengoleskan larutan minyak lavender dan minyak kelapa ke kulit kepala. Kemudian, lakukan pijatan dengan lembut.

3. Mencerahkan kulit

Minyak lavender mampu mengurangi kondisi diskolorasi (warna tidak merata) pada kulit, termasuk bintik-bintik hitam. Tak sampai di situ, larutan minyak lavender dan minyak kelapa ini juga dapat mengurangi noda dan kemerahan pada kulit, serta mengatasi hiperpigmentasi pada kulit.

4. Menyamarkan kerutan

Minyak lavender kaya dengan molekul antioksidan, sehingga membantu melindungi kulit dari radikal bebas. Radikal bebas dapat menyebabkan penyakit, termasuk berkontribusi terhadap pembentukan garis-garis halus dan kerutan di wajah.Anda bisa mengoleskan larutan minyak lavender dan minyak kelapa langsung ke bagian kerutan menggunakan tangan yang bersih.

5. Membantu pemulihan luka

Luka bakar atau luka sayat mungkin sering Anda alami. Anda bisa mencampurkan beberapa tetes minyak lavender dan minyak kelapa, lalu mengoleskan larutan tersebut ke luka menggunakan cotton ball. Studi telah menemukan bahwa minyak lavender memiliki khasiat untuk memulihkan dan mengurangi bekas luka.

6. Berpotensi untuk membasmi kutu rambut

Pakar telah menemukan bahwa minyak lavender mencegah munculnya kutu rambut bahkan membasminya. Walau studi lanjutan masih diperlukan, potensi manfaat minyak lavender ini tetap menjanjikan.Penting untuk diingat, khasiat minyak lavender ini tidak dapat menggantikan penanganan utama kutu rambut yang Anda alami.Anda bisa mencoba cara ini, dengan melakukan pijatan ke kulit kepala menggunakan larutan minyak lavender dan minyak kelapa.

7. Membantu mengatasi peradangan pada kulit

Minyak lavender dapat memiliki efek untuk memulihkan peradangan. Tak hanya itu, kandungan beta-caryophyllene di minyak atsiri pun dapat bertindak sebagai zat antiradang alami.Misalnya, jika Anda mengalami kulit yang meradang, Anda bisa melarutkan beberapa tetes minyak lavender dengan 1-2 sendok teh minyak kelapa. Aplikasikan larutan tersebut tiga kali dalam sehari.

8. Mengusir nyamuk dan serangga lainnya

Jika Anda pengguna produk losion antinyamuk, Anda mungkin sudah familiar dengan manfaat minyak lavender yang memang dapat mengusir serangga tersebut. Untuk mendapatkan khasiat ini, Anda bisa mencampurkan beberapa tetes minyak lavender dengan sedikit air ke botol semprot. Saat akan bepergian, seperti ke hutan, Anda dapat melindungi diri dengan menyemprotkannya ke kulit.

9. Mengatasi gigitan serangga

Tak hanya mengusir nyamuk, minyak lavender pun dapat digunakan untuk meredakan gigitan serangga. Caranya pun tak sulit, Anda bisa menambahkan beberapa tetes minyak lavender ke minyak kelapa. Oleshkan larutan tersebut dua kali sehari ke bagian kulit yang digigit serangga.

Perhatikan ini untuk dapatkan manfaat minyak lavender

Selalu gunakan minyak lavender dengan melarutkannya terlebih dahulu ke minyak pelarut, seperti minyak kelapa atau olive oil.Anda juga tidak disarankan menggunakan minyak atsiri, termasuk minyak lavender, terlalu banyak dan berlebihan. Terlalu banyak mengoleskan minyak esensial dapat mengiritasi kulit.Apabila muncul efek samping, seperti ruam, hentikan penggunaan minyak lavender dengan segera. Beberapa orang memang memiliki alergi terhadap minyak ini. Apabila ruam tak juga hilang, segera temui dokter untuk membantu mengatasinya.
kesehatan kulitkesehatan kulit kepalaessential oilminyak atsiri
Healthline. https://www.healthline.com/health/lavender-oil-for-hair
Diakses pada 29 November 2019
Healthline. https://www.healthline.com/health/lavender-oil-for-skin
Diakses pada 29 November 2019
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait

Bisul pada Bayi, Mengapa Bisa Terjadi?

Meski tidak berbahaya, bisul pada bayi bisa sangat mengganggu. Selain itu, menghubungkannya dengan terlalu banyak makan telur adalah mitos tak berdasar.
25 Jun 2019|Azelia Trifiana
Baca selengkapnya
Bisul pada Bayi, Mengapa Bisa Terjadi?

Hindari Keriput dan Penuaan Dini Hanya dengan Menggunakan Sunscreen!

Penggunaan sunscreen dapat mencegah keriput dan kanker kulit. Namun, sunscreen harus digunakan secara tipis-tipis dan merata. Salah satu tips menggunakan sunscreen adalah memilih sunscreen minimal SPF 30.
09 Mei 2019|Olivia
Baca selengkapnya
Hindari Keriput dan Penuaan Dini Hanya dengan Menggunakan Sunscreen!

Bagus untuk Kulit, Ini 18 Manfaat Tea Tree Oil Bagi Kesehatan

Manfaat tea tree oil yang umum diketahui orang-orang adalah untuk perawatan kulit. Namun tak hanya untuk kulit, tea tree oil juga bisa berguna untuk hal lainnya.
30 Sep 2019|Anita Djie
Baca selengkapnya
Bagus untuk Kulit, Ini 18 Manfaat Tea Tree Oil Bagi Kesehatan