Manfaat Minyak Kemiri untuk Rambut, Atasi Ketombe hingga Lindungi dari Sinar Matahari


Manfaat minyak kemiri untuk rambut mulai dari mencegah rambut kering, membuat rambut hitam berkilau, sampai memperkuat rambut. Namun, ketahui cara menggunakan minyak kemiri untuk rambut yang benar agar manfaatnya bisa didapat dengan optimal.

0,0
06 Oct 2020|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Manfaat minyak kemiri untuk rambut sudah dikenal secara turun-temurunKemiri dapat diolah menjadi minyak yang memberikan manfaat bagi rambut
Manfaat minyak kemiri untuk rambut memang sangat melimpah. Bahkan, khasiatnya bukan sekadar mitos semata mengingat bahan alami satu ini sangat baik untuk kesehatan rambut dan kulit kepala. 
Kemiri (Aleurites moluccanus) adalah buah dari pohon kemiri yang banyak tumbuh di wilayah beriklim tropis, seperti Indonesia. Bentuk buahnya mirip kacang walnut sehingga banyak orang yang menyebutnya sebagai walnut Indonesia.Meski demikian, tidak seperti kacang walnut, kemiri tidak boleh dikonsumsi mentah-mentah karena beracun. Bumbu masakan ini harus diolah, entah dimasak atau dijadikan minyak, terlebih dahulu agar Anda dapat merasakan manfaatnya. Manfaat kemiri untuk kesehatan, di antaranya meredakan asma, meringankan penyakit pencernaan, hingga mengatasi masalah rambut dan kulit kepala.

Manfaat minyak kemiri untuk rambut dan kulit kepala

Adapun sejumlah manfaat minyak kemiri untuk rambut adalah sebagai berikut. 

1. Mencegah rambut kering

Manfaat minyak kemiri untuk rambut kering ternyata ada
Minyak kemiri bisa mencegah rambut kering dan kusut
Salah satu manfaat minyak kemiri untuk rambut adalah mencegah rambut kering dan kusut dengan cara melembapkannya. Khasiat minyak kemiri untuk rambut ini berasal dari kandungan asam amino dan asam lemak esensial yang dapat menembus hingga ke dalam lapisan kulit kepala. Dengan demikian, rambut Anda terlihat lebih sehat dan terasa lebih lembap.

2. Membuat rambut hitam berkilau

Manfaat minyak kemiri untuk rambut jadi hitam berkilau mungkin sudah menjadi rahasia umum. Minyak kemiri mengandung asam gamma-linolenic yang berfungsi sebagai conditioner alami bagi rambut. Fungsi minyak kemiri untuk rambut dari kandungan tersebut diyakini mampu mengembalikan kelembapan rambut sehingga rambut Anda akan tampak berkilau hitam alami.

3. Menumbuhkan rambut

Rambut jadi tebal berkat manfaat minyak kemiri untuk rambut
Rambut bisa jadi lebih tebal berkat minyak kemiri
Manfaat minyak kemiri untuk rambut juga dapat dirasakan oleh Anda yang mengalami rambut rontok atau mengarah pada masalah kebotakan. Pasalnya, khasiat minyak kemiri untuk rambut ini mampu mencegah rambut rontok dan merangsang pertumbuhan rambut baru.

4. Memperkuat rambut

Memperkuat rambut juga menjadi manfaat minyak kemiri untuk rambut.Fungsi minyak kemiri untuk rambut ini berasal dari kandungan asam linoleat dan linolenat yang dapat melapisi, menutrisi, dan melembapkan rambut, bahkan memperbaiki masalah rambut bercabang.  Anda bisa memperoleh khasiat minyak kemiri untuk rambut ini dengan cara mengoleskan masker rambut dari minyak kemiri secara rutin. 

5. Melembapkan kulit kepala

Manfaat minyak kemiri juga dapat melembapkan kulit kepala. Hal ini karena minyak kemiri mengandung tanin yang bertindak sebagai antioksidan.Kandungan tanin pada minyak kemiri dapat membuat kulit kepala menjadi lebih sehat, bersih, dan bebas dari bakteri.

6. Mengatasi ketombe

Manfaat minyak kemiri untuk rambut bisa mencegah ketombe
Kandungan antiradang pada kemiri bisa mengatasi ketombe
Manfaat minyak kemiri untuk rambut ternyata tidak hanya menyehatkan kulit kepala, melainkan juga mampu mengatasi ketombe membandel. Khasiat ini didapat dari kandungan asam linoleat yang berfungsi sebagai antiradang. Tak hanya bersifat sebagai antiradang, kandungan tersebut dipercaya mampu mengurangi peradangan pada kulit kepala yang disebabkan oleh ketombe. 

7. Melindungi rambut dari kerusakan akibat sinar matahari

Melindungi rambut dari kerusakan akibat paparan sinar matahari juga menjadi manfaat minyak kemiri untuk rambut. Khasiat minyak kemiri untuk rambut satu ini berasal dari kandungan vitamin E di dalamnya. Vitamin E dikenal dapat menjaga kerusakan kulit kepala akibat paparan sinar matahari yang terlalu lama.Vitamin E bekerja dengan cara menetralisir radikal bebas dan menjaga sel membran dari kerusakan sinar matahari.

8. Mengatasi gejala psoriasis

Tahukah Anda kalau manfaat minyak kemiri dapat mengatasi gejala psoriasis pada kulit kepala?Ketika kulit kepala kering, berbagai masalah kulit dapat terjadi. Salah satunya adalah psoriasis yang ditandai dengan munculnya kulit bersisik, gatal, hingga rambut rontokUntuk mengatasinya, Anda setidaknya membutuhkan pelembap khusus kulit kepala yang berfungsi untuk meringankan peradangan dan gatal.Minyak kemiri sebetulnya dapat melakukan tugas tersebut. Namun, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa khasiat minyak kemiri ini hanya dapat mengurangi gejala psoriasis dalam skala kecil.

9. Aman untuk kulit kepala sensitif

Banyak produk kecantikan rambut yang tidak aman digunakan ke kulit kepala. Alhasil, efek samping merugikan bisa muncul.Untungnya, manfaat minyak kemiri untuk rambut sangat aman untuk kulit sensitif. Sebab, minyak kemiri merupakan produk kecantikan rambut alami yang dipercaya aman bagi kulit.

Berbagai cara memperoleh manfaat kemiri untuk rambut

Bagi Anda yang tertarik untuk menggunakan minyak kemiri untuk rambut, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memeroleh manfaatnya:

1. Sebagai conditioner rambut

Salah satu cara memperoleh manfaatnya adalah dengan menggunakan minyak kemiri sebagai conditioner untuk rambut.Caranya, basahi rambut dan gunakan sampo sesuai jenis rambut Anda seperti biasa. Bilas dengan air sampai bersih. Lalu, oleskan minyak kemiri ke seluruh helaian rambut bagian tengah hingga ujung rambut sebagai conditioner alami. 

2. Sebelum keramas

Cara memperoleh manfaat kemiri untuk rambut dan kulit kepala bisa dilakukan sebelum keramas. Cukup oleskan minyak kemiri pada helaian rambut dan kulit kepala, sebelum mencuci rambut. 

3. Sebagai masker rambut

Cara memperoleh manfaat kemiri untuk rambut bisa digunakan sebagai masker rambut alami. Cara menggunakan, yaitu oleskan minyak kemiri ke seluruh helaian rambut dan kulit kepala, diamkan selama beberapa jam (atau bahkan semalaman).Setelah itu, cuci rambut seperti biasa menggunakan air dan sampo sampai bersih.

4. Perawatan kulit kepala

Anda juga bisa mengoleskan minyak kemiri secukupnya pada kulit kepala seraya memijatnya perlahan di malam hari. Diamkan selama semalaman, lalu cuci rambut dengan air dan sampo pada keesokan paginya.Langkah ini diyakini dapat menjaga kesehatan kulit kepala Anda. 

Bagaimana cara menggunakan minyak kemiri untuk rambut?

Setelah mengetahui fungsi minyak kemiri untuk rambut dan cara membuatnya, saatnya Anda tahu cara menggunakan minyak kemiri untuk rambut. Simak langkah di bawah ini. 
  • Tuangkan minyak kemiri yang sudah Anda buat dalam sebuah mangkuk kecil dengan jumlah secukupnya. 
  • Oleskan minyak kemiri pada seluruh helaian rambut dan kulit kepala. Anda dapat menggunakannya ketika rambut dalam kondisi kering atau basah.
  • Sisir dari akar hingga ujung rambut agar minyak kemiri dapat menutrisi rambut secara merata. 
  • Kuncir atau gelung rambut, kemudian bungkus menggunakan penutup kepala.
  • Diamkan selama kurang lebih 1 jam atau biarkan semalaman. 
  • Setelah itu, bilas rambut menggunakan sampo dan air hangat sampai bersih.
Bagi Anda yang memiliki kulit sangat sensitif atau punya riwayat alergi terhadap kemiri, sebaiknya perlu berhati-hati menggunakannya. Untuk mencegah hal tersebut, coba oleskan minyak kemiri pada area tertentu pada kulit, seperti kulit dalam siku atau kulit belakang telinga terlebih dahulu. Kemudian, diamkan selama beberapa jam untuk melihat ada tidaknya reaksi alergi, seperti kulit kemerahan atau rasa gatal yang mungkin ditimbulkan. Tak ada salahnya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum cara menggunakan minyak kemiri untuk rambut dilakukan. Dengan ini, khasiat minyak kemiri untuk rambut pun bisa didapatkan secara optimal.

Cara membuat minyak kemiri untuk rambut

Manfaat minyak kemiri untuk rambut bisa diperoleh dengan berbagai cara
Anda bisa membakar, memanggang, atau mesangrai biji kemiri
Minyak kemiri sudah banyak dijual di pasaran dengan berbagai merek. Akan tetapi, tak ada salahnya jika Anda ingin membuatnya sendiri. Terlebih, cara membuat minyak kemiri untuk rambut cukup mudah dilakukan di rumah.Bahan yang harus Anda siapkan adalah buah kemiri yang sudah lepas dari cangkangnya (bisa dengan mudah dibeli di pasar). Semakin banyak jumlah kemiri yang Anda olah, semakin banyak minyak kemiri yang akan dihasilkan.Kemudian, simak berbagai cara membuat minyak kemiri untuk rambut berikut ini. 

1. Dibakar

Salah satu cara membuat minyak kemiri untuk rambut adalah dengan dibakar. Anda bisa membakar beberapa buah biji kemiri sampai berwarna kehitaman.Lalu, blender atau gerus kemiri menggunakan cobek sampai mengeluarkan minyak. Setelah itu, saring minyak menggunakan saringan kawat atau lap bersih untuk memisahkan minyak dengan ampas kemiri. Biasanya, kemiri yang dipanaskan terlebih dahulu sebelum dihancurkan akan menghasilkan minyak yang berwarna kehitaman. 

2. Disangrai

Cara membuat minyak kemiri untuk rambut bisa pula dengan disangrai atau goreng di wajan tanpa menggunakan minyak.Cukup sangrai beberapa buah biji kemiri sampai berwarna kehitaman. Lalu, tumbuk atau blender sampai mengeluarkan minyak.  Saring dengan saringan kawat atau lap bersih untuk memisahkan minyak dengan ampas kemiri.

3. Dipanggang

Anda juga bisa menerapkan memanggang beberapa buah kemiri sebagai cara membuat minyak kemiri untuk rambut. Caranya, panaskan beberapa buah biji kemiri dalam oven selama 15 menit. Setelah itu, keluarkan dan diamkan pada suhu ruangan. Selanjutnya, tumbuk biji kemiri. Kemudian, masukkan biji kemiri yang sudah ditumbuk dalam sebuah toples kaca. Jemur di bawah sinar matahari hingga minyak kemiri keluar (maksimal 2 minggu), lalu simpan di kulkas.

4. Dihaluskan

Cara membuat minyak kemiri untuk rambut bisa dilakukan dengan menghaluskannya menggunakan parutan atau diblender. Bersihkan beberapa buah biji kemiri, lalu parut atau blender dengan mencampurkan sedikit air putih (agar mudah diblender). Kemudian, masak campuran minyak kemiri tersebut sampai menghasilkan minyak kemiri. Cara membuat minyak kemiri tanpa dipanaskan terlebih dahulu seperti langkah di atas akan menghasilkan hasil akhir yang lebih bening, tapi kuantitasnya lebih sedikit.Anda bisa konsultasi langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ untuk mengetahui lebih lanjut seputar manfaat dan cara menggunakan minyak kemiri untuk rambut yang aman. Caranya, download sekarang di App Store dan Google Play.
rambut rontokkesehatan rambutketombepertumbuhan rambut kepalarambut keringkemiri
WebMD. https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-353/tung-seed
Diakses pada 9 Oktober 2019
Health Benefits Times. https://www.healthbenefitstimes.com/candlenut/
Diakses pada 9 Oktober 2019
Science Direct. https://www.sciencedirect.com/topics/agricultural-and-biological-sciences/aleurites-moluccanus
Diakses pada 9 Oktober 2019
Live Strong. https://www.livestrong.com/article/156952-what-are-the-benefits-of-using-kukui-nut-oil/
Diakses pada 9 Oktober 2019
Organic Facts. https://www.organicfacts.net/health-benefits/oils/kukui-nut-oil.html
Diakses pada 9 Oktober 2019
Pub Med. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/16101874
Diakses pada 9 Oktober 2019
Keola Magazine. https://keolamagazine.com/plants/kukui-nut-oil-for-healthy-skin/
Diakses pada 9 Oktober 2019
Liputan 6. https://m.liputan6.com/health/read/3579612/3-cara-membuat-minyak-kemiri-alami-secara-mudah
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait