9 Manfaat Minyak Kedelai yang Tak Boleh Diremehkan

(0)
16 Jun 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Minyak kedelai ternyata punya banyak manfaat, salah satunya mencegah kanker.Manfaat minyak kedelai sangat beragam, mulai dari menyehatkan kulit hingga jantung.
Minyak kedelai mungkin tidak sepopuler minyak zaitun dari segi manfaat kesehatannya. Padahal, minyak yang diekstrak dari tumbuhan kedelai ini sangat baik untuk kesehatan jantung, kulit, dan tulang.Selain sering digunakan sebagai bahan untuk menggoreng dan memanggang makanan , ini dia berbagai manfaat minyak kedelai yang sangat baik untuk kesehatan.

Manfaat minyak kedelai yang beragam

Minyak kedelai mengandung banyak nutrisi dan zat mineral yang sangat penting untuk tubuh, mulai dari zinc, zat besi, vitamin E, hingga vitamin K.Karena itulah minyak kedelai dipercaya memiliki banyak manfaat kesehatan untuk jantung, kulit, hingga tulang.
Berikut ini adalah penjelasan lebih lengkap mengenai manfaat minyak kedelai yang tak boleh dipandang sebelah mata itu.

1. Menjaga kesehatan kulit

Selain digunakan untuk menggoreng makanan, minyak kedelai ternyata bisa dioleskan ke kulit untuk menjaga kesehatannya.Perlu diketahui, minyak kedelai mengandung segudang antioksidan, isoflavon, asam linoleat, dan vitamin yang dibutuhkan kulit. Bahkan, minyak kedelai dipercaya bisa menjaga kulit dari sinar ultraviolet, mencegah kanker kulit, dan menghambat proses penuaan.Minyak kedelai juga ampuh dalam melawan radikal bebas dan menjaga kelembapan serta kadar kolagen pada kulit.

2. Mengurangi gejala Alzheimer

Tidak hanya kulit saja yang diuntungkan oleh manfaat minyak kedelai, tapi juga kesehatan otak. Diyakini, minyak kedelai bisa meurunkan gejala penyakit Alzheimer karena mengandung kadar vitamin K yang cukup tinggi.Ditambah lagi, vitamin K dapat berperan sebagai antioksidan yang menjaga otak dari si radikal bebas yang jahat.

3. Merangsang pertumbuhan rambut yang sehat

Selain kulit dan otak, rambut menjadi bagian dari Anda yang mendapatkan segudang keuntungan dari minyak kedelai. Tidak heran, minyak kedelai mengandung nutrisi seperti asam amino yang sangat dibutuhkan tubuh untuk memperkuat lapisan keratin, sehingga rambut menjadi lebih kuat secara alami.

4. Menjaga pertumbuhan tulang

Seiring bertambahnya usia, kepadatan tulang pun menurun, sehingga berbagai penyakit seperti osteoporosis bisa datang. Hal ini disebabkan oleh penurunan kadar estrogen.Untungnya, minyak kedelai mengandung kadar isoflavon yang cukup tinggi, sehingga radikal bebas dapat dicegah dan kadar estrogen pun terjaga.

5. Melindungi kesehatan mata

Karena mengandung kadar asam lemak omega-3 yang tinggi, minyak kedelai sangat dipercaya dalam menjaga kesehatan mata.Asam lemak omega-3 bisa melindungi sel membran yang berada di sekitar mata, sehingga tidak ada bakteri yang masuk lewat mata.

6. Baik untuk jantung

Minyak kedelai
Minyak kedelai
Minyak kedelai mengandung kadar asam lemak tak jenuh ganda. Jenis asam lemak ini sangat baik untuk jantung. Faktanya, berbagai penelitian membuktikan bahwa asam lemak tak jenuh ganda bisa menurunkan risiko penyakit jantung.Dalam sebuah laporan dari delapan penelitian, minyak kedelai terbukti bisa menurunkan risiko penyakit jantung. Di saat partisipan mengganti asupan 5% kalorinya dengan asam lemak tak jenuh ganda, sekitar 10% risiko penyakit jantung dipangkas.Tidak hanya itu. Karena kandungan asam lemak tak jenuh gandanya, minyak kedelai juga ampuh dalam menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), yang tak lain adalah faktor terbesar penyakit jantung.Apalagi minyak kedelai mengandung asam lemak omega-3, yang selama ini digadang-gadang sebagai pelindung jantung dari berbagai macam penyakit.

7. Mencegah anemia

Para vegan maupun vegetarian yang sulit mendapatkan asupan zat besinya, lebih rentan terhadap penyakit anemia. Untungnya, minyak kedelai mengandung kadar zat besi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan harian vegan dan vegetarian, jika dikonsumsi secara rutin.

8. Meredakan gejala menopause

Saat mendekati masa menopause, kadar hormon estrogen dalam tubuh wanita akan menurun. Gejalanya pun beragam, mulai dari perubahan kadar hormon, fungsi tubuh, dan suasana hati.Namun tenang saja, minyak kedelai mengandung isoflavon yang bisa berperan sebagai estrogen dan menggantikan perannya di dalam tubuh.

9. Mencegah kanker

Minyak kedelai
Minyak kedelai
Karena mengandung banyak antioksidan, minyak kedelai pun dipercaya bisa mencegah kanker. Sebab, antioksidan dapat mencegah kerusakan di dalam tubuh yang diakibatkan oleh radikal bebas.Lebih dari itu, minyak kedelai juga mengandung serat yang tinggi, sehingga mengurangi risiko kanker usus besar.

Catatan dari SehatQ:

Selain cocok untuk menggoreng berbagai macam makanan, minyak kedelai juga punya segudang manfaat kesehatan. Tidak heran, minyak kedelai mengandung banyak nutrisi dan zat mineral yang dibutuhkan tubuh.Jika Anda ingin lebih variatif lagi dalam menggunakan minyak, cobalah minyak kedelai dan rasakan manfaat kesehatannya!
makanan sehathidup sehatbuah dan sayuranpola hidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/soybean-oil
Diakses pada 2 Juni 2020
Parenting First Cry. https://parenting.firstcry.com/articles/amazing-benefits-of-soybean-oil-that-everyone-should-know/
Diakses pada 2 Juni 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait