Manfaat Minyak Kacang Tanah Beserta Risikonya


Minyak kacang tanah adalah minyak yang terbuat dari olahan kacang tanah yang bisa digunakan untuk menggoreng, menumis, dan berbagai teknik memasak lainnya. Minyak ini termasuk sehat untuk digunakan.

(0)
05 Mar 2021|Marco Anthony
Minyak kacang tanah dapat digunakan untuk menggorengMinyak kacang tanah dapat digunakan untuk menggoreng
Selain minyak sayur, ada beragam jenis minyak yang bisa digunakan sebagai alternatif untuk memasak. Salah satunya adalah minyak kacang tanah.Minyak kacang tanah adalah minyak yang terbuat dari olahan kacang tanah yang bisa digunakan untuk menggoreng, menumis, dan berbagai teknik memasak lainnya.Minyak ini memiliki rasa yang netral serta memiliki daya tahan panas yang tinggi sehingga tidak akan mengubah rasa makanan dan juga cocok untuk deep-frying.Karena terbuat dari kacang tanah, minyak satu ini mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk tubuh, beberapa di antaranya adalah:
  • Vitamin E
  • Asam lemak omega-6
  • Phytosterol
  • Lemak tak jenuh (monounsaturated fat dan polyunsaturated fat)
Di samping itu minyak kacang tanah memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh yang sayang dilewatkan.

Manfaat minyak kacang tanah

1. Mengandung vitamin E

Minyak kacang tanah kaya akan vitamin E. Vitamin E merupakan salah satu zat antioksidan yang berperan melindungi tubuh dari radikal bebas.Jika jumlah radikal bebas di dalam tubuh terlalu banyak maka sel tubuh akan mengalami kerusakan sel. Radikal bebas juga sering dikaitkan sebagai pemicu penyakit seperti kanker dan jantung. Oleh karena itu, vitamin E punya fungsi yang penting bagi tubuh.Selain itu, vitamin E juga bermanfaat meningkatkan kekebalan tubuh terhadap infeksi bakteri dan virus. Ditambah lagi zat antioksidan ini bermanfaat mengurangi risiko penyakit jantung, kanker, hingga katarak.

2. Mengurangi risiko penyakit jantung

Minyak kacang tanah memiliki kandungan asam lemak tak jenuh yang tinggi (baik monounsaturated fat dan polyunsaturated fat). Ada banyak studi yang menunjukkan bahwa mengganti lemak jenuh dengan kedua jenis lemak ini dapat menurunkan risiko penyakit jantung. 

3. menurunkan kolesterol

Kandungan lemak tak jenuh pada minyak kacang tanah dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Tingginya kolesterol jahat dalam tubuh seringkali menjadi biang keladi penyumbatan pembuluh darah, penyakit jantung, hingga stroke.

4. Meningkatkan sekresi insulin

Banyak studi menunjukkan asam lemak tak jenuh dapat memperbaiki kadar gula dalam darah. Mengganti konsumsi lemak jenuh dengan lemak tak jenuh juga meningkatkan seksresi insulin yang membantu menjaga kadar gula darah tetap rendah.Sebuah studi terhadap tikus juga membuktikan hal ini. Eksperimen dilakukan dengan memberikan makanan yang difortifikasi minyak kacang tanah pada seekor tikus yang menderita diabetes. Hasilnya, kadar gula darah pada tikus tersebut mengalami penurunan.

Risiko mengonsumsi minyak kacang tanah

Meski minyak kacang tanah memiliki manfaat kesehatan untuk tubuh tetapi ada juga risiko yang dapat ditimbulkannya.
  • Alergi

Karena terbuat dari kacang tanah, minyak kacang tentunya dapat menimbulkan reaksi alergi pada mereka yang memiliki alergi terhadap kacang, terlebih pada anak-anak. Serangan alergi kacang tanah dapat mengakibatkan kondisi anaphylaxis (gejala alergi parah) yang dapat menyebabkan kematian.Untuk itu, hindari penggunaannya jika Anda memiliki alergi terhadap kacang-kacangan.
  • Menyebabkan penyakit jantung
Terdengar sedikit aneh ketika mengetahui minyak kacang tanah yang dapat mencegah penyakit jantung malah menjadi penyebab penyakit jantung.Selain mengandung asam lemak tak jenuh, minyak kacang tanah juga mengandung asam lemak omega-6. Apabila dikonsumsi berlebihan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan juga memperparah kondisi peradangan dalam tubuh.

Catatan dari SehatQ

Secara umum, minyak kacang tanah aman untuk dikonsumsi. Oleh karena itu Anda wajib menggunakannya dalam batas yang wajar. Anda juga bisa menggunakannya bergantian dengan jenis minyak lainnya saat memasak.Bagi yang ingin berkonsultasi lebih lanjut mengenai sisi kesehatan minyak kacang tanah, Anda bisa konsultasi langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.  
makanan sehathidup sehatpola hidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/is-peanut-oil-healthy
Diakses pada 19 Februari 2021
WebMD. https://www.webmd.com/diet/peanut-oil-health-benefits#1
Diakses pada 19 Februari 2021

WebMD. https://www.webmd.com/allergies/anaphylaxis
Diakses pada 19 Februari 2021

Verywell Health https://www.verywellhealth.com/healthiest-cooking-oils-for-high-cholesterol-697832
Diakses pada 19 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait