12 Manfaat Jojoba Oil untuk Wajah dan Rambut yang Menarik Dicoba


Manfaat jojoba oil untuk wajah dan rambut ternyata sangat beragam. Minyak jojoba bisa mengobati jerawat, melembapkan kulit, hingga mengatasi ketombe.

(0)
11 Mar 2020|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Manfaat jojoba oil untuk wajah dan rambut ternyata melimpahMinyak jojoba tidak berbau dan bersifat tidak rentan menyumbat pori-pori
Pernahkah Anda menggunakan jojoba oil atau minyak jojoba? Kini, manfaat jojoba oil sudah bisa dicoba melalui berbagai produk perawatan kulit dan rambut di pasaran yang menyertakan kandungan minyak jojoba sebagai salah satu bahan komposisinya. Selain dari produk perawatan kulit dan kecantikan, Anda juga bisa menjajal minyak esensial ini. Namun, ketahui dulu manfaat jojoba oil untuk wajah dan rambut selengkapnya.  

Apa itu jojoba oil?

Jojoba oil adalah cairan hasil pembakaran dari biji tanaman jojoba, yang banyak tumbuh di Amerika Utara. Salah satu ciri dari minyak nabati ini adalah tidak berbau. Minyak jojoba memiliki beragam vitamin dan mineral penting, seperti vitamin B, vitamin C, vitamin E, tembaga, dan zincMinyak ini juga mengandung asam oleat, asam eicosenoic, asam erucic, serta sebagian kecil asam stearat, palmitic, nevronic, dan palmitoleic, yang semuanya bertindak sebagai antioksidan, antiseptik, dan anti peradangan. Minyak jojoba bisa digunakan sebagai minyak pelarut yang dicampurkan dengan manfaat minyak esensial lainnya, atau digunakan sendiri secara langsung pada rambut dan kulit. Jojoba oil kerap digunakan untuk perawatan kulit sehari-hari. Namun, tak hanya untuk wajah, manfaat jojoba oil untuk rambut ternyata nyata juga menarik dicoba. 

Apa manfaat jojoba oil untuk wajah?

Berbagai macam manfaat jojoba oil untuk wajah adalah sebagai berikut. 

1. Melembapkan kulit

Manfaat jojoba oil untuk wajah lembap dan sehat
Minyak jojoba bisa melembapkan kulit dan menjaganya tetap lembut
Salah satu manfaat jojoba oil adalah melembapkan kulit. Jojoba oil adalah jenis minyak esensial yang bersifat humektan. Humektan adalah bahan aktif yang bekerja meningkatkan kapasitas air di lapisan kulit paling luar dengan menarik kandungan air di udara atau menarik air dari lapisan kulit paling dalam serta menjaga kelembapan kulit. Minyak jojoba dapat meresap ke dalam kulit dengan mudah. Lemak alami yang terkandung di dalamnya dapat menjaga lapisan luar kulit tetap terhidrasi sehingga membuat kulit mempertahankan kelembapannya. Dengan demikian, kulit pun akan menjadi lembap dan lembut. Tak hanya untuk wajah, minyak esensial ini juga bisa jadi bahan alami yang baik untuk mencegah kulit mengelupas dan tumit pecah-pecah.

2. Mengatasi jerawat

Manfaat jojoba oil untuk wajah ternyata bisa mengatasi jerawat membandel. Minyak jojoba memiliki sifat antiradang dan antimikroba alami yang dapat membantu untuk mengatasi jerawat ringan. Efek menenangkan yang dimilikinya juga bisa mendorong proses penyembuhan jerawat. Hal ini juga diperkuat oleh sebuah uji klinis yang membuktikan minyak jojoba dapat mencegah munculnya jerawat. Selain itu, sebuah uji klinis juga menunjukkan bahwa minyak jojoba dapat mencegah munculnya jerawat. 

3. Mengendalikan produksi minyak berlebih

Manfaat jojoba oil bisa mengendalikan produksi sebum
Produksi minyak alami di kulit bisa terkendali berkat jojoba oil
Tak hanya mengatasi jerawat, manfaat jojoba oil untuk wajah juga mampu mengendalikan produksi minyak alami atau sebum berlebih. Minyak jojoba disebut sangat mirip dengan minyak alami tubuh. Ketika dioleskan pada kulit, minyak jojoba dapat membantu melembapkan kulit. Dengan demikian, folikel rambut dan keringat mendapat sinyal bahwa kulit tak membutuhkan sebum tambahan sehingga produksi minyak alami jadi terkendali dengan baik. Produksi sebum yang terkendali mampu mencegah timbulnya jerawat. Menariknya, jojoba oil adalah jenis minyak yang tidak rentan menyumbat pori-pori sehingga meminimalisir munculnya jerawat sekaligus mencegah jerawat tumbuh semakin parah. 

4. Mengurangi tanda penuaan

Stres oksidatif yang disebabkan oleh paparan radikal bebas dapat menyebabkan timbulnya tanda penuaan, seperti keriput dan garis halus di wajah. Salah satu kandungan jojoba oil adalah antioksidan yang terbukti ilmiah dapat meningkatkan elastisitas kulit sekaligus memperlambat kemunculan tanda penuaan sehingga wajah bisa tampak awet muda. Selain itu, kandungan vitamin E pada minyak jojoba dapat bekerja sebagai antioksidan sehingga membantu kulit melawan radikal bebas yang berkontribusi besar terhadap penuaan dan kerusakan kulit lainnya.Meski demikian, belum ada hasil studi yang menguji efektivitas manfaat jojoba oil untuk mengurangi tanda penuaan. 

5. Meningkatkan produksi kolagen

Meningkatkan produksi kolagen jadi manfaat jojoba oil
Minyak jojoba bisa meningkatkan produksi kolagen
Meningkatkan produksi kolagen juga jadi potensi manfaat jojoba oil untuk wajah. Antioksidan dalam minyak jojoba dapat membantu tubuh memproduksi kolagen, yakni protein yang dibutuhkan oleh kulit, persendian, dan bagian-bagian tubuh yang terbuat dari tulang rawan. Kolagen dapat membantu mengencangkan kulit, mencegah penuaan, mengurangi selulit, meredakan nyeri sendi, dan lainnya.Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen akan berkurang sehingga Anda membutuhkan produk perawatan kulit yang mampu meningkatkan produksi kolagen. Penggunaan minyak jojoba bisa membantu memaksimalkan fungsi ini. 

6. Meredakan kulit terbakar matahari 

Sunburn atau kulit terbakar akibat paparan sinar matahari berlebih dapat menyebabkan kulit mengalami dehidrasi sehingga tampak kering dan mengelupas. Nah, manfaat jojoba oil untuk wajah ternyata dapat digunakan untuk meredakan kulit terbakar matahari.Kandungan vitamin E dalam minyak jojoba dapat melindungi kulit dari kerusakan tersebut sekaligus megembalikan kelembapan dan meredakan gejala-gejala sunburn yang muncul.

7. Mempercepat penyembuhan luka

Manfaat jojoba oil untuk wajah dipercaya dapat mempercepat penyembuhan luka serta membantu melawan infeksi. Sebuah penelitian yang dimuat dalam Journal of Ethnopharmacology membuktikan kalau jojoba oil mampu mendorong sel kulit agar merekat kembali bersama setelah dipisahkan oleh luka atau goresan kulit menjadi rusak. Hal ini tak terlepas dari kandungan antioksidan, termasuk vitamin E, yang mampu merangsang aliran darah pada area kulit yang terinfeksi agar mempercepat produksi sel kulit baru yang lebih sehat. Manfaat vitamin E untuk kulit juga dapat mengurangi risiko terbentuknya bekas luka.

8. Meredakan gejala penyakit kulit

Manfaat jojoba oil bisa meredakan gejala penyakit kulit
Minyak jojoba punya zat antiradang yang bisa redakan gejala
Manfaat jojoba oil juga baik untuk penderita penyakit kulit kronis, seperti psoriasis, eksim, atau rosacea.Minyak jojoba mengandung zat antiradang yang mampu meredakan gejala, seperti kulit kering, mengelupas, kemerahan, dan gatal. 

9. Menghapus make up

Tahukah Anda kalau manfaat jojoba oil untuk wajah dapat menghapus riasan, termasuk make up mata? Anda bisa menggunakan minyak jojoba untuk menghapus make up, minyak, dan kotoran di wajah tanpa takut menimbulkan iritasi lantaran sifat minyak yang hypoallergenic atau tidak rentan menyebabkan alergi. Kendati demikian, perlu diketahui bahwa memakai minyak jojoba mungkin saja tidak cukup untuk menyingkirkan riasan wajah sepenuhnya. Jadi, Anda tetap harus mencuci muka dengan air bersih dan sabun cuci muka.

Apa manfaat jojoba oil untuk rambut?

Selain kulit, ada manfaat jojoba oil untuk rambut yang mungkin tak Anda sangka, seperti: 

1. Mencegah rambut rontok

Manfaat jojoba oil untuk rambut rontok mungkin belum banyak diketahui oleh banyak orang. Rambut yang kering akan mudah rapuh dan rontok. Minyak jojoba dapat membantu mengatasi masalah ini dengan melembapkan rambut sehingga kerontokan dapat dicegah.Selain itu, minyak ini juga dapat membantu mengatur kadar minyak alami pada folikel rambut sehingga produski minyak yang dihasilkan tidak berlebihan.

2. Mengatasi ketombe

Manfaat jojoba oil untuk rambut berketombe
Minyak jojoba diyakini bisa mengatasi masalah ketombe
Manfaat jojoba oil untuk rambut berikutnya adalah mengatasi ketombeKetombe merupakan kondisi kulit kepala yang kering, mengelupas, dan iritasi. Kondisi ini cukup sulit diatasi dan biasanya sangat mengganggu. Efek melembapkan serta kandungan antibakteri dan antiradang pada minyak jojoba dapat membantu melembapkan kulit kepala sehingga masalah ketombe bisa teratasi. Anda hanya perlu menggunakan beberapa tetes minyak jojoba yang dicampurkan dengan sampo. Oleskan pada kulit secara menyeluruh seraya memijat kulit kepala perlahan.

3. Rambut lebih mudah diatur

Rambut kadang sulit diatur dan berantakan, terutama saat terkena angin. Protein yang terdapat pada minyak jojoba dapat menjaga rambut menjadi mudah diatur dengan cara melembapkan setiap helaian rambut dan membuatnya halus berkilau. Anda hanya perlu menggunakan beberapa tetes minyak jojoba pada rambut yang basah untuk membuatnya lebih mudah diatur. Penggunaan secara teratur dipercaya dapat menjadi cara meluruskan rambut secara alami.Anda bisa memperoleh manfaat jojoba oil untuk rambut dengan cara: 
  • Oleskan langsung pada rambut, diamkan selama 20 menit, lalu cuci bersih rambut. Namun, hangatkan 1-2 sendok makan minyak jojoba terlebih dahulu sebelum menggunakannya.
  • Hindari mengoleskan langsung pada kulit kepala karena rentan menyebabkan pori tersumbat. Bila menggunakan untuk mengatasi kulit kepala kering atau ketombe, oleskan tipis-tipis. 
  • Tambahkan beberapa tetes minyak jojoba (3-5 tetes) pada sampo atau kondisioner yang biasa Anda gunakan.

Bagaimana cara menggunakan minyak jojoba yang aman? 

Tidak seperti minyak esensial lainnya, jojoba oil adalah jenis minyak yang tidak perlu dilarutkan dan bisa dioleskan langsung pada kulit secara langsung. Akan tetapi, sebelum menggunakan jojoba oil pertama kali, pastikan Anda melakukan tes pada kulit untuk mengetahui cocok tidaknya.Caranya, oleskan 3-4 tetes jojoba oil pada area siku bagian dalam. Perhatikan ada tidaknya reaksi alergi yang ditimbulkan selama 24 jam.Jika tidak ada reaksi alergi, seperti kulit kemerahan, gatal, iritasi, dan bentol=bentol, maka Anda bisa menggunakannya pada area wajah dan rambut. Meski tidak rentan menyebabkan alergi, reaksi alergi bisa muncul dalam beberapa kasus. Maka, penting untuk melakukan tes pada kulit terlebih dahulu. [[artikel-terkait]]Ada berbagai manfaat jojoba oil untuk wajah dan rambut yang menarik dicoba. Namun, pastikan Anda menggunakannya secara aman agar terhindar dari efek samping yang ditimbulkan. Jika Anda masih punya pertanyaan lebih lanjut mengenai manfaat jojoba oil untuk rambut dan wajah, tanyakan langsung dengan dokter melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.Caranya, unduh sekarang di App Store dan Google Play.
minyak atsiriherbalkulit sehatkulit dan kecantikankesehatan rambutessential oil
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/jojoba-oil-for-face#side-effects-and-risks
Diakses pada 10 Maret 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/jojoba-oil-for-hair#uses
Diakses pada 10 Maret 2020
Organic Facts. https://www.organicfacts.net/health-benefits/oils/jojoba-oil.html
Diakses pada 10 Maret 2020
Womens Health. https://www.womenshealthmag.com/beauty/a30271541/jojoba-oil-benefits/
Diakses pada 10 Maret 2020
Complementary Medicine Research. https://www.karger.com/Article/Abstract/338076
Diakses pada 18 Maret 2021
International Journal of Cosmetic Science. https://onlinelibrary.wiley.com/doi/abs/10.1111/j.1468-2494.2008.00468.x
Diakses pada 18 Maret 2021
Oxidative Medicine and Cellular Longevity. https://www.hindawi.com/journals/omcl/2015/709628/
Diakses pada 18 Maret 2021
Journal of Ethnopharmacology. https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S0378874110009189?via%3Dihub
Diakses pada 18 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait