Minyak Esensial yang Bermanfaat bagi Keseharian Anda

(0)
07 Jul 2020|Annisa Trimirasti
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Minyak Esensial dapat dibuat dari ekstrak tumbuhanMinyak esensial dibuat dari ekstrak tumbuhan
Anda mungkin sering mendengar istilah minyak esensial yang sering disebut mampu memberikan banyak manfaat sehat. Khususnya, untuk menenangkan dan meringankan stres. Sebenarnya, minyak apakah ini?Minyak esensial adalah cairan hasil ekstrak dari bagian tanaman tertentu, baik dari daun, bunga, kulit, ataupun batangnya. Beberapa contoh minyak esensial meliputi minyak mawar, minyak lavender, minyak kayu putih, dan minyak tea tree.

Bagaimanakah proses pembuatan minyak esensial?

Minyak esensial biasanya memiliki aroma yang lebih kuat dari tumbuhan asalnya. Minyak ini pun mengandung bahan aktif lebih banyak. Kedua hal ini dipengaruhi oleh jumlah tanaman yang diperlukan dalam proses pembuatannya.Secara alami, essential oil dibuat melalui proses penyulingan atau teknik cold pressing. Salah satu dari kedua teknik ini digunakan untuk mendapatkan komponen kimia aktif dari tumbuhan yang diinginkan.Selanjutnya, komponen tersebut dicampur dengan minyak pelarut hingga menjadi produk siap pakai. Salah satu contoh minyak pelarut ini adalah minyak kelapa.

Ragam manfaat dari minyak esensial

Minyak esensial dapat memberikan banyak khasiat sehat. Manfaat yang bisa Anda petik tentu tergantung pada jenis minyak yang Anda pakai.Namun secara umum, manfaat minyak esensial untuk kesehatan meliputi:
  • Meringankan stres dan rasa gelisah

Beberapa jenis minyak esensial yang digunakan dengan cara dihirup atau dioles, dapat membantu dalam meringankan stres dan rasa gelisah. Misalnya, minyak lavender. Minyak ini juga digadang-gadang sebagai pengusir nyamuk yang ampuh.Meski demikian, pernyataan tersebut masih membutuhkan penelitian lebih lanjut. Pasalnya, skala penelitian yang sebelumnya dilakukan masih terbatas.
  • Mengatasi sakit kepala dan migrain

Sejumlah penelitian menyatakan bahwa mengoleskan minyak esensial pada pelipis kepala dapat mengurangi sakit kepala. Contohnya, minyak ylang-ylang, minyak peppermint, serta minyak lavender.
  • Membantu dalam meningkatkan kualitas tidur

Menghirup wangi atau aroma minyak lavender dinilai dapat memperbaiki kualitas tidur pada wanita pascamelahirkan dan penderita penyakit jantung. Selain minyak lavender, minyak cedarwood (pohon cedar) juga disebut bisa memberikan manfaat serupa.
  • Meringankan peradangan

Kombinasi minyak daun thyme dan oregano dinilai mampu meringankan inflamasi atau peradangan. Misalnya, peradangan di usus (kolitis). Namun riset manfaat minyak esensial ini baru dilakukan pada hewan, sehingga membutuhkan penelitian lebih lanjut.
  • Sebagai antibiotik dan antimikroba

Minyak esensial, seperti minyak peppermint dan minyak tea tree, dinilai mengandung senyawa yang bersifat antimikroba.Khasiat miyak esensial ini merupakan kabar baik, terutama ketika kasus resistentansi antibiotik terus bertambah. Meski demikian, penelitian lebih lanjut tetap dibutuhkan untuk membuktikannya.Manfaat minyak esensial memang beragam dan terdengar ampuh. Namun sebagian besar khasiat ini masih memerlukan penelitian lebih mendalam dan luas agar benar-benar aman untuk digunakan.Oleh karena itu, Anda tetap harus berdiskusi dengan dokter sebelum menggunakan minyak esensial guna kepentingan pengobatan. Pasalnya, minyak ini tidak boleh digunakan untuk menggantikan penanganan medis.

Sederet minyak esensial populer dan manfaatnya

Terdapat banyak sekali jenis minyak esensial. Tetapi beberapa jenis tertentu lebih populer dibanding yang lain. Berikut contohnya:
  • Minyak peppermint untuk meningkatkan energi dan membantu pencernaan
  • Minyak kayu cendana untuk menenangkan saraf dan menambah fokus
  • Minyak bergamot untuk mengurangi stres dan memperbaiki kondisi kulit, seperti eksim
  • Minyak mawar untuk memperbaiki suasana hati dan mengurangi rasa gelisah
  • Minyak kamomil untuk memperbaiki suasana hati dan relaksasi
  • Minyak tea tree untuk melawan infeksi dan meningkatkan imunitas tubuh
  • Minyak melati untuk membantu dalam meringankan depresi, proses melahirkan, dan meningkatkan libido
  • Minyak lemon untuk melancarkan pencernaan, memperbaiki suasana hadi, serta meringankan sakit kepala
  • Minyak kayu putih untuk membantu dalam mengatasi batuk pilek dan berpotensi meringankan infeksi bakteri
  • Minyak lavender untuk untuk meringankan stres
  • Minyak ylang-ylang untuk mengatasi sakit kepala, mual, dan penyakit kulit
  • Minyak serai untuk meringankan stres dan meningkatkan kekebalan tubuh

Risiko efek samping penggunaan minyak esensial

Selama digunakan dengan tepat dan sesuai petunjuk pemakaian, minyak esensial umumnya tidak menyebabkan efek samping tertentu.Namun bila digunakan dengan tidak benar (misalnya meminum minyak yang hanya boleh dioleskan atau memiliki kondisi tertentu seperti sedang hamil), minyak esensial bisa saja menimbulkan beberapa efek samping di bawah ini:Bila mengalami salah satu kondisi tersebut, Anda sebaiknya segera berhenti memakai minyak esensial. Jika efek samping tidak kunjung hilang atau bertambah parah, konsultasikan ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat.Untuk menghindari efek samping dan memastikan keamanannya, ada baiknya Anda juga mendiskusikan penggunaan minyak esensial dengan dokter. Jangan sampai niat baik Anda malah berbalik merugikan kesehatan.Anda juga tidak dianjurkan untuk menggunakan minyak esensial bersamaan dengan obat lainnya. Misalnya, mengoleskan essential oil di kulit bersamaan dengan salep. Pasalnya, langkah ini dapat menyebabkan efek samping yang tak diinginkan.
essential oil
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/what-are-essential-oils
Diakses pada 7 Juli 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/326732
Diakses pada 7 Juli 2020
Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/what-are-essential-oils-88807
Diakses pada 7 Juli 2020
WebMD.  https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/ss/slideshow-essential-oils
Diakses pada 7 Juli 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait