10 Manfaat Minyak Argan yang Tidak Banyak Orang Ketahui

Manfaat minyak argan berguna bagi kecantikan dan kesehatan
Buah argan dan minyak argan

Belakangan ini minyak argan cukup populer di industri kecantikan. Minyak ini disinyalir dapat memberikan banyak manfaat, baik itu untuk kecantikan maupun kesehatan secara umum.

Minyak argan dihasilkan dari buah pohon argan, yang ditemukan di wilayah kecil Maroko. Kini, minyak argan digunakan di seluruh dunia untuk berbagai kegunaan, misalnya kuliner, kosmetik, dan obat-obatan.

Manfaat minyak argan

Maraknya penggunaan minyak argan untuk bahan kosmetik dan produk kesehatan bukan tanpa alasan. Berikut adalah beberapa manfaat minyak argan yang membuatnya populer.

1. Melindungi dari kerusakan akibat sinar matahari

Sebuah studi menemukan bahwa antioksidan dalam minyak argan membantu melindungi kulit terhadap kerusakan akibat radikal bebas yang disebabkan oleh matahari. Minyak argan juga dapat mencegah luka bakar dan hiperpigmentasi yang memicu perkembangan kanker kulit, termasuk melanoma.

2. Melembapkan kulit

Minyak argan mungkin paling sering digunakan sebagai pelembap. Inilah sebabnya mengapa minyak ini sering ditemukan dalam lotion, sabun, dan kondisioner rambut.

Minyak argan dapat dioleskan di kulit atau dikonsumsi sebagai suplemen harian untuk efek pelembap. Berkat limpahan kandungan vitamin E di dalamnya, minyak argan juga dapat membantu meningkatkan retensi air di kulit.

3. Mengobati sejumlah masalah kulit

Minyak argan diklaim memiliki sifat antioksidan dan antiperadangan. Sifat tersebut membantu mengurangi gejala untuk sejumlah kondisi peradangan kulit yang berbeda, seperti psoriasis dan rosacea.

Untuk hasil terbaik, oleskan minyak argan langsung ke kulit yang mengalami peradangan. Lakukan secara rutin untuk menikmati hasilnya.

4. Mengobati jerawat

Jerawat sering kali diakibatkan oleh produksi sebum berlebih yang dipicu oleh hormon. Minyak argan memiliki efek antisebum, yang secara efektif dapat mengatur jumlah sebum pada kulit sehingga mampu membantu mengobati beberapa jenis jerawat dan membuat kulit lebih halus.

Caranya menggunakannya adalah oleskan minyak argan atau krim wajah yang mengandung minyak argan langsung ke kulit Anda setidaknya dua kali sehari. Dengan begitu, Anda akan mulai melihat hasilnya setelah empat minggu.

5. Menyembuhkan infeksi kulit

Salah satu kegunaan minyak argan adalah untuk menyembuhkan infeksi kulit. Minyak argan memiliki sifat antibakteri dan fungisida, yang memberikan kemampuan untuk membantu mengobati dan mencegah infeksi kulit akibat bakteri dan jamur.

6. Membantu penyembuhkan luka

Antioksidan merupakan manfaat utama minyak argan. Kombinasi antara antioksidan dan vitamin E yang ditemukan dalam minyak ini dapat digunakan untuk mempercepat proses penyembuhan luka.

Anda dapat mengonsumsi suplemen minyak argan secara teratur untuk merasakan manfaat ini di seluruh tubuh Anda.

7. Memiliki efek antipenuaan

Minyak argan terdiri dari sekitar 80 persen asam lemak yang telah terbukti bekerja untuk menghilangkan tanda-tanda dan gejala penuaan dini. Selain itu, minyak argan bermanfaat untuk memudarkan bintik hitam dengan mengembalikan elastisitas kulit dan juga meningkatkan regenerasi sel-sel kulit yang sehat.

Para peneliti menemukan bahwa kombinasi minyak argan yang terkandung dalam produk-produk kosmetik dengan suplemen oral dapat meningkatkan elastisitas kulit yang signifikan.

8. Mencegah dan mengurangi stretch mark

Stretch mark sering terjadi selama kehamilan dan siapa pun dapat mengalaminya. Suatu studi pada tahun 2016 menemukan bahwa krim yang mengandung minyak argan dapat meningkatkan elastisitas kulit. Hal ini membantu mencegah dan mengobati stretch mark sejak dini.

Oleskan minyak argan langsung ke daerah stretch mark paling tidak dua kali sehari. Lakukan ini segera setelah Anda mulai melihat tanda-tanda stretch mark untuk hasil yang terbaik.

9. Menurunkan kolesterol

Minyak argan juga dapat digunakan sebagai alternatif untuk minyak goreng yang kurang sehat. Campuran sterol nabati yang ada dalam minyak ini dipercaya bermanfaat untuk menghambat proses penyerapan kolesterol jahat dari dalam saluran usus.

10. Bermanfaat untuk pencernaan

Mungkin banyak orang telah merasa makan dengan benar, namun tidak semua tubuh mereka mampu menyerap dengan nutrisi yang ada dalam makanan secara efektif. Terutama, apabila Anda mengalami gangguan pencernaan atau sistem lambung yang bermasalah.

Senyawa organik dalam minyak argan mampu meningkatkan kadar pepsin di dalam perut, yang dapat meningkatkan fungsi lambung supaya pencernaan makanan menjadi lebih efektif sehingga berbagai nutrisi dapat diserap dengan baik oleh tubuh.

Jika Anda ingin merasakan manfaatnya secara langsung, minyak argan mudah ditemukan di berbagai toko daring. Anda bisa menjumpainya dalam bentuk minyak dan yang sudah diformulasikan menjadi suplemen atau produk kecantikan.

Globalhealing. https://globalhealing.com/natural-health/argan-oil-benefits/
Diakses pada 23 Mei 2020

Healthline. https://www.healthline.com/health/argan-oil-for-skin#benefits-of-argan-oil-for-skin
Diakses pada 23 Mei 2020

Healthbenefitstimes. https://www.healthbenefitstimes.com/health-benefits-of-argan-essential-oil/
Diakses pada 23 Mei 2020.

Lifehack. https://www.lifehack.org/articles/lifestyle/10-benefits-argan-oil-you-probably-didnt-know-about.html
Diakses pada 23 Mei 2020

Artikel Terkait