Manfaat Argan Oil untuk Kecantikan dan Kesehatan Plus Cara Menggunakannya


Argan oil atau minyak argan dikenal sebagai bahan alami untuk mempercantik kulit dan rambut sejak ratusan tahun lalu. Tak hanya untuk kecantikan wajah dan rambut, manfaat argan oil untuk kesehatan tubuh secara umum juga nyata adanya.

(0)
04 Jun 2020|Adhenda Madarina
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Manfaat argan oil berguna bagi kecantikan dan kesehatanArgan oil atau minyak argan punya banyak manfaat untuk kulit, rambut, dan kesehatan secara umum
Argan oil atau minyak argan dikenal sebagai bahan alami untuk mempercantik kulit dan rambut sejak ratusan tahun lalu. Tak hanya untuk kecantikan wajah dan rambut, manfaat argan oil untuk kesehatan tubuh secara umum juga nyata adanya. Apa saja manfaat minyak argan selengkapnya? Minyak argan atau argan oil adalah jenis minyak esensial yang berasal dari biji pohon argan, yang umum tumbuh di wilayah kecil Maroko. Umumnya, minyak argan murni digunakan dalam bahan masakan, obat-obatan alami, hingga kini sebagai bahan dalam produk kecantikan (seperti produk kosmetik, sabun, sampo, hingga kondisioner).

Manfaat argan oil untuk kecantikan

Penggunaan minyak argan dalam sejumlah produk perawatan kulit, termasuk wajah, memang bukan tanpa alasan. Adapun berbagai manfaat argan oil adalah sebagai berikut. 

1. Melembapkan kulit

Manfaat argan oil untuk melembapkan kulit
Minyak argan mengandung vitamin E yang baik untuk kulit lembap
Salah satu manfaat argan oil untuk wajah adalah melembapkan kulit. Itu sebabnya, minyak argan sering kali ditemukan dalam produk perawatan kecantikan, seperti sabun dan lotionMinyak argan kaya akan kandungan vitamin E, yang merupakan antioksidan dan lemak larut yang mampu meningkatkan retensi air pada kulit. Selain mengoleskan minyak argan pada kulit, Anda juga bisa mendapatkan khasiat ini dengan mengonsumsi suplemen kesehatan mengandung argan oil di dalamnya. 

2. Mengurangi minyak di wajah

Manfaat argan oil juga dapat mengurangi minyak di wajah. Minyak argan mampu mengurangi produksi sebum atau minyak alami pada kulit sehingga kilau minyak di wajah dapat berkurang. Hal ini juga diperkuat oleh sebuah hasil studi yang membuktikan bahwa mengoleskan krim mengandung minyak argan 2 kali sehari selama 4 minggu berturut-turut dapat mengurangi produksi sebum secara signifikan. 

3. Mencegah pembentukan jerawat

Manfaat argan oil untuk wajah ternyata mampu mencegah pembentukan jerawat. Jerawat adalah suatu kondisi kulit yang disebabkan oleh penyumbatan pori-pori akibat produksi sebum berlebih serta penumpukan sel kulit mati yang disertai peradangan. Seperti yang disebutkan sebelumnya, bahwa manfaat minyak argan dapat mengurangi produksi sebum pada kulit sekaligus meningkatkan hidrasi kulit sehingga pembentukan jerawat bisa dicegah. 
Argan oil dapat mencegah pembentukan jerawat
Manfaat minyak argan bisa cegah pembentukan jerawat
Beberapa hasil penelitian yang sudah ada juga menunjukkan kandungan antioksidan dan antiradang dalam minyak argan dapat mengurangi kemerahan dan iritasi kulit yang disebabkan oleh jerawat. Cara menggunakan argan oil untuk jerawat adalah dengan mengoleskan minyak argan, atau krim wajah mengandung argan oil, secara langsung pada kulit tiap 2 kali sehari. Anda akan merasakan khasiat ini setelah 4 minggu pemakaian argan oil.  Meski manfaat minyak argan diyakini efektif dalam mengobati jerawat, kondisi ini juga tergantung pada penyebabnya. Jika penyebab jerawat yang Anda alami akibat perubahan hormon, penggunaan minyak argan sebagai obat jerawat alami mungkin belum tentu efektif digunakan. 

4. Mengatasi penuaan dini

Tahukah Anda kalau manfaat argan oil untuk wajah mampu mengatasi penuaan dini? Beberapa hasil riset menunjukkan bahwa asupan minyak argan dalam menu makanan sehari-hari dapat membantu memperlambat proses penuaan dini dengan cara mengurangi peradangan dan stres oksidatif. Dalam studi lain, para peneliti menemukan bahwa cara menggunakan argan oil secara oral dan topikal dipercaya efektif dalam meningkatkan elastisitas kulit dan hidrasi pada wanita yang sudah menopause. Selain itu, manfaat argan oil yang digunakan dengan cara dioleskan pada kulit dapat memperbaiki sekaligus menjaga kesehatan kulit sehingga tanda-tanda penuaan bisa berkurang. Meski demikian, manfaat minyak argan ini masih membuktikan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efektivitasnya. 

5. Mengobati infeksi kulit

Manfaat argan oil disebut dapat mengobati infeksi kulit. Minyak argan mengandung senyawa antibakteri dan antijamur yang mampu mengobati dan mencegah infeksi kulit akibat infeksi jamur dan bakteri.Cukup oleskan minyak argan pada area kulit yang terinfeksi minimal 2 kali sehari. 

6. Mengatasi gejala penyakit kulit 

Fungsi argan oil dapat mengatasi gejala penyakit kulit
Manfaat minyak argan dapat mengatasi gejala penyakit kulit
Manfaat argan oil juga sudah lama dikenal sebagai pengobatan alami untuk mengatasi peradangan yang disebabkan oleh penyakit kulit. Studi yang dimuat dalam International Journal of Molecular Science menyatakan bahwa kandungan antioksidan dan anti peradangan di dalamnya dapat mengurangi gejala peradangan akibat penyakit kulit, seperti psoriasis dan rosacea.Anda bisa menggunakan minyak argan pada kulit yang mengalami peradangan secara rutin untuk mendapatkan khasiat ini.  Namun, manfaat minyak argan dalam mengatasi gejala penyakit kulit ini masih membuktikan penelitian lebih lanjut guna membuktikan efektivitasnya. 

7. Menenangkan kulit akibat dermatitis atopik

Dermatitis atopik adalah kondisi kulit yang ditandai dengan rasa gatal dan kulit kemerahan. Manfaat argan oil yang dioleskan pada kulit terinfeksi secara langsung dipercaya dapat mengatasi gejala masalah kulit ini. Kandungan vitamin E dan senyawa antiradang alami pada minyak argan mampu menenangkan kulit sehingga gejala dermatitis atopik dapat berkurang. 

8. Mempercepat penyembuhan luka

Manfaat argan oil umumnya berasal dari kandungan antioksidan yang banyak di dalamnya. Kombinasi antioksidan dan vitamin E pada minyak argan inilah yang dapat mempercepat proses penyembuhan luka. Sebuah studi yang dilakukan pada hewan membuktikan adanya peningkatan penyembuhan luka yang signifikan setelah mengoleskan minyak argan pada luka bakar derajat kedua tiap 2 kali sehari selama 14 hari. Kendati demikian, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan efektivitasnya pada manusia. 

9. Melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari

Argan oil dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari
Argan oil bisa melindungi kulit dari kerusakan sinar matahari
Para wanita Maroko banyak yang memperoleh manfaat argan oil untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Hal ini didukung oleh sebuah riset yang dimuat dalam jurnal Hindawi yang mengemukakan bahwa kandungan antioksidan pada minyak argan dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Penggunaan argan oil juga dapat mencegah luka bakar dan hiperpigmentasi yang dapat memicu berkembangnya kanker kulit, termasuk melanoma

10. Mencegah dan mengurangi stretch marks

Siapa saja dapat mengalami masalah stretch marks. Hasil penelitian yang dipublikasikan dalam Clinical, Cosmetic and Investigational Dermatology membuktikan bahwa penggunaan krim yang mengandung minyak argan dapat meningkatkan elastisitas kulit sehingga dapat mencegah dan mengatasi stretch marks sejak dini. Untuk mendapatkan manfaat minyak argan ini secara maksimal, oleskan argan oil pada area kulit yang terdapat stretch marks paling tidak 2 kali sehari. Lakukan langkah ini sesegera mungkin saat Anda melihat tanda-tanda stretch marks untuk mendapatkan hasil terbaik. 

11. Melembapkan rambut

Manfaat argan oil untuk rambut bisa melembapkannya
Mengoleskan argan oil pada rambut bisa melembapkannya
Tak hanya kulit, manfaat argan oil juga mampu melembapkan rambut. Manfaat argan oil untuk rambut berasal dari kandungan asam oleat dan asam linoleat di dalamnyaMenurut sebuah studi yang dimuat dalam International Journal of Trichology fungsi argan oil untuk rambut terbukti mampu melumasi batang rambut sehingga kelembapannya ikut terjaga.Selain itu, manfaat argan oil untuk rambut berasal dari kandungan vitamin E yang bisa membantu mencegah kulit kepala kering, serta membuat rambut jadi semakin berkilau.

Manfaat minyak argan untuk kesehatan

Meski dikenal baik untuk kecantikan, ada beberapa manfaat minyak argan yang bisa Anda peroleh, seperti:

1. Menyehatkan jantung

Salah satu manfaat minyak argan adalah menyehatkan jantung. Hal ini karena minyak argan mengandung asam oleat, yang merupakan lemak omega-9 tak jenuh tunggal. Sebuah studi kecil yang dimuat dalam Clinical Nutrition Journal menunjukkan bahwa konsumsi argan oil dapat meningkatkan kadar lemak baik sekaligus menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).Studi lainnya dilakukan pada 40 orang yang berisiko mengalami penyakit jantung dengan mengonsumsi 15 gram minyak argan selama 30 hari berturut-turut. Hasilnya, ditemukan bahwa sebanyak 16% partisipan mengalami penurunan kadar LDL serta 20% mengalami penurunan terhadap kadar trigliserida. Meski tampak menjanjikan, fungsi argan oil dalam menyehatkan jantung ini masih membutuhkan studi lebih besar untuk mengetahui keefektifannya. 

2. Mengendalikan gula darah

Manfaat minyak argan juga dapat mengendalikan gula darah. Beberapa hasil riset pada hewan uji menunjukkan bahwa fungsi argan oil dapat mencegah peningkatan gula darah dan menurunkan risiko resistensi insulin. Maka dari itu, fungsi argan oil ini dianggap baik untuk mencegah terjadinya diabetes.  Namun, belum ada hasil penelitian yang membuktikan bahwa manfaat minyak argan efektif dalam mengobati diabetes. Jadi, penderita diabetes tetap dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter bila ingin mengonsumsi argan oil

3. Baik untuk pencernaan

Bagi Anda yang kerap mengalami gangguan pencernaan atau sistem cerna bermasalah, konsumsi argan oil ternyata bermanfaat untuk mengurangi gejalanya. Senyawa organik pada minyak argan mampu meningkatkan kadar pepsin dalam perut sehingga fungsi lambung bisa bekerja dengan baik dalam mencerna makanan secara efektif. Dengan demikian, nutrisi yang diperoleh dari makanan yang Anda konsumsi bisa diserap baik oleh tubuh.

4. Mencegah penyakit kanker

Fungsi argan oil dipercaya dapat memperlambat pertumbuhan sel-sel kanker. Argan oil mengandung senyawa polifenol dan vitamin E yang dapat mencegah dan menghambat pertumbuhan sel kanker. Meski demikian, lagi-lagi manfaat argan oil ini masih perlu diteliti lebih lanjut untuk mengetahui keefektifannya. 

Cara memperoleh manfaat argan oil yang tepat

Ada beberapa cara memperoleh manfaat argan oil yang bisa Anda lakukan agar manfaat yang didapat bisa maksimal, seperti:

1. Oleskan secara langsung pada kulit

Anda bisa mengoleskan minyak argan murni secara langsung pada area kulit yang ingin ditangani. Selain menggunakan minyak argan murni, mengoleskan produk perawatan kulit, seperti krim atau lotion mengandung argan oil juga dapat dilakukan. Namun, sebelum mengoleskan pada kulit secara langsung, coba untuk gunakan pada area kulit siku bagian dalam terlebih dahulu. Kemudian, lihat reaksi yang ditimbulkan. Sebab, pada beberapa orang, efek samping argan oil untuk kulit dapat menimbulkan iritasi, ruam kulit, bahkan jerawat. Umumnya, reaksi tersebut dialami oleh orang-orang yang menderita alergi kacang atau yang memiliki alergi terhadap argan oil.

2. Oleskan pada helaian rambut

Anda bisa mengoleskan minyak argan secara langsung pada rambut kering atau rambut lembap jika ingin mendapatkan rambut lembap, halus, serta tidak bercabang. Anda juga dapat menggunakan produk perawatan rambut, seperti sampo atau kondisioner yang mengandung argan oil.Jika Anda punya rambut berminyak, cukup oleskan minyak argan pada ujung-ujung rambut agar rambut tidak lepek. 

3. Konsumsi minyak argan

Kalau Anda ingin mengonsumsi minyak argan secara langsung, pastikan Anda menggunakan minyak argan murni. Bagi Anda yang mengonsumsi obat pengencer darah, seperti warfarin, sebaiknya jangan konsumsi minyak argan. Pasalnya, vitamin E dalam argan oil dapat berinteraksi dengan obat sehingga memperlambat pembekuan darah. Alangkah baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu  sebelum mengonsumsi minyak argan, terutama bila memiliki kondisi medis atau mengonsumsi obat-obatan tertentu.Pada beberapa orang, efek samping argan oil yang digunakan dengan cara dikonsumsi dapat menyebabkan diare, perut kembung, mual, nafsu makan berkurang, sulit tidur, kelelahan, gelisah, kebingungan, depresi, dan perasaan terlalu bersemangat.[[artikel-terkait]]Manfaat minyak argan memang sangat beragam. Anda bisa menggunakan minyak argan sesuai dengan masalah yang ingin ditangani. Akan tetapi, tak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum memutuskan menggunakan minyak argan agar manfaat yang didapat bisa maksimal. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ untuk mengetahui lebih lanjut seputar manfaat minyak argan. Caranya, unduh aplikasi melalui App Store dan Google Play.
essential oilminyak atsirikesehatan rambutperawatan wajah
Globalhealing. https://globalhealing.com/natural-health/argan-oil-benefits/
Diakses pada 23 Mei 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/argan-oil-for-skin#benefits-of-argan-oil-for-skin
Diakses pada 23 Mei 2020
Healthbenefitstimes. https://www.healthbenefitstimes.com/health-benefits-of-argan-essential-oil/
Diakses pada 23 Mei 2020.
Lifehack. https://www.lifehack.org/articles/lifestyle/10-benefits-argan-oil-you-probably-didnt-know-about.html
Diakses pada 23 Mei 2020
Clinical Interventions in Aging. https://www.dovepress.com/the-effect-of-dietary-andor-cosmetic-argan-oil-onnbsppostmenopausal-sk-peer-reviewed-article-CIA
Diakses pada 4 April 2021
International Journal of Molecular Science. https://www.mdpi.com/1422-0067/19/1/70
Diakses pada 4 April 2021
National Library of Medicine. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/26978857/
Diakses pada 4 April 2021
Hindawi. https://www.hindawi.com/journals/ecam/2013/340107/
Diakses pada 4 April 2021
International Journal of Trichology. https://www.ijtrichology.com/article.asp?issn=0974-7753;year=2015;volume=7;issue=1;spage=2;epage=15;aulast=Gavazzoni
Diakses pada 4 April 2021
Clinical Nutrition Journal. https://www.clinicalnutritionjournal.com/article/S0261-5614(04)00050-0/fulltext
Diakses pada 4 April 2021
British Journal of Nutrition. https://www.cambridge.org/core/journals/british-journal-of-nutrition/article/argan-oil-improves-surrogate-markers-of-cvd-in-humans/4586FD7BEC0E51038C121DF6A14C6E9D
Diakses pada 4 April 2021
Clinical, Cosmetic and Investigational Dermatology. https://www.dovepress.com/preliminary-study-on-the-development-of-an-antistretch-marks-water-in--peer-reviewed-article-CCID
Diakses pada 4 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait