4 Manfaat Minyak Alpukat untuk Rambut yang Lebih Sehat dan Kuat


Minyak alpukat berkhasiat menjaga kesehatan rambut. Kandungan lemak, mineral, antioksidan, dan anti-peradangan di dalamnya tak hanya baik untuk rambut, tapi juga kulit.

(0)
03 Apr 2021|Azelia Trifiana
Minyak alpukat berkhasiat menjaga kesehatan rambut.Minyak alpukat berkhasiat menjaga kesehatan rambut.
Bukan hanya sebagai sumber lemak baik, minyak alpukat juga bisa menjadi penakluk rambut yang sulit diatur. Kandungan lemak, mineral, antioksidan, dan anti-peradangan di dalamnya tak hanya baik untuk rambut, tapi juga kulit.Belum lagi adanya vitamin seperti vitamin A, vitamin E, dan vitamin B-5 dalam alpukat yang juga bermanfaat untuk rambut. Bukan hanya diaplikasikan dari luar, mengonsumsi minyak alpukat dari dalam juga dapat mendatangkan manfaat serupa.

Manfaat minyak alpukat untuk rambut

Baik dikonsumsi dalam bentuk buah utuh maupun minyak, alpukat cukup berkhasiat untuk kesehatan rambut. Di dalamnya, ada kandungan kaya manfaat berupa:
  • Antioksidan
  • Mineral
  • Asam lemak esensial
  • Biotin
  • Vitamin A
  • Vitamin B-5
  • Vitamin E
Cara terbaik untuk mendapatkan manfaat dari minyak alpukat adalah dengan mengonsumsinya. Anda bisa mengonsumsi langsung alpukat atau menggunakan minyak alpukat untuk memasak.Sementara dari luar, tentu saja minyak alpukat juga tak kalah berkhasiat. Menurut studi pada tahun 2015 dari International Journal of Trichology, mineral dalam minyak alpukat dapat menjaga sel-sel kutikula pada rambut. Dengan demikian, kulit lebih terlindungi dari kerusakan.Beberapa manfaat minyak alpukat untuk rambut di antaranya:

1. Mengurangi ketombe

Kulit kepala yang lembap akan membuat rambut menjadi lebih sehat. Oleh sebab itu, ketika kulit kepala cenderung kering, memijatkan minyak alpukat ke kulit kepala sebelum keramas bisa membantu melembapkannya. Bukan hanya itu, mengaplikasikan minyak alpukat ke kulit kepala juga dapat mengurangi ketombe.

2. Mencegah kerontokan

Rambut yang kering dan rapuh akan membuatnya mudah rontok atau rusak. Mengaplikasikan minyak alpukat di rambut akan membuat rambut lebih lembut, terutama apabila sedang disisir atau diikat.Memang mengaplikasikan minyak tidak lantas membuat semua kerusakan teratasi. Namun, ini bisa membantu mencegah kerusakan lebih jauh dengan cara memberikan kelembapan pada lembaran rambut.Tapi, jangan lupa untuk selalu menjaga rambut agar tak mudah rusak dengan mengikat dan menyisirnya secara perlahan.

3. Mengatasi rambut kusut

Manfaat minyak alpukat untuk rambut juga bisa membantu agar tidak kusut. Caranya mudah, Anda bisa mengaplikasikan minyak alpukat ke ujung-ujung rambut agar lebih lembut saat disikat atau disisir. Ketika mengaplikasikannya, gunakan sisir dengan gigi jarang untuk membantu menguraikannya.

4. Melindungi rambut dari kerusakan

Mengaplikasikan minyak alpukat ke rambut bisa melindungi dari kerusakan lingkungan. Bukan hanya saat keramas, ini juga bisa diaplikasikan sebelum berenang atau berjemur. Begitu pula ketika usai berenang, segera bilas dengan air bersih agar tidak ada endapan klorin atau air laut yang mengakibatkan rambut jadi kering.

Risiko menggunakan minyak alpukat

Alergi terhadap alpukat lebih jarang dibandingkan dengan makanan lainnya. Namun, bukan berarti mustahil terjadi. Orang yang alergi latex lebih rentan punya reaksi yang sama terhadap alpukat.Untuk itu, sebelum menggunakan minyak alpukat untuk pertama kalinya, lakukan tes di kulit. Apabila tidak ada reaksi alergi seperti kemerahan atau rasa tidak nyaman, maka boleh saja digunakan di rambut.Perlu diingat pula minyak alpukat tetap bisa menimbulkan reaksi alergi meskipun tidak dimakan secara langsung.Apabila aman, maka Anda bisa menggunakan minyak alpukat untuk metode perawatan rambut seperti:Lebih jauh lagi, penelitian seputar manfaat minyak alpukat untuk rambut masih terbatas. Meskipun memang terbukti melembapkan, manfaat minyak alpukat ketika diaplikasikan ke rambut masih jauh lebih sedikit dibandingkan dengan mengonsumsinya langsung.Alasannya karena rambut terdiri dari sel kulit mati sehingga tidak bisa menyerap nutrisi dan membuatnya mendapat manfaat signifikan.

Catatan dari SehatQ

Ada banyak faktor yang menyebabkan rambut rentan rusak mulai dari polusi udara, cahaya matahari, air laut, hingga klorin bisa menyebabkan batang rambut menjadi kering.Untuk merawatnya, bisa dicoba dengan mengaplikasikan minyak alpukat ke rambut. Dengan memberikan kelembapan dan nutrisi, maka kondisi kulit kepala yang kering bisa menjadi lebih baik.Nutrisi ini tentu bukan hanya dari luar, tapi juga dari dalam. Anda bisa juga menggunakan minyak alpukat untuk memasak sebagai pengganti minyak yang biasanya digunakan.Seimbangkan pula asupan nutrisi dengan mengonsumsi sayur dan buah, banyak minum cairan, serta memastikan tidur berkualitas. Ini adalah cara terbaik jika ingin memiliki rambut yang sehat.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar minyak lain yang juga bermanfaat untuk kesehatan rambut, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
kulit dan kecantikankesehatan rambutpola hidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/avocado-oil-for-hair
Diakses pada 19 Maret 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321543
Diakses pada 19 Maret 2021
WebMD. https://www.webmd.com/diet/avocado-oil-good-for-you
Diakses pada 19 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait