logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Hidup Sehat

Manfaat Minum Teh Sebelum Tidur, Ini Jenis Teh yang Direkomendasikan

open-summary

Minum teh sebelum tidur bisa membuat tubuh lebih rileks dan meningkatkan kualitas tidur. Jenis teh yang baik diminum antara lain chamomile, teh hijau rendah kafein, dan lemon balm. Namun, minum teh di malam hari tidak boleh berlebihan, karena bisa menyebabkan sering buang air kecil.


close-summary

13 Mei 2021

| Nina Hertiwi Putri

Ditinjau oleh dr. Reni Utari

Minum teh sebelum tidur bisa membuat tidur menjadi lebih nyenyak

Minum teh sebelum tidur bisa membuat tubuh lebih rileks

Table of Content

  • Manfaat minum teh sebelum tidur
  • Efek samping minum teh sebelum tidur
  • Jenis teh yang baik diminum sebelum tidur
  • Pesan dari SehatQ

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan tidur yang lebih berkualitas, salah satunya adalah minum teh. Namun, minum teh sebelum tidur perlu disertai dengan jenis teh yang tepat.

Advertisement

Jenis teh yang dianggap baik untuk dikonsumsi sebelum tidur antara lain teh hijau rendah kafein, chamomile, lavender, lemon balm, valerian roots, dan passionflower.

Teh-teh tersebut dapat membuat tubuh terasa lebih rileks, sehingga tidur bisa lebih nyenyak dan berkualitas. Tidur yang berkualitas sangatlah penting untuk kesehatan. Dengan tidur yang cukup, maka tubuh bisa berfungsi secara maksimal dan risiko terjadinya penyakit pun berkurang.

Baca Juga

  • Mitos Manfaat Teh Basi, Perbesar Penis hingga Haluskan Kulit
  • Sering Terbangun Tengah Malam, Apa Penyebabnya?
  • Benarkah Kopi Mengandung Zat Adiktif? Ini Penjelasannya

Manfaat minum teh sebelum tidur

Manfaat minum teh sebelum tidur salah satunya bisa membuat tidur lebih nyenyak dan berkualitas
Beberapa jenis teh bisa membuat tidur lebih nyenyak

Masih banyak orang yang meremehkan pentingnya istirahat untuk kesehatan. Padahal, saat kurang tidur, ada banyak gangguan kesehatan yang bisa terjadi, seperti penurunan fokus pikiran dan peningkatan risiko terjadinya kecelakaan.

Dalam jangka panjang, kurang tidur bahkan bisa meningkatkan risiko seseorang terkena tekanan darah tinggi, diabetes, serangan jantung, gagal jantung, dan stroke. Gangguan kesehatan lain yang mungkin muncul adalah obesitas dan depresi.

Jadi, kalau sering kurang tidur, akukanlah cara-cara untuk bisa mendapatkan tidur yang berkualitas. Salah satu caranya adalah dengan minum teh malam hari.

Stres adalah salah satu penyebab paling umum susah tidur. Dengan minum teh tawar hangat sebelum tidur, maka pikiran bisa menjadi lebih rileks, sehingga rasa kantuk bisa datang lebih cepat dan Anda pun bisa mendapatkan tidur yang lebih berkualitas.

Ini karena teh mengandung theanine yang bekerja untuk mengurangi hormon yang berhubungan dengan stres dan meningkatkan fungsi neuron kebahagiaan dalam otak.

Tidak semua teh bisa memberikan manfaat ini, karena banyak teh yang mengandung kafein yang tinggi. Kafein adalah zat yang bersifat stimulan, sehingga justru akan membuat Anda sulit tidur.

Efek samping minum teh sebelum tidur

Meski dapat membantu Anda untuk bisa tidur lebih nyenyak, namun jika dikonsumsi berlebihan dan di waktu yang kurang tepat, hal tersebut bisa memicu efek samping.

Berikut efek lain yang mungkin muncul karena minum teh di malam hari sebelum tidur:

1. Kesulitan tidur

Meski dapat meningkatkan kualitas tidur, namun teh tetap mengandung kafein yang bisa membuat Anda tetap terjaga di malam hari. 

Kandungan kafein dapat membuat Anda sulit tidur, terlebih untuk orang yang sensitif terhadap kafein. Untuk mengatasinya, Anda bisa merendam teh pada suhu ruangan untuk mengurangi kandungan kafein di dalamnya.

2. Sering buang air kecil

Jika mengonsumsi teh atau minuman berkafein, Anda akan merasa sering ingin buang air kecil. Efek ini tidak lain disebabkan karena sifat diuretiknya yang bisa meningkatkan produksi urine.

Jenis teh yang baik diminum sebelum tidur

Teh sebaiknya diminum pada pagi atau sore hari. Adapun aturan minum teh untuk tidur di malam hari adalah dua jam sebelum waktu tidur. Berikut ini beberapa jenis teh yang baik untuk diminum sebelum tidur.

1. Teh hijau rendah kafein

Teh yang baik diminum sebelum tidur adalah teh hijau rendah kafein
Teh hijau rendah kafein cocok diminum sebelum tidur

Teh hijau sebenarnya adalah salah satu jenis teh yang tinggi kafein. Namun, saat ini sudah banyak dijual teh hijau rendah kafein yang dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak. Minum teh hijau sebelum tidur sebaiknya tidak dilakukan menjelang waktunya. Anda akan kesulitan untuk tidur jika meminumnya kurang dari 2 jam sebelum tidur.

Baca juga: Manfaat Minum Teh Hijau Sebelum Tidur dan Efek Sampingnya

2. Teh chamomile

Teh chamomile jenis teh yang baik diminum sebelum tidur
Teh chamomile baik untuk diminum sebelum tidur

Teh chamomile mengandung flavonoid bernama apigenin yang dapat bekerja di otak dan memberikan efek sedatif, sehingga setelah meminumnya, Anda akan merasa lebih rileks dan mudah mengantuk.

Jenis teh ini sudah sejak lama dijadikan sebagai bahan herbal untuk mengobati insomnia.

3. Teh lavender

Minum teh sebelum tidur baik menggunakan teh lavender
Teh lavender bisa membuat tubuh lebih rileks

Teh lavender juga bisa memberikan efek menenangkan saat diminum. Minuman ini dapat meredakan saraf yang tegang dan membuat Anda lebih mudah tertidur.

Satu hal yang membuat teh jenis ini sedikit berbeda dari jenis teh lainnya adalah efek menenangkannya juga datang dari aromanya saat sudah diseduh. Aroma lavender bisa semakin membuat tubuh semakin rileks.

4. Teh lemonbalm

Teh lemonbalm baik untuk diminum sebelum tidur
Teh lemonbalm dapat membuat rasa kantuk lebih cepat datang

Lemon balm adalah sejenis rempah daun yang sering dijadikan sebagai bahan pembuat aromaterapi. Namun, saat ini lemon balm juga banyak yang dijual kering untuk bisa diseduh dan disajikan sebagai teh.

Pada penelitian yang dilakukan menggunakan hewan uji, teh ini terbukti dapat memicu sedasi, sehingga membuat rasa kantuk lebih cepat datang.

Memang, masih dibutuhkan lebih banyak penelitian untuk medapatkan hasil yang sama pada manusia. Namun tidak ada salahnya jika Anda ingin menyesap segelas teh lemon balm sebelum tidur.

5. Teh passionflower

Teh passionflower adalah teh yang baik untuk diminum sebelum tidur
Teh passionflower berpotensi dijadikan obat insomnia

Secara tradisional, passionflower kerap digunakan untuk meredakan kecemasan sekaligus memperbaiki siklus tidur. Sementara itu secara ilmiah, tanaman ini dinilai berpotensi untuk dijadikan obat insomnia alami karena bisa memperbaiki kualitas tidur.

Sebuah penelitian yang diikuti 40 orang dewasa yang mengonsumsi teh passionflower setiap hari selama 1 minggu menunjukkan bahwa kualitas tidur mereka jauh lebuh baik, dibandingkan dengan peserta yang tidak minum teh.

6. Teh valerian root

Teh valerian roots baik untuk diminum sebelum tidur
Teh valerian root dinilai dapat redakan sakit kepala

Tak hanya bisa membantu membuat Anda lebih mudah tertidur, teh yang terbuat dari valerian root juga secara tradisional kerap digunakan untuk meredakan kecemasan dan sakit kepala.

Teh valerian root dianggap baik untuk diminum sebelum tidur karena dapat mempersingkat waktu yang dibutuhkan seseorang untuk tidur dan mengurangi frekuensi terbangun tengah malam.

Baca juga: Bahaya Minum Teh Berlebihan, Susah Tidur hingga Ketergantungan

Pesan dari SehatQ

Minum teh sebelum tidur dapat membantu membuat tubuh dan pikiran lebih rileks, sehingga Anda bisa mendapatkan tidur yang lebih berkualitas. Selain dengan minum teh di malam hari, Anda juga bisa memperbaiki siklus tidur dengan mengubah kebiasaan menjadi lebih baik.

Salah satu kebiasaan yang perlu dilakukan untuk mendapatkan tidur yang lebih berkualitas adalah dengan berhenti menggunakan ponsel ataupun gawai lainnya setidaknya satu jam sebelum tidur.

Untuk berdikusi lebih lanjut soal manfaat minum teh sebelum tidur ataupun mencari tahu cara lain yang bisa meningkatkan kualitas tidur, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.

Advertisement

waktu tidurgangguan tidurteh

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2023. All Rights Reserved