Manfaat Minum Teh Hijau Sebelum Tidur dan Efek Sampingnya


Mengonsumsi teh hijau di malam hari ternyata dapat membantu menenangkan pikiran dan meningkatkan kualitas tidur. Namun jangan sampai berlebihan, karena teh hijau tetap mengandung kafein.

(0)
18 Jan 2021|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Manfaat mengonsumsi teh hijau sebelum tidur antara lain menenangkan pikiranMinum teh hijau sebelum tidur dapat membantu menenangkan pikiran
Teh hijau digadang-gadang sebagai salah satu minuman dengan berbagai manfaat kesehatan. Teh ini menjadi pilihan banyak orang karena memang mampu memberikan efek menenangkan. Beberapa orang mungkin ingin mencoba menyesap secangkir teh hijau sebelum tidur. Adakah manfaat minum teh hijau sebelum tidur?

Manfaat minum teh hijau sebelum tidur

Apa saja potensi manfaat minum teh hijau sebelum tidur?

1. Berpotensi untuk menenangkan pikiran

Teh hijau mengandung beberapa jenis asam amino. Salah satu asam amino yang kadarnya tinggi dalam teh hijau yaitu theanine. Senyawa ini memiliki kemampuan dalam meningkatkan fungsi otak, menenangkan diri dan pikiran, serta mengurangi stres.Efek theanine untuk relaksasi tersebut menjadi salah satu kunci manfaat minum teh hijau sebelum tidur.

2. Meningkatkan kualitas tidur

Kandungan l-theanine untuk menenangkan pikiran berpotensi pula untuk memperbaiki kualitas tidur. L-theanine memang bekerja dengan mengurangi hormon stres di otak, sehingga membantu seseorang untuk bisa lebih rileks.Dalam penelitian yang dimuat dalam jurnal Nutrients, disebutkan bahwa konsumsi teh hijau rendah kafein (LCGT) berpotensi untuk meningkatkan kualitas tidur. Tak hanya itu, teh hijau rendah kafein juga membantu mengurangi kelelahan dan level penanda stres.Walau menarik, belum ada riset yang khusus mengkaji efek teh hijau di malam hari. Penelitian di atas juga menggarisbawahi efek dari teh hijau rendah kafein yang lebih baik dibandingkan teh hijau biasa.

3. Kaya antioksidan

Teh hijau mengandung beragam zat antioksidan dalam grup katekin. Beberapa zat katekin tersebut yaitu epigalokatekin galat (EGCG) dan epigalokatekin (EGC), merupakan dua senyawa yang bermanfaat bagi tubuh.Kombinasi katekin di atas dengan zat-zat lain dalam teh hijau, termasuk l-theanine, dikaitkan dengan beragam manfaat untuk kesehatan. Manfaat tersebut termasuk menurunkan risiko penyakit serta meningkatkan kinerja otak.

Efek samping minum teh hijau sebelum tidur

Tetap waspadai kandungan kafein dalam teh hijau
Walau manfaat minum teh hijau di atas menggugah, penting untuk diingat bahwa beberapa individu berisiko mendapatkan hasil yang berlawanan. Sebab, minum teh hijau sebelum tidur ternyata juga berisiko memberikan efek negatif:

1. Teh hijau mengandung kafein

Walau kadarnya tak setinggi kopi, seduhan teh hijau juga mengandung kafein. Dalam satu cangkir atau 240 ml seduhan teh hijau, kandungan kafein di dalamnya mencapai 30 miligram, atau sekitar sepertiga dari kadar kafein dalam kopi.Efek kafein untuk membuat diri terjaga tersebut bisa berbeda-beda bagi tiap individu. Rekan Anda mungkin tak mengantuk walau menyesap minuman berkafein di dalam hari. Namun, sebagian orang bisa sangat sensitif terhadap efek kafein dan berisiko mengalami gangguan tidur.Bila Anda sensitif terhadap kafein namun tetap ingin minum teh hijau sebelum tidur, Anda bisa mencari produk teh hijau yang rendah kafein. Menyeduh teh hijau menggunakan air suhu biasa juga dapat mengurangi asupan kafein dari minuman ini.

2. Meningkatkan frekuensi buang air kecil di malam hari

Mengonsumsi minuman apapun sebelum tidur, termasuk teh hijau, berisiko meningkatkan frekuensi buang air kecil dan mengganggu tidur Anda. Bolak-balik ke kamar mandi tentunya dapat menurunkan kualitas istirahat karena memaksa Anda lebih sering terjaga.Mengalami peningkatan frekuensi buang air kecil umum terjadi jika Anda mengonsumsi minuman 2jam sebelum tidur. Minuman berkafein seperti teh hijau juga memiliki efek diuretik yang merangsang pengeluaran cairan.

Kapan waktu yang tepat untuk minum teh hijau?

Walau mungkin manfaat mengonsumsi teh hijau sebelum tidur cukup menggoda, minuman ini tetap mengandung kafein yang menganggu kualitas istirahat. Anda lebih disarankan untuk meminum teh hijau di pagi, siang, atau sore hari.Jika memang ingin mencoba meminum teh hijau sebelum tidur, waktu paling lambat yang disarankan yakni 2-3 jam sebelum tidur agar tak mengganggu kualitas istirahat Anda.

Catatan dari SehatQ

Manfaat minum teh hijau sebelum tidur boleh jadi menenangkan pikiran karena kandungan l-theaninenya. Namun, kafein dalam teh hijau bisa menjadi bumerang dan mengganggu jam tidur individu yang sensitif.Apabila masih memiliki pertanyaan terkait manfaat minum teh hijau sebelum tidur, Anda bisa menanyakannya ke dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Aplikasi SehatQ tersedia gratis di App Store dan Play Store yang berikan informasi masalah tidur tepercaya.
minuman tidak sehatdiet sehatkopiteh
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/green-tea-before-bed
Diakses pada 4 Januari 2020
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5537891
Diakses pada 4 Januari 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait