6 Manfaat Minum Susu saat Sahur yang Baik untuk Kesehatan

(0)
10 May 2021|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Minum susu saat sahur dapat membantu Anda terhindar dari depresi selama menjalani ibadah puasa.Minum susu saat sahur dipercaya mampu membantu Anda menurunkan berat badan, terutama jenis whole milk.
Selain mengonsumsi makanan sehat dan minum air putih, tidak ada salahnya jika Anda ingin minum susu untuk melengkapi santapan sahur. Faktanya, terdapat beragam manfaat minum susu saat sahur yang dapat menguntungkan kesehatan kita selama bulan Ramadan.

6 manfaat minum susu saat sahur yang baik untuk kesehatan

Sahur menjadi waktu yang tepat bagi kita untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan untuk menjalani puasa seharian penuh. Inilah alasan mengapa kita tidak boleh sembarangan dalam memilih makanan dan minuman yang dikonsumsi saat sahur.Susu menjadi salah satu pilihan minuman yang tepat untuk sahur. Sebab, satu cangkir susu sapi saja sudah mengandung protein, kalsium, vitamin D, vitamin B2, kalium, hingga fosfor yang dibutuhkan tubuh Anda.Berikut adalah berbagai manfaat minum susu saat sahur yang perlu Anda ketahui.

1. Menurunkan berat badan

Sebagian dari Anda mungkin menjadikan bulan puasa sebagai ajang untuk beribadah sekaligus menurunkan berat badan.Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan sekaligus berpuasa, cobalah minum susu saat sahur terutama susu jenis wholemilk tanpa tambahan gula. Menurut sebuah riset, kandungan tinggi protein yang dimiliki susu dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama sehingga mencegah makan berlebihan di waktu buka puasa.Dilansir dari Healthline, kandungan kalsium yang dimiliki oleh susu juga mampu menurunkan risiko terjadinya obesitas atau berat badan berlebih.Pasalnya, kalsium dapat merangsang proses pemecahan lemak dan menghambat penyerapan lemak di dalam tubuh.

2. Mencegah depresi

Merasa depresi di bulan Ramadan dapat mengganggu ibadah puasa Anda. Maka dari itu, cobalah untuk minum susu saat sahur untuk membantu mencegah masalah ini.Menurut penelitian, kandungan vitamin D di dalam susu dapat merangsang produksi serotonin alias hormon yang mampu mengatur suasana hati, nafsu makan, dan tidur. Sementara itu, penelitian lain juga membuktikan bahwa kekurangan vitamin D dapat menyebabkan depresi klinis.Produk susu sapi atau susu nabati di pasaran umumnya sudah diperkaya dengan vitamin D. Namun, untuk berjaga-jaga, cobalah perhatikan dulu kandungan nutrisinya.

3. Meredakan stres

Manfaat minum susu saat sahur lainnya adalah membantu meredakan stres selama menjalani ibadah puasa.Dilansir dari Lifehack, susu mengandung vitamin dan mineral yang dapat meredakan stres. Kandungan berbagai nutrisi ini mampu meredakan ketegangan otot dan menenangkan saraf-saraf di dalam tubuh.

4. Sumber energi

Salah satu manfaat minum susu saat sahur yang bisa Anda nikmati adalah memberikan energi pada tubuh. Tubuh yang berenergi dapat terhindar dari rasa lemas saat sedang tidak makan dan minum di bulan puasa.

5. Meredakan nyeri ulu hati

Nyeri ulu hati tentunya bisa mengganggu ibadah puasa kita. Hal ini biasanya terjadi jika Anda terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung asam saat buka puasa atau sahur.Minum susu saat sahur dapat membantu Anda terhindar dari masalah ini. Sebab, susu dipercaya bisa memberikan sensasi sejuk dan mampu melapisi kerongkongan dan lambung sehingga nyeri ulu hati dapat dicegah.

6. Mencegah datangnya penyakit

Dilansir dari Lifehack, sejumlah ahli menemukan bahwa susu dapat mencegah berbagai macam penyakit, mulai dari tekanan darah tinggi hingga mencegah stroke.Tidak hanya itu, minuman ini juga dianggap ampuh menurunkan produksi kolesterol di dalam organ hati dan mengasah kemampuan mata untuk melihat. Bahkan, sejumlah ahli juga percaya bahwa susu bisa mencegah kanker.Kemampuan susu dalam mencegah penyakit ini tentu sangat berguna bagi orang yang sedang berpuasa. Dengan terhindar dari penyakit, puasa dapat berjalan lebih lancar.

Catatan dari SehatQ

Itulah berbagai manfaat minum susu saat tidur yang baik untuk kesehatan. Meski begitu, jangan melupakan berbagai makanan dan minuman sehat lainnya, seperti buah, sayur, hingga air putih. Dengan begitu, kebutuhan nutrisi harian Anda bisa terpenuhi selama berpuasa.Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga.
tips puasadiet puasasusuhidup sehat
Food NDTV. https://food.ndtv.com/food-drinks/foods-to-eat-at-suhoor-to-remain-hydrated-and-energised-2044261
Diakses pada 25 April 2021
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/milk-benefits#TOC_TITLE_HDR_3
Diakses pada 25 April 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/273451#depression
Diakses pada 25 April 2021
Lifehack. https://www.lifehack.org/articles/lifestyle/10-benefits-milk-that-you-never-knew-even-when-you-drink-every-day.html
Diakses pada 25 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait