Manfaat Minum Minyak Zaitun, Mitos atau Fakta?

(0)
04 Jun 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Manfaat minum minyak zaitun, apakah mitos atau fakta?Manfaat minum minyak zaitun ternyata masih banyak yang belum dibuktikan secara medis.
Minyak zaitun dipercaya sebagai bahan penggoreng makanan yang lebih menyehatkan dibandingkan minyak goreng lainnya. Namun, beberapa orang malah mengklaim bahwa minum minyak zaitun lebih bermanfaat dibandingkan menggunakannya untuk goreng makanan. Apakah manfaat minum minyak zaitun fakta? Atau mitos belaka?

Mengulik kebenaran manfaat minum minyak zaitun

Beberapa orang di kawasan Mediterania ternyata memang meminum sekitar 60 mililiter (ml) minyak zaitun setiap pagi.Mereka percaya bahwa meminum minyak zaitun bisa membersihkan tubuh dari racun, menyehatkan lambung, dan bahkan membantu menurunkan berat badan.Selain itu, mereka percaya bahwa minyak zaitun lebih bermanfaat jika diminum, bukan digunakan untuk menggoreng makanan. Walau begitu, belum ada penelirian yang mampu membuktikan manfaat minum minyak zaitun ini.Itulah sebabnya, Anda disarankan untuk tidak minum minyak zaitun, sebelum berkonsultasi pada ahli nutrisi ataupun dokter.

Manfaat minum minyak zaitun yang berpotensi benar

Walau belum banyak penelitian yang membuktikan kebenarannya, ada beberapa potensi manfaat minum minyak zaitun yang bisa Anda rasakan. Apa saja?

1. Memenuhi kebutuhan lemak baik

Banyak orang yang belum memenuhi kebutuhan tubuh terhadap lemak baik, seperti asam lemak tak jenuh ganda dan asam lemak tak jenuh tunggal, dari makanan yang dikonsumsi. Kedua jenis lemak baik ini dikandung oleh minyak zaitun.Meminum minyak zaitun dipercaya dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan asam lemak tak jenuh tunggal. Jenis lemak baik ini sangat baik untuk kesehatan jantung.

2. Meredakan sembelit

Meminum minyak zaitun dipercaya bisa meredakan sembelit. Dalam sebuah penelitian selama 4 minggu, pada 50 pasien yang melakukan cuci darah (hemodialisis) meminum 1 sendok teh (4 ml) minyak zaitun. Hasilnya, sembelit mereka mereda dan menghasilkan feses yang lebih lunak.Walaupun hasil riset ini cukup menjanjikan, tetap diperlukan penelitian tambahan untuk membuktikan adanya hubungan meminum minyak zaitun dengan berkurangnya gejala sembelit.

3. Menyehatkan jantung

Minyak zaitun
Manfaat minum minyak zaitun untuk kesehatan jantung
Sebuah penelitian yang melibatkan 7.447 responden menunjukkan, meminum 4 sendok teh minyak zaitun setiap hari, berhasil mengurangi risiko penyakit jantung sebanyak 30%.Manfaat minum minyak zaitun ini mungkin berasal dari kandungan asam oleatnya.Meski demikian, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk membuktikan bahwa minum minyak zaitun bisa membantu Anda menjaga kesehatan jantung.

4. Menstabilkan kadar gula darah

Sebuah penelitian yang melibatkan 25 responden menunjukkan, penurunan kadar gula darah sebanyak 22%, setelah mengonsumsi makanan yang mengandung minyak zaitun.

5. Mendukung kesehatan tulang

Riset yang diikuti 523 wanita menunjukkan, mengonsumsi 18 gram atau 20 ml minyak zaitun per harinya, dapat meningkatkan kepadatan tulang.

6. Mengurangi peradangan

Minyak zaitun
Manfaat minum minyak zaitun
Beberapa komponen penting dalam minyak zaitun, seperti oleocanthal, memiliki sifat antiperadangan. Itulah sebabnya, minyak zaitun dipercaya bisa memberikan efek pereda nyeri, sama seperti obat penghilang rasa sakit di apotek.Namun ingat, setelah mengetahui beberapa manfaat minum minyak zaitun di atas, jangan langsung mengonsumsinya tanpa izin dan pengawasan dokter. Sebab, bisa saja ada efek samping yang dapat merugikan kesehatan Anda.

Risiko meminum minyak zaitun yang harus diwaspadai

Jangan salah, ada banyak risiko meminum minyak zaitun secara langsung, lho. Beberapa risiko minum minyak zaitun itu meliputi:
  • Berpotensi menambah berat badan

Minyak zaitun mengandung kalori tinggi. Sekitar satu sendok teh (15) ml minyak zaitun, mengandung 120 kalori.Selain itu, asam lemak tak jenuh tunggal yang dikandung minyak zaitun juga bisa meningkatkan berat badan.
  • Lebih bermanfaat ketika digunakan untuk disajikan dengan makanan

Menggunakan minyak zaitun untuk disajikan dengan, dipercaya lebih bermanfaat dibandingkan meminumnya langsung.
  • Menimbulkan alergi

Walau jarang terjadi, tapi minyak zaitun juga bisa menimbulkan alergi. Selain itu, minyak zaitun juga bisa menyebabkan dermatitis kontak pada orang yang memiliki alergi minyak zaitun.
  • Manfaat minum minyak zaitun belum terbukti secara ilmiah

Sayangnya, belum ada penelitian ilmiah yang membuktikan manfaat minum minyak zaitun. Biasanya, klaim manfaat tersebut bersumber dari produsen maupun perusahaan yang memasarkannya, atau malah dari opini personal penggunanya.
  • Keracunan vitamin E

Minyak zaitun mengandung tinggi vitamin E. Bisa jadi, jika meminumnya dalam jumlah banyak, Anda bisa overdosis vitamin E. Salah satu gejala mengerikan dari keracunan vitamin E adalah penurunan kemampuan tubuh dalam pembekuan darah.Jadi ingat ya, meminum minyak zaitun secara langsung bisa memicu kondisi kelebihan berat badan. Selain itu, menggoreng makanan dengan minyak zaitun ternyata jauh lebih bermanfaat daripada meminumnya secara langsung. Apalagi, tidak banyak penelitian yang bisa membuktikan manfaat minum minyak zaitun.

Catatan dari SehatQ:

Manfaat minum minyak zaitun tak didukung oleh penelitian ilmiah. Itulah sebabnya, Anda disarankan untuk tidak mengonsumsi minyak zaitun secara langsung.Jikalau memang ingin minum minyak zaitun, berkonsultasilah dengan dokter atau ahli nutrisi untuk meminta rekomendasi. Jangan sekali-kali minum minyak zaitun tanpa pengawasan dan saran dari mereka.
makanan sehathidup sehatbuah dan sayuranpola hidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/drinking-olive-oil#why-people-drink-it
Diakses pada 7 Maret 2020
Livestrong. https://www.livestrong.com/article/243725-what-are-the-benefits-of-drinking-olive-oil/
Diakses pada 7 Maret 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait