Manfaat Minum Kopi Sebelum Olahraga yang Tidak Diduga-duga

(0)
26 May 2021|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Manfaat minum kopi sebelum olahraga dipercaya bisa mencegah nyeri otot.Manfaat minum kopi sebelum olahraga bermacam-macam, salah satunya mencegah nyeri otot.
Sebagian orang percaya bahwa minum kopi sebelum olahraga dapat memberikan manfaat pada performa fisik kita. Namun, apakah klaim ini sudah terbukti secara ilmiah? Untuk membantu menjawabnya, berikut adalah berbagai manfaat minum kopi sebelum olahraga beserta efek sampingnya yang perlu diwaspadai.

5 manfaat minum kopi sebelum olahraga

Terkadang, kita membutuhkan tenaga ekstra untuk memulai sesi olahraga. Salah satu cara meningkatkan tenaga sebelum olahraga yang cukup populer adalah minum kopi.Berikut adalah berbagai alasan mengapa minum kopi sebelum olahraga dapat memberikan manfaat bagi tubuh kita.

1. Meningkatkan pembakaran lemak

Salah satu tujuan kita berolahraga adalah membakar lemak berlebih yang ada di dalam tubuh. Tahukah Anda bahwa minum kopi sebelum olahraga diyakini mampu meningkatkan dan mengoptimalkan pembakaran lemak saat berolahraga?Di dalam sebuah studi yang dirilis dalam The Journal of the International Society of Sports Nutrition, mengonsumsi kafein atau minum kopi 1 jam sebelum olahraga mampu meningkatkan pembakaran lemak di dalam tubuh. Jenis olahraga yang dimaksud di sini adalah olahraga aerobik.Para peneliti juga memberikan catatan bahwa efek ini dapat lebih maksimal jika olahraga dilakukan pada sore hari dibandingkan pagi hari.

2. Membakar kalori lebih banyak

Dilansir dari The International Journal of Sports Nutrition and Exercise Metabolism, atlet yang mengonsumsi secangkir kopi sebelum olahraga mampu membakar 15 persen lebih banyak kalori selama tiga jam setelah olahraga, dibandingkan dengan mereka yang hanya mengonsumsi plasebo.

3. Mencegah rasa kantuk saat olahraga di pagi hari

Sebagian orang merasa sulit untuk bangun di pagi hari dan berolahraga. Terkadang jika dipaksakan, rasa kantuk itu tetap bertahan meski sudah berolahraga.Manfaat kopi untuk olahraga dipercaya dapat meningkatkan kewaspadaan dan membantu Anda untuk tetap fokus saat melakukan berbagai macam olahraga.

4. Mampu meningkatkan performa fisik

Sebuah riset membuktikan bahwa kopi dipercaya sebagai asam ergogenik atau peningkat performa fisik dalam latihan kardio dan latihan kekuatan. Hal ini dapat memberikan sejumlah manfaat, di antaranya:
  • Meningkatkan kekuatan otot, ketahanan, dan tenaga
  • Meningkatkan ketahanan aerobik
  • Meningkatkan performa saat berlari, melompat, dan melempar objek
  • Menjadikan lemak sebagai sumber bahan bakar saat berolahraga.

5. Meredakan nyeri otot

Nyeri otot adalah salah satu gejala yang dapat dirasakan saat berolahraga. Sejumlah ahli dari University of Illinois menyatakan, manfaat minum kopi sebelum olahraga dapat meredakan nyeri otot setelah melakukan olahraga intens.

Kapan waktu paling tepat untuk minum kopi sebelum olahraga?

Meski bermanfaat, minum kopi sebelum olahraga tidak boleh sembarangan. Sebuah penelitian menyatakan, waktu terbaik untuk minum kopi sebelum olahraga adalah sekitar 45-60 menit sebelumnya. Durasi ini dapat membuat kafein terserap dengan baik ke dalam aliran darah dan mencapai efektivitas terbaiknya.The International Society of Sports Nutrition (ISSN) menyatakan bahwa kafein adalah peningkat performa yang efektif saat dikonsumsi sekitar 2-6 miligram per kilogram berat tubuh.Akan tetapi, jangan mengonsumsi kafein terlalu berlebihan. Hal ini hanya akan mengundang efek samping yang merugikan kesehatan Anda.

Risiko minum kopi sebelum olahraga yang perlu diwaspadai

Meskipun kopi dianggap sebagai salah satu minuman yang menyehatkan, ada beberapa risiko yang bisa muncul saat Anda minum kopi sebelum olahraga.Selama berolahraga, tubuh Anda akan mengalihkan darah ke kelompok otot aktif dan menjauh dari sistem pencernaan. Hal ini dapat menyebabkan pencernaan melambat. Bagi beberapa orang, hal tersebut bisa mengundang sakit perut dan masalah pencernaan lainnya. Inilah sebabnya sebagian orang lebih suka berolahraga dengan perut kosong.Untuk mencegah efek samping ini, Anda disarankan untuk minum kopi sekitar 45-60 menit sebelum berolahraga agar tubuh dapat menyerapnya dengan baik.Selain itu, sebagian orang memiliki sensitivitas terhadap kafein. Kondisi ini bisa mengakibatkan Anda merasa gugup, cemas, sakit perut, detak jantung meningkat. Maka dari itu, batasilah asupan kopi Anda sekitar 1-2 cangkir (240-475 mililiter) saja per hari.Anda juga tidak boleh mengonsumsi kopi secara berlebihan karena bisa menyebabkan sulit tidur atau insomnia. Masalah ini dikenal bisa menghambat performa olahraga. Cobalah untuk berhenti minum kopi sekitar 6-8 jam sebelum tidur.Terakhir, jika Anda merasakan banyak efek samping dari minum kopi sebelum olahraga, lebih baik Anda segera menghindarinya.Masih banyak cara lain untuk meningkatkan performa olahraga yang bisa dilakukan, seperti mengonsumsi makanan bernutrisi tinggi, mendapatkan jam tidur yang cukup, hingga mengontrol stres.

Catatan dari SehatQ

Manfaat minum kopi sebelum olahraga memang beragam. Namun, jika Anda malah merasakan efek samping yang merugikan, sebaiknya hindari kopi sebelum beraktivitas fisik.Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga.
olahragatips olahragakopi
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/coffee-before-workout
Diakses pada 4 Mei 2021
Web MD. https://www.webmd.com/fitness-exercise/news/20210323/caffeine-before-exercise-fat-burn-study
Diakses pada 4 Mei 2021
Times of India. https://timesofindia.indiatimes.com/life-style/health-fitness/fitness/4-reasons-to-drink-coffee-before-a-workout/photostory/73612401.cms?picid=73612507
Diakses pada 4 Mei 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait