5 Khasiat Minum Air Hangat saat Hamil yang Tidak Diduga-duga


Minum air hangat saat hamil bisa melancarkan pencernaan, mencegah mual di pagi hari, hingga mengatasi sembelit.

0,0
27 Oct 2021|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
minum air hangat saat hamilMinum air hangat saat hamil dipercaya dapat berdampak baik bagi kesehatan ibu hamil.
Ibu hamil dianjurkan untuk lebih banyak minum air putih guna melancarkan proses produksi darah, pembentukan air ketuban dan jaringan tubuh baru, hingga membuang racun. Air putih bisa diminum dalam keadaan hangat atau panas, tetapi mungkin ada kekhawatiran pada sebagian ibu hamil bahwa suhu air yang tinggi dianggap berdampak buruk pada kehamilan.
Lantas, bolehkah ibu hamil minum air hangat?

Keamanan minum air hangat saat hamil

Dikutip dari Parenting First Cry, minum air hangat saat hamil dianggap aman dan menawarkan banyak manfaat.Meski begitu, ibu hamil juga perlu memperhatikan suhu air hangat yang hendak diminum. Jangan sampai airnya terlalu panas karena dikhawatirkan bisa melukai lapisan mulut.

Manfaat minum air hangat saat hamil

Mulai dari melancarkan pencernaan hingga mengatasi sembelit, berikut adalah berbagai manfaat ibu hamil minum air hangat.

1. Melancarkan pencernaan

Air hangat untuk ibu hamil dapat membantu melancarkan pencernaan dengan cara menghilangkan racun di dalam tubuh.Air hangat dinilai bisa membersihkan saluran pencernaan dan membantu tubuh untuk menyerap nutrisi lebih optimal. Sehingga, berbagai nutrisi tersebut dapat dikirimkan ke tubuh janin secara baik. 

2. Mengurangi mual di pagi hari

Mual di pagi hari alias morning sickness adalah salah satu keluhan yang kerap dirasakan oleh para ibu hamil.Kondisi ini dapat disebabkan oleh dehidrasi karena tubuh kekurangan cairan. Dengan meminum air hangat, dehidrasi dapat dicegah dan gejala morning sickness pun bisa dikurangi.

3. Mengatasi sembelit

Ketika hamil, tidak hanya tubuh ibu saja yang berubah, tapi pola makannya juga bisa terdampak. Perubahan pola makan inilah yang kemudian dapat menyebabkan sembelit pada ibu hamil.Air hangat dapat menjadi solusi sembelit karena dianggap mampu melancarkan buang air besar (BAB). Selain itu, air juga mampu membuat feses menjadi lunak dan lebih mudah dikeluarkan.

4. Menghidrasi tubuh

Baik hangat atau tidak, meminum air dapat membantu ibu hamil agar tetap terhidrasi dan terhindar dari dehidrasi. Ketika kebutuhan cairan tubuh terpenuhi, berbagai fungsi tubuh dapat bekerja dengan baik.Ditambah lagi, di tengah perubahan kadar hormon yang terus terjadi, sistem tubuh ibu hamil memerlukan cairan lebih agar fungsinya tetap terjaga.

5. Meredakan hidung tersumbat

Hidung tersumbat saat hamil dapat mengganggu aktivitas sehari-hari ibu hamil. Kondisi ini dianggap bisa diatas dengan meminum air hangat secara rutin.Pasalnya, air hangat dapat menghasilkan uap. Saat dihirup, uap tersebut bisa melonggarkan sinus yang tersumbat dan bahkan meredakan sakit kepala sinus.Minum air hangat juga mampu menghangatkan area selaput lendir di seluruh sinus dan tenggorokan. Bahkan, sakit tenggorokan yang sering menyertai hidung tersumbat dinilai bisa teratasi dengan air hangat.Sebuah riset yang dimuat dalam jurnal Rhinology mengungkapkan, air hangat dapat menjadi solusi yang cepat dan tahan lama untuk mengatasi pilek, batuk, sakit tenggorokan, dan kelelahan.

Peringatan sebelum minum air hangat saat hamil

Sejauh ini, belum ada dampak buruk yang ditemukan dari minum air hangat saat hamil. Namun, Anda perlu memperhatikan suhunya karena  air yang terlalu panas dapat melukai lapisan mulut dan tenggorokan.Terdapat beberapa peringatan yang perlu dipahami sebelum ibu hamil minum air hangat, di antaranya:
  • Jika Anda mengonsumsi air hangat yang baru dimasak, pastikan air telah dimasak dalam waktu yang cukup agar tidak ada kuman dan bakteri.
  • Jangan meminum air hangat dari tempat atau botol yang kotor. Pastikan Anda selalu membawa botol sendiri untuk diisi air hangat.
  • Lebih baik menggunakan air filter yang bersih dan direbus daripada air keran yang dimasak terlebih dahulu.
  • Minum air secara rutin, tetapi jangan berlebihan dan terlalu cepat karena bisa memberikan tekanan pada ginjal.
  • Pilihlah cairan yang sehat, seperti air putih. Jangan memilih cairan yang tidak sehat, misalnya soda atau jus yang sudah diproses dengan gula berlebihan.
Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kehamilan, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga.
menjaga kehamilankehamilanair putih
Inter Mountain Healthcare. https://intermountainhealthcare.org/blogs/topics/live-well/2017/07/how-hydration-during-pregnancy-can-benefit-you-and-your-baby/#:~:text=When%20you're%20pregnant%2C%20you,flush%20out%20wastes%20and%20toxins.
Diakses pada 12 Oktober 2021
Parenting First Cry. https://parenting.firstcry.com/articles/drinking-hot-water-during-pregnancy/
Diakses pada 12 Oktober 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/benefits-of-drinking-hot-water#constipation
Diakses pada 12 Oktober 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait