Jangan Malas, Ini Dia 6 Manfaat Merapikan Tempat Tidur Setiap Pagi


Membersihkan tempat tidur setiap pagi memiliki sejumlah manfaat, seperti meningkatkan kualitas tidur, mengatasi stres, hingga sarana olahraga. Namun, perhatikan juga bagaimana cara merapikan tempat tidur yang benar.

(0)
09 Feb 2021|Rhandy Verizarie
manfaat merapikan tempat tidurMerapikan tempat tidur di pagi hari ternyata ada manfaatnya, lho!
Merapikan tempat tidur di pagi hari ternyata punya banyak manfaat. Namun, tidak semua orang menyadarinya sehingga kamar tidur kerap dibiarkan dalam keadaan berantakan. Informasi berikut ini mungkin bisa membuka mata Anda betapa pentingnya punya tempat tidur yang rapi.

Manfaat merapikan tempat tidur di pagi hari

Tempat tidur yang rapi dan bersih disebut-sebut berpengaruh terhadap kualitas tidur dan kesehatan tubuh kita. Pertanyaannya, apakah Anda termasuk orang yang rajin merapikan dan membersihkan kasur di pagi hari, atau justru sebaliknya? Jika sebaliknya, maka Anda harus tahu manfaat merapikan tempat tidur agar ke depannya tidak lagi melewatkan kegiatan ini. Apa saja manfaat tersebut?

1. Meningkatkan kualitas tidur

merapikan tempat tidur
Merapikan tempat tidur tiap pagi bisa tingkatkan kualitas tidur
Menjaga tempat tidur tetap rapi dan bersih dapat meningkatkan kualitas tidur di malam hari. Survei yang dilakukan oleh National Sleep Foundation (NSF) membuktikan hal ini.Survei tersebut menemukan bahwa:
  • Lebih dari 90 persen orang mengatakan mereka merasa nyaman dan puas saat tidur malam di atas kasur yang bersih.
  • Sebanyak 7 dari 10 orang yang tidak pernah terlewat merapikan tempat tidurnya pada pagi hari bisa tidur lebih lelap dan nyenyak..
  • Mengganti sprei tempat tidur setiap minggu membuat tidur jadi lebih nyenyak.
Kendati demikian, belum jelas apa korelasi antara tempat tidur rapi dengan peningkatan kualitas tidur.

2. Meningkatkan produktivitas

Manfaat merapikan tempat tidur di pagi hari selanjutnya adalah meningkatkan produktivitas saat berkegiatan.Menyempatkan beberapa menit untuk menata dan membersihkan kasur sedikit banyak akan memunculkan perasaan senang pada diri Anda karena tugas pertama di hari itu dapat terselesaikan. Rasa senang tersebut diharapkan membuat Anda semakin bersemangat untuk menyelesaikan tugas-tugas berikutnya yang sudah menunggu. Alhasil, produktivitas pun meningkat.

3. Bisa lebih bersyukur

Merapikan dan membersihkan kasur memberikan dampak positif terhadap psikologis Anda, yakni menjadikan Anda pribadi yang lebih bisa bersyukur dan menghargai diri sendiri.Meluangkan waktu untuk menata tempat tidur mungkin bisa jadi pertanda bahwa Anda mensyukuri apa yang telah dimiliki dan dicapai sejauh ini, termasuk dapat bangun di pagi hari dalam keadaan sehat. 

4. Menghilangkan stres

merapikan tempat tidur
Tempat tidur yang rapi dan bersih bisa menghilangkan stres
Tempat tidur yang tertata rapi dan bersih juga tanpa Anda sadari dapat menghilangkan stres. Tidak bisa dipungkiri, melihat lingkungan sekitar yang bersih dan tidak berantakan akan menimbulkan perasaan bahagia. Jika Anda bahagia, stres akan otomatis hilang.Hal ini juga berkaitan dengan manfaat sebelumnya yaitu meningkatkan kualitas tidur. Tidur yang nyenyak dan berkualitas dapat meredakan stres.

5. Mencegah penyakit

Mencegah penyakit adalah manfaat lainnya yang bisa Anda dapat jika rajin merapikan dan membersihkan kasur setiap hari.Tempat tidur beserta sprei yang berantakan dan kotor sangat disenangi oleh makhluk-makhluk kecil, sebut saja tungau, kutu, bahkan bakteri dan jamur. Makhluk-makhluk tersebut merupakan sumber penyakit, seperti:
  • Jerawat di wajah dan punggung. Bakteri yang menempel pada kasur dapat masuk ke dalam luka yang tidak terlihat pada kulit dan menginfeksinya sehingga muncul jerawat.
  • Alergi. Debu pada tempat tidur yang tidak dibersihkan lama-kelamaan akan menumpuk. Jika memiliki alergi debu, Anda kemungkinan akan mengalami gejala alergi pada kulit, berupa kulit gatal, kemerahan, hingga bengkak. Selain debu, bulu hewan yang tertinggal di kasur juga bisa memicu reaksi alergi.
  • Eksim. Eksim adalah kondisi ketika pada kulit muncul ruam kemerahan. Eksim merupakan perkembangan dari reaksi alergi.
  • Asma. Debu hingga tungau di tempat tidur juga bisa memicu gejala asma seperti batuk-batuk dan sesak napas. Pada orang yang mengidap asma kronis, kasur yang berantakan dan kotor dapat memperburuk kondisi mereka.
Oleh sebab itu, rapikan dan bersihkan tempat tidur Anda setiap hari guna mencegah masalah-masalah kesehatan tersebut.

6. Sarana olahraga

Membersihkan dan merapikan kasur membuat tubuh Anda bergerak sejak pagi. Secara tidak langsung, kegiatan ini juga bisa menjadi sarana meningkatkan kebugaran tubuh walaupun hanya olahraga kecil.Kendati demikian, olahraga kecil apabila dilakukan setiap tetap saja akan berdampak positif bagi kesehatan tubuh Anda, bukan? 

Cara merapikan tempat tidur yang benar

Berikut ini adalah cara merapikan dan membersihkan tempat tidur yang benar:
  • Rapikan tempat tidur setiap hari sesaat setelah bangun tidur
  • Gunakan sapu lidi atau vacuum cleaner untuk membersihkan sprei
  • Ganti sprei kasur, bantal, dan guling 1-2 minggu sekali
Sebagai tambahan, matras tempat Anda tidur tentu akan mengalami penurunan tingkat kenyamanan seiring berjalannya waktu. Sebaiknya segera ganti matras apabila sudah tidak nyaman agar tidur Anda tetap nyaman.Anda punya pertanyaan seputar gangguan tidur? Chat dengan dokter di aplikasi kesehatan SehatQ sekarang juga. Download di App Store dan Google Play.
tidurkesehatan mentalstres
Healthination. https://www.healthination.com/health/health-risks-dirty-sheets/ Diakses pada 21 Januari 2021Healthline. https://www.healthline.com/health/how-often-should-you-change-your-sheets Diakses pada 21 Januari 2021Healthline. https://www.healthline.com/health/healthy-sleep/how-to-wake-up#3.-Shine-some-light-on-the-matter Diakses pada 21 Januari 2021Sleep Advisor. https://www.sleepadvisor.org/how-to-make-a-bed/ Diakses pada 21 Januari 2021Sleep Foundation. https://www.sleepfoundation.org/bedroom-environment/touch/make-your-bed-better-sleep Diakses pada 21 Januari 2021Verywell Mind. https://www.verywellmind.com/cleaning-can-alleviate-stress-3145185 Diakses pada 21 Januari 2021WebMD. https://www.webmd.com/sleep-disorders/news/20110126/want-sleep-better-make-your-bed Diakses pada 21 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait