logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Bayi & Menyusui

Manfaat Menyusui Langsung alias Direct Breastfeeding bagi Ibu dan Buah Hati

open-summary

Menyusui langsung, alias direct breastfeeding (DBF), adalah salah satu cara utama meningkatkan ikatan emosional atau bonding antara ibu dan anak. Cara pemberian ASI ini juga bermanfaat bagi kesehatan fisik anak.


close-summary

2023-03-29 22:00:59

| Yanita Nur Indah Sari

Ditinjau oleh dr. Reni Utari

manfaat dbf direct breastfeeding bagi ibu dan bayi

Direct breastfeeding (DBF) meningkatkan bonding antara ibu dan bayi

Table of Content

  • Manfaat direct breastfeeding (DBF)
  • Catatan dari SehatQ

Direct breastfeeding adalah proses menyusui secara langsung, yakni ibu memberikan ASI langsung dari payudara kepada sang buah hati. 

Advertisement

Selain memenuhi kebutuhan nutrisi, direct breastfeeding (DBF) juga memiliki beragam manfaat bagi ibu dan bayi. Apa saja? Simak ulasannya berikut ini. 

Manfaat direct breastfeeding (DBF)

Memberikan ASI eksklusif diketahui memiliki berbagai manfaat untuk si buah hati. Apalagi, jika pemberian ASI dilakukan secara direct breastfeeding, alias menyusui langsung.

Direct breastfeeding (DBF) adalah metode menyusui langsung dari payudara ke si kecil. Nah, Menyusui secara langsung diketahui memberikan berbagai manfaat kesehatan. 

Berikut ini adalah beberapa manfaat direct breastfeeding (DBF) yang bisa Anda pertimbangkan:

1. Bonding 

Berbicara soal menyusui langsung, hampir semua orang tahu dan mengamini bahwa salah satu manfaat utama direct breastfeeding (DBF) adalah menciptakan bonding atau ikatan emosional antara ibu dan bayi. DBF memberikan kesempatan kepada ibu dan bayi untuk skin to skin. 

Ketika menyusui secara langsung, ibu bisa menghabiskan banyak waktu untuk menggendong, mendekap, dan berbicara dengan bayinya. Hal ini menimbulkan ikatan dan kedekatan emosional antara keduanya. 

Selain itu, bonding juga bisa menjadi sarana ibu dan bayi mempelajari isyarat dan kepribadian satu sama lain, serta meningkatkan relaksasi. 

Sebuah penelitian juga menyatakan bahwa skin to skin antara ibu dan bayi dapat mengurangi risiko hipotermia dan stres, serta membuat bayi tidur lebih nyaman. 

2. Nutrisi yang cukup

Tubuh ibu telah dirancang untuk memproduksi ASI sesuai dengan kebutuhan dan usia bayi. Jadi, ASI mungkin lebih kental saat buah hati baru lahir.

ASI kemudian akan jadi encer seiring bertambahnya usia karena ia akan mendapat tambahan makanan lain dari luar (MPASI).

Selain itu, menyusui secara langsung bisa membuat kandungan ASI lebih baik dan sesuai dengan kebutuhan bayi. 

Saat melakukan direct breastfeeding, air liur bayi dan payudara ibu akan bersentuhan. Interaksi ini mengirimkan pesan pada otak ibu tentang apa yang dibutuhkan bayi. Dengan begitu, bayi bisa mendapatkan nutrisi sesuai kebutuhan. 

Memberi ASI sesuai kebutuhan atau permintaan bayi juga bisa mendorong suplai ASI yang berkelanjutan. 

3. Mencegah infeksi 

Pemberian ASI memang terbukti dapat menurunkan risiko gangguan kesehatan bagi ibu dan bayi. Terlebih, ASI yang diberikan secara langsung dari payudara ibu. 

Sama halnya dengan mekanisme interaksi payudara ibu dan air liur bayi pada poin sebelumnya, proses ini akan memerintahkan otak untuk menghasilkan ASI dengan antibodi yang mampu melawan paparan virus dan bakteri pada bayi. 

BACA JUGA: Manfaat Menyusui bagi Ibu, Ternyata Tak Hanya untuk Si Kecil

4. Mencegah penyapihan dini  

Cara pemberian ASI kepada bayi turut memengaruhi durasi menyusui. Dalam hal ini, salah satu manfaat direct breastfeeding (DBF) adalah mencegah terjadinya penyapihan dini. 

Sebuah penelitian dalam jurnal Nutrients menyatakan bahwa ibu yang memeras ASI dan memberikannya lewat botol memiliki risiko lebih besar untuk mengakhiri masa menyusui lebih awal daripada ibu yang menyusui secara langsung. 

5. Lebih mudah dan praktis

Salah satu keunggulan direct breastfeeding (DBF) adalah lebih mudah dan praktis saat sesi menyusui. Anda tak perlu lagi repot membersihkan atau menyiapkan botol susu atau pompa setiap sesi menyusui atau setelahnya. 

Anda bisa memberikan ASI kapan pun dan di mana pun dengan menerapkan direct breastfeeding. Bahkan, ini bisa lebih mudah saat Anda harus bepergian dengan si kecil. 

6. Lebih ekonomis

Pemberian ASI secara direct breastfeeding terbilang gratis sehingga lebih ekonomis dalam hal biaya. Anda tidak perlu menyiapkan anggaran khusus untuk membeli botol, pompa, sterilizer, atau susu formula

BACA JUGA: 12 Perlengkapan Menyusui yang Penting untuk Proses Pemberian ASI Eksklusif

Catatan dari SehatQ

ASI merupakan makanan terbaik untuk bayi. Memberikan ASI dengan menyusui secara langsung atau memompanya dan memberikannya lewat botol merupakan pilihan bagi ibu sesuai dengan kondisi masing-masing. Keduanya sama-sama memberikan manfaat bagi ibu dan sang buah hati. 

Hal yang perlu diingat adalah menyusui melibatkan ibu dan bayi. Jika kondisi salah satu atau keduanya tidak memungkinkan untuk DBF, cobalah dengan cara lain. Pada kasus ibu bekerja misalnya, Anda bisa kombinasikan DBF dengan memompa ASI lalu memberikannya lewat botol. Ini bisa menjadi solusi demi terlaksananya ASI eksklusif. 

Jika masih ada pertanyaan seputar direct breastfeeding atau masalah laktasi lainnya, Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download aplikasinya di App Store dan Google Play sekarang!

Advertisement

bayi & menyusuimenyusuiasi eksklusifibu menyusui

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2023. All Rights Reserved