Ikan Kembung Tak Hanya Lezat, Tetapi Juga Bermanfaat

(0)
29 May 2020|Adhenda Madarina
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Ikan kembung bermanfaat bagi kesehatan tubuhIkan kembung diyakini membantu mencegah penyakit jantung
Klaim yang menyatakan ikan kembung kaya akan gizi yang bermanfaat bagi kesehatan tampaknya tidak perlu diragukan lagi. Selain relatif murah dan lezat ketika sudah diolah, mengonsumsi ikan kembung sangat baik untuk tumbuh kembang anak karena memiliki kandungan asam lemak omega-3 dan protein yang tinggi.

Manfaat ikan kembung bagi kesehatan

Berikut adalah beberapa alasan mengapa Anda harus mengonsumsi ikan kembung.

1. Mencegah penyakit jantung

Salah satu cara untuk mencegah penyakit jantung adalah dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan asam lemak omega-3. Ikan kembung tidak hanya kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal dan asam lemak tak jenuh ganda, tetapi juga rendah lemak jenuh.Oleh karena itu, dengan kandungan omega-3, mengonsumsi ikan kembung secara rutin dapat membantu menurunkan risiko komplikasi jantung, seperti stroke, aterosklerosis, serangan jantung, dan aritmia.

2. Menurunkan risiko diabetes

Ikan kembung mengandung asam lemak tak jenuh tunggal (MUFA) yang memainkan peran penting dalam pencegahan, serta mengendalikan kadar gula darah pada penderita diabetes.Mengonsumsi ikan ini secara teratur tidak hanya bisa mengatur kadar gula darah dalam tubuh, tetapi juga mengurangi lemak visceral di perut sehingga dapat menurunkan risiko diabetes.

3. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Ikan kembung diklaim dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mendukung fungsi organ yang telah dilemahkan oleh penyakit. Asam lemak omega-3 yang dihasilkannya ikan ini akan bertindak sebagai agen antiperadangan.Kandungan koenzim Q10 pada ikan kembung mampu melindungi sel dari kerusakan yang memicu risiko kanker dan meningkatkan kapasitas tubuh untuk melawan infeksi. Ikan kembung juga bagus dikonsumsi oleh individu yang baru saja sembuh setelah menjalani berbagai perawatan.

4. Mengontrol tekanan darah

Jika Anda menderita hipertensi, mengonsumsi ikan kembung secara rutin dapat membantu menjaga tekanan darah Anda tetap terkendali. Selain menurunkan risiko komplikasi kesehatan yang terkait dengan kondisi tertentu. tingginya kadar kalium dalam ikan kembung juga dapat menjaga tekanan darah tetap normal.

5. Mengurangi gejala rheumatoid arthritis

Ikan kembung terdiri dari senyawa antiperadangan yang membantu meredakan nyeri sendi dan kekakuan otot pada orang yang menderita rheumatoid arthritis.Mengonsumsi ikan kembung dalam diet saat sedang menjalani pengobatan, bahkan terbukti memperbaiki kondisi dengan meningkatkan kemanjuran obat-obatan tersebut.

6. Membantu mencegah kanker

Ikan kembung kaya akan koenzim Q10, antioksidan, dan lemak omega-3. Koenzim Q10 membantu menyingkirkan agen kanker yang melekat pada sel, sementara antioksidan dapat membantu menurunkan risiko kanker dengan menghilangkan radikal bebas di tubuh Anda.Lain halnya dengan lemak omega-3 dapat membantu mencegah kanker payudara, prostat, ginjal dan usus besar. Ikan kembung juga kaya akan vitamin B12 dan selenium yang bermanfaat dalam mengobati kanker.

7. Menurunkan berat badan

Kandungan omega-3 pada ikan kembung dipercaya bisa membantu menurunkan berat badan. Penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi minyak ikan kembung secara teratur yang dibarengi dengan olahraga rutin dapat mengurangi lemak perut secara signifikan.Ikan kembung juga dapat membantu mengatur metabolisme tubuh dan mengurangi gula darah pada orang yang kelebihan berat badan.

8. Menurunkan kolesterol

Minyak ikan yang ditemukan dalam ikan kembung dipercaya mampu menurunkan partikel kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik. Minyak ikan bekerja dengan mencegah kolesterol tidak terserap di usus, yang pada saat bersamaan juga dapat membantu menurunkan tekanan darah.

9. Meningkatkan fungsi kognitif

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa orang yang mengonsumsi asam lemak omega-3, berisiko lebih rendah terkena depresi. Dengan menambahkan ikan kembung ke dalam diet harian Anda, tidak hanya membantu dalam mengurangi perubahan suasana hati pada orang yang menderita depresi, tetapi juga meningkatkan aktivitas obat antidepresanIkan kembung sarat dengan DHA (asam Docosahexaenoic) yang bermanfaat dalam menurunkan kemungkinan Anda menderita penyakit Alzheimer dan Parkinson.

10. Meningkatkan harapan hidup penderita kanker usus

Ikan kembung adalah salah satu dari sedikit sumber alami vitamin D dalam yang diketahui mampu meningkatkan peluang kelangsungan hidup pasien kanker usus.Sebuah penelitian membuktikan bahwa pasien kanker dengan kadar vitamin D yang tinggi dalam darah lebih besar kemungkinannya untuk selamat dari penyakit ini, di samping meningkatkan kondisi kesehatan mereka.

Catatan dari sehatQ

Itulah beberapa alasan mengapa ikan kembung layak untuk Anda konsumsi. Walaupun ikan kembung kalah pamor dengan ikan-ikan lainnya, tapi kandungan gizi di dalamnya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.
makanan sehatmakanan mengandung omega 3
Healthbenefitstimes. https://www.healthbenefitstimes.com/mackerel-fish/
Diakses pada 18 Mei 2020
Sakyfoods. https://sakyfoods.com/en/seafoods/health-benefits-of-mackerel-fish.html
Diakses pada 18 Mei 2020
Thehealthsite. https://www.thehealthsite.com/diseases-conditions/top-6-health-benefits-of-mackerel-bangada-197148/
Diakses pada 18 Mei 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait