logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Penyakit

Manfaat Menggunakan Penyangga Punggung dan Tips Memilihnya

open-summary

Penyangga punggung bisa digunakan dalam kondisi tertentu, baik untuk meredakan nyeri hingga memperbaiki postur. Berikut adalah penjelasan seputar manfaat penyangga punggung dan kondisi yang membutuhkan penyangga punggung.


close-summary

4.8

(5)

12 Agt 2020

| Asni Harismi

Ditinjau oleh dr. Karlina Lestari

Ada banyak manfaat penyangga punggung

Penyangga punggung dapat mengatasi berbagai masalah punggung

Table of Content

  • Manfaat menggunakan penyangga punggung
  • Kondisi apa Anda disarankan menggunakan penyangga punggung?
  • Pesan dari SehatQ

Bagi Anda yang sering mengeluhkan sakit punggung, menggunakan penyangga punggung bisa jadi solusi pereda keluhan tersebut. Apa itu penyangga punggung? Kondisi seperti apa saja yang dianjurkan untuk memakainya?

Advertisement

Penyangga punggung adalah alat bantu yang didesain untuk memperbaiki postur tulang punggung dan di saat yang sama mencegah sekaligus mengatasi rasa sakit di area belakang tubuh manusia tersebut. Terdapat beberapa tipe penyangga punggung yang kini beredar di pasaran, namun fungsi mereka sama saja seperti yang disebutkan sebelumnya.

Baca Juga

  • Kelainan Tulang Belakang Bikin Tubuh Bungkuk? Coba Siasati dengan Ini
  • Kenali Manfaat Totok Punggung Sebagai Alternatif Pengobatan Medis
  • Manfaat Yoga Bridge Pose untuk Kesehatan Fisik dan Mental, Plus Cara Melakukannya

Manfaat menggunakan penyangga punggung

Secara umum, menggunakan penyangga punggung bisa mendatangkan berbagai manfaat, seperti:

1. Memperbaiki postur

Idealnya, tulang belakang seharusnya tegak lurus sehingga dada terlihat tegap dan tubuh bagian bawah kuat. Hanya saja, berbagai hal dapat mengakibatkan tulang belakang melengkung sehingga postur tubuh terlihat bungkuk dan tidak proporsional.

Untuk memperbaikinya, Anda dapat mengenakan penyangga punggung agar tulang belakang dapat kembali lurus seperti sedia kala. Dengan postur tubuh yang baik, tinggi Anda akan terasa seperti bertambah dan yang paling penting Anda tidak rentan mengalami cedera punggung.

2. Mencegah nyeri punggung

Nyeri punggung dapat mengakibatkan terganggunya aktivitas sehari-hari, termasuk olahraga rutin Anda. Untuk mencegahnya, Anda dapat mengenakan penyangga punggung, misalnya ketika Anda duduk sambil mengerjakan tugas atau saat harus mengangkat beban berat.

3. Mempercepat penyembuhan nyeri punggung

Penyangga punggung pada prinsipnya bekerja dengan menstabilkan posisi punggung sehingga mencegah pergerakan apapun untuk menggeser letak tulang belakang. Dengan kondisi tulang yang lebih ajeg, rasa nyeri yang Anda rasakan bisa berkurang sekaligus mempercepat proses penyembuhan masalah kesehatan punggung yang Anda alami.

Meski memiliki banyak manfaat, Anda hanya dianjurkan untuk memakai alat ini selama 2 jam setiap harinya, kecuali dokter Anda memiliki saran berbeda. Pemakaian penyangga punggung yang berlebihan dikhawatirkan melemahkan tubuh bagian bawah hingga atrofi otot.

Baca juga: Sakit Punggung Bagian Atas dan Berbagai Penyebabnya

Kondisi apa Anda disarankan menggunakan penyangga punggung?

Sebelum mengenakan penyangga punggung, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter ortopedi terlebih dahulu. Beberapa kondisi yang biasanya disarankan untuk mengenakan penyangga punggung ialah:

1. Pascaoperasi

Penggunaan penyangga punggung yang rigid (kaku) biasanya disarankan untuk orang yang baru menjalani operasi tulang belakang. Tujuannya adalah mengurangi mobilisasi dan mempercepat penyembuhan. Penggunaannya bisa dilakukan selama 3-8 minggu atau lebih/kurang tergantung kondisi orang tersebut.

2. Osteoarthritis

Penderita osteoarthritis biasanya disarankan untuk menggunakan penyangga punggung semi-rigid untuk meminimalisir rasa nyeri akibat kerusakan rulang rawan yang menjadi bantalan tulang. Penggunaan penyangga punggung semi-rigid ini tetap bisa membuat Anda beraktivitas relatif seperti biasa.

3. Herniated disc

Masalah pada bantalan tulang belakang ini dapat mengakibatkan munculnya rasa nyeri saat Anda beraktivitas. Dalam kasus tersebut, Anda dapat mengenakan penyangga punggung rigid atau semi-rigid.

4. Stenosis spinal

Dalam stenosis spinal, penyangga punggung digunakan di punggung bagian bawah untuk mengurangi tekanan dan nyeri. Beberapa pengguna penyangga punggung ini juga mengaku posturnya membaik setelah menggunakan penyangga punggung.

5. Kaku otot atau otot tertarik

Dalam beberapa kasus, dokter juga akan merekomendasikan penggunaan penyangga punggung yang lebih fleksibel pada penderita kaku otot atau otot tertarik di punggung bagian bawah. Penggunaan ini bertujuan mengurangi nyeri, namun hanya boleh digunakan dalam kurun 2-4 hari.

6. Spondylolisthesis isthmic

Ini adalah kondisi ketika ada ruas tulang belakang yang menyimpang sehingga mengakibatkan saraf terjepit. Untuk mengurangi rasa nyeri dan membuat Anda dapat berjalan dengan lebih nyaman, dokter biasanya merekomendasikan penggunaan penyangga punggung yang rigid.

Baca juga: 10 Olahraga untuk Melatih Menguatkan Otot Punggung

Pesan dari SehatQ

Beda masalah kesehatan, beda pula tipe penyangga punggung yang harus Anda gunakan. Oleh karena itu, mintalah rekomendasi dokter terlebih dahulu, termasuk cara pakaianya agar perawatan Anda dapat berjalan lebih efektif.

Selain memakai penyangga punggung, Anda juga bisa melakukan olahraga untuk membuat punggung tegak. Olahraga untuk menegakkan punggung yang bisa dicoba adalah melakukan gerakan mountain pose, bridge pose, table top, plank, warrior pose, hingga upward facing dog.

Jika ingin berkonsultasi langsung pada dokter, Anda bisa chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.
Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.

Advertisement

nyeri punggung

Referensi

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved