Manfaat Mengangkat Kaki ke Tembok dan Cara Melakukannya yang Benar


Mengangkat kaki ke tembok menawarkan beragam manfaat untuk kesehatan Anda. Manfaat mengangkat kaki ke tembok mulai dari membuat pikiran jadi lebih rileks, meredakan nyeri di punggung, memperbaiki pola tidur, memperlancar pencernaan, hingga meredakan kram pada kaki.

(0)
Mengangkat kaki ke tembok menawarkan beragam manfaat untuk kesehatan, asal dilakukan dengan cara yang benarLama waktu yang disarankan untuk mengangkat kaki ke tembok yaitu tidak lebih dari 20 menit
Mengangkat kaki ke tembok merupakan latihan relaksasi yang bagus dilakukan sebelum atau setelah Anda pilates maupun yoga. Selain itu, cara ini juga dapat diterapkan untuk meredakan stresTak hanya memberikan efek relaksasi, mengangkat kaki ke tembok juga menawarkan beragam manfaat untuk kesehatan Anda secara keseluruhan. Namun, manfaat tersebut baru dapat Anda rasakan jika melakukan gerakan ini dengan benar dan tidak berlebihan.

Apa manfaat mengangkat kaki ke tembok?

Berbagai macam manfaat bisa Anda dapat dari mengangkat kaki ke tembok, baik secara fisik maupun psikologis. Sejumlah manfaat mengangkat kaki ke tembok, di antaranya:
  • Meringankan gejala varises
  • Memperbaiki pola tidur
  • Meredakan depresi ringan
  • Meningkatkan fungsi tiroid
  • Memperlancar pencernaan
  • Meredakan kram pada kaki
  • Meredakan nyeri panggul
  • Meningkatkan sirkulasi pada kaki
  • Menyeimbangkan tekanan darah
  • Meningkatkan aliran getah bening
  • Meredakan sakit kepala dan migrain
  • Membuat pikiran menjadi lebih rileks
  • Meredakan nyeri dan ketidaknyamanan pada punggung bawah

Cara mengangkat kaki ke tembok yang benar

Manfaat mengangkat kaki ke tembok baru dapat dirasakan ketika Anda melakukan gerakan ini dengan benar. Mengangkat kaki ke tembok dengan cara yang salah malah dapat berisiko bagi kesehatan.Berikut ini cara mengangkat kaki ke tembok yang benar:
  1. Berbaringlah di atas matras atau lantai, posisikan pinggul serta bahu Anda sedekat mungkin ke tembok.
  2. Putar tubuh hingga kaki Anda naik dan menempel ke tembok. Jaga jarak bokong Anda sedekat mungkin dengan tembok. Dalam posisi membentuk sudut 90 derajat, luruskan kedua kaki Anda. Pastikan kedua kaki Anda dalam keadaan nyaman dan tidak tegang.
  3. Sejajarkan bahu dengan pinggul, jangan lupa untuk menjaga supaya posisi punggung tetap netral. Nantinya, Anda akan merasakan adanya lekukan pada punggung bagian bawah hingga belakang leher.
  4. Lemaskan bahu Anda dan jauhkan dari telinga. Taruh kedua lengan Anda menempel pada lantai dengan posisi telapak tangan bebas menghadap ke atas maupun bawah.
  5. Seimbangkan berat badan Anda dari sisi ke sisi.
  6. Berbaring dengan santai dan lakukan pernapasan dalam. Lepaskan ketegangan yang Anda rasakan pada kaki dan pinggul.
  7. Setelah selesai, tekuk kaki dengan cara mendekatkan lutut ke arah dada. Kembalikan tubuh Anda ke posisi semula dan mulailah berdiri secara perlahan.

Kesalahan yang sering dilakukan saat mengangkat kaki ke tembok

Ada beberapa kesalahan yang kerap kali dilakukan orang-orang saat mengangkat kaki mereka ke tembok. Padahal, kesalahan-kesalahan ini dapat memberikan dampak buruk bagi tubuh jika dilakukan.Kesalahan pertama yang sering terjadi adalah menahan napas dalam waktu yang cukup lama. Ketika melakukan gerakan ini, Anda bisa menerapkan teknik pernapasan dalam. Pernapasan dalam yang dilakukan secara sadar dapat meningkatkan efek relaksasi dari gerakan ini.Selain kesalahan dalam teknik pernapasan, sebagian orang juga kerap asal saat mengangkat maupun menurunkan kaki mereka dari tembok. Kebiasaan tersebut dapat meningkatkan risiko Anda mengalami cedera. Saat mengangkat dan menurunkan kaki dari tembok, lakukan secara perlahan dan pastikan tubuh Anda tidak terpelintir ketika melakukannya.

Sebaiknya, berapa lama mengangkat kaki ke tembok?

Lama waktu yang disarankan untuk mengangkat kaki ke tembok yaitu tidak lebih dari 20 menit. Apabila terlalu lama melakukan gerakan ini, Anda mungkin akan merasakan kesemutan pada tungkai dan kaki.Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda bisa menekuk lutut ke dada sebelum menyelesaikan gerakan ini. Selain itu, menggoyangkan kaki juga dapat dilakukan untuk merangsang sirkulasi pada kaki.Jika Anda merasakan sakit pada punggung ketika mengangkat kaki ke tembok, berhentilah melakukan gerakan ini. Apabila sakit punggung yang Anda rasakan tidak kunjung membaik, segeralah berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan.

Catatan dari SehatQ

Mengangkat kaki ke tembok menawarkan beragam manfaat untuk kesehatan, asal dilakukan dengan cara yang benar. Jika dilakukan dengan cara yang salah maupun secara berlebihan, gerakan ini berisiko menimbulkan masalah pada tubuh Anda.Apabila mengalami gangguan kesehatan setelah melakukan gerakan ini, segera berkonsultasi dengan dokter. Nantinya, dokter akan memberikan tindak penanganan yang tepat dan sesuai dengan kondisi Anda.Untuk berdiskusi lebih lanjut terkait mengangkat kaki ke tembok dan manfaatnya untuk kesehatan, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan SehatQ. Download sekarang di .
mengatasi depresicederasakit punggungkesemutan
Healthline. https://www.healthline.com/health/exercise-fitness/legs-up-the-wall
Diakses pada 26 November 2020
Very Well Fit. https://www.verywellfit.com/how-to-do-legs-up-the-wall-2704799
Diakses pada 26 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
0

Artikel Terkait