Manfaat Masker Kefir untuk Wajah Serta Cara Membuat dan Efek Sampingnya


Manfaat masker kefir dipercaya dapat melembapkan kulit, mengurangi noda hitam, mengobati jerawat, hingga memperlambat tanda penuaan. Namun, ketahui cara menggunakan masker kefir yang aman agar terhindar dari efek sampingnya.

0,0
18 Dec 2019|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Manfaat masker kefir dianggap mampu melawan tanda-tanda penuaanMasker kefir merupakan salah satu produk olahan susu yang diyakini baik untuk kulit
Manfaat masker kefir sebagai salah satu produk perawatan kecantikan sempat menjadi perbincangan pada beberapa waktu yang lalu. Manfaat kefir untuk wajah dipercaya dapat mencerahkan kulit serta memiliki efek antipenuaan. Benarkah demikian?Untuk mengetahui jawaban selengkapnya mengenai manfaat masker kefir untuk wajah serta cara membuatnya, simak artikel berikut ini.

Apa itu masker kefir?

Sebelum membahas manfaat masker kefir lebih dalam, ada baiknya Anda mengetahui apa itu masker kefir. Masker kefir adalah produk perawatan wajah yang berasal dari kefir. Kefir adalah produk olahan susu yang dibuat dari susu sapi atau susu kambing yang sudah difermentasi. Anda mungkin lebih akrab mengenal susu fermentasi lewat produk yogurt. Namun, tekstur kefir cenderung lebih padat daripada yogurt, serta digadang-gadang memiliki kandungan probiotik alias bakteri baik yang lebih banyak daripada yogurt.Kefir mengandung bakteri baik Lactobacillus serta alpha hydroxy acids/AHA alami yang dipercaya baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Penggunaan kefir sebagai bahan campuran dalam berbagai produk kecantikan kulit, seperti krim atau masker wajah, bukan merupakan hal baru. Selain AHA, kefir mengandung vitamin B3 dan provitamin B5 yang juga berguna dalam menjaga kesehatan kulit. 

Apa manfaat masker kefir untuk wajah?

Berdasarkan kandungannya, sejumlah manfaat masker kefir sudah pernah diteliti. Adapun beberapa manfaat masker kefir adalah sebagai berikut.

1. Melembapkan kulit

Manfaat masker kefir bisa membuat kulit lembap
Masker kefir bisa meningkatkan kadar air pada kulit
Salah satu manfaat masker kefir adalah melembapkan kulit. Masker kefir terbukti dapat meningkatkan kadar air pada kulit sehingga kulit menjadi lembap. Semakin tinggi kadar kefir dalam masker, semakin baik kulit Anda terhidrasi. Akan tetapi, manfaat kefir untuk wajah ini bisa Anda dapat setelah pemakaian selama 4 minggu berturut-turut. Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa penggunaan masker kefir dengan konsentrasi 2% dapat meningkatkan kadar air pada kulit mencapai 14,16%, serta konsentrasi 4% bisa membuat kulit lebih lembap 23,11% dibandingkan sebelum menggunakan masker kefir. Sedangkan, fungsi pelembap paling baik terdapat pada masker kefir dengan konsentrasi 6%. Masker kefir dengan kadar konsentrasi tersebut dapat meningkatkan kelembapan kulit hingga 30,69%. 

2. Menghaluskan kulit

Manfaat masker kefir untuk wajah berikutnya adalah menghaluskan kulit. Semakin tinggi kadar konsentrasi kefir di dalam masker, maka semakin tinggi manfaat kefir untuk wajah yang Anda rasakan. Kadar konsentrasi kefir 2%, misalnya, menghasilkan kulit yang lebih halus sebesar 15,77%. Kandungan konsentrasi kefir 4% menghasilkan 26,35%, serta kandungan konsentrasi kefir 6% dapat menghasilkan kulit lebih halus mencapai 32,17% dibandingkan sebelum pemakaian masker. 

3. Mengecilkan pori-pori

Pori-pori wajah jadi kecil berkat manfaat masker kefir
Manfaat masker kefir bisa mengecilkan pori-pori kulit
Mengecilkan pori-pori juga menjadi manfaat masker kefir untuk wajah. Pada dasarnya, ukuran pori-pori seseorang ditentukan oleh faktor genetik. Namun, ada pula faktor eksternal, yakni penumpukkan minyak alami (sebum) yang membuat kulit tidak lagi elastis sehingga membuat pori-pori membesarUntuk mengatasi masalah tersebut, Anda dapat menggunakan masker kefir. Hal ini juga dapat dibuktikan oleh penelitian yang sudah dilakukan oleh mahasiswa dari Universitas Sumatera Utara. Pada masker kefir dengan konsentrasi 2%, pori-pori bisa mengecil 6,84% setelah pemakaian 4 minggu berturut-turut. Sedangkan, konsentrasi kefir 4% bisa membuat pori-pori mengecil sebesar 18,73%.Masker kefir dengan konsentrasi kefir 6% bisa mengecilkan pori-pori sebesar 28,12%.

4. Mengurangi noda hitam

Manfaat masker kefir dapat mengurangi noda hitam (hiperpigmentasi) akibat salah satu tanda penuaan dan paparan sinar matahari yang berlebihan. Pada masker kefir dengan konsentrasi 2%, terbukti dapat mengurangi jumlah noda hitam di wajah mencapai 8,39%. Sedangkan masker kefir 4% mampu mengurangi noda hitam di wajah sebanyak 13,69%, serta konsentrasi kefir 6% bisa mengurangi noda hitam sebesar 24,99%.

5. Mengurangi kerutan

Mengurangi kerutan jadi manfaat masker kefir lainnya
Gunakan masker kefir dengan konsentrasi tinggi untuk kurangi kerutan
Tahukah Anda kalau manfaat masker kefir mampu mengurangi tanda kerutan di wajah? Manfaat kefir untuk wajah ini bisa Anda rasakan dengan memilih konsentrasi kefir yang lebih tinggi. Masker kefir dengan konsentrasi 6% diyakini mampu mengurangi kerutan hingga 23,33% setelah pemakaian selama 4 minggu berturut-turut.

6. Mengobati jerawat

Manfaat masker kefir disebut-sebut dapat mengobati jerawat.Studi kecil dari Italia, Rusia, dan Korea menemukan bahwa probiotik yang digunakan sebagai pengobatan jerawat dapat membantu membersihkan jerawat, serta membantu penderita lebih baik dalam menggunakan obat antibiotik jerawat. Beberapa jenis bakteri baik yang dipercaya efektif mengobati jerawat, termasuk Lactobacillus, L. acidophilus, dan B. bifudum.

7. Meringankan gejala penyakit kulit

Manfaat masker kefir bisa meredakan gejala penyakit kulit
Pipi merah meradang bisa diatasi dengan masker kefir
Beberapa penyakit kulit yang menyebabkan peradangan, seperti eksim dan rosacea, bisa menimbulkan kemerahan pada pipi, hidung, dahi, dan hidung. Sebuah studi mengemukakan bahwa manfaat masker kefir diyakini dapat membantu mengendalikan gejala penyakit kulit tersebut dengan cara memperkuat lapisan kulit serta mengurangi kulit kering, perih, dan sensasi seperti terbakar. Selain itu, masker kefir juga mengandung efek antiradang yang dapat meredakan masalah kulit yang mengakibatkan peradangan, termasuk jerawat, eksim, dan rosacea. 

8. Memperlambat tanda-tanda penuaan

Manfaat masker kefir lainnya adalah memperlambat tanda-tanda penuaan dini. Sejumlah bukti ilmiah mengemukakan bahwa probiotik dapat membantu merangsang pembentukan kolagen, yakni protein utama pada kulit yang memengaruhi tekstur dan warna kulit. Kendati demikian, manfaat kefir untuk wajah satu ini masih membuktikan riset lebih lanjut guna membuktikan keefektifannya. 

Bagaimana cara membuat masker kefir sesuai jenis kulit?

Untuk mendapatkan manfaat masker kefir untuk wajah di atas, Anda bisa membeli masker kefir yang banyak dijual di toko kosmetik, baik offline maupun online, dengan mudah. Namun, cara membuat masker kefir sendiri di rumah pun sebetulnya tidak sulit dilakukan. Bahkan, cara membuat masker kefir bisa dikombinasikan dengan bahan lain yang ada di rumah, seperti timun maupun oatmeal.
Manfaat masker kefir untuk wajah bisa dicoba di rumah
Campurkan bibir kefir dengan susu sapi atau susu kambing tawar
Cara membuat masker kefir dilakukan dengan membeli bibit kefir terlebih dahulu. Kemudian, campurkan bibit kefir dengan susu sapi atau susu kambing tanpa rasa atau pemanis tambahan dalam sebuah wadah bersih. Lalu, tutup wadah tersebut dengan kain lap bersih. Letakkan di tempat yang aman dan hangat selama kurang lebih 24 jam. Setelah 24 jam, saring susu dan buang biji kefirnya. Susu kefir pun siap digunakan. Kini, simak cara membuat masker kefir sesuai jenis kulit Anda. 

1. Kulit normal

Cara membuat masker kefir untuk kulit normal adalah campurkan 2 sendok makan susu kefir dengan parutan mentimun dalam sebuah mangkuk. Aduk merata sampai menjadi pasta masker kental. Lalu, oleskan pada permukaan wajah yang sudah bersih. Tunggu selama 20 menit sebelum membilasnya dengan air sampai bersih. 

2. Kulit berminyak

Untuk masker kefir bagi pemilik kulit berminyak, campurkan 2 sendok makan susu kefir dengan 1 butir putih telur dan 1 sendok makan madu dalam sebuah mangkuk. Aduk merata sampai menjadi pasta masker kental. Oleskan pada permukaan wajah yang sudah bersih. Tunggu 15-20 menit sebelum membilas wajah dengan air sampai bersih. 

3. Kulit kering

Campurkan 2 sendok makan susu kefir dengan 1 butir kuning telur, daging buah alpukat yang sudah dihaluskan, dan 1 sendok teh minyak zaitun dalam sebuah mangkuk. Pastikan Anda membersihkan wajah terlebih dahulu sebelum menggunakan masker kefir untuk kulit kering. Diamkan selama 15-20 menit, lalu bilas wajah sampai bersih menggunakan air. 

4. Kulit berjerawat

Bagi pemilik kulit berjerawat, gunakan kefir saja sebagai masker wajah. Pasalnya, kulit berjerawat lebih mudah mengalami peradangan sehingga berisiko mengiritasi kulit. Jadi, cukup oleskan masker susu kefir pada wajah yang sudah dibersihkan. Lalu, diamkan sampai mengering sebelum membilasnya dengan air. 

Adakah efek samping kefir untuk wajah?

Meski beberapa penelitian sudah ada yang membuktikan manfaat masker kefir untuk wajah, risiko efek samping bisa saja muncul pada beberapa orang. Beberapa efek samping penggunaan kefir untuk wajah adalah sebagai berikut. 

1. Kulit gatal-gatal

Salah satu efek samping kefir untuk wajah adalah kulit gatal-gatal. Hal ini karena beberapa jenis bakteri probiotik dapat menghasilkan histamin. Histamin adalah zat kimia yang diproduksi oleh sel-sel di dalam tubuh ketika mengalami reaksi alergi atau infeksi.Efek samping ini dapat menimbulkan kulit kemerahan dan pembengkakan pada area wajah.Bahkan, parahnya dapat menimbulkan rasa gatal-gatal pada kulit, mata dan hidung berair, hingga sulit bernapas. 

2. Reaksi alergi

Orang-orang dengan riwayat alergi atau intoleransi sebaiknya perlu berhati-hati menggunakan masker kefir. Sebab, kandungan probiotik dapat menimbulkan reaksi alergi pada penderitanya. Maka dari itu, pastikan Anda senantiasa berhati-hati sebelum menggunakan masker wajah alami atau produk apa pun pada wajah Anda. Apabila muncul gejala tidak biasa sesaat setelah menggunakan masker kefir, sebaiknya segera periksakan diri Anda ke dokter kulit untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Bagaimana cara memakai masker kefir yang aman?

manfaat masker kefir tidak untuk semua jenis kulit
Oleskan masker kefir sedikit pada area kulit
Bagi Anda yang memiliki kulit normal atau tidak memiliki masalah berarti pada wajah, sah-sah saja untuk menggunakan masker kefir ini.Namun, berbeda bagi orang-orang dengan jenis wajah atau masalah kulit tertentu.Apalagi bagi orang yang mempunyai riwayat alergi atau intoleransi, reaksi bisa saja terjadi ketika menggunakan masker kefir. Untuk mengecek apakah kulit Anda cocok menerapkan cara memakai masker kefir, lakukan ini sebelum mengoleskannya pada wajah Anda.
  • Coba oleskan sedikit masker kefir terlebih dulu ke beberapa bagian tubuh lain, seperti punggung tangan, area siku, kulit di bawah dagu, atau area kulit di belakang telinga.
  • Tunggu selama sekitar 15 menit dan bilas dengan air hingga kulit benar-benar bersih. 
  • Lalu lihatlah reaksi kulit Anda.
  • Jika kulit Anda tidak mengalami kemerahan, terasa perih dan gatal, bengkak, atau tanda-tanda alergi kulit lainnya, Anda aman untuk menggunakan masker ini pada wajah. 
  • Sebaliknya, bila muncul reaksi alergi, hindari cara menggunakan masker kefir pada wajah. 
Anda dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter kulit sebelum merasakan manfaat kefir untuk wajah.  Dokter kulit bisa membantu Anda dalam menentukan apakah kulit wajah Anda cocok menggunakan masker kefir atau tidak. Dengan ini, manfaat kefir untuk wajah bisa Anda dapatkan dengan efektif, optimal, dan tetap aman.Penasaran ingin coba manfaat kefir untuk wajah? Anda bisa konsultasi langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Caranya, download sekarang di App Store dan Google Play.
perawatan kulitmasker wajahperawatan wajahmanfaat probiotik
WebMD. https://www.webmd.com/food-recipes/features/why-is-kefir-good-for-me
Diakses pada 18 Desember 2019
Universitas Sumatera Utara. http://repositori.usu.ac.id/bitstream/handle/123456789/12883/141524016.pdf%3Fsequence%3D1%26isAllowed%3Dy&ved=2ahUKEwiawsTS_LzmAhW76nMBHS9cA9QQFjAEegQIBhAC&usg=AOvVaw2xPS9VRraFWDyaFpDQvZH4
Diakses pada 18 Desember 2019
Brilio. https://m.brilio.net/en/health/tremendous-benefits-of-kefir-drinks-kefir-mask-diy-included-1703162.html#
Diakses pada 18 Desember 2019
Live Science. https://www.livescience.com/46502-probiotics-hold-promise-skin-conditions.html
Diakses pada 16 Februari 2021
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/probiotics-side-effects#TOC_TITLE_HDR_5
Diakses pada 16 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait