Manfaat Menerapkan Konsep IKIGAI dalam Hidup dan Cara untuk Menemukannya


Konsep IKIGAI membahas nilai dan tujuan dalam hidup. Hidup dengan gagasan ini dapat membantu menurunkan risiko stres dan meningkatkan kesehatan diri secara keseluruhan.

(0)
Konsep IKIGAI adalah gagasan yang mengatakan bahwa kebahagiaan dalam hidup lebih dari sekedar uang, jabatan, dan kemewahanIKIGAI merupakan titik tengah antara hal yang disuka, kemampuan kita, yang dibutuhkan dunia, dan membuat Anda dibayar
Bila membahas definisi kebahagiaan, setiap orang pasti memiliki jawaban berbeda. Ada yang bahagia jika punya banyak uang, ada juga yang bahagia ketika semua kebutuhannya terpenuhi tanpa harus susah payah. Namun, ada sebuah gagasan bahwa kebahagian dalam hidup tak hanya ditentukan oleh uang atau kemewahan. Gagasan yang berasal dari Jepang ini dikenal dengan konsep IKIGAI.Orang Jepang selama ini dikenal punya umur yang panjang. Menurut data yang dirilis pada tahun 2020, Negeri Sakura menjadi negara dengan angka harapan hidup terbesar kedua di dunia. Penduduk Jepang diketahui memiliki rata-rata usia mencapai 84,5 tahun.Tingginya angka harapan hidup di Jepang disebut tak lepas dari konsep IKIGAI yang mereka terapkan. Banyak yang mengklaim bahwa konsep ini memberi beragam dampak positif untuk kehidupan. Benarkah demikian?

Apa itu konsep IKIGAI?

Konsep IKIGAI adalah gagasan yang mengatakan bahwa kebahagiaan dalam hidup lebih dari sekedar uang, jabatan, dan kemewahan. IKIGAI merupakan titik tengah antara hal yang disuka, dikuasai, dibutuhkan dunia, dan membuat Anda dibayar.Secara harfiah, IKIGAI sendiri adalah gabungan dari kata ikiru (hidup) dan kai (realisasi dari apa yang diharapkan). Dengan kata lain, IKIGAI dapat diartikan sebagai nilai atau tujuan dalam hidup.

Pengaruh konsep IKIGAI terhadap kesehatan

Konsep IKIGAI memiliki beragam manfaat untuk kesehatan, baik secara fisik maupun mental. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 1994, konsep ini menurunkan risiko stres dan meningkatkan kesehatan diri secara keseluruhan.Meskipun begitu, hingga saat ini belum diketahui apakah IKIGAI dapat berpengaruh terhadap panjangnya usia seseorang. Dengan kata lain, gagasan ini tidak menjamin penganutnya akan mempunyai umur panjang.

Bagaimana cara menemukan IKIGAI?

IKIGAI tak bisa ditemukan begitu saja dalam waktu satu malam. Untuk bisa mendapatkannya diperlukan kemauan untuk bereksperimen dan mengenali diri secara mendalam. Berikut ini beberapa langkah yang harus dilakukan untuk meraih IKIGAI:

1. Bertanya pada diri sendiri

Temukan IKIGAI Anda dengan menuliskannya di kertas
Cobalah menuliskan jawaban dari pertanyaan terhadap diri sendiri
Sebagai permulaan untuk menemukan IKIGAI, ada beberapa pertanyaan yang harus Anda lontarkan kepada diri sendiri. Pertanyaan-pertanyaan tersebut, di antaranya:
  • Apa yang Anda suka? (berkaitan dengan passion atau renjana)
  • Apa yang Anda kuasai? (berkaitan dengan profesi)
  • Apa yang dibutuhkan dunia? (berkaitan dengan misi hidup)
  • Apa yang membuat Anda dibayar? (berkaitan dengan pekerjaan)
Tuliskan jawaban pada sebuah kertas kosong secara serius dan jujur. Setelah itu, mulai untuk mencari polanya. Proses ini membutuhkan waktu dan Anda mungkin memerlukan umpan balik dari teman atau keluarga untuk ikut memberikan penilaian.

2. Petakan jawaban Anda

Seusai menjawab pertanyaan dan mencari polanya, petakan jawaban Anda, misalnya dengan mengonversikannya ke dalam diagram Venn. Peta jawaban tersebut dapat digunakan untuk membantu mengatur pikiran Anda. Ketika pengujian untuk menemukan IKIGAI dimulai, Anda bisa mengubah atau menambahkan jawaban sesuai dengan apa yang dirasakan.

3. Periksa apakah jawaban sesuai dengan yang dirasakan

Periksa jawaban-jawaban tersebut, apakah sudah sesuai dengan yang dirasakan? Apakah sudah sesuai dengan kehidupan, pekerjaan, dan pandangan Anda terhadap dunia? Untuk melakukan validasi, renungkan dan gunakan naluri (pendekatan intuitif) Anda.

4. Uji diri Anda

Buatlah komitmen untuk secara konsisten melakukan tindakan yang bisa membantu Anda mencapai IKIGAI. Lakukan pengujian untuk mengetahui apakah tujuan hidup sebenarnya adalah sesuatu yang selama ini Anda anggap bermakna dan memberi kepuasan.

5. Bangun sistem pendukung

Menerapkan konsep IKIGAI membutuhkan dukungan dari orang lain, termasuk rekan kerja
Jangan ragu untuk terus belajar dari orang lain yang lebih berpengalaman
Dukungan merupakan hal yang sangat penting ketika Anda sedang mengembangkan konsep IKIGAI secara sadar. Saat menjalani pekerjaan baru, jangan sungkan untuk meminta bantuan orang yang lebih berpengalaman jika mengalami kesulitan. Tidak hanya mempermudah Anda dalam mencapai tujuan hidup, cara ini bisa membantu membangun hubungan yang bermakna dengan orang lain.

Catatan dari SehatQ

IKIGAI adalah nilai dan tujuan dalam hidup. Penelitian menyebut, hidup dengan gagasan ini membantu menurunkan risiko stres serta meningkatkan kesehatan diri secara keseluruhan. Namun, pengaruhnya terhadap usia seseorang belum dapat dibuktikan.Untuk berdiskusi lebih lanjut mengenai konsep IKIGAI dan cara untuk menemukannya tanyakan langsung ke dokter di aplikasi kesehatan SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
kesehatan mentalstresangka harapan hidup
Psychology Today. https://www.psychologytoday.com/intl/blog/the-good-life/200809/ikigai-and-mortality
Diakses pada 21 April 2021
Better Humans. https://betterhumans.pub/the-japanese-concept-ikigai-is-a-formula-for-happiness-and-meaning-8e497e5afa99
Diakses pada 21 April 2021
Insider. https://www.businessinsider.com/the-concept-of-ikigai-could-be-the-secret-to-a-long-meaningful-life-2017-9?r=US&IR=T
Diakses pada 21 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait