Manfaat Mencukur Bulu Kemaluan bagi Pria dan Wanita

(0)
12 Mar 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Mencukur bulu kemaluan memiliki sejumlah manfaatMencukur bulu kemaluan dianggap bermanfaat untuk meningkatkan sensitivitas organ intim
Bulu kemaluan cenderung bertekstur lebih tebal dan kasar jika dibandingkan rambut yang tumbuh pada bagian tubuh lainnya. Hal ini dikarenakan bulu kemaluan berfungsi sebagai pelindung dari gesekan saat berhubungan intim, serta melindungi organ intim dari bakteri dan patogen lainnya.Terlepas dari fungsi bulu kemaluan yang terbilang penting, tidak sedikit orang yang memilih untuk mencukurnya. Lantas, apakah ada manfaat mencukur bulu kemaluan?

Manfaat mencukur bulu kemaluan bagi pria dan wanita

Berbicara tentang mencukur bulu kemaluan, hal tersebut sepenuhnya menjadi kebebasan Anda. Menumbuhkan bulu kemaluan dapat bermanfaat untuk melindungi area sensitif. Di sisi lain, ada pula beberapa manfaat mencukur bulu kemaluan, selama prosesnya dilakukan dengan benar dan aman.

1. Kenyamanan pribadi

Setiap orang memiliki pilihan untuk merasakan manfaat mencukur bulu kemaluan atau tidak. Sebagian orang mungkin merasa lebih nyaman untuk mencukur area pribadinya, sementara yang lain sebaliknya.Tidak ada yang salah dengan kedua pilihan tersebut. Yang paling penting, Anda bisa merasa lebih nyaman dengan diri sendiri.

2. Memenuhi keinginan pasangan

Manfaat mencukur bulu kemaluan lainnya adalah sebagai cara memenuhi keinginan pasangan. Jika pasangan Anda lebih menyukai organ vital yang bebas bulu dan Anda tidak keberatan melakukannya, proses ini bisa menjadi hal yang bermanfaat.Dengan memprioritaskan kebahagiaan pasangan, tentunya dapat membuat Anda dan pasangan menjadi lebih intim dan mesra.

3. Meningkatkan sensitivitas

Salah satu manfaat mencukur bulu kemaluan yang patut Anda pertimbangkan adalah meningkatkan sensitivitas pada organ intim. Kondisi ini mungkin saja dapat membantu membuat kehidupan seks Anda lebih menarik.Namun, sensitivitas setiap orang bisa berbeda-beda. Sebagian orang malah mengganggap mencukur bulu kemaluan dapat menyebabkan sensitivitas berlebihan pada organ vital sehingga seks terasa tidak menyenangkan.

Cara mencukur bulu kemaluan pria dan wanita

Alat cukur rambut kemaluan
Ada beberapa hal yang perlu dilakukan saat mencukur bulu kemaluan
Tidak ada perbedaan signifikan dalam cara mencukur bulu kemaluan wanita atau pria. Keduanya melalui proses yang relatif sama.Akan tetapi, jika cara mencukur bulu kemaluan pria dan wanita tidak dilakukan dengan benar, ada sejumlah risiko kesehatan yang bisa terjadi.Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui cara mencukur bulu kemaluan wanita atau pria dengan benar.

1. Pangkas sebelum dicukur

Sebelum mulai mencukur bulu kemaluan wanita maupun pria, gunting terlebih dahulu bulu kemaluan sependek mungkin. Hal ini dapat mempercepat proses mencukur dan mengurangi risiko terjadinya luka.

2. Mandi atau rendam area yang akan dicukur

Sebelum mulai mencukur, Anda dapat mandi, berendam, atau mengompres area yang akan dicukur dengan air hangat terlebih dahulu selama 5 menit. Hal ini bermanfaat untuk membuka folikel yang bisa mempermudah cara mencukur bulu kemaluan pria dan wanita.

3. Gunakan gel pencukur

Sebaiknya Anda mengaplikasikan gel pencukur sebelum mencukur bulu kemaluan, seperti gel lidah buaya. Gel ini berfungsi sebagai pelicin yang dapat mengurangi risiko iritasi karena gesekan.

4. Gunakan cermin dan alat cukur yang tajam

Sediakan cermin saat akan bercukur supaya Anda dapat melihat area yang akan dicukur sehingga proses pencukuran menjadi lebih aman. Pastikan juga alat cukur yang Anda gunakan masih tajam dan berfungsi dengan baik.

5. Bercukur dengan aman

Cara mencukur bulu kemaluan pria atau wanita harus dilakukan dengan aman. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda ikuti.
  • Bercukurlah searah tumbuhnya rambut untuk mencegah risiko rambut tumbuh ke dalam.
  • Anda dapat meregangkan area kulit yang hendak dicukur untuk membuatnya lebih mulus. Hal ini dapat mengurangi gesekan dan risiko terjadinya luka karena permukaan kulit yang tidak rata.
  • Bercukurlah dengan perlahan dan hati-hati, khususnya di area yang banyak lipatan atau yang sulit dilihat langsung.

6. Bilas pada setiap usapan

Jangan lupa untuk selalu membilas pisau cukur setelah setiap usapan. Pembilasan dapat mencegah potongan bulu menghalangi mata pisau.

7. Tahap akhir

Setelah cara mencukur bulu kemaluan pria atau wanita selesai, segera bersihkan area yang telah dicukur dengan lap basah. Setelah dikeringkan, aplikasikan pelembap atau lidah buaya untuk menenangkan kulit Anda.Satu hal yang perlu Anda ketahui, mencukur bulu kemaluan tidak memengaruhi kebersihan area intim. Anda tetap harus membersihkan area kelamin, baik setelah atau sebelum mencukurnya.Perbedaan dalam cara mencukur bulu kemaluan wanita atau pria hanya pada pilihan pribadi mengenai bagian mana dan sebanyak apa area tersebut ingin dicukur.Tidak semua orang memilih mencukur habis bulu di area pribadinya tersebut. Yang paling penting, selalu berhati-hati saat melakukannya supaya dapat merasakan manfaat mencukur bulu kemaluan dengan risiko minimal.Jika Anda punya pertanyaan seputar masalah bulu kemaluan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
hubungan seksualrambut kemaluan
Mens Health. https://www.menshealth.com/grooming/a19544346/complete-guide-to-pubic-hair/
Diakses 26 Januari 2021
Man Scaped. https://www.manscaped.com/blogs/grooming/how-to-shave-your-pubic-hair-the-complete-guide
Diakses 26 Januari 2021
Young Womens Health. https://youngwomenshealth.org/2013/08/22/removing-pubic-hair/
Diakses 26 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait