Manfaat Memelihara Ikan Tak Hanya Tenangkan PIkiran

(0)
19 Aug 2020|Annisa Trimirasti
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Memelihara ikan dapat mengurangi stresMemelihara ikan bisa memberikan efek menenangkan
Ikan merupakan salah satu jenis hewan peliharaan yang populer. Pasalnya, bentuk ikan indah dan menarik. Tapi memelihara ikan juga ternyata dapat memberi banyak manfaat untuk kesehatan.Memiliki hewan piaraan, termasuk ikan, sudah lama dikenal baik untuk kesehatan. Bagi sebagian orang, merawat binatang merupakan sesuatu yang menyenangkan sehingga memberikan dampak positif pada fisik maupun mental pemiliknya.

Beragam manfaat memelihara ikan

Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika memilih ikan sebagai hewan peliharaan:
  • Membantu dalam mengurangi stres

Urusan rumah, sekolah, kantor maupun keluarga terkadang bisa membuat Anda tertekan dan merasa stres. Memelihara ikan dapat menjadi solusi dari masalah ini karena akan memberikan efek menenangkan.Efek menenangkan ini diduga berasal dari suara aliran air serta warna ikan dan akuarium (atau area kolam). Sama seperti suara debur ombak, tetes air hujan, dan arus sungai, bunyi aliran air dapat membuat Anda menjadi lebih rileks.Anda juga akan semakin rileks ketika melihat ikan warna-warni yang berenang. Apalagi jika dilengkapi dengan pemandangan indah, seperti batu-batu atau pepopohan, yang kerap menghiasi area kolam ikan atau akuarium.Berkat kedua alasan tersebut, mungkin tak berlebihan bahwa memelihara ikan disimpulkan dapat memberikan ketenangan serta membantu dalam mengurangi rasa gelisah dan stres.Manfaat memelihara ikan ini pun diduga menjadi dasar mengapa banyak akuarium yang dipajang dalam restoran, kantor, klinik, ataupun rumah sakit.Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda tidak perlu memiliki kolam ikan atau akuarium yang besar. Sebesar apapun ukurannya, khasiatnya tetap serupa.
  • Membantu dalam mengontrol tekanan darah

Berkat kemampuannya untuk menenangkan emosi, memelihara ikan juga disebut berpotensi mengendalikan tekanan darah. Pasalnya, stres emosional biasanya berbanding lurus dengan peningkatan tekanan darah.Khasiat ini pula yang diperkirakan menjadi alasan di balik banyaknya fasilitas kesehatan yang memajang akuarium atau kolam ikan. Bahkan sebuah penilitian menyebutkan bahwa interaksi dengan ikan peliharaan dapat membantu dalam meningkatkan toleransi terhadap rasa sakit hingga memperbaiki asupan gizi seseorang.
  • Merupakan pilihan hewan yang cocok untuk anak

Warna-warni ikan dan suasana kolam atau akuarium dapat membantu untuk menghibur anak-anak. Mereka juga mungkin menjadi lebih tertarik dengan biota air. Pasalnya, ikan bisa diobservasi secara diam-diam, sehingga mendorong keinginan guna mempelajarinya lebih lanjut.Sama seperti pada orang dewasa, memelihara ikan juga bisa memberi efek menenangkan pada anak.Ikan pun merupakan salah satu binatang peliharaan yang jarang menularkan kuman atau infeksi karena Anda tidak bersentuhan langsung dengannya. Manfaat ini sangat baik cocok untuk anak yang alergi terhadap hewan, namun menyukai hewan.Meski begitu, tetap pastikan Anda rajin membersihkan akuarium atau kolam secara berkala, dan pantau gerak gerik anak. Pasalnya, anak bisa saja penasaran dan mencelupkan tangannya ke kolam atau akuarium, sehingga bisa tergigit.Selain berbagai manfaat di atas, interaksi manusia dengan ikan juga dikatakan bisa memperbaiki suasana hati dan memberi kesan persahabatan yang baik untuk kesehatan jiwa. Meski tidak langsung, memiliki hewan peliharaan pun dapat membuat Anda memperluas koneksi sosial.Memiliki ketertarikan yang sama akan suatu hal, termasuk memelihara ikan, dapat membuat Anda lebih tertarik dalam membicarakan atau berbagi cerita mengenai hal tersebut. Misalnya, dengan sesama penggemar, lalu menambah teman.

Apa saja tips memelihara ikan?

Sama seperti hewan lain, ikan bisa saja membawa dan menularkan penyakit. Jadi perhatikan hal-hal di bawah ini supaya pemeliharaan ikan tetap sehat:
  • Rajin mencuci tangan dengan air bersih dan sabun setelah memberi makan ikan maupun membersihkan kolam dan akuarium.
  • Kenakan sarung tangan bila tangan Anda sedang terluka, tapi perlu membersihkan akuarium.
  • Jangan biarkan anak di bawah lima tahun atau orang dengan sistem imun lemah ikut membersihkan akuarium.
  • Jangan membuang kotoran dari saringgan akuarium ke bak cuci piring.
  • Perhatikan tanda-tanda bila ikan sakit. Ikan yang sakit biasanya malas berenang, mengalami perubahan warna kulit (menjadi kemerahan atau gelap), tidak mau makan, dan tubuhnya membengkak.
  • Pelajari jenis ikan yang akan dipelihara. Beberapa jenis ikan bisa saling menyakiti bila ditempatkan dalam satu akuarium.
  • Pelajari perawatan ikan yang diperlukan terhadap jenis ikan yang dipelihara. Misalnya, jenis makanan atau kondisi air yang cocok untuk ikan tersebut.
Manfaat memelihara ikan bisa menyehatkan pemiliknya, terutama secara kejiwaan. Khasiat ini bisa dioptimalkan dengan menerapkan langkah-langkah merawat ikan yang benar supaya kebersihan akuarium atau kolam tetap terjaga. Semoga bermanfaat!
streshewan peliharaan
Centers for Disease Control and Prevention. https://www.cdc.gov/healthypets/pets/fish.html
Diakses pada 19 Agustus 2020
Mental Help. https://www.mentalhelp.net/blogs/stress-reduction-tropical-fish-and-aquariums/
Diakses pada 19 Agustus 2020
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6663029/
Diakses pada 19 Agustus 2020
WebMD. https://pets.webmd.com/ss/slideshow-pets-improve-your-health
Diakses pada 19 Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait