logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Hidup Sehat

Manfaat Memelihara Anjing untuk Kesehatan Fisik dan Mental

open-summary

Tak hanya sebagai teman setia, ternyata memelihara anjing juga dapat menurunkan risiko kematian akibat penyakit jantung dan stroke. Ini dia manfaat memelihara anjing lainnya.


close-summary

28 Mei 2022

| Yanita Nur Indah Sari

Ditinjau oleh dr. Reni Utari

manfaat memelihara anjing

Memelihara anjing dapat membantu meningkatkan suasana hati

Table of Content

  • Manfaat memelihara anjing bagi kesehatan
  • Catatan dari SehatQ

Siapa yang tak gemas dengan hewan peliharaan seperti anjing? Tanpa disadari, memelihara anjing ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan fisik dan mental pemiliknya. 

Advertisement

Lantas, apa saja manfaat memelihara anjing untuk kesehatan? Simak ulasan lengkapnya berikut ini. 

Manfaat memelihara anjing bagi kesehatan

Tak sekadar hobi, memelihara hewan peliharaan seperti anjing juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan fisik dan mental pemiliknya. 

Beberapa manfaat memelihara anjing bagi manusia antara lain:

1. Memelihara kesehatan jantung dan pembuluh darah 

American Heart Association menyatakan bahwa memelihara anjing bisa menurunkan risiko kematian akibat penyakit jantung dan stroke hingga 31%. Sementara, risiko kematian orang yang sempat menderita penyakit jantung turun hingga 65%.

Memiliki anjing dikaitkan dengan adanya peningkatan aktivitas fisik, tekanan darah yang lebih rendah, serta kadar kolesterol yang lebih baik. Ini tentu bermanfaat untuk menjaga kesehatan sistem kardiovaskuler Anda. 

2. Meningkatkan kebugaran fisik 

Sebagaimana poin sebelumnya, memelihara anjing dikaitkan dengan peningkatan aktivitas fisik seseorang. Anda mungkin akan lebih banyak bergerak mengurus anjing dan bermain di luar ruangan daripada hanya duduk tanpa aktivitas. 

Bermain frisbee dan mengajak anjing jalan sore menjadi aktivitas rutin yang mungkin akan Anda lakukan ketika memiliki hewan peliharaan. Pada akhirnya, kegiatan menyenangkan bersama hewan peliharaan ini akan meningkatkan kesehatan dan kebugaran fisik Anda.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Dr. Deborah Wells berjudul British Journal of Health Psychology menunjukkan bahwa memelihara anjing dapat mencegah seseorang terserang penyakit dan mempercepat penyembuhan ketika terkena penyakit tertentu.

Memelihara anjing pun dapat membantu memberikan peringatan tanda awal kanker, kejang, dan hipoglikemia.

3. Mencegah kegemukan dan diabetes

Selain meningkatkan kebugaran fisik, manfaat memelihara anjing bagi manusia adalah mencegah kegemukan dan penyakit kronis. 

Berjalan-jalan atau bermain dengan anjing kesayangan Anda secara teratur merupakan aktivitas fisik yang baik untuk menjaga berat badan ideal dan mencegah kegemukan. 

Hal tersebut dapat membantu menurunkan risiko diabetes dan penyakit kronis lainnya. 

 

 

4 Menjaga kesehatan mental 

Manfaat memelihara hewan lainnya adalah menjaga kesehatan mental.

Bisa dibilang, anjing adalah teman terbaik bagi manusia. Merawat dan memelihara anjing membuat Anda tidak lagi merasa kesepian dan meningkatkan suasana hati. Hal ini memberikan efek positif terhadap kesehatan mental seseorang. 

Memelihara anjing juga bisa menjadi metode coping bagi beberapa orang untuk mengatasi stres, rasa kesepian, dan gangguan cemas. 

Pasalnya, berinteraksi dengan anjing bisa meningkatkan produksi hormon kebahagiaan, seperti oksitosin, serotonin, dan dopamin. Ini berperan dalam menurunkan hormon stres seperti kortisol.

5. Membantu penderita disabilitas 

Anjing memang terkenal akan kesetiaan terhadap pemiliknya. Tak hanya itu, anjing juga bisa menjadi teman setia bagi manusia. 

Dr. Wells, dalam penelitiannya yang dikutip dari Medical News Today, menyatakan bahwa anjing juga memiliki peran terapeutik karena bisa membantu penyandang disabilitas  menjalankan kesehariannya. 

6. Meningkatkan hubungan sosial 

Manfaat memelihara anjing lainnya adalah meningkatkan hubungan sosial dengan orang lain. 

Mengajak anjing jalan-jalan di sore hari bisa meningkatkan peluang Anda untuk bertemu orang lain dan meningkatkan interaksi sosial. Tak hanya itu, Anda mungkin juga bisa bergabung ke komunitas pecinta anjing.

BACA JUGA: 8 Manfaat Memelihara Kucing yang Bisa Bantu Menurunkan Stres 

Catatan dari SehatQ

Bagi pemilik hewan peliharaan, anjing bisa menjadi teman setia sekaligus pelepas penat dari aktivitas seharian. Lebih dari itu, ternyata banyak manfaat memelihara anjing terhadap kesehatan fisik dan mental manusia. 

Siapa sangka, ada segudang manfaat memelihara anjing bagi kesehatan antara lain memelihara kesehatan jantung dan pembuluh darah, meningkatkan kebugaran fisik, menurunkan risiko kegemukan dan diabetes, mengatasi stres, menjaga kesehatan mental, membantu para disabilitas, hingga meningkatkan hubungan sosial. 

Berbagai manfaat tersebut tidak serta-merta membuat Anda harus segera memiliki hewan peliharaan. Perlu ada rasa tanggung jawab yang tinggi dalam merawat dan memelihara hewan peliharaan sebagaimana makhluk hidup lainnya.  

Masih ragu dengan manfaat memelihara anjing untuk kesehatan fisik dan mental? Anda juga bisa bertanya melalui fitur chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download aplikasinya di App Store dan Google Play sekarang!

Advertisement

hewan peliharaan

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 24 Jam

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2023. All Rights Reserved