Membaca Bersama Anak Memiliki Segudang Manfaat, Apa Saja?

Membaca bersama anak berusia dini dapat meningkatkan kemampuan mereka secara akademis maupun emosional
Membaca bersama anak memberikan banyak manfaat

Salah satu aktivitas penting yang bisa dilakukan dalam meningkatkan hubungan orangtua dan anak adalah dengan membaca bersama. Kegiatan membaca bersama orangtua dan anak sejak dini dianggap memiliki kaitan dengan hubungan orantua dan anak yang lebih berkualitas.

Pengaruh positif, kasih sayang, pujian, dukungan, kedekatan fisik, perasaan spontan, dan tidak adanya perilaku negatif selama membaca bersama menjadi faktor yang menentukan anak bisa membaca lebih awal dan lancar.

Berbagai manfaatnya tidak hanya dirasakan pada anak, tetapi juga bagi orangtua. Temuan ini diperoleh dalam penelitian yang dilakukan oleh Rutgers School of Public Health.

Orangtua yang menghabiskan waktu untuk membacakan buku bagi anak akan memiliki pola asuh yang lebih lembut dibandingkan yang tidak. Bagi anak, kecenderungan menjadi hiperaktif akan berkurang dan perilaku suka mengganggu juga lebih jarang ditemukan.

Beberapa penelitian sebelumnya telah menemukan bahwa seringnya membaca bersama dengan anak akan membuat mereka lebih siap memasuki lingkungan sekolah. Hal ini dikarenakan membaca akan mengembangkan bahasa, literasi, dan kemampuan emosionalnya.

Penting untuk diketahui bagi orangtua bahwa membaca bersama anak secara rutin tidak hanya bermanfaat bagi anak secara akademis, tetapi juga memiliki manfaat secara emosional yang akan mendukung kesuksesannya di masa depan.

[[artikel-terkait]]

Manfaat membaca bersama bagi orangtua dan anak

Penelitian dilakukan dengan mengambil data dari 2.165 pasangan ibu dan anak yang berasal dari 20 kota besar di Amerika Serikat. Para ibu diberikan pertanyaan mengenai seberapa sering mereka menghabiskan waktu untuk membaca bersama anak. Pada penelitian ini usia anak yang dipilih adalah 1-3 tahun.

Dua tahun kemudian, sang ibu akan kembali diwawancara mengenai pola asuh yang diterapkan pada anak, yaitu mengenai seberapa sering mereka terlibat dalam proses pendisiplinan anak secara agresif, baik dalam bentuk fisik ataupun psikologis. Para ibu juga diberi pertanyaan mengenai perilaku anak.

Studi ini melakukan kontrol pada faktor-faktor, seperti depresi orangtua dan kesulitan finansial yang bisa berkontribusi pada pola pengasuhan yang keras dan perilaku disruptif/mengganggu anak. Setelah melakukan kontrol, diperoleh hasil sebagai berikut:

  • Membaca bersama pada anak usia 1 tahun akan menghasilkan pola asuh orangtua yang lebih lembut pada anak usia 3 tahun.
  • Membaca bersama pada anak usia 3 tahun akan menghasilkan pola asuh orangtua yang lebih lembut pada anak usia 5 tahun.
  • Anak yang sering membaca bersama ibunya, lebih sedikit yang memiliki tingkah laku disruptif/mengganggu. Secara tidak langsung, hal ini berkaitan dengan kurangnya pola asuh kasar yang diterapkan oleh orangtua.

Sebelumnya, hasil analisis berbagai penelitian yang dipublikasikan oleh American Academy of Pediatrics, menemukan bahwa aktivitas membaca bersama secara signifikan meningkatkan fungsi pada anak dan orangtua.

Membaca bersama berdampak positif pada anak dalam kemampuan emosional dan sosial, kualitas hidup, dan ketertarikan pada membaca. Respons dan tingkah laku anak memengaruhi kompetensi dan tingkah laku orangtua, serta kualitas hubungan yang terjalin antara orangtua dan anak. Selain itu, proses ini juga menurunkan stres dan depresi pada orangtua.

Lewat temuan ini diharapkan lebih banyak orangtua yang mengajak anak membaca bersama sejak usia dini. Selain itu, hal ini juga dapat diaplikasikan pada berbagai program untuk membantu orangtua dan pengasuh dalam meningkatkan kemampuan mengasuh anak.

Rutgers Today. https://news.rutgers.edu/reading-toddlers-reduces-harsh-parenting-enhances-child-behavior-rutgers-led-study-finds/20190417-0#.XQRs7sRR3IV
Diakses pada Juni 2019

Bergin C. The Parent-Child Relationship during Beginning Reading. Journal of Literacy Research. 2001 Dec;33(4):681–706.
Diakses pada Juni 2019

Xie Q-W, Chan CHY, Ji Q, Chan CLW. Psychosocial Effects of Parent-Child Book Reading Interventions: A Meta-analysis. Pediatrics. 2018 Apr 1;141(4):e20172675.
Diakses pada Juni 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed