5 Manfaat Melamun yang Tidak Disangka-sangka


Melamuh adalah hal yang menyenangkan. Oleh karena itu melamun sering digunakan sebagai alat pelarian dari kenyataan. Di samping itu, melamun juga berguna untuk menghadapi masalah atau situasi tertentu.

0,0
05 May 2021|Marco Anthony
Melamun memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan pikiranMelamun memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan pikiran
Melamun sering kali dianggap sesuatu yang negatif. Berdiam diri dan membiarkan pikiran kita melayang tanpa tujuan dilihat sebagai sesuatu yang sia-sia dan membuang waktu. Tidak heran beberapa guru dan orangtua melarang kita melakukannya. Padahal di balik itu, ternyata ada manfaat melamun bagi kesehatan pikiran kita.Memang tidak bisa dipungkiri, ada perasaan yang menyenangkan saat pikiran larut dalam lamunan. Oleh karena itu melamun sering digunakan sebagai alat pelarian dari kenyataan. Di samping itu, melamun juga berguna untuk menghadapi masalah atau situasi tertentu.

Manfaat melamun bagi kesehatan

1. Membantu otak rileks

Sama seperti otot yang bisa lelah saat digunakan terus menerus, otak juga mengalami hal yang sama. Otak dapat merasakan lelah saat Anda fokus mengerjakan satu hal dalam jangka waktu yang lama dan butuh istirahat.Melamun adalah salah satu cara untuk mengistirahatkan otak. Saat pikiran Anda berkelana bebas, otak menjadi lebih segar.Saat kita sedang melamun atau daydreaming, otak memasuki mode gelombang alpha sehingga pikiran lebih tenang. Oleh kaena itu, manfaat melamun juga bisa untuk mengatasi stres dan kecemasan. Terlebih saat Anda mengalami hari yang sibuk dan melelahkan.Efek rileks yang kurang lebih sama juga didapatkan saat Anda melakukan doodling. Mencorat coret tanpa ada tujuan yang spesifik.

2. Membantu memecahkan masalah

Pernahkah Anda menemukan ide atau solusi terhadap suatu masalah saat tidak memikirkannya sama sekali? Hal ini bisa terjadi karena ketika otak sedang rileks dan tidak berfokus pada satu pikiran dapat memberikan sudut pandang baru dalam melihat masalah.Jika dianalogikan, ibarat di sebuah hutan, ketika Anda berfokus pada satu pikiran, hal tersebut sama seperti Anda melihat satu pohon. Sementara ketika pikiran sedang melamun, itu sama seperti melihat hutan secara keseluruhan. Sehingga Anda bisa memandang masalah dari sisi yang lebih besar.

3. Mengaktifkan berbagai area otak

Meski dari luar, melamun terlihat sebagai kegiatan yang sederhana, ternyata hal tersebut membutuhkan proses yang rumit di otak. Saat kita melamun, beberapa bagian otak aktif secara bersamaan.Tak heran Anda bisa menemukan ide saat melamun. Ketika bagian otak untuk eksekusi dan pemecahan aktif secara bersamaan, otak bisa mengakses informasi yang tadinya terpendam saat Anda hanya fokus pada satu hal saja.

4. Meningkatkan kreativitas

Siapa sangka, salah satu manfaat melamun dapat meningkatkan kreativitas. Lagi-lagi hal ini berkaitan dengan aktifnya beberapa bagian otak secara bersamaan saat sedang dalam kondisi rileks.Sebuah studi tahun 2012 juga menguatkan hal ini. Dalam studi ini mahasiswa disuruh menemukan sebanyak mungkin fungsi dari benda sehari-hari seperti tusuk gigi dan batu bata. Hasilnya, 41% dari mereka yang melamun terlebih dahulu hasilnya lebih kreatif dibandingkan yang langsung fokus untuk menyelesaikan masalahnya.

5. Membantu mencapai tujuan

Melamun ternyata dapat memnbantu Anda mencapai tujuan. Hal ini sering dilakukan oleh para atlit. Mereka membayangkan hasil yang diinginkan di benak mereka atau bagaimana nanti mereka melakukan suatu teknik saat pertandingan.Ibaratnya, melamun digunakan sebagai alat untuk membuat simulasi pertandingan di dalam otak. Tujuannya memfokuskan otak untuk mencapai hasil yang sudah dibayangkan.Tapi hal ini tidak berlaku untuk lamunan yang sifatnya jauh dari kenyataan. Contohnya melamun menjadi pahlawan super.

Catatan dari SehatQ

Siapa sangka, manfaat melamun sangat baik untuk otak. Hal ini membantu otak untuk beristirahat dan membuat Anda mendapatkan perspektif baru. Meski demikian, jangan jadikan manfaat melamun ini sebagai alasan untuk melamun sepanjang hari. Hasilnya malah akan membuat Anda jadi seseorang yang tidak produktifUntuk berdiskusi lebih lanjut manfaat melamun dan dampaknya untuk kondisi mental, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
kesehatan mentalgangguan kecemasan
Every Day Health https://www.everydayhealth.com/emotional-health/positive-negative-effects-daydreaming/
Diakses pada 22 April 2021
Verywell Mind. https://www.verywellmind.com/positives-about-daydreaming-5119107#citation-3
Diakses pada 22 April 2021
Berkeley. https://news.berkeley.edu/2021/01/18/where-do-our-minds-wander-brain-waves-can-point-the-way/
Diakses pada 22 April 2021
Dartmouth. https://sites.dartmouth.edu/dujs/2011/02/03/science-of-daydreaming/
Diakses pada 22 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait