Manfaat Meditasi Metta-Bhavana dan Cara Melakukannya dengan Benar


Meditasi metta-bhavana membantu mengembangkan sikap welas asih terhadap diri sendiri dan orang lain. Selain itu, jenis meditasi ini juga turut memberikan efek positif untuk kesehatan Anda secara keseluruhan.

(0)
Meditasi metta-bhavana beri efek positif untuk kesehatan fisik dan mentalMeditasi metta-bhavana bantu kembangkan sikap welas asih terhadap diri sendiri
Meditasi merupakan salah satu aktivitas yang dapat membantu meningkatkan kesehatan fisik dan mental. Ada macam-macam jenis meditasi, salah satu yang akan dibahas adalah meditasi metta-bhavana.Selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh, meditasi juga bisa membantu dalam menerima dan menyayangi diri secara utuh, atau lebih dikenal dengan istilah self-compassion. Self-compassion adalah kemampuan untuk menunjukkan empati, cinta, dan perhatian terhadap diri sendiri, terutama ketika menghadapi kegagalan. Jenis meditasi yang dapat membantu Anda mengembangkan kemampuan ini yaitu metta-bhavana atau loving kindness meditation.

Apa itu meditasi metta-bhavana?

Meditasi metta atau metta-bhavana adalah teknik meditasi tradisional Buddha yang bertujuan untuk mengembangkan emosi positif tanpa syarat terhadap semua makhluk hidup. Perasaan-perasaan yang dikembangkan melalui jenis meditasi ini, di antaranya:
  • Cinta
  • Rasa syukur
  • Kasih sayang
  • Kegembiraan
  • Kepercayaan
  • Kebahagiaan
  • Saling menghargai
Untuk menanamkan emosi-emosi positif tersebut, Anda harus melafalkannya dalam hati saat meditasi. Contoh kalimat yang dapat diucapkan dalam hati seperti “semoga hidup saya aman, damai, dan bebas dari penderitaan” atau “semoga saya selalu bahagia dan sehat”. Kalimat-kalimat positif itu harus terus dipikirkan ketika meditasi agar terus tertanam dalam diri Anda.

Manfaat meditasi metta-bhavana untuk kesehatan fisik dan mental

Melakukan meditasi metta-bhavana tidak hanya menanamkan energi positif dalam diri Anda, namun juga bermanfaat untuk kesehatan. Manfaat tersebut dapat dirasakan, baik secara fisik maupun mental.Berikut ini sejumlah manfaat yang bisa Anda dapatkan dari loving kindness meditation:

1. Meningkatkan kemampuan self-compassion

Meditasi metta-bhavana akan membantu Anda memiliki self-compassion
Sikap welas asih terhadap diri sendiri dapat mengurangi emosi negatif
Apabila dilakukan secara rutin, meditasi metta dapat meningkatkan kemampuan welas asih, terutama terhadap diri sendiri. Sikap welas asih dapat membantu mengurangi emosi negatif seperti perasaan tidak berharga maupun kritik dan amarah terhadap diri sendiri saat menghadapi kegagalan.Sebuah studi di tahun 2013 mengatakan, jenis meditasi ini dapat membantu meningkatkan welas asih dan perhatian pada penderita gangguan stres pasca trauma (PTSD). Secara tak langsung, efek tersebut turut membantu mengurangi gejala PTSD.

2. Meredakan stres dan kecemasan

Meditasi metta-bhavana mengembangkan rasa welas asih dalam diri Anda. Sikap ini dapat membuat Anda menerima kegagalan dengan emosi yang lebih positif. Dengan emosi positif, risiko stres dan kecemasan yang dirasakan tentunya akan semakin berkurang.

3. Mengurangi rasa sakit fisik

Menurut sejumlah penelitian, loving kindness meditation dapat membantu mengurangi rasa sakit fisik seperti nyeri punggung dan migrain. Emosi positif yang Anda peroleh dari meditasi metta bisa membuat tubuh jadi lebih toleran terhadap rasa sakit. Sebaliknya, emosi negatif dapat memicu stres dan menyebabkan kondisi Anda bertambah parah.

4. Memperpanjang umur

Meditasi metta-bhavana membantu Anda memiliki umur panjang
Rutin melakukan meditasi akan membantu Anda memiliki umur panjang
Stres berpotensi memicu munculnya penyakit kronis dalam tubuh. Saat hidup dengan penyakit kronis, risiko kematian dini akan semakin meningkat. Meditasi metta-bhavana dapat meredakan stres yang tengah Anda rasakan. Dengan begitu, potensi Anda untuk mempunyai umur yang lebih panjang akan semakin meningkat. 

5. Meningkatkan hubungan sosial

Meditasi metta-bhavana membantu mengembangkan emosi positif dalam diri Anda. Rasa welas asih yang dimiliki kemudian secara tidak langsung akan meluas ke orang lain. Anda akan mulai menebar kebaikan dengan menunjukkan empati dan kasih sayang terhadap mereka. Hasilnya, hubungan dengan sesama pun menjadi lebih baik.

Bagaimana cara melakukan meditasi metta-bhavana dengan benar?

Untuk melakukan meditasi metta-bhavana, tidak ada alat khusus yang perlu disiapkan. Anda hanya perlu mencari tempat yang terhindar dari gangguan, serta membuat hati dan perasaan tenang.Berikut ini langkah-langkah melakukan meditasi metta dengan benar:
  1. Duduk dalam posisi yang nyaman. Tutup mata, kemudian lakukan teknik pernapasan dalam menggunakan hidung.
  2. Fokuskan perhatian pada pernapasan dan pikiran. Bayangkan napas Anda mengalir ke seluruh tubuh.
  3. Ucapkan kalimat-kalimat yang bisa membangun energi positif dalam diri Anda. Sebagai contoh, Anda dapat mengucapkan “semoga saya selalu bahagia”, “semoga saya selalu sehat”, atau “semoga hidup saya selalu damai”.
  4. Ulangi kalimat tersebut secara terus menerus. Hindari memikirkan hal-hal yang memberi energi negatif bagi pikiran dan hati Anda.
  5. Setelah mengembangkan kemampuan welas asih terhadap diri sendiri. Pikirkan orang-orang terdekat Anda, misalnya sahabat, pasangan, atau keluarga. Ucapkan kalimat-kalimat positif seperti yang Anda lakukan sebelumnya dalam hati untuk mereka.

Catatan dari SehatQ

Meditasi metta-bhavana adalah jenis meditasi yang digunakan untuk mengembangkan sikap welas asih terhadap diri sendiri dan orang lain. Tak hanya itu, jenis meditasi ini juga memberi efek positif untuk kesehatan, baik secara fisik maupun mental.Untuk berdiskusi lebih lanjut soal loving kindness meditation dan manfaatnya untuk kesehatan, tanyakan langsung ke dokter di aplikasi kesehatan SehatQ . Download sekarang di App Store dan Google Play.
strespost traumatic stress disorder (PTSD)gangguan kecemasan
Healthline. https://www.healthline.com/health/metta-meditation
Diakses pada 10 April 2021
Good Therapy. https://www.goodtherapy.org/learn-about-therapy/issues/self-compassion
Diakses pada 10 April 2021
NIH. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/23893519/
Diakses pada 10 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait