logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Kesehatan Mental

Pentingnya Me Time untuk Menjaga Kesehatan Mental

open-summary

Pentingnya me time dapat mengisi kembali energi yang terkuras setelah beraktivitas. Anda pun bisa menjaga kesehatan mental dengan meluangkan waktu sendiri.


close-summary

5

(7)

8 Feb 2022

| Anita Djie

Ditinjau oleh dr. Anandika Pawitri

Pentingnya me time

Sisihkan waktu untuk menyendiri dari keramaian

Table of Content

  • Pentingnya me time
  • Cara me time
  • Menyempatkan me time dalam aktivitas sehari-hari
  • Catatan dari SehatQ

Setiap orang butuh me time pada momen-momen tertentu. Pentingnya me time ini ternyata bisa berdampak baik untuk kesehatan mental seseorang. Melakukan aktivitas sendiri atau hanya berdiam diri tanpa gangguan orang lain juga termasuk me time.

Advertisement

Me time atau waktu untuk menyendiri memang diperlukan untuk membawa keseimbangan dalam hidup Anda. Faktanya, kegiatan me time berdampak positif bagi kesehatan pikiran dan fisik.

Pentingnya me time

Arti me time adalah menggambil waktu untuk diri sendiri. Me time bukan berarti Anda egois. Menghabiskan waktu sendiri bisa dilakukan di rumah atau tempat yang menurut Anda nyaman. Berikut manfaat me time yang bisa Anda dapatkan.

1. Memberikan waktu untuk berpikir

Tiap hari Anda lelah setelah bekerja dan bersosialisasi dengan banyak orang. Ini membuat Anda kehilangan momen untuk memikirkan hal-hal lainnya. Aktivitas me time dapat menjadi sarana untuk memikirkan hal-hal yang mendalam, seperti tujuan hidup Anda, rencana hidup Anda ke depan, dan sebagainya. Kamu pun bisa meningkatkan konsentrasi untuk fokus pada tujuan.

2. Mengenal diri sendiri

Selain memikirkan hal-hal yang mendalam dan istirahat, waktu me time juga dapat menjadi saat-saat Anda mengenali diri sendiri. Anda bisa memikirkan kembali apa yang Anda inginkan dalam hidup atau apakah semua hal yang Anda lakukan belakangan ini sudah sesuai dengan tujuan hidup dan kata hati Anda.

3. Meningkatkan kualitas hubungan sosial

Siapa sangka, salah satu manfaat memberikan waktu untuk diri sendiri adalah meningkatkan kualitas hubungan sosial. Dengan me time, Anda bisa  mengenali diri sendiri dan memilih lingkup pertemanan yang memang sesuai dengan visi misi diri.

Anda akan mampu memilih teman yang memang bisa membangun diri. Terkadang, me time dapat menyadarkan diri mengenai betapa berharganya orang-orang di sekitar Anda.

4. Menambah konsentrasi dan produktivitas

Terkadang, terlalu banyak hal yang dikerjakan justru dapat menurunkan konsentrasi dan produktivitas. Waktu me time berperan dalam membantu Anda untuk melepaskan segala hal yang mengganggu dan membuat Anda bisa fokus ke satu arah. Menyendiri juga bisa menjernihkan pikiran sehingga bisa kembali meningkatkan produktivitas.

5. Mengisi energi mental

Memang tidak bisa disangkal bahwa mengerjakan pekerjaan yang banyak dan bersosialisasi menguras energi mental Anda. Di saat seperti inilah Anda butuh me time. Dengan menyediri, Anda bisa mengistirahatkan pikiran. Ibarat charger, me time dapat mengisi ulang energi mental Anda untuk menghadapi hari esok. 

6. Membantu memunculkan solusi dan ide

Tahukah Anda jika ide-ide brilian sering kali muncul saat pikiran sedang rileks? Me time mampu membuat pikiran Anda rileks dan bebas dari segala pikiran yang membebani Anda. Ketika rileks dan tanpa gangguan dari orang lain, Anda bisa menemukan ide atau solusi yang belum pernah terpikirkan sebelumnnya. Cobalah meluangkan waktu untuk me time untuk dapatkan inspirasi baru.

Baca juga: Manfaat Support System untuk Kesehatan Mental

Cara me time

Bagi Anda yang ingin mencoba menerapkan me time, hal pertama yang perlu dilakukan adalah menjadwalkan waktu sendirian. Sama seperti kencan, Anda juga harus melakukan persiapan untuk kencan dengan diri sendiri. Anda dapat melakukan me time di pagi hari sebelum melakukan berbagai kegiatan sehari-hari atau sebelum tidur.

Terkadang, Anda juga bisa memasukkan me time ke dalam makan siang Anda. Anda tidak perlu harus makan bersama teman-teman kantor. Sesekali makanlah sendirian di taman atau tempat lainnya sambil menikmati suasana yang tenang.

Bila Anda memutuskan untuk melakukan me time di rumah, pastikan bahwa tidak ada hal-hal yang mengganggu. Singkirkan dulu barang seperti handphone, televisi, komputer, dan sebagainya. Matikan atau jauhkan teknologi-teknologi yang dapat menghambat waktu me time.

Akan lebih baik jika Anda menutup pintu kamar. Cara ini bisa sekaligus memberitahukan dan menekankan orang-orang di rumah bahwa Anda sedang membutuhkan waktu untuk sendirian.

Baca juga: Pentingnya Self-Awareness untuk Kesehatan Mental

Menyempatkan me time dalam aktivitas sehari-hari

Waktu me time hanya bisa dirasakan ketika Anda memang bersungguh-sungguh menjadwalkannya ke dalam keseharian Anda. Caranya adalah dengan menetapkan jadwal yang pasti, misalnya, tiap hari selasa pagi.

Meskipun demikian, Anda bisa membuat waktu me time di saat-saat senggang. Contohnya saat anak sedang tidur siang, dan sebagainya. Anda dapat menyisihkan waktu me time sebanyak lima sampai 30 menit, tetapi pada dasarnya durasi waktu me time tergantung pada Anda.

Saat teman atau keluarga ingin mengajak Anda keluar di waktu me time Anda, beritahukan kepada mereka bahwa waktu tersebut adalah saat untuk diri sendiri. Jangan menjadwalkan ulang atau bahkan tidak melakukan waktu me time yang sudah dijadwalkan. Cara me time ini terbukti ampuh untuk menjaga kesehatan mental Anda.

Baca juga: Resep Sehat untuk Mental Anda

Catatan dari SehatQ

Menghabiskan waktu dengan melakukan kegiatan sendiri ternyata punya banyak manfaat untuk banyak hal. Anda bisa menjaga mental dan memperbaiki kehidupan sosial dengan orang lain. Pastikan Anda memiliki cara tersendiri untuk melakukan me time pada waktu tertentu.

Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar kesehatan mental, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.

Advertisement

kesehatan mentalstres

Referensi

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved