Menyenangkan Diri Itu Penting, Apa Manfaat Me Time untuk Anda?

Mengambil waktu untuk me time bermanfaat untuk kesehatan pikiran
Me time penting untuk kesehatan mental Anda

Pernah merasa bahwa Anda membutuhkan waktu untuk sendiri? Melakukan hal-hal yang Anda suka atau sekedar menyendiri dan merenung tanpa gangguan dari orang lain? Jika, iya, Anda tak perlu merasa bersalah atau merasa Anda seolah bersikap egois. Me time atau waktu untuk menyendiri memang diperlukan untuk membawa keseimbangan dalam hidup Anda. Faktanya kegiatan me time berdampak positif bagi kesehatan pikiran dan fisik.

Manfaat Me time?

Menggambil waktu untuk diri sendiri atau me time bukan berarti Anda egois. Sama seperti Anda butuh waktu bersosialisasi dengan orang lain, Anda juga perlu meluangkan waktu untuk diri sendiri agar mendapatkan berbagai manfaat yang menyeimbangkan kehidupan Anda. Beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan melakukan me time adalah:

  • Memberikan waktu untuk berpikir

Tiap hari Anda pulang, bekerja, dan bersosialisasi dengan banyak orang. Ini membuat Anda kehilangan momen untuk memikirkan hal-hal lainnya. Waktu me time dapat menjadi sarana Anda untuk memikirkan hal-hal yang mendalam, seperti tujuan hidup Anda, rencana hidup Anda ke depan dan sebagainya.

  • Mengenal diri sendiri

Selain memikirkan hal-hal yang mendalam, waktu me time juga dapat menjadi saat-saat Anda mengenali diri sendiri. Anda bisa memikirkan kembali apa yang Anda inginkan dalam hidup atau apakah semua hal yang Anda lakukan belakangan ini sudah sesuai dengan tujuan hidup dan kata hati Anda.

  • Meningkatkan kualitas hubungan sosial

Siapa sangka, memberikan waktu untuk diri sendiri atau me time justru mampu meningkatkan kualitas hubungan sosial. Waktu me time membantu Anda mengenali diri sendiri dan memilih lingkup pertemanan yang memang sesuai dengan visi misi diri.

Anda akan mampu memilih teman yang memang bisa membangun diri. Terkadang, waktu me time dapat menyadarkan diri mengenai betapa berharganya orang-orang di sekitar Anda.

  • Menambah konsentrasi dan produktivitas

Terkadang, terlalu banyak hal yang dikerjakan justru dapat menurunkan konsentrasi dan produktivitas. Waktu me time berperan dalam membantu Anda untuk melepaskan segala hal yang mengganggu dan membuat Anda bisa fokus ke satu arah.

  • Mengisi energi mental

Memang tidak bisa disangkal bahwa mengerjakan pekerjaan yang banyak dan bersosialisasi menguras energi mental Anda. Di saat seperti inilah Anda membutuhkan me time. Dengan menyediri Anda bisa mengistirahatkan pikiran. Ibarat charger, me time dapat mengisi ulang energi mental Anda untuk menghadapi hari esok.

  • Membantu memunculkan solusi dan ide

Tahukah Anda jika ide-ide brilian sering kali muncul saat pikiran sedang rileks? Me time mampu membuat pikiran Anda rileks dan bebas dari segala pikiran yang membebani Anda. Ketika rileks dan tanpa gangguan dari orang lain, Anda bisa menemukan ide atau solusi yang belum pernah terpikirkan sebelumnnya

Bagaimana cara menerapkan me time?

Bagi Anda yang ingin mencoba menerapkan me time, hal pertama yang perlu dilakukan adalah menjadwalkan waktu me time. Sama seperti kencan, Anda juga harus melakukan persiapan untuk kencan dengan diri sendiri. Anda dapat melakukan me time di pagi hari sebelum melakukan berbagai kegiatan sehari-hari atau sebelum tidur.

Terkadang, Anda juga bisa memasukkan waktu me time ke dalam makan siang Anda. Anda tidak perlu harus makan bersama teman-teman kantor, sesekali makanlah sendirian di taman atau tempat lainnya sambil menikmati suasana yang tenang.

Bila Anda memutuskan untuk melakukan me time di rumah, pastikan bahwa tidak ada hal-hal yang mengganggu, seperti handphone, televisi, komputer, dan sebagainya. Matikan atau jauhkan teknologi-teknologi yang dapat menghambat waktu me time.

Akan lebih baik jika Anda menutup pintu kamar untuk memberitahukan dan menekankan orang-orang di rumah kalau Anda sedang membutuhkan waktu untuk sendirian.

Cara menyelipkan me time ke jadwal sehari-hari

Waktu me time hanya bisa dirasakan ketika Anda memang bersungguh-sungguh menjadwalkannya ke dalam keseharian Anda. Caranya adalah dengan menetapkan jadwal yang pasti, misalnya, tiap hari selasa pagi.

Meskipun demikian, Anda bisa membuat waktu me time di saat-saat senggang, contohnya saat anak sedang tidur siang, dan sebagainya. Anda dapat menyisihkan waktu me time sebanyak lima sampai 30 menit, tetapi pada dasarnya durasi waktu me time tergantung pada Anda.

Saat teman atau keluarga ingin mengajak Anda keluar di waktu me time Anda, beritahukan kepada mereka bahwa waktu tersebut adalah saat untuk diri sendiri. Jangan menjadwalkan ulang atau bahkan tidak melakukan waktu me time yang sudah dijadwalkan.

Psychology Today. https://www.psychologytoday.com/us/blog/high-octane-women/201201/6-reasons-you-should-spend-more-time-alone
Diakses pada 16 Desember 2019

WebMD. https://www.webmd.com/balance/features/prioritizing-time-for-yourself-for-health#1
Diakses pada 16 Desember 2019

Banner Telemed