Manfaat Masker Spirulina untuk Kulit Wajah dan Cara Membuatnya


Masker spirulina dipercaya mampu mencerahkan kulit, mencegah datangnya jerawat, bahkan menunda tanda-tanda penuaan. Anda bisa meraciknya sendiri di rumah dengan bahan yang terbilang sederhana.

(0)
21 Jan 2021|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Manfaat masker spirulina antara lain mencerahkan kulitManfaat masker spirulina dapat Anda rasakan berupa kulit wajah yang lebih sehat
Spirulina adalah salah satu jenis tumbuhan yang paling banyak digunakan sebagai suplemen kesehatan maupun kecantikan, misalnya dengan dijadikan bahan pembuat masker. Tahukah Anda apa saja manfaat masker spirulina ini bagi wajah dan kulit secara keseluruhan?Bagi Anda yang tidak familiar dengan spirulina, ini adalah sejenis alga berwarna hijau kebiruan. Spirulina merupakan tumbuhan tipe sianobakteri yang mampu tumbuh di air tawar maupun air laut.Seperti tanaman lainnya, sianobakteri bisa menghasilkan energi dari hasil fotosintesis dengan bantuan sinar matahari. Sejarah membuktikan spirulina sudah banyak dikonsumsi sejak zaman Aztec karena dipercaya memiliki berbagai khasiat bagi kesehatan.

Apa saja manfaat masker spirulina untuk wajah?

Masker spirulina bisa membantu mencegah jerawat
Penelitian awal menunjukkan spirulina juga mengandung antioksidan, zat antiperadangan, dan kandungan lain yang dapat memperkuat sistem imun. Inilah sebabnya berbagai produk kecantikan berlomba-lomba menjadikan alga tersebut sebagai salah satu bahan campurannya.Lengkapnya, manfaat masker spirulina untuk wajah adalah:
  • Mencegah jerawat

    Masker spirulina dipercaya dapat mencegah berkembangnya bakteri yang menyebabkan jerawat. Selain itu, memakai masker ini juga dapat mengurangi peradangan akibat jerawat.
  • Mencerahkan kulit

    Manfaat masker spirulina lainnya ialah mempercepat metabolisme kulit sehingga sel kulit mati cepat terangkat dan digantikan dengan lapisan baru yang lebih cerah.
  • Melembapkan kulit wajah

    Penelitian lain juga membuktikan bahwa masker spirulina bisa berfungsi melembapkan kulit wajah dan mencegah terjadinya transepidermal water loss.
  • Mengurangi minyak di wajah

    Manfaat masker spirulina ini sangat berguna bagi pemilik kulit berminyak karena kandungan di dalam alga tersebut dapat mengontrol minyak berlebih di wajah.
  • Sebagai anti-aging

    Spirulina juga mengandung bahan aktif yang dapat menunda munculnya tanda-tanda penuaan.
Penelitian menunjukkan bahwa masker spirulina cocok digunakan oleh wanita dengan rentang usia remaja hingga dewasa, bahkan orang tua. Namun, pemakaian harus segera dihentikan jika mengalami reaksi alergi, seperti kulit kemerahan, gatal, hingga bibir terlihat seperti bengkak setelah menggunakan masker spirulina.

Membuat masker spirulina sendiri

Lidah buaya bisa digunakan untuk campuran masker spirulina
Masker spirulina bisa dibeli dalam bentuk face sheet maupun masker oles. Membuatnya sendiri di rumah dengan campuran bahan-bahan alami pun cukup mudah dilakukan. Untuk meracik masker spirulina homemade, Anda bisa membeli bubuk spirulina terlebih dahulu di toko online maupun offline.Jangan panaskan bubuk spirulina (termasuk mencampurnya dengan air panas) agar kandungan nutrisi di dalamnya tidak hilang. Sisa bubuk spirulina yang belum terpakai juga sebaiknya disimpan di kulkas demi menjaga kandungannya tidak rusak saat digunakan kembali.Untuk membuatnya, sesuaikan bahan tambahan yang akan dicampur dengan bubuk spirulina sesuai manfaat masker spirulina yang ingin Anda dapatkan. Berikut beberapa contoh membuat masker spirulina sendiri.

1. Untuk melembapkan kulit

Bahan:
  • 1 sendok makan bubuk spirulina
  • 2-3 sendok teh gel lidah buaya
Cara membuat:Campur bahan-bahan hingga rata, kemudian aplikasikan ke seluruh wajah. Diamkan selama 10-15 menit, lalu bilas dengan air bersih, dan basuh dengan handuk. Terakhir, oleskan pelembap di wajah Anda.

2. Untuk mengontrol minyak

Bahan:
  • 1 sendok makan spirulina
  • 1 sendok makan madu
Cara membuat:Campur bahan-bahan hingga rata dan aplikasikan ke seluruh wajah. Diamkan selama 10-15 menit, bilas dengan air bersih, basuh dengan handuk, lalu oleskan pelembap untuk kulit berminyak di wajah.

3. Untuk anti-aging

Bahan:
  • 1 sendok makan spirulina
  • 1 sendok makan minyak almond
  • 2 tetes minyak vitamin E
Cara membuat:Campur semua bahan hingga rata, lalu aplikasikan ke seluruh wajah. Diamkan selama 10-15 menit, bilas dengan air bersih, kemudian basuh dengan handuk dan oleskan pelembap untuk mengunci kelembapan wajah setelah dimasker.

Kandungan menyehatkan dari masker spirulina

Spirulina memang dianggap sebagai salah satu superfood karena mengandung berbagai vitamin dan kaya akan protein yang berguna bagi kesehatan manusia. Satu sendok makan (7 gram) spirulina kering mengandung:
  • 20 kalori
  • 4,02 g protein
  • 1,67 g karbohidrat
  • 0,54 g lemak
  • 8 miligram (mg) kalsium
  • 2 mg zat besi
  • 14 mg magnesium
  • 8 mg fosfor
  • 95 mg kalium
  • 73 mg natrium
  • 0,7 mg vitamin C
  • Thiamin, riboflavin, niasin, folat, dan vitamin B-6, A, dan K dalam jumlah sedikit
Bagaimana, tertarik untuk mencoba mendapatkan manfaat masker spirulina ini?Untuk mengetahui lebih lanjut tentang manfaat spirulina, Anda dapat menanyakannya langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
perawatan kulitjerawatmasker wajahperawatan wajah
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324027
Diakses pada 12 Januari 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/10-proven-benefits-of-spirulina
Diakses pada 12 Januari 2020
Livestrong. https://www.livestrong.com/article/453979-the-benefits-of-spirulina-for-the-skin/
Diakses pada 12 Januari 2020
Research Gate. https://www.researchgate.net/publication/283491687_Clinical_Efficacy_of_Dermocosmetic_Formulations_Containing_Spirulina_Extract_on_Young_and_Mature_Skin_Effects_on_the_Skin_Hydrolipidic_Barrier_and_Structural_Properties
Diakses pada 12 Januari 2020
Be Spotted. https://bespotted.org/spirulina-face-mask-benefits-5-best-recipes/
Diakses pada 12 Januari 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait