6 Manfaat Masker Mugwort untuk Wajah Serta Cara Menggunakannya


Masker mugwort adalah salah satu produk perawatan kulit asal Korea Selatan yang tengah digemari saat ini. Manfaat masker mugwort untuk wajah bisa didapat asalkan Anda menggunakan maskernya dengan benar.

(0)
Masker mugwort diyakini bisa mengobati masalah jerawatMasker mugwort adalah salah satu produk perawatan kulit asal Korea Selatan yang tengah digemari
Masker mugwort menjadi salah satu produk perawatan kulit asal Korea Selatan yang tengah digemari saat ini. Apa manfaat mugwort untuk wajah?Mugwort adalah tanaman yang umumnya tumbuh di beberapa wilayah, termasuk di Asia, Amerika Utara, dan Eropa.Mugwort yang dikenal pula sebagai Artemisia vulgaris adalah tumbuhan herbal yang kerap digunakan secara turun temurun di Korea Selatan.Banyak orang Korea Selatan yang menggunakan mugwort sebagai bahan makanan, pengobatan, sampai perawatan kulit.Kini, Anda bisa menemukan kandungan mugwort dalam sejumlah produk perawatan kulit, seperti krim wajah, obat jerawat, hingga masker wajah.

Apa manfaat masker mugwort untuk wajah?

Tanaman mugwort atau dalam bahasa Korea dikenal dengan “ssuk” seringkali digunakan dalam produk masker wajah.Seorang dermatolog menganggap mugwort sama dengan vitamin C lantaran keduanya mengandung antioksidan.Sedangkan, seorang ahli kimia mengemukakan bahwa mugwort sama dengan pohon teh karena berfungsi membunuh bakteri penyebab jerawat, tetapi dengan aroma yang lebih harum.Nah, untuk mengetahui ulasan mengenai manfaat mugwort untuk wajah, berikut adalah manfaat masker mugwort selengkapnya.

1. Melembapkan kulit

masker mugwort diyakini bisa melembapkan kulit wajah
Masker mugwort dapat melembapkan kulit wajah
Salah satu manfaat masker mugwort adalah melembapkan kulit.Mugwort mengandung vitamin E, yakni komponen yang dapat membantu mempertahankan kelembapan kulit.Dengan demikian, penggunaan masker mugwort secara rutin bisa membuat kulit wajah Anda terasa lembap.

2. Melindungi kulit dari paparan sinar matahari

Manfaat masker mugwort berikutnya adalah melindungi kulit dari paparan sinar matahari.Sebuah penelitian yang dilakukan pada hewan uji tikus menyatakan bahwa mugwort dapat bertindak sebagai antioksidan yang membantu melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar ultraviolet (UV).

3. Merangsang produksi kolagen

Manfaat masker mugwort adalah merangsang produksi kolagen
Penggunaan masker mugwort bisa menyamarkan tanda penuaan
Merangsang produksi kolagen juga menjadi manfaat masker mugwort.Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen pada kulit manusia akan menurun.Penggunaan masker mugwort dan produk perawatan kulit yang mengandung jenis tanaman herbal ini dapat meningkatkan produksi kolagen sehingga masalah penuaan, seperti garis-garis halus di wajah dapat tersamarkan.

4. Mengatasi jerawat

Manfaat masker mugwort disebut-sebut tidak kalah dengan vitamin C dan tea tree oil.Ya, masker mugwort diyakini dapat mengatasi jerawat berkat kandungan antibakteri di dalamnya yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat.Sedangkan, kandungan antiradang dapat membantu meredakan jenis jerawat kistik (cystic acne) dan jerawat kemerahan yang meradang.Selain itu, kandungan antimikroba pada mugwort dapat menghambat pertumbuhan mikroorganisme sehingga proses penyembuhan luka akibat jerawat atau bekas jerawat bisa lebih cepat terjadi.Kendati demikian, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut guna membuktikan manfaat mugwort untuk wajah berjerawat.

5. Meredakan peradangan

Manfaat masker mugwort untuk wajah berikutnya adalah meredakan peradangan di wajah.Hal ini karena mugwort mengandung zat antiradang yang baik untuk kulit, seperti kulit kering dan kulit iritasi.Di samping itu, mugwort mengandung zat antiinflamasi yang mampu meringankan kondisi kulit tertentu, seperti eksim atau dermatitis atopik, rosacea, dan psoriasis.

6. Mencerahkan wajah

Wajah cerah berkat masker mugwort
Masker mugwort bisa membuat wajah jadi cerah
Bagi Anda yang tidak memiliki kulit sensitif atau kulit berjerawat, penggunaan masker mugwort ternyata tak hanya berfungsi untuk melembapkan, melainkan mencerahkan kulit wajah.Dengan demikian, warna kulit wajah Anda pun juga tampak merata. Menarik, bukan?Baca Juga: Tak Hanya untuk Kecantikan, Ini Manfaat Mugwort untuk Kesehatan Tubuh

Bagaimana cara menggunakan masker mugwort?

Pada dasarnya, cara menggunakan masker mugwort sama saja seperti masker wajah umumnya.Bagi Anda yang ingin mencoba masker mugwort, berikut cara menggunakan masker mugwort yang bisa dicoba.

1. Bersihkan wajah terlebih dahulu

Cara menggunakan masker mugwort sebenarnya sama seperti penggunaan masker wajah pada umumnya.Anda perlu memastikan wajah dalam kondisi bersih dan kering terlebih dahulu.Wajah yang bersih dapat membantu memudahkan kandungan pada masker mugwort dapat meresap ke dalam pori-pori kulit dengan sempurna.

2. Baca aturan pakai masker mugwort

Alangkah baiknya Anda membaca aturan pakai masker mugwort yang tertera di balik kemasan sebelum menggunakannya.Pasalnya, setiap masker mugwort mungkin memiliki campuran kandungan bahan aktif dan aturan cara pemakaian yang berbeda-beda.

3. Pakai masker pada permukaan wajah

Masker mugwort yang tersedia di pasaran mungkin hadir dalam bentuk masker lembaran (sheet mask) atau bertekstur krim.Cara menggunakan masker mugwort berbentuk sheet mask adalah dengan cara meletakkannya terlebih dahulu pada area dahi dan mata.Hal tersebut bertujuan agar masker tidak menimbulkan gelembung sehingga dapat menempel sempurna. Lalu, tarik lembaran masker ke area pipi dan dagu.Jika Anda menggunakan masker mugwort bertekstur krim, oleskan masker tersebut secukupnya ke permukaan wajah, seperti kening, pipi, hidung, dan dagu.Anda bisa menggunakan ujung jari atau kuas bersih untuk mengoleskan masker mugwort berbentuk krim.Perlu diingat, jangan mengoleskan masker mugwort terlalu dekat dengan area mata, garis rambut, lubang hidung, atau mulut, ya.

4. Diamkan masker beberapa saat

Setelah menggunakan masker mugwort sesuai cara yang di atas, Anda dapat mendiamkannya selama beberapa menit.Hal ini bertujuan agar kandungan yang terdapat pada masker mugwort dapat menyerap sempurna ke dalam kulit Anda.Saat sedang menggunakan masker mugwort, Anda dapat sambil melakukan aktivitas lainnya.Misalnya, membaca buku, menonton film atau serial televisi, hingga bermain ponsel.

5. Bilas masker

Setelah beberapa menit, Anda dapat membersihkan masker yang sudah menempel atau mengering di wajah.Jika Anda menggunakan sheet mask, cukup lepas masker dan lanjutkan dengan penggunaan skincare lainnya tanpa harus membilas wajah menggunakan air bersih.Bila menggunakan masker mugwort berbentuk krim, gunakan air suam-suam kuku untuk mengelupas masker secara perlahan.Kemudian, cuci bersih wajah dan keringkan menggunakan handuk.

6. Oleskan pelembap

Apa pun jenis masker mugwort yang digunakan, Anda perlu mengoleskan pelembap sesudahnya.Pilihlah pelembap sesuai jenis kulit dan oleskan sesaat setelah melepas atau membersihkan masker.Penggunaan pelembap dapat membantu menghidrasi kulit dan membuat manfaat mugwort untuk wajah bekerja maksimal.

Catatan dari SehatQ

Penggunaan masker mugwort perlu dilakukan dengan hati-hati karena bisa saja menimbulkan efek samping tertentu.Hal ini karena setiap kulit tentu memiliki reaksi yang berbeda-beda, terutama kulit dengan kondisi tertentu.Jika saat atau setelah memakai masker mugwort, kulit wajah Anda jadi memerah atau terasa gatal, sebaiknya segera hentikan pemakaian masker dan bilas dengan air bersih.Tak ada salahnya Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit terlebih dahulu untuk mengetahui apakah jenis kulit wajah Anda cocok untuk menggunakan masker mugwort atau tidak.Dengan ini, manfaat mugwort untuk wajah dapat Anda rasakan secara optimal.Masih punya pertanyaan seputar masker mugwort? Tanyakan langsung dengan dokter lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.Caranya, pastikan Anda sudah mengunduhnya melalui App Store dan Google Play.
kesehatan kulitkulit dan kecantikanmasker wajahperawatan wajah
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/how-to-apply-a-face-mask-correctly#prep-and-aftercare
Diakses pada 8 Februari 2021
Allure. https://www.allure.com/story/mugwort-benefits-korean-skin-care-ingredient
Diakses pada 8 Februari 2021
The Klog. https://theklog.co/mugwort-products-for-sensitive-skin/
Diakses pada 8 Februari 2021
Dr. TWL Dermaceuticals. https://drtwlderma.com/skincare-ingredients-for-your-acne-skin-cleanser-why-you-should-add-mugwort-to-your-skincare-routine/
Diakses pada 8 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait