Masker Lidah Buaya: Masker Sehat, Alami, dan Bermanfaat

Manfaat masker lidah buaya meliputi perawatan wajah dan rambut
Ada banyak manfaat masker lidah buaya

Lidah buaya banyak diolah sebagai bahan dasar produk-produk kecantikan. Salah satu produk kecantikan dengan bahan lidah buaya yang paling digemari adalah masker lidah buaya.

Masker lidah buaya dipercaya bermanfaat bagi perawatan wajah dan rambut karena memiliki banyak nutrisi. Selain membelinya, Anda juga bisa membuat masker lidah buaya sendiri dengan mudah di rumah.

Manfaat masker lidah buaya untuk rambut dan wajah

Masker lidah buaya merupakan salah satu produk kecantikan yang cukup populer di pasaran. Umumnya ada dua jenis masker lidah buaya, yaitu masker rambut dan masker wajah. Beberapa manfaat masker lidah buaya untuk rambut dan wajah, di antaranya:

  • Masker rambut lidah buaya

Masker lidah buaya memiliki sifat melembapkan dan memberi nutrisi untuk rambut dan kulit kering. Penelitian juga menunjukkan masker lidah buaya membantu menghilangkan ketombe. Senyawa yang terkandung dalam masker lidah buaya pun dapat membantu meningkatkan kesehatan rambut.

Selain itu, masker rambut lidah buaya memiliki sifat antiperadangan yang bisa membantu mengurangi iritasi kulit kepala. Kandungan enzim dan asam lemak dalam masker rambut lidah buaya juga dapat membantu mengurangi peradangan.

Tidak hanya itu, kandungan vitamin C, E, B-12, asam folat, dan kolin dalam lidah buaya mampu menyehatkan dan memperkuat rambut Anda. Masker lidah buaya direkomendasikan jika Anda memiliki rambut rapuh, kering, rusak, keriting, atau alami.

  • Masker wajah lidah buaya

Masker wajah lidah buaya mampu membuat wajah terlihat segar, membersihkan pori-pori wajah, dan membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat. Sifat antibakteri dalam lidah buaya dipercaya bisa mengendalikan dan mengurangi bakteri penyebab jerawat.

Khasiat yang lebih dahsyat bisa dirasakan dengan menambahkan sari lemon, yang akan menjadi pembersih yang efektif untuk menghilangkan jerawat. Sementara, jika masker lidah buaya dikombinasikan dengan kayu manis dan madu, maka akan membuat kulit wajah menjadi halus dan bebas jerawat.

Bukan hanya itu, masker lidah buaya juga bagus untuk perawatan kulit kering karena bisa membantu menjaga kelembapan dalam kulit. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya bagi Anda untuk mencoba masker lidah buaya.

Cara membuat masker lidah buaya untuk rambut dan wajah

Jika Anda tertarik menggunakan masker lidah buaya, Anda bisa membelinya di toko kecantikan, supermarket, ataupun secara online. Namun, jika Anda memiliki tanaman lidah buaya di rumah, cobalah untuk membuat masker ini sendiri. Cara membuat masker lidah buaya, yaitu:

  • Membuat masker rambut lidah buaya

Anda dapat mengkombinasikan gel lidah buaya dengan minyak kelapa untuk membuat masker rambut yang sederhana namun efektif. Minyak kelapa dapat membantu rambut Anda terasa lebih lembut, mengurangi kerapuhan, meningkatkan kekuatan rambut, dan membuatnya berkilau.

Cara membuat masker rambut lidah buaya cukup mudah, Anda hanya perlu mencampurkan 2 sdm gel lidah buaya dan 1 sdm minyak kelapa. Aduk hingga rata, kemudian aplikasikan pada seluruh rambut dan kulit kepala menggunakan tangan Anda secara menyeluruh.

Setelah itu, sisir rambut agar masker lidah buaya tersebar merata. Gunakanlah showercap untuk menjaga kelembapan rambut. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas rambut Anda dengan bersih jika sudah selesai. Selain dengan minyak kelapa, Anda juga dapat membuat masker lidah buaya dengan sari cuka apel atau yogurt.

  • Membuat masker wajah lidah buaya

Anda dapat mengkombinasikan gel lidah buaya dengan sari lemon untuk membuat masker wajah lidah buaya. Campurkan 2 sdm gel lidah buaya dan ¼ sdt sari lemon, atau jika ingin membuat lebih banyak maka selalu gunakan perbandingan 8:1 agar tidak mengiritasi kulit dengan keasaman lemon.

Aduk campuran tersebut secara merata, lalu aplikasikan pada seluruh kulit wajah Anda dengan menyeluruh. Diamkan selama 10-15 menit agar masker meresap ke dalam kulit wajah. Selanjutnya, jika sudah selesai bilas seluruh wajah Anda hingga bersih.

Selain dengan sari lemon, Anda dapat mengombinasikan lidah buaya dengan madu dan kayu manis. Caranya yaitu campurkan 1 sdm lidah buaya dengan 2 sdm madu aduk dengan rata. Setelah itu, campurkan ¼ sdm kayu manis dan aduk kembali. Ketika sudah tercampur, aplikasikan masker ke wajah Anda selama 5-10 menit. Jika sudah selesai, bilas wajah hingga bersih.

Risiko menggunakan masker lidah buaya

Mengaplikasikan masker lidah buaya pada umumnya aman dilakukan, namun sebagian orang mungkin bisa mengalami alergi. Tanda-tanda alergi yang muncul bisa berupa kemerahan, ruam atau pembengkakan.

Jika reaksi alergi muncul ketika Anda menggunakan masker lidah buaya, segera hentikan penggunaan. Selain itu, lakukan pemeriksaan ke dokter jika gejala alergi tak kunjung hilang atau membaik.

Biasanya, orang yang alergi terhadap bawang merah, bawang putih, dan tulip cenderung akan alergi pula terhadap lidah buaya. Jangan menggunakan masker lidah buaya pada kulit yang terluka dalam atau memiliki luka bakar yang parah karena dapat memperparah kondisi.

Bila Anda memiliki kondisi penyakit tertentu atau sedang dalam pengobatan, sebaiknya konsultasikan pada dokter sebelum menggunakan masker lidah buaya. Hal ini dilakukan untuk memastikan apakah Anda boleh menggunakannya atau tidak.

Healthline. https://www.healthline.com/health/aloe-vera-hair-mask#risks
Diakses pada 19 September 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/aloe-vera-for-acne#risks-and-complications
Diakses pada 19 September 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/aloe-vera-for-face#benefits
Diakses pada 19 September 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321273.php
Diakses pada 19 September 2019

Web MD. https://www.webmd.com/diet/supplement-guide-aloe-vera#1
Diakses pada 19 September 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed