Manfaat Masker Lidah Buaya untuk Wajah dan Rambut dan Cara Mudah Membuatnya


Masker lidah buaya baik untuk perawatan wajah dan rambut. Kabar baiknya, Anda bisa membuat masker tersebut dengan mudah di rumah. Namun, pastikan cara memakai masker lidah buaya dengan aman guna meminimalisir efek sampingnya.

(0)
19 Sep 2019|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Masker lidah buaya bermanfaat untuk perawatan wajah dan rambutMasker lidah buaya baik untuk kulit dan rambut
Masker lidah buaya dipercaya memiliki manfaat untuk perawatan wajah dan rambut karena memiliki banyak nutrisi. Anda bisa memperoleh manfaat masker lidah buaya alami dengan cara membelinya di pasaran, atau membuatnya sendiri dengan mudah di rumah. Manfaat lidah buaya banyak diolah sebagai bahan dasar sejumlah produk kulit dan kecantikan. Salah satu produk kecantikan kulit mengandung lidah buaya yang paling digemari adalah masker lidah buaya.

Apa manfaat masker lidah buaya untuk wajah dan rambut?

Lidah buaya atau Aloe vera adalah tanaman berduri berwarna hijau dengan bercak kekuningan di permukaannya. Lidah buaya memiliki daging yang tebal dengan kandungan gel yang banyak. Nah, kandungan gel tersebut yang kerap diolah sebagai obat herbal atau bahan dasar dalam produk kecantikan kulit dan rambut. Sejumlah penelitian mengungkapkan bahwa kandungan lidah buaya terdiri dari antioksidan, enzim, vitamin A dan C, dan efek antiradang yang tinggi. Tak ayal bila manfaat masker lidah buaya alami seringkali digunakan untuk mengobati jerawat, kulit kering, hingga kulit yang terbakar. Berikut adalah manfaat masker lidah buaya untuk wajah selengkapnya. 

1. Mengobati jerawat meradang

Masker lidah buaya bisa mengobati jerawat
Jerawat meradang bisa diobati dengan penggunaan lidah buaya
Salah satu manfaat masker lidah buaya untuk wajah adalah mengobati jerawat. Kandungan antibakteri dan antiradang di dalamnya dipercaya sebagai obat jerawat alamiSebuah studi yang dimuat dalam Journal of Dermatology Treatment melaporkan bahwa kombinasi penggunaan tretinoin topikal, obat jerawat, dan krim mengandung lidah buaya efektif dalam mengurangi ukuran jerawat meradang, seperti jerawat pustula hingga jerawat nodul.Anda bisa menerapkan cara membuat masker lidah buaya tanpa campuran untuk mengobati jerawat. Caranya, oleskan lidah buaya pada area wajah yang terdapat jerawat sebanyak 3 kali dalam sehari. Baca Juga: Cara Menggunakan Lidah Buaya untuk Jerawat

2. Melembapkan kulit

Manfaat masker lidah buaya untuk wajah berikutnya adalah melembapkan kulit.Gel lidah buaya lebih mudah diserap oleh kulit sehingga baik untuk kulit berminyak. Namun, pemilik kulit kering bisa pula memperoleh manfaat masker lidah buaya alami satu ini. Anda bisa menerapkan cara memakai masker lidah buaya sebagai pelembap sesaat setelah cuci muka dan mandi. 

3. Memperlambat tanda-tanda penuaan

Masker lidah buaya bisa pula memperlambat tanda-tanda penuaan
Keriput dan garis halus di wajah bisa dicegah dengan lidah buaya
Menurut seorang dokter kulit dari Baylor College of Medicine, manfaat masker lidah buaya mampu memperlambat tanda-tanda penuaan, seperti keriput dan garis halus di wajah. Masker lidah buaya alami terbukti dapat meningkatkan produksi kolagen serta elastisitas kulit. 

4. Mengobati kulit terbakar

Manfaat masker lidah buaya bisa pula untuk mengobati kulit terbakar yang tergolong ringan.Cara memakai masker lidah buaya untuk manfaat satu ini adalah dengan mengoleskan gel secara langsung pada area kulit yang terinfeksi sebanyak 3 kali sehari. Setelah mengoleskan lidah buaya, Anda bisa melindungi kulit yang terbakar dengan perban.  

5. Mengobati luka lecet

Punya luka lecet di area dagu dan dahi? Anda bisa mengoleskan lidah buaya pada area tersebut untuk menghilangkan rasa sakit dan sensasi terbakar dengan cepat sebanyak 3 kali sehari. Namun, sebaiknya jangan gunakan aloe vera pada luka terbuka, ya. 

6. Meredakan penyakit kulit

Meredakan penyakit kulit juga jadi manfaat masker lidah buaya untuk wajah lainnya. Gel lidah buaya dapat melembapkan kulit kering dan gatal akibat gejala eksim. Selain itu, masker lidah buaya alami juga dapat meredakan gejala psoriasis, seperti rasa gatal dan peradangan. Untuk hasil yang maksimal, cara memakai lidah buaya ini bisa dilakukan 2 kali sehari. Anda cukup mengoleskan aloe vera pada area kulit yang terinfeksi. 

7. Mengatasi ketombe

Selain untuk wajah, manfaat lidah buaya untuk rambut tak kalah melimpah. Salah satunya adalah untuk mengatasi ketombe. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa masker lidah buaya untuk rambut dapat membantu menghilangkan ketombe. Anda bisa langsung mengoleskan lidah buaya pada rambut dan kulit kepala secara rutin. 

8. Menutrisi rambut 

Manfaat lidah buaya untuk rambut berikutnya adalah membantu menutrisi rambut.Senyawa yang terkandung dalam masker lidah buaya mampu meningkatkan kesehatan rambut. 

9. Mengurangi masalah kulit kepala

Manfaat lidah buaya untuk rambut berasal dari sifat antiradang di dalamnya. Dengan demikian, masalah kulit kepala dapat dicegah. Kandungan enzim dan asam lemak dalam masker rambut lidah buaya juga bermanfaat untuk mengobati peradangan.

10. Menyehatkan dan memperkuat rambut

Menutrisi rambut jadi manfaat masker lidah buaya
Masker lidah buaya bisa digunakan untuk rambut kering dan rapuh
Masker lidah buaya untuk rambut berasal dari kandungan vitamin C, E, B12, asam folat, dan kolin yang mampu menyehatkan dan memperkuat rambut. Masker lidah buaya ini direkomendasikan jika Anda memiliki rambut rapuh, kering, rusak, atau keriting. 

Bagaimana cara membuat masker lidah buaya tanpa campuran?

Masker lidah buaya bisa didapat secara langsung dari tanamannya
Cara membuat masker lidah buaya tanpa campuran bisa dari tanamannya
Meski ada berbagai manfaat masker lidah buaya di atas, penting diketahui bahwa keefektifannya untuk wajah dan rambut masih membutuhkan penelitian lebih lanjut. Bagi Anda yang ingin menggunakan masker lidah buaya untuk wajah dan rambut di atas, tak ada salahnya untuk mencoba di rumah.Cara membuat masker lidah buaya tanpa campuran untuk wajah dan rambut bisa dilakukan dengan dua langkah. Anda bisa mendapatkannya dari tanaman lidah buaya segar secara langsung atau menggunakan produk gel aloe vera yang banyak dijual di pasaran. Bila Anda menggunakan produk gel lidah buaya, pastikan kandungan lidah buaya di dalamnya murni atau sebesar 100%. Anda bisa mengoleskannya dengan membaca aturan pakai pada kemasan. 

Bagaimana cara membuat masker lidah buaya? 

Untuk mendapatkan berbagai manfaat masker lidah buaya untuk wajah dan rambut di atas, Anda bisa menerapkan cara buat masker lidah buaya alami dengan mudah. Berikut adalah beberapa cara membuat masker lidah buaya dan bahan alaminya. 

1. Masker lidah buaya dan lemon

Anda bisa membuat masker lidah buaya dan lemon untuk mencerahkan wajah dan mengobati jerawatKombinasi masker lidah buaya dan lemon juga dapat menghentikan gejala iritasi kulit. Berikut cara membuat masker lidah buaya untuk jerawat. 
  • Siapkan lidah buaya secukupnya dan perasan satu buah lemon.
  • Campur gel lidah buaya dengan air perasan lemon, aduk merata. 
  • Oleskan pada wajah yang sudah dibersihkan. 
  • Diamkan selama 10 menit, lalu bilas wajah sampai bersih. 

2. Masker lidah buaya, madu, dan kayu manis

Anda juga bisa membuat masker lidah buaya, madu, dan kayu manis untuk menenangkan jerawat. Madu dan kayu manis memiliki sifat antibakteri dan antiradang.Cara buat masker lidah buaya untuk jerawat yang dicampurkan dengan madu dan kayu manis adalah sebagai berikut. 
  • Siapkan 1 sendok makan lidah buaya, 2 sendok makan madu, dan ¼ sendok teh kayu manis dalam sebuah mangkuk kecil. 
  • Aduk seluruh bahan tersebut sampai menjadi pasta masker. 
  • Oleskan masker pada wajah yang sudah dibersihkan.
  • Diamkan selama 10 menit, lalu bilas wajah menggunakan air hangat. 

3. Masker lidah buaya dan kunyit

Ingin mencerahkan wajah dan meratakan warna kulit? Coba cara membuat masker lidah buaya dan kunyit. Kunyit mengandung antioksidan dan senyawa antiradang yang mampu mengatasi wajah kusam dan warna kulit tidak merata. Adapun cara buat masker lidah buaya dan kunyit adalah sebagai berikut. 
  • Siapkan sejumput bubuk kunyit atau kunyit yang sudah dihaluskan, 1 sendok makan gel lidah buaya, dan 1 sendok teh madu. 
  • Aduk seluruh bahan tersebut dalam sebuah mangkuk kecil. 
  • Oleskan masker pada permukaan wajah dan leher. 
  • Diamkan selama 20 menit. 
  • Cuci bersih wajah dengan air suam-suam kuku. 
  • Keringkan muka dengan handuk dengan cara menepuk-nepuknya perlahan.
Lakukan langkah ini 2 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

4. Masker lidah buaya dan pisang

Masker lidah buaya dan pisang baik untuk melembapkan kulit wajah yang kering, bahkan mengelupas. Di samping itu, masker lidah buaya dan pusing dapat meningkatkan elastisitas kulit. Simak cara buat masker lidah buaya dan pisang di bawah ini. 
  • Siapkan 1 sendok makan lidah buaya dan 3-4 potong buah pisang yang sudah dihaluskan. 
  • Campur seluruh bahan tersebut dalam sebuah mangkuk kecil. 
  • Oleskan pada permukaan wajah yang sudah dibersihkan. 
  • Diamkan selama 10 menit, lalu cuci bersih wajah menggunakan air suam-suam kuku. 
  • Keringkan muka dengan handuk dengan cara menepuk-nepuknya perlahan.

5. Masker lidah buaya dan minyak kelapa

Cara membuat masker lidah buaya untuk rambut bisa dengan mengombinasikannya dengan minyak kelapa. Masker lidah buaya dan minyak kelapa bisa membantu rambut jadi lebih lembut, mengurangi kerapuhan, meningkatkan kekuatan rambut, dan tampak berkilau. Cara membuat masker lidah buaya untuk rambut adalah sebagai berikut. 
  • Siapkan 2 sendok makan gel lidah buaya dan 1 sendok makan virgin coconut oil (suhu ruangan). 
  • Dalam sebuah mangkuk, campur kedua bahan tersebut. Aduk merata sampai menjadi pasta masker kental. 
  • Oleskan masker rambut alami ini pada helaian rambut mulai dari bagian tengah menuju ujung rambut menggunakan jari-jari tangan yang sudah bersih. Anda bisa membagi rambut dalam beberapa bagian untuk memudahkan saat mengolesnya. 
  • Jika seluruh helaian rambut sudah diolesi masker lidah buaya, Anda bisa memijat kulit kepala secara perlahan. 
  • Bila ingin menggunakan masker lidah buaya untuk rambut berketombe, Anda bisa mengoleskan lidah buaya terlebih dahulu pada kulit kepala baru melanjutkannya ke helaian rambut. 
  • Apabila sudah selesai, sisir rambut Anda menggunakan sisir bergigi lebar. Langkah ini bertujuan agar masker lidah buaya bisa terserap secara merata pada helaian rambut Anda. 
  • Tutupi rambut menggunakan shower cap. Kemudian, bungkus kepala dengan handuk bersih. Anda bisa menggunakan handuk yang dibasahi air hangat guna mendapatkan efek melembapkan.
  • Diamkan selama 30 menit hingga 1 jam. 
  • Bilas rambut menggunakan air dan sampo sampai bersih. 
Lakukan masker rambut untuk lidah buaya ini seminggu sekali secara rutin. 

Apa efek samping penggunaan masker lidah buaya?

Masker lidah buaya cenderung aman dilakukan. Akan tetapi, sebagian orang bisa mengalami reaksi alergi, berupa kulit kemerahan, ruam, atau pembengkakan. Jika reaksi alergi muncul ketika Anda menggunakan masker tersebut, segera hentikan penggunaan. Selain itu, lakukan pemeriksaan ke dokter jika gejala alergi tak kunjung hilang atau membaik.Biasanya, orang yang alergi terhadap bawang merah dan bawang putih cenderung akan mengalami alergi pula terhadap lidah buaya. Jangan menggunakan masker lidah buaya pada kulit yang terdapat luka dalam atau memiliki luka bakar yang parah karena dapat memperparah kondisi.Bila Anda memiliki kondisi penyakit tertentu atau sedang dalam pengobatan, sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum menggunakan masker lidah buaya. Hal ini dilakukan untuk memastikan apakah Anda boleh menggunakannya atau tidak.Meski mampu melembapkan kulit, seorang dokter kulit dari Baylor College of Medicine mengungkapkan bahwa kandungan enzim pada tanaman lidah buaya mampu bertindak sebagai eksfoliator. Itu artinya, semakin sering Anda menggunakan lidah buaya, kulit bisa terlalu kering atau terlalu berminyak tergantung jenis kulit yang dimiliki. 

Bagaimana cara memakai masker lidah buaya yang aman? 

Masker lidah buaya harus dilakukan dengan aman
Oleskan masker lidah buaya pada tangan untuk mengetahui keamanannya
Manfaat masker lidah buaya memang bisa Anda dapatkan. Namun, penting untuk mengetahui cara memakai masker lidah buaya dengan aman. Dengan demikian, efek samping penggunaannya dapat diminimalisir. Jika ragu-ragu menggunakannya, Anda bisa coba mengecek apakah kulit Anda memiliki alergi terhadap aloe vera atau tidak terlebih dulu. Anda bisa mengoleskan gel lidah buaya ke punggung tangan dan menunggu reaksinya selama dua jam.Apabila tidak ada reaksi apa-apa pada kulit yang diolesi lidah buaya, ini berarti Anda aman untuk menggunakannya pada wajah dan rambut.Baca Juga: Manfaat Lidah Buaya untuk Bibir Lebih Cantik dan SehatAkan tetapi, bila muncul reaksi alergi, seperti kulit kemerahan, gatal, dan perih, segera hentikan penggunaan dan bilas kulit sampai bersih. Untuk lebih amannya, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter kulit sebelum menggunakannya. Dokter kulit bisa membantu Anda dalam menentukan apakah Anda cocok menerapkan cara memakai masker lidah buaya atau tidak.Dengan begitu, manfaat masker lidah buaya bisa Anda dapatkan secara aman dan optimal.Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ untuk mengetahui lebih lanjut seputar manfaat masker lidah buaya  Pastikan Anda sudah mengunduhnya melalui App Store dan Google Play.
perawatan kulitlidah buayakulit dan kecantikanmasker wajahperawatan wajahkesehatan rambut
Healthline. https://www.healthline.com/health/aloe-vera-hair-mask#risks
Diakses pada 19 September 2019
Healthline. https://www.healthline.com/health/aloe-vera-for-acne#risks-and-complications
Diakses pada 19 September 2019
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/aloe-vera-for-face#benefits
Diakses pada 19 September 2019
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321273.php
Diakses pada 19 September 2019
Web MD. https://www.webmd.com/diet/supplement-guide-aloe-vera#1
Diakses pada 19 September 2019
Stylecraze. https://www.stylecraze.com/articles/glowing-skin-secrets-homemade-face-packs-with-aloe-vera/
Diakses pada 7 Januari 2021
Journal of Dermatological Treatment. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/23336746/
Diakses pada 7 Januari 2021
Baylor College of Medicine. https://www.bcm.edu/news/benefits-using-aloe-vera
Diakses pada 7 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait